Pantai Ngluwen, Pantai Kecil dengan Daya Tarik Alami

Liburan ke Gunungkidul memang sangat identik dengan ke pantai. Gunungkidul punya sejumlah pantai yang menarik. Dari yang sudah terkelola oleh Pemkab ataupun yang masih alami dan sepi, semua menyajikan menawarkan keindahan dan keunikan yang menghibur. Di antaranya adalah Pantai Ngluwen.

Belum banyak orang yang tahu keberadaan pantai ini. Namun, kamu tetap sudah bisa melihatnya di Google Map. Pantai ini tidak besar, dan cenderung terpencil. Mungkin juga wisatawan cenderung memilih pantai yang lebih mudah dijangkau kendaraan. Apalagi bagi wisatawan dengan rombongan keluarga, yang lebih memilih pantai yang ramai, dengan fasilitas yang cukup memadai.

Pantai ini memang masih sepi dan masih minim fasilitas. Namun yang membuatnya menarik bagi penggemar pantai ya kealamian pemandangannya. Mengunjungi pantai ini, kamu akan menikmati suasana pantai yang sepi, dengan bukit-bukit hijau yang mengelilingi dan deburan ombak. Kamu juga jadi lebih bebas bermain-main di pantai ini, tanpa terganggu oleh keramaian.

Jangan lupa untuk piknik ke Pantai Ngluwen bersama teman-teman kalian ya! via @adimas_sheta
Jangan lupa untuk piknik ke Pantai Ngluwen bersama teman-teman kalian ya! via @adimas_sheta

Biasanya wisatawan di pantai ini bukan cuma beristirahat menikmati alam terbuka saja. Beach camp juga sangat cocok di kawasan pantai yang tampak tak terjamah ini. Serasa benar-benar bersahabat dengan alam bebas. Selama liburan di sini, kamu bisa bermain air di pinggir pantai, berenang, memancing, atau tiduran di atas pasirnya yang putih sambil menikmati hembusan angin laut yang sejuk. Dan yang pastinya nggak ketinggalan adalah selfie – wefie bareng teman seperjalanan yang seru.

Cara Pergi Ke Pantai Ngluwen

Mungkin kamu sudah penasaran, mau liburan ke pantai yang hening ini? Pantai ini terletak di Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Sebagai patokan, pantai ini nggak jauh dari Pantai Mbirit dan Pantai Butuh.

Dari Yogyakarta, pantai ini bisa kamu capai dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dengan kendaraan pribadi. Rutenya yaitu, dari ringroad Jl. Wonosari arahkan kendaraanmu menuju Patuk, lalu ke arah lapangan udara Gading. Dari pertigaan Gading belok ke kanan menuju Playen. Dari sana kendaraan lanjut ke arah Polsek Saptosari, lalu ke Jl. Panggang Wonosari. Lewat Desa Jetis, menuju Desa Krambil Sawit, lalu tiba di Pantai Butuh.

Senja yang indah dari Pantai Ngluwen di Gunungkidul Jogja! via @imron_subhan_hakiim
Senja yang indah dari Pantai Ngluwen di Gunungkidul Jogja! via @imron_subhan_hakiim

Kalau kamu naik kendaraan umum lebih sulit, kecuali di area yang mendekati kawasan pantai kamu menemukan ojek untuk mengantar sampai Pantai Butuh. Cara paling gampang sih kalau kamu mengikuti petunjuk lokasi Pantai Ngluwen di Google Maps disini. Dijamin, kalau pakai peta digital itu, kemungkinan nyasar akan semakin kecil.

Semua pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi harus memarkir kendaraan di Pantai Butuh lalu meneruskan perjalanan dengan jalan kaki sampai kawasan Ngluwen. Di sini kamu harus melewati jalan setapak kecil yang naik-turun dan terdapat semak-semak. Bahkan kamu harus menyusuri jalan bukit yang menanjak. Agar tidak bingung, kamu harus bertanya pada penduduk setempat yang kebetulan kamu temui di jalan. Jangan khawatir, kalau siang hari kamu akan manemukan banyak petani yang mengurus ladang dan ternak.

Pantai Ngluwen ini adalah salah satu pantai tersembunyi di Jogja. via @rokyulamin
Pantai Ngluwen ini adalah salah satu pantai tersembunyi di Jogja. via @rokyulamin

Jalur yang kamu tempuh bersama rombongan perjalanan mungkin lumayan melelahkan. Namun percayalah, kelelahan itu akan segera terbayarkan begitu kamu tiba di kawasan pantai, dengan pemandangannya yang sangat mengundang decak kagum. Kamupun bisa segera menikmati istirahat bersama sambil dibuai angin laut dan ombak pantai yang memanggil-manggil. Di sini gunanya kamu membawa sebotol air minum, agar kamu tidak dehidrasi karena lelah dan terik matahari.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Ngluwen

Retribusi untuk masuk kawasan pantai cukup terjangkau, Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk parkir di Pantai butuh kamu harus membayar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Pantai Ngluwen ini adalah salah satu pantai tersembunyi di Jogja. via @rokyulamin
Pantai Ngluwen ini adalah salah satu pantai tersembunyi di Jogja. via @rokyulamin

Tips Wisata Ke Pantai Ngluwen

Agar liburanmu ke Pantai Ngluwen lebih menyenangkan, mungkin ada baiknya kalau kamu memperhatikan beberapa tips wisata ke pantai berikut ini. Siapa tahu ada yang berguna untuk liburanmu yang menyenangkan!

  • Bawa makanan dan minuman yang cukup, karena letak warung makan lumayan jauh.
  • Untuk urusan MCK kamu bisa pergi ke pantai sebelah, atau ke Pantai Butuh.
  • Aktif di media sosial? Nah, bawa kamera dan ponsel untuk selfie itu mutlak perlu. Sebelum berangkat, isi penuh baterai termasuk powerbank!
  • Camping, bersantai sambil makan bareng, menikmati kebersamaan di alam Pantai Ngluwen memang sebuah kenikmatan tersendiri. Jangan lupa untuk membereskan sampah plastik atau sisa makanan ke dalam kantong untuk dibuang di tempatnya!

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: