Mengunjungi Pantai Ngeden, Serasa Berlibur di Pantai Pribadi

Mungkin kamu sedang mencari pantai di sekitar Gunungkidul yang belum ramai dikunjungi? Misalnya, Pantai Ngeden. Eh udah pernah denger mengenai pantai di Jogja yang satu ini belum? Yogyakarta ini memang memiliki banyak kawasan pantai yang sangat potensial buat dikembangkan sebagai tujuan pariwisata.

Salah satunya adalah Pantai Ngeden, yang belum lama dikembangkan menjadi lokasi wisata pantai yang nyaman bagi wisatawan lokal maupun luar, yang menyukai alam dan suasana yang jauh dari hiruk pikuk. Pantai ini sangat bagus sebagai alternatif wisata pantai selain Pantai Parangtritis.

Yakin kamu nggak mau liburan ke salah satu pantai Instagramable di Jogja ini! via @dewul_waeh
Yakin kamu nggak mau liburan ke salah satu pantai Instagramable di Jogja ini! via @dewul_waeh

Pantai Alami yang Dikembangkan

Seperti kebanyakan pantai, pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, dan banyak sekali karang di pinggir pantainya. Pantai ini tampaknya masih sangat alami, belum tersentuh banyak perubahan. Namun, di pantai ini sudah ada gazebo yang menjadi bagian dari pengembangan wisata pantai. Jalan di sekitar pantaipun sudah ditata dengan adanya tangga yang dibangun Pemda bersama dengan penduduk sekitar.

Pantai Ngeden di Jogja ini terlihat makin cantik dari udara. Via IG @dayu_iswanto
Pantai Ngeden di Jogja ini terlihat makin cantik dari udara. Via IG @dayu_iswanto

Di belakang pantai ini terdapat bukit-bukit yang hijau, rumput-rumput yang menciptakan suasana segar. Garis pantai ini memang tidak lebar. Hanya sekitar 100 sampai 150 meter. Tapi dengan hadir di sana, kamu akan merasakan suasana yang sangat asri. Deburan ombak yang pecah menghantam karang, suara burung di sekitar pantai, dan hembusan angin yang lembut, pastinya akan menjadi hiburan di tengah usahamu memancing ikan atau sekadar beristirahat melepas penat dan menjauhi rutinitas.

Untungnya, Pantai Ngeden yang sepi bukan berarti minim perhatian terhadap fasilitas. Kamu bisa mengandalkan pantai ini untuk menjadi tempat merilekskan pikiran. Dan meskipun lelah mencapai lokasi pantai ini, kelelahanmu akan segera terbayar dengan keindahan suasana dan kemudahan yang kamu peroleh di sini. Misalnya, adanya lahan parkir, toilet untuk MCK, gazebo untuk beristirahat, dan warung makan untuk wisata kuliner.

Aktivitas yang Menarik Selama di Pantai Ngeden Ini

Kamu juga bisa camping di Pantai Ngeden lho! via IG @romeography

Sementara, yang juga menarik dari pantai ini selain bisa menyalurkan hobi memancing adalah, adanya bukit yang bisa kamu naiki untuk melihat pemandangan dan juga tentunya sunset dengan lebih luas. Sementara pantainya sendiri, kamu akan menikmati pemandangan ikan-ikan beraneka warna dan rumput laut yang hijau.

Camping di sekitar pantai ini juga sangat memungkinkan. Dengan camping, kegiatan memancing di spot yang disediakan jadi mengasyikan, karena kamu bisa mengolah hasil pancinganmu beramai-ramai dengan teman seperjalananmu.

Menikmati senja atau sunset di Pantai Ngeden yang luar biasa ini sah sah saja kok! via @dwarsoprasonto
Menikmati senja atau sunset di Pantai Ngeden yang luar biasa ini sah sah saja kok! via @dwarsoprasonto

Cara Pergi Ke Pantai Ngeden Jogja

Nah, apakah kamu juga berminat mengunjungi pantai ini? Menjadikan perjalanan a la petualangan ke pantai ini sesuatu yang mengasyikan?

Secara administratif, pantai ini beralamat di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Berjarak 28 km dari Wonosari, kamu bisa mencapainya dengan melalui Kecamatan Panggang, ke arah Saptosari lalu lanjut ke Desa Krambil Sawit, kemudian ke lokasi pantai.

Atau, dari perbatasan Bantul-Gunungkidul kamu dan teman-temanmu bisa lewat Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), dan akan banyak papan penunjuk ke pantai ini yang bisa kamu jadikan pedoman. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Ngeden di Google Maps disini.

Jangan lewatkan untuk bermain pasir di pantai keren ini ya! via @triwahyuni_ithink
Jangan lewatkan untuk bermain pasir di pantai keren ini ya! via @triwahyuni_ithink

Harga Tiket Masuk Pantai Ngeden Jogja

Untuk masuk ke lokasi pantai ini, rupanya kamu cukup membayar parkir sebesar Rp2.000.

Tips Wisata Ke Pantai Ngeden Jogja

  • Sebaiknya wisata ke pantai yang murah meriah namun indah ini jangan kamu lakukan sendiri! Ajak teman atau saudaramu, dan kamu bisa melakukan berbagai kegiatan santai bersama, seperti memancing, camping, atau menggelar tikar lalu bernyanyi diiringi gitar.
  • Isi penuh daya baterai ponsel dan kamera sakumu! Tentunya spot-spot yang indah alami pantang untuk terlewati begitu saja.
  • Biar bagaimanapun, persiapkan tenaga dan kesehatanmu sebelum berangkat, karena perjalanan liburan ini akan menguras tenagamu. Bawa makanan dan minuman secukupnya, terutama air putih!
  • Uang receh juga sesuatu yang penting, meskipun sepertinya sepele. Dengan adanya uang receh, transaksimu membayar makanan, atau jasa apapun yang disediakan penduduk setempat bisa lancar dan nggak pakai menunggu lama.
  • Sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman di kaki dan tidak licin.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: