Pantai Nglambor Gunungkidul Dengan Pesona Alami Bawah Laut Yang Indah

Pantai Nglambor Gunungkidul Dengan Pesona Alami Bawah Laut Yang Indah
5 (100%) 12 votes

Meskipun berada di sebelah selatan Jawa, yang notabene bersinggungan dengan Samudera Hindia yang terkenal berombak besar, Pantai Nglambor memiliki kondisi yang menguntungkan untuk kegiatan snorkeling di kawasan ini. Pantai ini memang beda dengan kebanyakan pantai lain di Kabupaten Gunungkidul, yang harus menghadapi gulungan ombak Samudera hindia yang dahsyat. Jika di sana kebanyakan orang tertarik dengan aktivitas surfing, maka buat kamu yang menyukai snorkeling, di sini tempatnya.

Kenapa sepertinya para penggemar snorkeling begitu yakin dengan ketenangan laut di pantai ini? Di sekitar pantai ini memang terdapat 2 buah pulau karang besar. Pulau berbentuk kura-kura itulah yang memecah gelombang ombak ganas sampai ke pantai. Otomatis, ombak di sekitar pantai ini cukup tenang. Dan menariknya lagi, air lautnya cukup jernih, sampai kamupun bisa melihat kehidupan bawah laut itu, bahkan dari atas laut.

Siapa bilang di Jogja tidak bisa snorkeling! Itu artinya kamu belum mampir ke Pantai Nglambor! via IG @non_cindy_warwer24
Siapa bilang di Jogja tidak bisa snorkeling! Itu artinya kamu belum mampir ke Pantai Nglambor! via IG @non_cindy_warwer24

Sebelum dipromosikan oleh kelompok Nglambor Bintang Snorkeling, tadinya potensi yang dimiliki Nglambor belum dikenal oleh siapapun. Namun untungnya sekarang kawasan ini sudah dikembangkan menjadi salah satu destinasi yang cukup favorit di Kabupaten Gunungkidul.

Meskipun sudah dikembangkan, namun mengingat lokasinya yang tidak begitu luas, harap maklum juga kalau kamu tidak bisa membawa kendaraanmu ke bibir pantai. Malahan kamu perlu menyewa ojek dari area parkir kendaraan. Kamu harus melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut terlebih dahulu untuk tiba di tepi pantai.

Di pantai ini kalian bisa berenang bersama ikan-ikan lucu! @travel_smartgirls
Di pantai ini kalian bisa berenang bersama ikan-ikan lucu! @travel_smartgirls

Pantai ini juga bukan pantai yang ideal untuk berjemur atau bermain voli pantai. Pasir di sini bukan berupa pasir putih seperti kebanyakan pantai. Kalau kamu perhatikan, pasir di Nglambor lebih kasar karena berasal dari pecahan cangkang hewan dan dari karang yang terus-meneru tergerus ombak.

Di sebelah timur Nglambor terdapat pantai Siung. Sedangkan di barat kamu bisa mampir ke Pantai Jogan, dan beberapa pantai lainnya, seperti Pantai Ngetun dan Pantai Timang. Meskipun garis Pantai Nglambor tidak begitu besar dan terbatas untuk aktivitas pantai tanpa basah-basahan, kamu tetap punya beberapa pilihan untuk liburan santaimu di sini. Seperti fotografi alam, dengan menyusuri beberapa tepian pantai dan mendaki bukit-bukit.

Harga Tiket Pantai Nglambor

Pantai Nglambor terlihat dari ketinggian. via IG @riskinovitas
Pantai Nglambor terlihat dari ketinggian. via IG @riskinovitas

Sebagaimana masuk pantai lain, ke pantai ini kamu juga perlu membayar tiket masuk sebesar IDR 5.000 per orang, jadi satu dengan Pantai Siung. Sedangkan parkir kendaraan, dikenakan tarif IDR 2.000 untuk motor dan IDR 5.000 untuk mobil. Karena parkirnya cukup jauh, di sana ditawarkan jasa ojek menuju pinggir pantai sebesar IDR 5.000.

Beminat mencoba pengalaman menyelam? Buat wisatawan yang tak membawa sendiri perlengkapannya, di pantai ini juga sudah disediakan tempat menyewa paket snorkeling BNS yang mencakup welcome drink, masker, snorkel, sepatu karet, termasuk foto underwater dan guide, hingga penitipan barang sebesar IDR 50.000.

Sedikit Tips Wisata Ke Pantai Nglambor

Sebaiknya kalian berkunjung ke pantai ini rame rame bareng teman biar makin seru. via @djogja_trans
Sebaiknya kalian berkunjung ke pantai ini rame rame bareng teman biar makin seru. via @djogja_trans

Selain membawa gadget, kamera dan powebank dengan baterai penuh, jangan lupa membawa pakaian ganti, karena kemungkinan besar akan tertarik snorkeling mengingat kegiatan air yang dominan di area ini. Apalagi dengan penawaran foto underwater yang cukup menggoda.

Selain itu, sebelum snorkeling ada baiknya kamu menghubungi pengelola untuk tahu kapan waktu terbaik snorkeling. Pasang surutnya air laut cukup ikut menentukan tingkat visibilitas air, agar para penyelam bisa menikmati pemandangan biota laut.

Cara Pergi Ke Pantai Nglambor

Pantai ini tepatnya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Akses yang sama dengan akses ke Pantai Siung akan kamu lalui juga. Jadi, dari Kota Jogja, kamu butuh waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Kalian bisa pergi kesana dengan petunjuk lokasi Pantai Nglambor di Google Maps disini.

Rutenya, dari kota jogja arahkan perjalanan melalui Wonosari. Lalu dari sana lanjut ke arah Pantai Baron. Sesampai di pertigaan Mulo, ambil arah ke Menthel, Cabean, Bontaos hingga Tepus, dan pertigaan Pule. Dari sana belok kiri menuju Desa Tepus lewat Purwodadi, lalu lanjutkan sampai pertigaan Nangun, baru kemudian belok kanan untuk sampai di pos retribusi Pantai Siung dan Pantai Nglambor.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: