Pantai Kayu Arum Gunungkidul yang Bersih dan Alami

Gunungkidul memang surganya pantai indah dan alami. Satu lagi pantai yang menarik untuk dikembangkan pemerintah setempat, yaitu Pantai Kayu Arum atau yang juga disebut Ngarum. Sebagian wisatawan belum mengetahui nama ini. Sementara bagi sebagian orang yang mengetahuinya, pantai ini cukup unik, karena letaknya justru berbatasan dengan ladang petani.

Makanya, tak heran kamu yang baru ke sana akan menemukan perkebunan yang subur dan hijau. Sementara pantainya sendiri berpasir putih dan indah, dengan air laut yang jernih. Belum banyak orang yang mengunjungi, sehingga pantai ini masih bersih dari timbunan sampah-sampah plastik. Pantai Kayu Arum ini sendiri sebenarnya adalah salah satu pantai tersembunyi di Jogja.

Pantai ini memang agak mirip dengan Pantai Mbirit dan Pantai Butuh, di mana pada kanan dan kirinya terdapat bukit karang. Sehingga pantai yang memang tidak begitu lebar, hanya sekitar 100 meter, semakin tampak terpencil. Tapi tenang saja, pantai ini menyenangkan untuk dikunjungi siapapun kok! Terutama untuk yang suka dengan petualangan.

Pantai ini memang agak mirip dengan Pantai Mbirit dan Pantai Butuh, dikelilingi dengan karang! via @romeography
Pantai ini memang agak mirip dengan Pantai Mbirit dan Pantai Butuh, dikelilingi dengan karang! via @romeography

Lalu, apa saja sih yang bisa dilakukan di Pantai Kayu Arum ini? Banyak. Datang bersama beberapa teman agar perjalananmu seru, maka selain momen trekking yang cukup jauh, yaitu sekitar 1 s.d 2 jam, foto-foto bareng, kamu juga bisa bersantai bersama di atas gelaran tikar, bahkan memasang tenda.

Cara Pergi Ke Pantai Kayu Arum Gunungkidul

Pantai Kayu Arum berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Pantai ini bersebelahan pula dengan Baron Techno Park, di mana kamu bisa memarkirkan kendaraan. Pantai ini juga masih dalam jejeran pantai-pantai di Saptosari, yaitu Pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan dan Pantai Ngrenehan.

Pantai Kayu Arum atau yang juga disebut Ngarum ini adalah salah satu pantai di Jogja yan asik untuk camping! @singmetosleepy
Pantai Kayu Arum atau yang juga disebut Ngarum ini adalah salah satu pantai di Jogja yan asik untuk camping! @singmetosleepy

Dari Jogja, pantai ini bisa kamu capai dalam 2 jam, melalui Wonosari ke arah kantor Pemda Wonosari. Dari situ, tidak jauh arahkan kendaraanmu ke Jl. Baron. Dari Jl. Baron ini arahkan kendaraanmu ke pantai Baron, lewat pos retribusi kawasan pantai. Nah, dari sana belok ke kanan, kamu akan sampai di Techno Park (gedung Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang dan PLTS).

Kendaraanmu hanya bisa sampai gedung ini, dan selanjutnya kamu harus memarkir kendaraan di tempat parkir yang sementara dikelola penduduk setempat. Dari sana, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Atau kamu juga bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Kayu Arum di Google Maps disini.

Harga Tiket Pantai Kayu Arum Gunungkidul

Buat yang mau bersantai di Pantai Kayu Arum juga bisa kok! via @alfaririgen
Buat yang mau bersantai di Pantai Kayu Arum juga bisa kok! via @alfaririgen

Tiket retribusi yang kamu bayarkan saat masuk Pantai Baron sepaket dengan tiket masuk ke pantai ini, yaitu IDR 10.000. Sementara untuk memarkir kendaraan, karena belum dikembangkan dengan maksimal, parkir kendaraan memang masih dikelola di rumah penduduk dengan memungut bayaran IDR 5.000.

Tips Wisata Ke Pantai Kayu Arum Gunungkidul

Sebelum memutuskan berangkat, pastikan bahwa kondisi tubuhmu dan teman-teman seperjalananmu dalam keadaan fit dan prima. Karena perjalanan ini bisa dibilang rasa petualangan, yang menuntut kesiapan agar tidak tepar di jalan.

Pantai Kayu Arum cocok untuk kamu yang suka trekking di alam! via @tunggul_gumelar
Pantai Kayu Arum cocok untuk kamu yang suka trekking di alam! via @tunggul_gumelar
  • Karena pantai ini masih perlu pengembangan lagi, kamu sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman secukupnya. Kawasan pantai cukup jauh dari rumah penduduk, dan belum terdapat fasilitas warung makan.
  • Bawa pula jas hujan untuk antisipasi, payung dan sunglass. Selain itu, kamupun sebaiknya bawa perlengkapan antiseptik, tisu dan sebagainya.
  • Berkunjung ke pantai ini, dijamin kamu akan banyak bergerak menjelajah kawasan pantai. Maka, gunakan pakaian yang nyaman, termasuk sepatu tertutup yang nyaman dan tidak licin. Sebagian jalan di sini berbatu dan menuju pantai ini harus dilakukan dengan berjalan kaki cukup panjang.
  • Pantainya yang alami dan minim sampah sebaiknya tetap kita jaga kebersihannya. Rapikan sampah bekas makanan dan botol minuman, simpan dalam kantong plastik untuk dibuang pada tempat yang semestinya!
  • Pantai Kayu Arum yang diapit bukit karang ini memang bukan tempat strategis kalau tujuanmu hanya mengejar sunset. Tapi kamu jangan khawatir, kamu bisa melipir ke Techno Park agar bisa menyaksikan matahari terbenam berwarna keemasan, dengan langitnya yang luas.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: