Pantai Wediombo Pantai Favorit Para Pemancing Di Yogyakarta

LiburMulu.com – Pantai Wediombo ini agak aneh memang, namanya tidak menggambarkan keadaan aslinya yaitu Wedi sendiri yang artinya pasir, sementara ombo adalah lebar. Namun, si pantai Wediombo ini tidak mempunyai hamparan pasir yang luas sama sekali. Bagian barat dan timur Pantai Wediombo malah diapit oleh bukit karang, membuat hamparan pasir pantai ini tak seluas Pantai Parangtritis dan Pantai Glagah.

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini sangat mudah dijangkau bila sebelumnya telah datang ke Pantai Siung. Cukup berbalik arah ke pertigaan di Tepus sebelum menuju ke Siung, kemudian belok kanan mengikuti alur jalan hingga menemukan papan petunjuk belok ke kanan untuk menuju Pantai Wediombo. Letak pantainya sendir masih berada jauh agak ke bawah dibanding daratan sekitarnya. Puluh anak tangga mesti dituruni sebelum menjangkau pantai dan menikmati suasana Pantai Wediombo.

Suasana di Pantai Wediombo.
Suasana di Pantai Wediombo.

Entah siapa yang menamakan pantai ini, namun pantai ini sebenarnya akan lebih pantas mempunyai nama Teluk Ombo, karena kondisi Pantai Wediombo memang lebih menyerupai teluk yang lebar daripada pantai. Ciri – cirinya sudah jelas sebagai teluk dengan terdapat batu karang yang mengapit, air lautnya yang  menjorok ke daratan. Namun yang membuat Pantai Wediombo sedikit berbeda adalah pantai ini memiliki luas yang lebih lebar dibanding teluk biasa. Apapun, menariknya dari pantai ini adalah, teman – teman bisa memancing dari bukit karang tadi untuk memancing ikan.

Selain itu Pantai Wediombo menyuguhkan pemandangan pantai cantik yang luar biasa setiap harunya. Pada hari yang cerah air lautnya berwarna kebiruan cerah. Pasir putihya yang cerah masih sangat terjaga, dihiasi serpihan cangkang yang telah ditinggalkan kerangnya. Suasana Pantai Wediombo juga sangat tenang, karena memang jauh dari riuh keramaian kota dengan lalu lalang kendaraan. Iya, destinasi Pantai Wediombo ini memang tempat yang tepat untuk melepas penat teman – teman traveler.

Pantai ini terletak di ujung timur wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, masih berada di deretan pantai – pantai di Gunung Kidul. Jarak pantai dari kota Yogyakarta kurang lebih sekitar 80 Kilometer. Pantai Wedi ombo ini bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Kendaraan umum yang ada biasanya berupa mini bus dengan rute Yogyakarta – Wonosari. Jika naik transportasi umum, dari kota Wonosari, teman – teman traveler bisa melanjutkan perjalanan dengan mini bus ke Baron. Nah dari Pantai Baron baru dilanjutkan menuju ke Pantai Wediombo. Namun mini bus umum tadi sayangnya hanya beroperasi pada hari libur saja.

Memancing di Pantai Wediombo.
Memancing di Pantai Wediombo.

Seperti yang telah disebutkan, Pantai Wediombo tidak hanya memiliki keindahan yang mengagumkan. Tempat ini juga menawarkan pengalaman memancing di ketinggian bukit karang. Entah sejak kapan memancing menjadi populer disini. Namun sekarang ini memancing menjadi terkenal karena dari kebiasaan memancing para penduduk setempat. Mungkin secara tidak langsung membuat para pengunjung lain juga tertarik untuk mencobanya. Sekarang ini memancing di Pantai Wediombo Yogyakarta sedang digemari oleh pehobi memancing dari kota Yogyakarta dan Wonogiri.

Pun sebenarnya bukan hal gampang untuk memancing dari bukit karang di Pantai Wediombo. Karena letaknya yang lumayan jauh dari pantai. Untuk menuju Bukit karang teman – teman traveler perlu berjalan ke arah timur menyusuri bibir pantai. Berjuang naik turun karang di tepian pantai yang terjal hingga puncak bukit karang yang langsung berhadapan dengan laut lepas yang dalam. Umumnya perjalanan menuju bukit karang tempat memancing di Pantai Wediombo tadi bisa memakan waktu sekitar satu jam.

Lansekap pantai Wediombo.
Lansekap pantai Wediombo.

Namun, setia perjuangan pasti menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Pemancing di Pantai Wediombo sering mendapatkan ikan berukuran besar. Minimal, para pemancing akan mendapatkan sebuah ikan cucut, atau ikan panjo berukuran besar. Di Pantai Wediombo, Ikan yang panjangnya bisa setara dengan lengan manusia dewasa ini punya 2 jenis. Pertama, berbentuk gilig (silinder), biasanya banyak ditemui pada musim kemarau. Sementara yang berbentuk gepeng (pipih) sering ditemui pada musim hujan.

Untuk memancing di Pantai Wediombo cukup gampang kok. Modalnya hanyalah kail dengan umpan berupa ikan teri yang bahkan bisa didapatkan di dekat pantai. Gunakan saja pancing dengan benar atau merentangkan jaring kecil, maka umpan bisa didapat. Jadi tidak perlu bingung misalnya kelupaan membawa umpan dari rumah. Pantas saja pantai ini salah satu pantai di Yogyakarta yang menjadi favorit para pemancing.

Tips Mengunjungi Pantai Wediombo Di Yogyakarta

Tempat parkir Pantai Wediombo.
Tempat parkir Pantai Wediombo.
  1. Bagi teman – teman traveler yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Pantai Wediombo bisa menggunakan 2 jalur ini. Pertama dengan menyusuri pantai-pantai di Gunungkidul, yaitu Pantai Tepus, Pantai Girisubo hingga sampai di Pantai Wediombo. Kedua melewati jalur Wonosari – Semanu – Jepitu – Wediombo.
  2. Harga tiket masuk Pantai Wediombo ini adalah IDR 5.000 per orang
  3. Di pantai ini sudah terdapat banyak warung yang menyediakan makanan dan, minuman. Musholla dan kamar mandi juga ditemui disini. Fasilitasnya cukup lengkap meski lokasinya jauh dari pusat Kota.
  4. Peta lokasi Pantai Wediombo klik disini

Note : Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam seperti Pantai Wediombo yang ada di Yogyakarta ini. Sementara itu untuk menuju kota Yogyakarta bisa dicapai dengan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: