Liburan Ke Yogyakarta? Pantai Di Yogyakarta Ini Bisa Jadi Ide Liburanmu Selanjutnya!

LiburMulu.Com – Yogyakarta adalah salah satu destinasi populer untuk berlibur di Indonesia. Ada banyak destinasi yang menyenangkan untuk tempat menghabiskan liburan. Entah sekedar melihat senja terbaik di Yogyakarta, menikmati segarnya udara pegunungan disana. Jangan lupakan juga kalau di bagian selatan Yogyakarta juga memiliki jajaran pantai – pantai cantik.

Iya, ada banyak sekali pantai cantik di bagian selatan Yogyakarta. Beberapa sudah sangat terkenal, dan sebagian adalah pantai tersembunyi di Yogyakarta. Sebut saja Pantai Krakal, Pantai Sepanjang, Pantai Glagah dan masih banyak pantai lainnya begitu menyenangkan untuk dikunjungi. Nah, buat teman – teman traveler ini dia 17 Pantai Cantik Di Yogyakarta Untuk Referensi Liburanmu. Yuk, liburan ke pantai – pantai di Yogyakarta!

Peta lokasi 17 Pantai Cantik Di Yogyakarta Untuk Referensi Liburanmu.
Peta lokasi 17 Pantai Cantik Di Yogyakarta Untuk Referensi Liburanmu.

17 Pantai Cantik Di Yogyakarta Untuk Referensi Liburanmu

1. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng, di Yogyakarta.
Pantai Sadeng, di Yogyakarta.

Pantai Sadeng ini berada di daerah Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Disebutkan kalau Pantai Sadeng ini pernah menjadi muara Bengawan Solo Purba ketika arus aliran sungainya masih mengarah ke selatan. Namun setelah jutaan tahun, semuanya sudah berubah.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

Pantai ini juga terkenal dengan tempat pelelangan ikan yang didirikan pada tahun 1986. Karena itu berkeliling di Pantai Sadeng adalah cara terbaik untuk menikmati suasana sekitar sambil mengamati kegiatan sehari – hari nelayan Pantai Sadeng ini.

2. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo di Yogyakarta.
Pantai Parangkusumo di Yogyakarta.

Nuansa magis akan terasa sesaat setelah memasuki area Pantai Parangkusumo. Iya, pantai yang lokasinya berada 30 km dari pusat kota Yogyakarta ini diyakini sebagai salah satu pintu gerbang masuk ke istana laut selatan. Bau kembang setaman tercium dengan segera ketika melewati deretan penjual bunga di Pantai Parangkusumo, dipadu dengan wangi kemenyan yang dibakar sebagai salah satu bahan sesajen menguatkan aroma mistisnya.

Dipercaya pertemuan Senopati dengan Ratu Kidul adalah di Pantai Parangkusumo. Hingga kini semuanya menjadi rangkaian cerita yang unik dan berpengaruh terhadap hubungan Kraton Yogyakarta dengan Kraton Bale Sokodhomas yang dikuasai Ratu Kidul. Percaya atau tidak dengan mitos ini, silahkan memastikan sendiri dengna berkunjung ke Pantai Parangkusumo

3. Pantai Siung

Pantai Siung di Yogyakarta.
Pantai Siung di Yogyakarta.

Pantai Siung yang ada di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia ini adalah pantai yang unik. Karena pantai ini ternyata cukup terkenal diantara para pemanjat dinding. Iya, Pantai Siung memang kaya akan karang-karang raksasa yang cocok untuk para pecinta adrenalin. Beberapa tebing karangnya memiliki ratusan jalur pemanjatan untuk ditaklukkan.

4. Pantai Sepanjang

Hamparan Pasir Putih di Panta Sepanjang Yogyakarta.
Hamparan Pasir Putih di Panta Sepanjang Yogyakarta.

Bila ingin bernostalgia menikmati nuansa Pantai Kuta jaman dulu, ketika masih sepi, Pantai Sepanjang adalah tempat yang tepat. Pantai Sepanjang dengan garis pantai yang panjang, juga pasir berwarna putih yang masih terjaga, menyenangkannya lagi ombaknya tidak telalu besar. Teman – teman traveler tinggal memilih, ingin berjemur di atas pasir sambil menikmati terik matahari, atau membelah ombak dengan papan selancar. Meskipun hanya menikmati keindahan Pantai Sepanjang juga tidak ada salahnya sih.

5. Pantai Krakal

Pantai Krakal di Yogyakarta.
Pantai Krakal di Yogyakarta.

Pantai Krakal ini sebenarnya sudah lama terkenal sebagai salah satu pantai selatan Yogyakarta yang memiliki pemandangan yang indah. Garis pantainya yang landai bertabur pasir putih dilengkapi dengan hempasan ombak yang berbuih. Batu karang juga menghiasi sebagian besar bibir pantai disana sini. Tentunya selain memiliki kecantikan yang eksotis, Pantai Krakal juga mempunyai ombak yang cocok untuk bermain surfing.

6. Pantai Glagah

Pantai Glagah, Di Yogyakarta.
Pantai Glagah, Di Yogyakarta.

Di pantai paling terkenal di Kulon Progo, Pantai Glagah ini ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Teman – teman traveler bisa menaiki cano di laguna,  memancing, bersepeda, ber-motorcross ria, atau bahkan hanya sekedar duduk santai menikmati tetrapod yang dengan semangat memecah ombak Pantai Glagah setiap harinya.

7. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo di Yogyakarta.
Pantai Wediombo di Yogyakarta.

Pantai Wediombo ini agak aneh memang, namanya tidak menggambarkan keadaan aslinya. Wedi sendiri artinya pasir, sementara ombo adalah lebar. Namun, anehnya pantai Wediombo tidak mempunyai hamparan pasir yang luas sama sekali. Bagian barat dan timur Pantai Wediombo diapit oleh bukit karang, membuat hamparan pasir pantai ini tak seluas Pantai Parangtritis dan Glagah. Asiknya lagi dari pantai ini teman – teman bisa memancing dari bukit karang untuk mendapat ikan.

8. Pantai Sundak

Pantai Sundak di Yogyakarta.
Pantai Sundak di Yogyakarta.

Pantai Sundak ini tak hanya memiliki pemandangan alam berupa pantai yang indah. Tetapi pantai ini juga menyimpan banyak cerita yang menarik. Seperti Nama Pantai Sundak sendiri ternyata mengalami evolusi yang bukti-buktinya bisa dilacak secara geologis. Pantai Sundak sendiri lokasinya berada di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia.

9. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran di Yogyakarta.
Pantai Ngobaran di Yogyakarta.

Pantai Ngobaran yang berada di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia merupakan pantai yang cantik. Di Pantai Ngobaran kalau air sedang surut, teman – teman traveler bisa melihat hamparan rumput laut di tepi pantai. Rumput laut yang berada di sela-sela karang tadi tampak seperti sawah menghijau, iya sawah yang berisi rumput laut.

10. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan di Yogyakarta.
Pantai Ngrenehan di Yogyakarta.

Teman – teman traveler pasti akan tersenyum di Pantai Ngrenehan, karena para disini kalian dapat menyaksikan aktivitas kegiatan sehari – hari nelayan. Selain itu di Pantai Ngrenehan kalian menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh untuk orang dirumah. Pantai Ngrenehan berlokasi di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia.

11. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Di Yogyakarta.
Pantai Pok Tunggal Di Yogyakarta.

Pantai Pok Tunggal bisa dibilang adalah salah satu surga tersembunyi di Yogyakarta yang berada di daerah Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Pun perjalanan ke Pantai Pok Tunggal ini tergolong sulit, namun begitu sampai ke pantai semua akan terbayarkan dengan setiap keindahannya.

12. Pantai Depok

Pantai Depok di Yogyakarta.
Pantai Depok di Yogyakarta.

Di antara pantai-pantai lain di Yogyakarta, ada satu yang menarik berada wilayah Bantul. Tepatnya adalah Pantai Depok yang berada di Depok, Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Pantai Depok ini juga yang tampak paling siap menjadi pusat wisata kuliner untuk menikmati kesegaran sea food Yogyakarta.

Pasalnya di pantai ini, banyak tersedia sejumlah warung makan tradisional yang menjual berbagai macam sea food. Para penjual menjajakan dagangannya secara berderet tak jauh dari bibir pantai. Beberapa warung makan bahkan sengaja dibuat menghadap ke selatan, agar bisa menikmati pemandangan laut lepas sambil menikmati hidangan laut di Pantai Depok.

13. Pantai Drini

Pantai Drini di Yogyakarta
Pantai Drini di Yogyakarta

Pantai Drini yang berada di daerah Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia ini menjadi salah satu pantai istimewa di pesisir Gunung kidul Yogyakarta. Apalagi kalau bukan karena sebuah pulau kecil yang berada tidak jauh di tengah. Pulau kecil tadi bahkan membagi pantai menjadi dua bagian. Konon di pulau tersebut banyak ditumbuhi oleh tumbuhan santigi (Pemphis acidula). Dalam bahasa setempat tumbuhan santigi tadi dsebut dengan drini. Itulah kenapa kemudian pantai dan pulau tadi diberi nama Drini.

14. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Di Yogyakarta.
Pantai Parangtritis Di Yogyakarta.

Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta 55188, Indonesia. Pantai Parangtritis mudah dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga jam 17.00 ataupun dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik untuk mengunjungi pantai Pantai Parangtritis, salah satu paling terkenal di Yogyakarta ini. Namun bila teman – teman traveler tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk mencoba naik ke Tebing Gembirawati yang ada di belakang pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis dan laut selatan.

15. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti di Yogyakarta
Pantai Indrayanti di Yogyakarta

Pantai Indrayanti masih berada di daerah Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Pantai ini tepatnya terletak di sebelah timur Pantai Sundak. Pantai Indrayanti dibatasi oleh perbukita karang ini merupakan salah satu pantai dengan pemandangan berbeda dibandingkan pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul, Yogyakarta.

Karena Pantai Indrayanti tidak hanya berhiaskan taburan pasir putih, bukit karang, dan air biru jernih saja. Di Pantai Indrayanti fasilitasnya sudah lengkap, seperti restoran dan cafe serta deretan penginapan yang akan memanjakan wisatawan.

16. Pantai Jogan

Pantai Jogan di Yogyakarta.
Pantai Jogan di Yogyakarta.

Selama ini, tidak banyak traveler yang tahu tentang keberadaan Pantai Jogan. Mungkin karena lokasinya yang persis berada di barat Pantai Siung yang lebih terkenal karena aktivitas para pemanjat tebing karang Pantai Siung. Padahal untuk mencapai Pantai Jogan, hanya perlu waktu sekitar dua jam berkendara dari Yogyakarta.

Menyusuri jalanan aspal mulus, berkelok-kelok membelah perbukitan karst yang merupakan sisa lautan jutaan tahun silam akan membuat siapapun terlena selama perjaanan. Petunjuk paling mudah menuju Pantai Jogan adalah ketika sudah sampai di Pos Retribusi Pantai Siung. Sampai disini itu artinya Pantai Jogan sudah dekat. Kurang lebih sekitar sekitar 400 meter dari pos tersebut, akan terlihat papan kayu penunjuk arah menuju Pantai Jogan.

17. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan Di Yogyakarta.
Pantai Sadranan Di Yogyakarta.

Pantai Sadranan ini adalah satu dari banyak obyek wisata alam di Yogyakarta yang banyak digemari untuk berlibur. Namun pantai ini sebenarnya bukan sekedar tempat berwisata saja. Buat masyarakat sekitarnya, Pantai Sadranan merupakan tempat untuk mencari nafkah serta sebagai sarana untuk melakukan kegiatan yang bersifat religi yang juga dikenal dengan nyadran.

18. Pantai Kukup

Sunset yang cantik di Pantai Kukup, pantai di Yogyakarta yang indah!
Sunset yang cantik di Pantai Kukup, pantai di Yogyakarta yang indah!

Liburan ke Pantai Kukup kalian bisa menikmati hamparan pasir yang luas. Tidak ketinggalan beberapa pulau karang yang ada di sekitar Pantai Kukup menambah keindahan dari pantai yang ada di pesisir selatan Yogyakarta ini. Tentu itu akan menambah suasana nyaman untuk kalian yang ingin liburan dengan suasana sempurna di Yogyakarta.

Pantai di Yogyakarta yang satu ini gampang untuk dicapai kok! Pantai Kukup ini lokasinya berada di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Atau lokasi Pantai Kukup ini berjarak sekitar 1 km dari sebelah timur pantai Baron. Nggak begitu jauh untuk dicapai kan?

Pantai ini berada hampir sekitar 25 km di sebelah selatan kota Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Jika kalian membawa kendaraan pribadi dan kalian berangkat dari Kota Yogyakarta, maka kira-kira kalian akan memerlukan waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Note : Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam seperti pantai – pantai di Yogyakarta seperti ini. Sementara itu untuk menuju kota Yogyakarta bisa dicapai dengan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips – tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

%d bloggers like this: