Liburan yang Unik ke Pantai Nglangkap yang Terpencil

Pantai Langkap, atau dalam lidah Jawa dilafalkan dengan ‘Pantai Nglangkap’ menambah satu lagi destinasi wisata hidden beach di Yogyakarta, khususnya Kabupaten Gunungkidul. Disebut hidden beach, karena pantai ini sama dengan kebanyakan pantai di Kecamatan Saptosari lainnya, yaitu sepi dan masih tampak alami.

Selain itu Pantai Nglangkap atau Pantai Langkap ini memang salah satu pantai tersembunyi di Yogyakarta yang belum banyak diketahui orang. Berbeda sekali dengan Pantai Baron ataupun Pantai Indrayanti yang cukup ramai pengunjung, terutama saat akhir pekan dan musim liburan. Jadi untuk yang mencari tempat wisata di Yogyakarta yang masih sepi, bisa mampir ke Pantai Nglangkap atau Pantai Langkap ini!

Ada orang yang mengenalnya dengan Pantai Nglangkap ada juga yang mengenal dengan nama Pantai Langkap. Meski ini adalah pantai yang sama di Gunungkidul Jogja! via @anawubardni
Ada orang yang mengenalnya dengan Pantai Nglangkap ada juga yang mengenal dengan nama Pantai Langkap. Meski ini adalah pantai yang sama di Gunungkidul Jogja! via @anawubardni

Masuk Area Pantai yang Masih Sangat Alami

Lokasi Pantai Nglangkap masih satu desa dengan Pantai Butuh, Pantai Mbirit dan Pantai Ngeden yaitu di Desa Krambil Sawit. Letaknya cukup jauh, sehingga setelah melewati loket retribusi kamu harus meneruskan perjalanan beberapa kilometer, melewati kawasan pedesaan, dan melewati jalan berbatu dan menyempit dekat dengan jurang.

Situasi yang kamu hadapi memang benar-benar perkampungan yang alami. Tak jarang, kalau mereka tahu kamu berasal dari kota lain dan berminat mengunjungi pantai yang tidak komersil, mereka akan bertanya dengan nada heran. Kalau kamu memang pergi dengan niat bertualang, tentu pertanyaan heran warga akan bisa kamu jawab dengan santai.

Entah kalian menyebut dengan Pantai Nglangkap atau Pantai Langkap, yang jelas keindahan pantai ini layak untuk dinikmati! via @jogjapunyaacara
Entah kalian menyebut dengan Pantai Nglangkap atau Pantai Langkap, yang jelas keindahan pantai ini layak untuk dinikmati! via @jogjapunyaacara

Perjalanan melewati jalan setapak dengan suasana alami menyegarkan pastinya menjadi hiburan tersendiri. Kamu bisa beristirahat sebentar dan menikmati minum yang kamu sudah siapkan, lalu lanjut sampai kamu menemukan alam lautan dan pasir pantai yang putih. Kelelahanmu terbayar dengan pemandangan Pantai Nglangkap yang indah dan menakjubkan.

Pantai dengan pasir yang putih, lautan yang biru menghadap Samudera Hindia, dan karang-karang besar dan kecil si sekitar pantai. Pantai ini dikelilingi bukit yang menghijau, dan terdapat pepohonan pandan yang rimbun di sekitar pantai, membuat suasana pantai tidak begitu panas.

Alam yang alami dihadirkan bukan saja karena karang di sekitar pantai dan gulungan ombak yang menghasilkan irama alam yang menenangkan. Tetapi juga karena adanya bukit-bukit hijau yang kokoh di sekitar pantai, yang menghalangi panas.

Siapa sudah pernah liburan ke Pantai Nglangkap atau Pantai Langkap ini!?  @rizal.bulugh
Siapa sudah pernah liburan ke Pantai Nglangkap atau Pantai Langkap ini!? @rizal.bulugh

Kalau di beberapa pantai kamu tidak bisa menikmati sunset karena terhalang bukit-bukitnya, di pantai ini kamu justru bisa menikmati sunset dengan lega. Menangkap langit yang berubah jingga dan matahari yang berubah keemasan tenggelam di horizon pantai.

Tentu saja setelah berada di pantai ini kamu tidak hanya bisa beristirahat dan berdiam diri. Bersama teman seperjalananmu, kamu bisa berfoto dengan latar belakang laut, ombak, hingga sunset. Tak terganggu pengunjung yang ramai wara-wiri di sekitarmu. Kamupun bisa ikut mengamati aktivitas penduduk setempat dari tempatmu, bagaimana mereka menjalani aktivitas, dan tidak terlalu terganggu oleh kemajuan teknologi di luar sana. Sedikit banyak hal itu akan menjadi pelajaran berharga yang bisa kamu dapat selama liburan.

Cara Pergi Ke Pantai Nglangkap / Pantai Langkap

Biarpun terpencil dan melewati pedesaan, biarpun orang-orang desa menatap wisatawan dengan keheranan, pantai yang alami dan sepi nyatanya membebaskanmu untuk bertualang dan merenung. Tak heran kalau pantai dengan suasana nyaman dan tak terganggu siapapun justru dicari.

Dari Jogja, kamu bisa menuju menuju Desa Krambil Sawit ini lewat Imogiri, Panggang, lalu ke arah Saptosari. Di kawasan Saptosari kamu akan menemukan papan penunjuk ke arah Pantai Ngeden (Ngedan). Setelah masuk Gapura Ngedan, pada pertigaan pertama belok kanan. Selanjutnya, kamu bisa bertanya pada banyak penduduk yang kamu temui dengan aktivitas harian mereka.

Alternatifnya, kalian bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Nglangkap atau Pantai Langkap di Google Maps disini. Dengan menggunakan aplikasi peta digital ini, kemungkinan kalian tersasar akan semakin kecil.

Kalian bisa berburu foto instagram keren di Pantai Nglangkap atau Pantai Langkap ini! @tubetribe
Kalian bisa berburu foto instagram keren di Pantai Nglangkap atau Pantai Langkap ini! @tubetribe

Harga Tiket Masuk Pantai Nglangkap / Pantai Langkap

Pantai ini ternyata benar-benar alami, dan untuk retribusi juga belum ditetapkan. Akses masuknya berbeda dengan Pantai Ngedan yang sudah diberlakukan retribusi. Yang kamu pikirkan adalah untuk memarkirkan kendaraan, misalnya di area parkir Pantai Ngeden dengan tarif sekitar Rp5.000.

Tips Wisata Ke Pantai Nglangkap / Pantai Langkap

Agar liburan kalian lebih menyenangkan, ada baiknya kalian membaca beberapa tips wisata ke Pantai Nglangkap atau Pantai Langkap ini ya!

  • Bawa bekal makanan dan minuman secukupnya, terutama yang harus kamu konsumsi setelah lelah dengan aktivitas pantai. Pantai Nglangkap terpencil sementara kamu harus kembali berjalan jauh saat pulang.
  • Ingat pula, fasilitas pantai ini belum memadai. Untuk mengatasi tidak tersedianya toilet, kondisikan sedemikian rupa supaya di pantai kamu tidak tergesa-gesa ingin mencari toilet.
  • Akan lebih baik kalau kamu mengendarai motor dibanding mobil, tapi dengan kecepatan lambat pada daerah yang tidak mulus.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: