Pantai Muara Beting, Pantai Di Seberang Galaksi Kepunyaan Bekasi!

LiburMulu.Com – Pantai Muara Beting ini bisa dibilang merupakan salah satu tempat wisata pantai di Bekasi yang memiliki keindahan. Siapa yang menyangka kalau di Bekasi ternyata juga punya pantai? Padahal kota ini kan sebelumnya dikenal sebagai kota yang ramai dan bahkan macet. Saking seringnya macet, perjalanan menuju ke Bekasi seakan seperti sedang melakukan perjalanan ke ujung galaksi!

Iya memang, biasanja jika kalian berkunjung ke Kota Bekasi, kalian akan menemuin dan juga menikmati kota yang dikenal sebagai kota super sibuk. Ditambah dengan kemacetan dan polusi udara juga bangunan pabrik yang kian bertebaran di kawasan Bekasi. Namun, siapa sangka dibalik hiruk-pikuk kota Bekasi ini kalian tetap bisa menikmati sebuah kawasan wisata pantai yang masih terdapat di area Kota Bekasi agak kepinggir. Namanya Pantai Muara Beting yang memiliki pemandangan menawan.

Pantai Muara Beting, Pantai Di Seberang Galaksi Kepunyaan Bekasi!
Pantai Muara Beting, Pantai Di Seberang Galaksi Kepunyaan Bekasi! via https://www.instagram.com/p/7S10LntAwB/

Secara administratif, Pantai Muara Beting terletak di Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muara Gembong, Bekasi. Pantai ini memang asik untuk dimanfaatkan sebaga tempat wisata. Pun, Pantai Muara Beting ini sedang dalam proses pengembangan sebagai objek wisata pantai di Kabupaten Bekasi yang potensial. Kawasan konservasi juga terdapat di Muara Gembong sebelah utara sungai Citarum yakni Muara Pantai Bendera dan juga Muara Pantai Beting

Terdapat juga sebuah hutan bakau seluas 70 Ha. Disini terdaat banyak burung migrasi dari Laut China Selatan dan Laut Pasifik manakala lokasi tersebut setiap tahun arus badai taifun/angin dari arah Pasifik ke China Selatan pada bulan September sampai bulan Februari sehingga terjadi kosentrasi burung migrasi ditempat ini. Selain burung terdapat juga lutung hitam yang sudah langka.

(Baca Juga : Pantai Glagah Dengan Laguna Indah)

Percaya enggak kalau bekasi punya pantai dengan sunset sekeren ini
Percaya enggak kalau bekasi punya pantai dengan sunset sekeren ini! via https://www.instagram.com/p/7S10LntAwB/

Namun jangan berharap kalau pasir Pantai Muara Beting akan seputih pasir pantai Pantai Tegalwangi dan Pantai Pandawa. Pasir Pantai Muara Beting ini sedikit berwarna coklat. Namun paling enggak, pantai ini akan mengobati kalian yang kangen dengan suasana segar udara pantai. Apalagi pemandangan pantai yang ada di bekasi ini juga cukup menawan dan bisa menghilangkan stress.

Iya, Pantai Muara Beting Bekasi memiliki suasana udara laut yang segar juga pemandangan sekitar yang menenangkan. Jauh dari hiruk-pikuk keramaian Kota Bekasi deh Bibir pantai yang landai, dilengkapi dengan pasir laut yang bagak kecoklatan ditambah deburan ombak yang memecah seakan menjadi harmonis suara yang menentramkan jiwa.

(Baca Juga : Situ Cilembang A.K.A Situ Biru Sumedang, Danau Berwarna Biru Dari Sumedang! Untuk Para Petualang)

Pantai berpasir hitam di Bekasi yang keren! Siapa sudah pernah kesini?
Pantai berpasir hitam di Bekasi yang keren! Siapa sudah pernah kesini? via https://www.instagram.com/p/BAN8F8DhT_X/

Kalian juga bisa menyusuri kawasan hutan manggrove yang berada tak jauhd dari bibir pantai. Berada di Pantai Muara Beting ini kalian akan merasa seakan tidak sedang berada di Bekasi. Pun sebenarnya kalian sedang menikmati salah satu keindahan Kota Bekasi, yaotu sebuah keindahan alam yang tenang jauh dari kebisingan dan polusi udara.

Seperti yang telah disebutknan diatas, disekitar lokasi Pantai Muara Beting Bekasi, kalian bisa menemukan sebuah kawasan konservasi hutan bakau yang mebentang luas. Total luasnya kira-kira sekitar 70 hektar. Ada banyak jenis burung yang bisa kaliantemukan di dalam kawasan konservasi hutan bakau yang dilindungi ini. Dan karena hutan bakau di Bekasi ini dilindungi, kalian tidak boleh melakukan aktifitas berburu, atau kegiatan menangkap binatang apapun yang tinggal di hutan bakau Bekasi ini.

Mangrove di dekat Pantai Muara Beting, mirip di sungai amazon bukan?
Mangrove di dekat Pantai Muara Beting, mirip di sungai amazon bukan? via https://www.instagram.com/p/7xugv1lXAX/

Makanya, tidak heran lagi kalau keindahan bibir Pantai Muara Beting yang juga dihiasi dengan hutan manggrove disekitarnya, menjadikan salah satu pantai di Bekasi ini menjadi destinasi wisata yang mulai dilirik oleh masyarakat di sekitar Kota Bekasi. Apalagi loksinya yang nggak terlalu jauh, atau hanya berjarak kurang lebih sekitar 48 km dari Kota Bekasi. Dengan jarak segitu, kalian hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakna kendaraan pribadi. Apalagi akses jalannya sudah bagus, dan lebar. Jadi akan sangat mudah untuk dilalui kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Untuk fasilitas yang ada di Pantai Muara Beting Bekasi ini mungkin masih belum lengkap. Mengingat kawasan wisata Pantai Muara Beting Bekasi ini sebenarnya masih dalam proses pengembangan. Namun untuk fasiltas dasar seperti lahan pakir, toilet, dan juga kamar ganti di lokasi Pantai Muara Betting ini sudah ada. Jadi pantai di Bekasi ini sebenarnya sudah cukup layak untuk digunakan sebagai tempat wisata.

(Baca Juga : Labuan Cermin, Danau Cermin Di Tengah Belantara Berau)

Tips Liburan Asik Ke Pantai Muara Beting Di Bekasi

Senja yang menawan di pantai yang ada di Ujung Bekasi
Senja yang menawan di pantai yang ada di Ujung Bekasi! via https://www.instagram.com/p/_tO8J6vs6A/
  1. Sebaiknya kalian liburan ke pantai ini ketika musim kemarau saja. Mengingat ketika musim hujan pasti sering hujan, dan liburan ke pantai di Bekasi ini pasti kurang nyaman jika dibandingkan dengan ketika liburan di musim kemarau.
  2. Bawa bekal makanan atau snack agar kalian tak kelaparan ketika sedang berlibur ke Pantai Muara Beting. Pun disini ada yang jual makanan, mungkin ada beberapa dari kalian yang kurang cocok dengan makanannya.
  3. Persiapkan kacamata hitam dan sunblok. Kedua benda tersebut akan berfungsi sebagai pelindung mata dan kulit dari terik sinar matahari yang cukup menyengat ketika kalian bermain tepi pantai.
  4. Ikuti peraturan yang telah ditetapkan untuk kenyamanan dan keamanan liburan kita di lokasi. Misalnya, jika memang dilarang berenang, jangan memaksakan diri untuk berenang.
  5. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Muara Beting ini adalah ketika pagi dimana matahari belum terlalu terik, atau menjelang sore hari menjelang matahari akan terbenam.
  6. Jangan lupa untuk membawa kamera agar kalian bisa berfoto cantik di lokasi Pantai Muara Beting Bekasi.
Kehidupan nelayan di sekitar pantai
Kehidupan nelayan di sekitar pantai via https://www.instagram.com/p/BANMbqDoQTh/

Nah, gimana? Yang orang Bekasi atau mungkin kalian yang tinggal di Jakarta bisa kok sesekali liburan ke tempat ini. Jadi siapa yang bilang kalau di Bekasi nggak ada tempat liburan yang asik? Ada kok! Bekasi punya pantai, Pantai Muara Beting yang bisa kalian kunjungi ketika ingin melepas kepenatan setelah beraktifitas setiap hari! Yuk main ke pantai di Bekasi yang satu ini!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: