Camping di Antara Bukit Karang, Kawasan Pantai Wohkudu

Mungkin di antara kamu ada yang merasa agak bosan dengan aktivitas mengunjungi pantai, dan pulang pada hari yang sama? Kalau kamu memang penggemar pantai, dan sedang berkunjung ke kawasan wisata Gunungkidul, nggak salah kalau kamu berlibur ke Pantai Wohkudu. Karena di pantai ini, kamu bukan hanya bisa mengejar sunrise atau sunset saja, tapi kamu bisa menginap, dengan aktivitas a la petualang alias camping.

Pantai ini memang terbilang kecil, dengan lebar sekitar 20- sampai 25 meter. Namun suasananya yang cenderung selalu tenang membuat orang yang ingin menghindar dari kesibukan sementara bisa sekaligus menikmati suasana alam pantai yang masih alami.

Camping di pantai ini sangatlah menyenangkan. Di pantai ini sudah terdapat area khusus untuk kamu dirikan tenda bersama pengunjung-pengunjung lainnya. Lokasinya cukup menarik dengan pemandangan yang dominan hijau. Pantai ini diapit oleh dua buah bukit karang, sehingga pantai ini seolah tersembunyi dari dunia luar.

Pantai Wohkudu ini adalah pesona baru pantai di Yogyakarta via IG @dangkurstory
Pantai Wohkudu ini adalah pesona baru pantai di Yogyakarta via IG @dangkurstory

Pasir pantai berwarna putih, tapi camping ground tempat kamu dan banyak pengunjung menancapkan tenda banyak ditumbuhi rerumputan. Kawasan pantai ini juga banyak ditumbuhi tumbuhan liar. Yang jelas, camping di Pantai Wohkudu ini akan menjadi sebuah momen liburan yang tak terlupakan deh!

Pantai Wohkudu Yang Masih Asli

 

 

Pantai yang kerap dimanfaatkan sebagai lokasi camping ini memang masih sangat alami. Untungnya pengelola kawasan pantai ini sudah menyediakan fasilitas yang paling penting, seperti toilet dan lahan parkir. Toilet untuk kebutuhan MCK di pantai ini dikenakan tarif sekitar Rp3.000 dan untuk lahan parkir dikenakan Rp5.000 per motor.

Suasana senja di Pantai Wohkudu ini sangat menawan. via IG @iwank_markzaid
Suasana senja di Pantai Wohkudu ini sangat menawan. via IG @iwank_markzaid

Memang, untuk datang ke lokasi pantai ini sebaiknya kamu menggunakan motor. Dan untuk tujuan menginap, sebaiknya kamu datang bersama beberapa teman. Akses di lokasi ini jauh dari nyaman, kalau kamu membandingkannya dengan kawasan wisata yang berfasilitas lengkap. Seperti toilet dan lahan parkir yang agak jauh dan perlu jalannya naik-turun.

Pada kenyataannya, pantai ini cukup diminati oleh pencinta alam. Namun, melihat medan dan kegiatan camping di pantai ini, sangat wajar tentunya kalau kamu mempersiapkan diri terutama kesiapan fisik terlebih dulu.

Cara Pergi Ke Pantai Wohkudu 

 

 

Pantai ini secara administratif berada di Kabupaten gunungkidul, tepatnya di Kampung Nglaos, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Gungungkidul, 1 km di sebelah timur Pantai Kesirat. Dari Kota Jogja, perjalanan kurang lebih membutuhkan waktu 2 jam, baik melalui Jl. Wonosari ataupun Jalan Raya Imogiri.

Kalau kamu memilih lewat Jl. Wonosari, kamu hanya perlu lewat Jl. Wonosari sampai Kecamatan Panggang, lalu ke arah Desa Girikerto, sampai terakhir tiba di Kampung Nglaos. Paling gampang sebenarnya kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Wohkudu di Google Maps disini.

Mau camping sambil menikmati suasana syahdu malam hari, camping di Pantai Wohkudu aja! via IG @bianantafikri
Mau camping sambil menikmati suasana syahdu malam hari, camping di Pantai Wohkudu aja! via IG @bianantafikri

Sedangkan kalau kamu lewat Jl. Raya Imogiri, kamu cukup mengarahkan kendaraan melewati Pasar Imogiri, lalu ke Jembatan Sungai Oyo lalu ke arah Pantai Gesing. Meskipun jalur ini lebih cepat dari jalur Wonosari, ada baiknya juga kalau kamu memanfaatkan jasa sewa kendaraan dengan supir. Karena jalur ini cukup berbelok-belok dan aksesnya menanjak.

Tarif Tiket Masuk Pantai Wohkudu

Untuk masuk kawasan Pantai Wohkudu ini, selain membayar parkir untuk kendaraan, kamupun perlu membayar tiket sebesar Rp3.000 per orang, yang kamu bayar pada portal desa terakhir yang sudah termasuk kawasan Pantai Kesirat. Tidak mahal bukan? Dengan harga tiket semurah itu kamu sudah bisa menikmati salah satu pantai di Yogyakarta yang indah.

Tips Wisata Ke Pantai Wohkudu

Nah, buat kamu yang berminat mengetahui Pantai Wohkudu lebih dekat, atau justru merasakan camping di lokasi pantai, kamu perlu menyiapkan beberapa hal agar acaramu berjalan dengan baik. Yaitu:

  • Persiapkan kesehatanmu lebih dulu. Bayangkan, bahwa kamu sedang beradaptasi dengan alam, di mana rekreasi ini membutuhkan tenaga dan daya tahan terhadap cuaca. Meskipun fisikmu rasanya prima, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman juga, secara lengkap. Di sinilah perlunya teman camping, karena selain butuh tenda kalian akan saling membantu juga membawa makanan dan minuman. Kalau toh nantinya kalian menemukan penjual makanan, anggap itu bonus.
  • Bawa perlengkapan membasuh juga. Seperti sabun, tisu dan sebagainya.
  • Ponsel tentunya salah satu kebutuhan terpenting juga. Isi penuh baterai ponsel, kamera saku dan powerbank, dan usahakan agar ponselmu selalu memiliki daya sampai pulang.
  • Karena kamu sedang bersahabat dengan alam, jangan lupa bawa jaket, payung, dan gunakan sunglass pada siang hari. Pakai juga sepatu yang nyaman dan tidak licin.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: