Menikmati Pantai Parangtritis Dari Bukit Paralayang Parangtritis

Asiknya menikmati Pantai Parangtritis dari Bukit Paralayang Parangtritis! Pantai Parangtritis adalah destinasi yang sudah terkenal sejak dulu. Tetapi tahukah teman – teman traveler kalau tidak jauh dari situ ada sebuah tempat yang bernama Bukit Paralayang Parangtritis Watugupit yang merupakan tempat menyenangkan untuk menikmati Pantai Parangtritis dari sudut pandangan yang baru dan benar benar berbeda.

Yogyakarta memang istimewa, dan keberadaan bukit dengan pemandangan yang indah ini melengkapi keistimewaannya. Sebenarnya Bukit Paralayang Parangtritis Watugupit ini masih masuk ke bagian Pantai Parang Endog, namun kenyataannya bukitnya sendiri lebih banyak dikenal karena dari sini bisa menikmati pemandangan garis pantai memanjang yang menakjubkan, diiringi matahari terbenam yang menawan.

Iya, menyaksikan matahari tenggelam secara perlahan di ufuk Barat, memang selalu bisa menjadi daya tarik yang menyenangkan buat siapapun. Katanya setiap traveler pasti mempunyai romansa tersendiri ketika menikmati senja sambil bersantai. Karena itu, Watugupit ini adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

Cara Lain Menikmati Pantai Parangtritis Dari Ketingian Bukit Paralayang Parangtritis.
Cara Lain Menikmati Pantai Parangtritis Dari Ketingian Bukit Paralayang Parangtritis.

Pasalnya, ketika senja tiba perpaduan aneka warna langit akan begitu indah. Semburat warna jingga yang dominan dan kadang diikuti gradasi biru tua yang menawan adalah pemandangan yang selalu diburu siapapun. Nah, Bukit Paralayang Parangtritis Watugupit yang berada di Yogyakarta ini adalah salah satu tempat favorit para pemburu senja di Pulau Jawa.

Beberapa orang mungkin akan bingung mengenai Bukit Paralayang Parangtritis Watugupit. Karena ada ambigu antara bagian “Pantai atau bukitnya?” Memang disini ada Pantai dan Bukit Paralayang Parangtritis yang lokasinya berdekatan. Untuk Pantai Parang Endog sendiri berada di ujung Timur Pantai Parangtritis.

 

 

Sementara bukit yang biasa digunakan untuk paralayang ini tepat berada di sebelahnya lagi diposisi yang diatas. Untuk mencapai puncak Paralayang atau Bukit Watugupit, sendiri teman – teman traveler harus menelusuri jalan, menuju ke arah timur yaitu ke arah Wonosari.

Sebelum menuju arah bukit, teman – teman traveler sekalian bisa juga berhenti sebentar di Pantai Parang Endog. Pantai ini memberi suguhan alam yang tak kalah indah dibandingkan dengan Pantai Parang Tritis kok. Lokasinya sendiri secara geografis berada di Dusun Girijati, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Pantainya juga relatif lebih sepi dan lebih alami karena itu masih minim polusi. Sayangnya ombak pantai cukup besar jadi disarankan untuk tidak berenang.

Dari Bukit Paralayang Parangtritis adalah cara terbaik menikmati garis pantai selatan Yogyakarta secara keseluruhan.
Dari Bukit Paralayang Parangtritis adalah cara terbaik menikmati garis pantai selatan Yogyakarta secara keseluruhan.

Bukit Paralayang Parangtritis Watugupit ini sebenarnya adalah sebuah bukit yang sering digunakan sebagai landasan olahraga paralayang. Namun karena paralayang hanya bisa dilakukan pada musim – musim tertentu, jadinya bukit ini jarang sekali digunakan.

Bukit ini memang hanya digunakan pada event tertentu. yalah satunya adalah event Yogyakarta Air Show yang biasanya diadakan setiap tahun di Pantai Parang Tritis dan Pantai Parang Kusumo. Namun setiap harinya Bukit Paralayang Parangtritis Watugupit adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan senja di Yogyakarta.

Jalanan ke tempat wisata Watugupit ini memang cukup menanjak jadi teman – teman traveler harus berhati-hati. Untuk sampai ke puncak bukit teman – teman traveler masih harus melewati beberapa anak tangga. Capek memang, tetapi setelah sampai di Puncak Bukit Paralayang Parangtritis pemandangan akan begitu menakjubkan. Kalau tidak percaya, silahkan nikmati sendiri pemandangan yang tersedia.

Tempat wisata Bukit Paralayang Parangtritis Watugupit adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati senja di Yogyakarta.
Tempat wisata Bukit Paralayang Parangtritis watugupit adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati senja di Yogyakarta.

Disarankan datang ke Bukit Paralayang Parangtritis Watugupit pada sore hari setelah pukul 3 sore, sebelum senja tiba dan saat cuaca sedang cerah untuk mendapatkan pemandangan senja terbaik di Yogyakarta. Kalau beruntung, teman – teman traveler bisa melihat pendaran oranye yang menyelimuti banyak pantai seperti Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, hingga pantai-pantai yang ada di ujung Barat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Note : Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam ada di Yogyakarta seperti Bukit Parang Endog ini. Sementara itu untuk menuju kota Yogyakarta bisa dicapai dengan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: