10 Film Tentang Traveling Terbaik Sepanjang Masa!

10 Film Tentang Traveling Terbaik Sepanjang Masa!
4.9 (97.5%) 16 votes

LiburMulu.com – Kalian suka nonton film traveling? Film apa saja yang pernah kalian tonton? Jangan bilang kalau kalian hanya pernah nonton film 5CM saja? Well, itu berarti kalian harus lebih banyak menonton film bertema traveling lebih banyak. Soalnya masih banyak film-film tentang traveling yang keren untuk kalian tonton!

Misalnya, 10 Film Tentang Traveling Terbaik Sepanjang Masa Ini!

1. The Beach

The Beach
The Beach

The Beach merupakan film thriller Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2000. Pemeran film yang disutradarai oleh Danny Boyle ini antara lain oleh Leonardo DiCaprio, Virginie Ledoyen, Guillaume Canet, dan masih banyak lagi.

The Beach bercerita tentang pemuda Amerika yang melakukan traveling ke sebuah kawasan terisolasi di Thailand bersama sejumlah pemuda lainnya. Namun tidak disangka jika ternyata pulau tersebut merupakan tempat bajak laut Thailand, menyembunyikan barang-barang kejahatannya.

(Baca Juga : Tips Traveling Asik Di Thailand)

Sebagai seorang Bacpacker Richard menemukan peta mengenai sebuah pantai cantik dari tetangga di sebelah kamar hostelnya. Pantai ini merupakan pantai tersembunyi yang tak banyak orang tahu, serta bukanlah destinasi yang biasa dipadati turis. Plot ini jelas menunjukkan imej dari seorang backpacker, yang mencari lokasi-lokasi yang berbeda dari para turis.

2. Eat Pray Love

eat-pray-love
Eat Pray Love

Disutradarai oleh Ryan Murphy – yang sebelumnya telah popular lewat arahannya untuk serial televisi musikal, Glee – Eat Pray Love merupakan film yang diadaptasi dari memoir laris karya penulis Elizabeth Gilbert yang berjudul Eat Pray Love: One Woman’s Search for Everything Across Italy, India and Indonesia yang dirilis pada tahun 2006 lalu dan berhasil bertahan dalam daftar buku terlaris The New York Times selama 187 minggu.

Proses pembuatan Film Eat Pray Love salah satu diantaranya dilakukan di Bali, di Pantai Padang-Padang. Hal ini pun sempat menjadi pemberitaan hangat di Indonesia. Tidak mengherankan jika kemudian film ini menjadi salah satu film asing yang paling ditunggu masa rilisnya di Indonesia.

Bercerita tentang seorang perempuan yang merasa kehidupan cintanya gagal, dan mencoba untuk menenangkan diri dengan traveling ke berbagai negara, hingga menemukan tambatan hatinya. Kisah perjalanan tersebut dimulai di Italia, dimana Elizabet menghabiskan waktunya untuk menikmati berbagai sajian lezat yang terdapat di negara Menara Pisa tersebut. Kemudian menuju India berusaha menumbuhkan kembali kedekatan dirinya dengan Tuhan, baru kemudian Bali, Indonesia. Tempat dimana Elizabeth berhasil menemukan cintanya.

(Baca Juga : Destinasi Tidak Biasa Dan Anti-mainstream Bali Ini Wajib Dimasukkan Ke Itinerarymu!)

3. Airplane!

Airplane!
Airplane!

Airplane! merupakan sebuah film komedi-thriller buatan Amerika Serikat pada tahun 1980. Film yang merauk keuntungan sangat besar ini disutradarai dan ditulis oleh Jim Abrahams, David Zucker, dan Jerry Zucker. Airplane! Menjadi sangat dikenal dikarenakan pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang Amerika pada masa itu seperti; Robert Hays, Julie Hagerty, Leslie Nielsen, Robert Stack, Lloyd Bridges, Peter Graves, Kareem Abdul-Jabbar, dan Lorna Patterson.

Seperti layaknya film parodi, film ini menampilkan banyak humor yang mempunyai tingkat absurd yang tinggi. Kadang cukup surealis, kadang juga absurd tingkat tinggi. Tapi beda dengan film parodi jaman sekarang, lawakan yang ditampilkan walaupun absurd namun memiliki kelucuan dan “kecerdasan” sendiri.

Film ini telah terpilih sebagai film komedi Amerika terlucu ke-10 pada daftar 100 Years… 100 Laughs di AFI pada tahun 2000, dan peringkat ke-6 pada 100 Funniest Movies di Bravo. Dan dalam survei 2007 oleh Channel 4 di Britania Raya, film ini dinilai sebagai film komedi terbesar kedua sepanjang masa.

4. Into the Wild

Into The Wild
Into The Wild

Film yang diangkat dari novel Into the Wild karangan Jon Krakauer ini rilis pada tahun 1996 dan merupakan salah satu novel best seller. Disutradarai oleh Sean Penn yang merupakan actor sekaligus sutradara berkelas. Into the Wild menceritakan sebuah pengalaman luar biasa dari almarhum Supertramp asli.

Christopher McCandless a.k.a Supertramp (Emile Hirsh), merupakan seorang mahasiswa cerdas yang baru saja lulus dari Emory University. Mungkin saja dia bisa melanjutkan ke Harvard dengan didukung tabungan yang dimilikinya.

Namun, keadaan dan perilaku keluarganya yang menjengkelkan baginya membuatnya ingin mengasingkan diri, mencoba berbaur dengan alam dan mengalami sendiri bagaimana ia masuk ke dalam liarnya dunia. Sudah muak dengan tingkah kelompok-kelompok manusia membuatnya memutuskan untuk berkelana ke utara sampai ke Alaska.

(Baca Juga : Survival Skill Yang Berguna Ketika Naik Gunung Atau Di Alam Bebas!)

5. Almost Famous

Almost Famous
Almost Famous

Almost Famous merupakan film drama komedi yang ditulis dan disutradarai oleh Cameron Crowe yang dirilis pada tahun 2000, bercerita tentang seorang jurnalis remaja yang menulis artikel untuk majalah rolling stone, artikel tersebut tentang sebuah band fiksi yang bernama stillwater dan usahanya untuk mendapatkan cerita sampul pertamanya diterbitkan. Film ini semi-otobiografi, seperti Crowe sendiri yang merupakan penulis remaja untuk Rolling Stone.

Film ini didasarkan pada pengalaman Crowe tur dengan band-band rock seperti Poco, The Allman Brothers Band, Led Zeppelin, The Eagles dan Lybyrd Skynyrd. Dalam sebuah artikel Rolling Stone, ia berbicara tentang bagaimana ia kehilangan keperjakaannya, jatuh cinta, dan bertemu idolanya, pengalaman yang dibagi oleh William, tokoh utama dalam film. Almost Famous mengajak penonton melihat ke dalam kehidupan yang serba cepat, menggembirakan dan kadang-kadang dapat menghancurkan musisi, groupies dan kehidupan mereka di jalan.

6. The Secret Life of Walter Mitty

The Secret Life of Walter Mitty
The Secret Life of Walter Mitty

Film ini menceritakan tentang Walter Mitty (Ben Stiller) yang merupakan pria yang memiliki kehidupan membosankan dan terjebak pada rutinitasnya sehari-hari. Meskipun Walter bekerja di majalah terkenal, yaitu majalah Life. Namun pada kenyataannya, ia sendiri tidak pernah melakukan petualangan apapun dalam hidupnya sehingga ia hanya selalu berkhayal. Suatu ketika, ia menemukan sepotong negatif film milik fotografer ternama Sean O’Connell (Sean Penn) yang hilang.

Foto hilang yang akan dijadikan sebagai cover majalah tersebut memaksanya untuk menemukan jejak sang photographer. Dengan semangat yang diberikan gadis yang diam-diam ia sukai Cheryl (Kristen Wiig), Walter akhirnya memberanikan diri melakukan petualangannya sendiri. Ia berusaha menemukan fotografer Sean O’Connell dan melakukan perjalanan yang selama ini hanya ada dalam imajinasinya.

(Baca Juga : Gerhana Matahari Total Akan Lewati Pulau Cantik Faroe Island)

7. Tracks

Tracks
Tracks

Film yang mengambil setting waktu di tahun 1977 ini bercerita tentang Robyn Davidson, yakni seorang wanita berusia 27 tahun yang memutuskan untuk mengembara dari Alice Springs melintasi gurun pasir yang tandus di Australia, yang panjangnya mencapai 2700 Kilometer. Dalam petualangannya, Robyn tidak sendiri, melainkana ditemani oleh anjingnya yang setia bernama Diggity. Selain itu ia juga sudah mempersiapkan empat unta untuk membawa segala perbekalan selama di perjalanan. Lalu, mulailah ia berpetualang untuk menuju Samudera Hindia.

Petualangan Robyn ini menarik minat seorang fotografer professional dari National Geographic bernama Rick Smolan. Ia akhirnya diijinkan untuk meliput setiap detail dari perjalanan Robyn selama ia berpetualang. Petualangan yang begitu jauh di alam liar tersebut tidaklah berjalan mulus, namun begitu banyak rintangan yang harus harus dihadapinya.

8. The Motorcycle Diaries

The motorcycle Diaries
The motorcycle Diaries

The Motorcycle Diaries bercerita tentang dua sosok anak muda yang melakukan sebuah perjalanan menelusuri Amerika Selatan, yang akhirnya berhasil mengubah pandangan mereka terhadap kemanusiaan dan situasi ekonomi dunia yang dianggap tidak adil. Salah satu dari mereka adalah Ernesto Guevara.

Anak muda yang kemudian dikenal luas sebagai Che, yakni sosok revolusioner ikonik yang berperan besar dalam Revolusi Kuba dan sampai sekarang potret wajahnya yang terkenal itu masih sering ditemui di tembok-tembok maupun pakaian yang dipakai masyarakat sehari-hari.

(Baca Juga : Tips Bikepacking Overland Dengan Motor)

Dapat dikatakan, bahwa film ini mencoba untuk memberikan sebuah kisah bagaimana seorang pemuda idealis melihat dunia dan bagaimana hal tersebut mentransformasikan dirinya dari seorang dokter bedah canggung menjadi sosok penting yang akan selalu diingat dalam sejarah.

Film diawali dengan dikenalkannya sosok Ernesto Guevara dan sahabatnya, Alberto Granado serta persiapan mereka untuk memulai perjalanan menelusuri Amerika Selatan menggunakan sebuah sepeda motor. Ernesto merupakan seorang calon ahli medis, dan Alberto adalah ahli biokimia. Pada tahun 1952 mereka berangkat dari Buenos Aires dengan rute melintasi pegunungan Andes menuju Chili. Dan dilanjutkan dengan menuju Peru dan Venezuela dengan jarak sejauh 8000 km.

9. A Perfect Getaway

A Perfect Getaway
A Perfect Getaway

Bercerita tentang Cliff (Steve Zahn) dan Cydney (Milla Jovovich) yang melakukan perjalanan ke Hawai untuk berbulan madu. Di tengah perjalanan mereka bertemu pasangan yang sedikit mencurigakan yakni, Cleo (Marley Shelton) dan Kale (Chris Hemsworth). Mereka memutuskan untuk tidak memberikan tumpangan pada dua orang tersebut. Namun kemudian keduanya digambarkan menyusuri pulau bersama pasangan lain yang tak kalah mencurigakan, Nick (Timothy Olyphant) dan Gina (Kiele Sanchez).

Ditengah perjalanan mereka mendengar berita berkaitan dua pembunuh yang sedang berkeliaran yang telah berhasil menghabisi pasangan pengantin baru. Timbul kecurigaan diantara dua pasangan tersebut. Awalnya penonton diarahkan untuk mencurigai Nick dan Gina yang terlihat lebih tangguh dan berbahaya. Namun, kemudian kecurigaan selanjutnya beralih pada Cliff dan Cydney. Disnilah, ketegangan mulai dibangun oleh David Twohy selaku sutradara sekaligus penulis cerita.

10. Sanctum

sanctum
Sanctum

Sanctum merupakan salah satu film yang patut ditonton oleh para pencinta film dan traveling. Film yang banyak mendapat penghargaan di Australia ini, mengambil latar tempat di sebuah gua besar nan indah di pesisir pantai Papua Nugini. Memang film ini memakan biaya yang sangat besar, namun hasil yang berkualitas dari film garapan sutradara James Cameron ini, berhasil memikat banyak orang karena banyak adegan luar biasa yang pengambilan gambarnya di bawah air.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: