Pantai Mbirit, Pantai di Antara Dua Tebing Karang

Mungkin kamu tahu sebagaian pantai di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Mungkin juga kamu tahu beberapa pantai di sana yang menyediakan camping ground untuk para wisatawan berjiwa petualang dan mencintai alam. Tapi, sudahkah kamu tahu dengan pantai yang satu ini? Pantai Mbirit, yang bukan hanya indah, tapi juga unik?

Banyak orang menyebut Pantai Mbirit ini adalah surga tersembunyi di Jogja. Mungkin disebut dengan demikian karena lokasinya memang agak tersembunyi, jauh dari hiruk pikuk keramaian kota Yogyakarta ya? Pun begitu, Pantai Mbirit ini layak banget buat kamu kunjungi ketika musim liburan tiba.

Untuk kamu yang menyukai wisata pantai yang memang banyak terdapat di D.I Yogyakarta, rasanya sayang kalau kamu tidak singgah di pantai yang satu ini. Memang,  pantai ini terbilang kecil. Dan bukan hanya kecil, letak pantai ini mirip dengan Pantai Wohkudu, yang diapit oleh dua buah bukit karang.

Pantai Mbirit ini adalah salah satu pantai tersembunyi di Jogja! via IG @detra_vianzt
Pantai Mbirit ini adalah salah satu pantai tersembunyi di Jogja! via IG @detra_vianzt

Meskipun pantai ini cukup kecil dibandingkan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul, sebagian orang kerap menjulukinya dengan istilah surga yng tersembunyi, karena tidak banyak orang yang tahu lokasi pantai ini.

Pantai ini memang pada akhirnya cukup ramai dikunjungi. Di pantai yang diselimuti pasir putih ini juga terdapat bongkahan  batu karang yang cukup besar, dengan diameter hingga 1 dan 2 meter. Sayangnya, pantai yang dijadikan kawasan wisata alam ini terbilang masih minim fasilitas.

Belum banyak orang yang tahu mengenai keberadaan Pantai Mbirit, makanya masih sepi! via IG @novianurdwijayanti
Belum banyak orang yang tahu mengenai keberadaan Pantai Mbirit, makanya masih sepi! via IG @novianurdwijayanti

Buat kamu yang penasaran dengan pantai-pantai yang masih alami, masih ada beberapa pantai lain di kecamatan yang sama, antara lain Pantai Butuh dan Pantai Ngluen. Tentu dengan berkunjung ke lokasi pantai ini kamu akan merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan kamu berkunjung ke pantai yang sudah dikelola dengan maksimal.

Suasana pantai ini terbilang sunyi, dengan pemandangan yang polos dalam arti sangat alami. Cocok sekali menjadi destinasi wisata alam yang menantang, karena akses ke lokasi inipun masih menemukan banyak bebatuan.

Kamu juga bisa camping di Pantai Mbirit ini! via IG @singmetosleepy
Kamu juga bisa camping di Pantai Mbirit ini! via IG @singmetosleepy

Berada di Desa Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Gungungkidul, pantai ini memiliki ombak dengan karakter yang sama dengan ombak di Pantai Selatan pada umumnya. Maka tak heran kalau pengunjung dilarang bermain air di pinggir pantainya.

Cara Pergi Ke Pantai Mbirit

Sebagai gambaran, untuk mencapai pantai ini dari kota Jogja dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam. Namun rute yang paling mudah adalah dengan mengikuti jalur Pantai Ngeden. Sebelum Pantai Ngeden akan ada pertigaan dan kamu harus mengambil arah kanan, menuju Pantai Butuh. Setelah bertemu area parkir kawasan pantai, pengunjung memarkir kendaraannya lalu berjalan kaki melewati perbukitan, sampai tiba di Pantai Mbirit sekitar 15 menit.

Pantai mbirit merupakan pantai yang lokasinya berada di sebelah timur pantai butuh. via IG @areajogja
Pantai mbirit merupakan pantai yang lokasinya berada di sebelah timur pantai butuh. via IG @areajogja

Buat kamu yang datang dari luar kota menggunakan kendaraan umum, dari teminal bus Gunungkidul kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek atau kendaraan pribadi ke Desa Krambil Sawit, lalu ke lokasi pantai ini. Alternatifnya, kamu bisa pergi ke Pantai Mbirit dengan menggunakan petunjuk lokasi Pantai Mbirit di Google Maps disini.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Mbirit

Masuk ke kawasan wisata pantai, kamu perlu membayar retribusi masuk kawasan sebesar Rp10.000 per orang, dan parkir kendaraan sekitar IDR 2.000 untuk motor dan IDR 5.000 untuk mobil.

Tips Wisata Ke Pantai Mbirit

Yakin kamu nggak mau liburan ke Pantai Mbirit yang tersembunyi ini! via IG @singmetosleepy
Yakin kamu nggak mau liburan ke Pantai Mbirit yang tersembunyi ini! via IG @singmetosleepy
  • Bekal makanan dan minuman sudah menjadi syarat mutlak. Selain menghindarimu dari dehidrasi akibat perjalanan dan panasnya matahari, tentunya perjalanan ini juga menuntut ekstra energi.
  • Uang receh juga penting untuk dibawa, untuk berjaga-jaga.
  • Meskipun sepertinya belum terkelola dengan maksimal, bukan berarti pengunjung berhak membuang sampah sembarangan. Sediakan kantong plastik dalam tas untuk menyimpan sampah makanan dan minuman.
  • Jangan ragu pula untuk menanyakan ke penjaga atau pengelola pantai, ketika kamu butuh toilet untuk buang air kecil, atau kalau kamu perlu menjalankan sholat. Dan jangan ragu memasukkan lembaranmu sebagai uang jasa pengelolaan toilet meskipun mungkin belum ada tarif resmi.
  • Bawa serta obat-obatan yang dibutuhkan, termasuk antiseptik, untuk jaga-jaga kamu terluka atau terjatuh karena bermain-main di bebatuan pantai yang tajam.
  • Bawa pula tisu basah, untuk membasuh kulit dari debu, mengingat pengunjung pantai tidak diperkenankan bermain air di pantai, karena tidak adanya pertahanan jika suatu waktu air laut pasang atau surut.
  • Demi keamanan, tentu lebih baik kamu datang bersama beberapa teman. Apalagi, menjelang sore Pantai Mbirit segera gelap karena matahari yang terhalang bukit karang.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: