Pantai Jungwok, Pilihannya Pencinta Alam dan Kegiatan Outdoor

Satu lagi destinasi pantai yang menarik untuk dijelajahi di Gunungkidul, yaitu Pantai Jungwok. Pantai ini indah dengan pasir putihnya dan air lautnya yang biru. Tapi bukan hanya itu yang menarik dari pantai ini. Pantai ini selain indah juga cukup luas. Mengunjungi pantai ini, kamu akan menyaksikan indahnya habitat berbagai jenis ikan hias, bintang laut dan berbagai macam rumput laut ini.

Pantai ini berbentuk agak cekung. Dan ombaknya sebagaimana pantai selatan pada umumnya, cukup besar dan kadang tiba-tiba memecah ketika menghantam karang. Lokasinya agak menjorok ke tengah laut, di pantai ini terdapat sebuah batu besar yang disebut watu topi, oleh penduduk setempat yang artinya batu berbentuk topi. Watu topi ini ada juga yang menaikinya, sebagai spot memancing ikan. Pada bagian pantai, kamu akan menyaksikan tanaman pandan.

Pantai Jungwok ini tampaknya cukup sepi, makanya serasa pantai privat di Jogja. Belum seperti Pantai Parangtritis. Maka, ketika datang berlibur ke pantai ini kamu akan merasa memiliki pantai pribadi yang nyaman, jauh dari keriuhan. Kamu bisa tidur-tiduran di atas hammock, berolahraga voli pantai bersama teman, atau camping dengan peralatan lengkap, mulai dari membawa tenda hingga kompor untuk memasak.

Memang sangat disarankan agar acara camping yang akan kamu adakan tidak hanya kamu sendiri atau berdua saja. Selain beramai-ramai akan terasa seru, konon Pantai ini terkenal dengan cerita mistis yang membuat orang yang camping merasakan ngeri tapi sekaligus penasaran.

Pantai Jungwok, Pilihannya Pencinta Alam dan Kegiatan Outdoor! via @bennysurendra
Pantai Jungwok, Pilihannya Pencinta Alam dan Kegiatan Outdoor! via @bennysurendra

Rute Cara Pergi Ke Pantai Jungwok

Pantai Jungwok ini beralamat di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Untuk mencapai pantai ini dari Kota Jogja dibutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Ingin datang ke pantai ini? Kamu bisa datang baik dengan kendaraan pribadi ataupun menyewa kendaraan, dengan jalur melalui Wonosari, lalu ke arah Kecamatan Semanu. Dari pertigaannya belok kanan ke arah Pantai Wediombo. Pantai Wediombo bersebelahan dengan Jungwok. Jadi, sebelum kamu tiba di Wediombo, kamu akan menemukan papan penunjuk arah menuju Jungwok, yang jaraknya sekitar 1 km.

Rute Cara Pergi Ke Pantai Jungwok! via @octrys_chandra
Rute Cara Pergi Ke Pantai Jungwok! via @octrys_chandra

Rute lain yang bisa kamu coba adalah melewati Jl. Wonosari ke arah Patuk, lalu ke Pasar Wonosari. Sampai di Pasar Wonosari belok kanan, ke arah pertigaan Mulo. Di pertigaan Mulo belok kiri, lalu pertigaan Siung lurus saja hingga bertemu pertigaan Wediombo, lalu belok kanan.

Biasanya angkutan umum baru sampai Jepitu saja, dan selanjutnya tidak ada kendaraan umum lagi, kamu harus jalan kaki menuju pantai yang dimaksud. Alternatifnya, kamu bisa pergi kesini dengan menggunakan petunjuk lokasi Pantai Jungwok di Google Maps disini.

Pada saat air pantai sedang surut, kamu bisa juga memarkir kendaraanmu di Pantai Wediombo, kemudian dengan menyusuri Pantai Wediombo ke arah timur. Lain halnya saat air laut sedang pasang karena bisa membahayakan.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Jungwok

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Jungwok! @pantai.jogja
Harga Tiket Masuk Ke Pantai Jungwok! @pantai.jogja

Pantai Wediombo dan Jungwok sudah menjadi satu paket retribusi. Artinya, kamu tidak perlu bayar retribusi sampai lebih dari sekali, untuk mengunjungi kedua pantai sekaligus. Harga tiketnya juga cukup murah, yaitu hanya IDR 5.000 per orang. Sedangkan untuk kendaraan, kamu perlu membayar parkir Rp2.000 per motor, atau Rp3.000 per mobil. Kalau menginap, maka biaya parkir menjadi IDR 5.000 untuk motor, dan IDR 10.000 untuk mobil.

Tips Wisata Ke Pantai Jungwok

Tips Wisata Ke Pantai Jungwok via @atika_muth
Tips Wisata Ke Pantai Jungwok via @atika_muth

Berikut ini adalah tips wisata ke Pantai Jungwok agar liburanmu ke pantai ini lebih menyenangkan.

  • Alih-alih mengandalkan warung yang ada di pantai, sebaiknya kamu membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup dalam tas. Hal ini penting, karena warung yang kadang tutup akan terasa menjadi masalah ketika kamu tidak punya persediaan apa-apa.
  • Persiapkan secara lengkap semua yang perlu sebelum berangkat, seperti daya baterai ponsel dan kamera yang penuh, pakaian hangat untuk camping malam hari, dan sebagainya. Koordinasikan bersama teman seperjalananmu agar saling membantu. Selain akan mempererat rasa solidaritas sebagai esensi dari kegiatan outdoor ini, camping ground di Pantai Jungwok ini jauh dari permukiman penduduk. Kamu tidak bisa mengandalkan siapapun selain rekan seperjalananmu saja.
  • Selesai acara camping dan berwisata, biasakan untuk membereskan semua sampah, jangan meninggalkannya begitu saja.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: