Bersantai dan Snorkeling di Pantai Jogja? Pantai Sadranan Saja!

Pernah main ke Pantai Sadranan belum? Sebagai kabupaten yang letaknya merapat ke laut, Gunungkidul – Yogyakarta memang memiliki sejumlah pantai yang indah. Pantai-pantai di kabupaten ini dikembangkan oleh Pemda setempat untuk dijadikan lokasi wisata alam, baik untuk keluarga yang ingin menikmati suasana pantai, atau untuk kalian yang menggemari olagraga air, seperti surfing atau snorkeling.

Salah satu dari pantai di sana adalah Pantai Sadranan, yang berasal dari kata ‘nyadran’. Nama ini berarti ritual sedekah laut sebagai ungkapan syukur kepada Yang Kuasa, atas rezeki hasil tangkapan laut yang sudah mereka terima dengan limpah. Dengan nyadran artinya mereka mengingat kuasa-Nya melalui berbagai ciptaan.

Kamu juga bisa bersantai di tepi patnai seperti ini. via @qyiqi
Kamu juga bisa bersantai di tepi patnai seperti ini. via @qyiqi

Tentang Pantai Sadranan

Karakteristik pantai ini sama dengan pantai-pantai lain di daerah Gunungkidul, yaitu adanya karang di pinggir pantai. Namun bukit karang yang paling jelas ada pada sisi kanan dan kiri, selebihnya, pantai lebih didominasi oleh pasir putih. Garis pantai ini tidak terlalu panjang. Mungkin kondisi ini pula yang membuat ombak di sekitar pantai ini tak seganas yang dibayangkan orang mengenai pantai-pantai di selatan Jawa.

Bersantai dan Snorkeling di Pantai Jogja Pantai Sadranan Saja! via @ariiitakeo
Bersantai dan Snorkeling di Pantai Jogja Pantai Sadranan Saja! via @ariiitakeo

Kamu tetap dapat melakukan aktivitas snorkeling alias menyelam, menikmati pemandangan bawah laut, berupa terumbu-terumbu karang yang indah, dan berbagai spesies ikan. Tidak memiliki perlengkapan snorkeling? Jangan khawatir, karena di pantai ini kamu bisa menemukan penyewaan alat-alat snorkeling juga, lho. Peralatan ini disewakan mulai dari Rp50.000 dan kamu sudah bisa snorkeling 2 jam. Lakukan aktivitas ini pagi jam 06.00 – 08.00 atau sore jam 04.00 – 18.00 di mana matahari belum terlalu terik!

Namun dari sepinya pantai yang terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Krakal ini, sepertinya belum banyak yang tahu mengenai potensi besar pantai di Kabupaten Gunungkidul ini. Padahal selain keindahannya tidak kalah dibanding pantai lainnya, keindahan bawah laut pantai ini sangat layak untuk dijelajahi, lho!

Apa Saja Fasilitas yang Tersedia?

Kabar baiknya, pengadaan fasilitas di sini sudah cukup berkembang. Selain penyewaan peralatan snorkeling, toilet dan MCK juga tersedia. Buat yang hanya ingin duduk santai, menikmati angin laut dan mengobrol, kamu bisa memanfaatkan gazebo besar atau gazebo kecil-kecil yang bisa kamu sewa.

Liburan ke pantai ini akan lebih seru bersama teman-teman. via @gl.wg11
Liburan ke pantai ini akan lebih seru bersama teman-teman. via @gl.wg11

Atau, ada pula payung pantai untuk wisatawan yang ingin sekadar bersantai tidur-tiduran di pinggir pantai, yang disewakan sekitar Rp25.000. Terdapat juga kafe dan restoran, mulai dari yang menyediakan menu-menu seafood. Potensi pariwisata yang dikembangkan memang membawa rezeki bagi penduduk setempat.

Di atas bukit sekitar pantai ini juga ada penginapan untuk kamu yang sengaja datang dari jauh. Sambil beristirahat kamu bisa memandangi indahnya alam sekitar pantai, bahkan menikmati sunset dari penginapan ini. Harga tiket masuk ke kawasan wisata pantai cukup murah, yaitu Rp10.000 per orang.

Lokasi dan Cara Pergi ke Pantai Sadranan

Cara pergi ke Pantai Sadranan ini tidak terlalu susah. Pantai Yogyakarta ini tepatnya, pantai ini berlokasi di Dusun Pule Gundes, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Dari pusat kota, kamu butuh waktu tempuh sekitar 1 atau 2 jam berkendara ke pantai ini, dengan beberapa jalur yang menanjak.

Sunset di Pantai Sadranan juga cantik seperti ini lho! via @zuefachoirunnisa7127
Sunset di Pantai Sadranan juga cantik seperti ini lho! via @zuefachoirunnisa7127

Mencapai lokasi pantai ini tidak sulit, karena letaknya berdekatan dengan beberapa pantai lain seperti Pantai Indrayanti, Pantai Krakal dan lainnya. Arahkan saja kendaraanmu menuju Gunungkidul melewati Jl. Wonosari. Di Wonosari, arahkan kendaraan ke Pantai Baron. Dari Pantai Baron, teruskan kendaraanmu ke arah Timur, maka nanti di sebelah kanan akan menemukan papan penunjuk ke Pantai Sadranan ini.

Tips Wisata Ke Pantai Sadranan

Berikut ini adalah beberapa tips penting buat kalian yang mau berwisata ke Pantai Sadranan.

  • Gunakan sunglass dan tabir surya!
  • Karena di alam terbuka, tentu cuaca jadi penentu aktivitasmu saat itu, terutama jika datang bersama anak-anak
  • Bawa bekal makanan dan minuman! Harga di kawasan wisata bisa jadi lebih mahal.
  • Gunakan pakaian kasual, dan bawa pakaian ganti serta keperluan bersih-bersih (sabun, shampo)!
  • Bawa uang pecahan (receh) yang cukup, untuk mempermudah pembayaran ini-itu!
  • Isi penuh baterai gadget, kamera, dan powerbank!
  • Jaga kebersihan pantai

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: