Pantai Glagah Dengan Laguna Indah

LiburMulu.com – Kalau mendengar nama Pantai Glagah pasti langsung teringat dengan laguna indah dan pemecah ombaknya. Yak, dua kata itu memang sudah umum dan sering terlintas ketika teman – teman traveler mendengar nama Pantai Glagah. Apalagi keduanya seakan menunjukkan dua sisi berbeda dari Pantai Glagah yang cenderung berpasir hitam ini. Ratusan tetrapod yang berjajar di sisi barat pantai ini dengan tanpa ampun memecah ombak Laut Selatan yang terkenal ganas setiap hari tanpa lelah.

Keberadaan Pantai Glagah ini melengkapi jajaran panjang pantai – pantai cantik di Yogyakarta. Dengan ciri khas Laguna yang cukup panjang nan indah adalah salah satu keunikan Pantai Glagah yang terletak dekat dengan muara Sungai Serang, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta ini. Lokasi Pantai Glagah sendiri berada sekitar 40 kilometer ke arah barat dari pusat Kota Yogyakarta atau sekitar dua kilometer dari jalan utama lintas selatan Jawa.

Ratusan tetrapod yang berjajar di sisi barat Pantai Glagah ini menjadi pengaman sekaligus ikon keberadaan pantai.
Ratusan tetrapod yang berjajar di sisi barat Pantai Glagah ini menjadi pengaman sekaligus ikon keberadaan pantai.

Laguna yang berada sekitar 300 meter dari Dermaga Wisata di Pantai Glagah ini termasuk unik. Pasalnya laguna di Pantai Glagah ini merupakan salah satu fenomena alam yang tidak banyak dimiliki oleh pantai-pantai lain di Indonesia. Kebetulan saja Pantai Glagah memiliki laguna semacam telaga atau danau yang diakibatkan oleh terjebaknya ombak laut di daratan. Cekungan cukup dalam tadi menjebak ombak laut yang mencapai daratan, maka air laut yang terperangkap di cekungan menjadi genangan semacam telaga.

Akibat keberadaan Laguna unik ini juga, kawasan Pantai Glagah terbagi menjadi dua, yaitu lokasi yang masih ditumbuhi rumput dan tanaman pantai serta area penuh gundukan pasir yang berbatasan langsung dengan lautan. Laguna Pantai Glagah ini sering menjadi tempat bermain anak – anak. Ketika musim liburan tiba, laguna dipenuhi dengan anak-anak yang mandi atau sekedar bermain air di Laguna. Tempat ini relatif lebih aman karena memang jauh dari ombak.

Laguna Pantai Glagah ini adalah salah satu tempat favorit pengunjung.
Laguna Pantai Glagah ini adalah salah satu tempat favorit pengunjung.

Biasanya Laguna yang tenang tadi juga asik digunakan untuk mengayuh dayung kano. Namun, Kalau tidak cukup bermain air di Laguna Pantai Glagah, bagi para pecinta olahraga bisa bersepeda menyusuri pantai, ataupun naik ATV dan menaklukkan medan berpasir. Adrenalin pun bisa terpacu dengan menggeber ATV melewati pasir Pantai Glagah.

Buat para penyuka hobi memancing, Pantai Glagah adalah tempat yang sempurna. Melempar kail dari atas tetrapod tentu menjadi pengalaman tersendiri yang menyenangkan. Ada beberapa jenis ikan seperti Talang, Pethek (Mlawis), Caru (baby GT), Surung, Garon, Layur dan banyak lainnya yang bisa didapatkan di Pantai Glagah ini.

Salah satu spot memancing di Pantai Glagah.
Salah satu spot memancing di Pantai Glagah.

Tidak begitu jauh,ada bagian barat dari Pantai Glagah ini terdapat hamparan perkebunan buah naga yang dikelola menjadi sebuah agrowista dengan nama Kusuma Wanadri. Kusuma Wanadri ini bisa didatangi oleh para traveler. Totalnya Kusuma Wanadri memiliki luas areal mencapai 3,5 hektar yang tidak hanya digunakan untuk penanaman buah naga saja melainkan juga dimanfaatkan sebagai rumah makan, kantor, kios, dan lahan tanaman herbal.

Tersedia sejumlah losmen kecil di dekat Pantai Glagah jika memutuskan untuk menginap disini. Meskipun dengan fasilitas penginapan yang cukup terbatas. Untuk makanan sendiri tersedia makanan seafood di Warung Yu Sum, yang cukup terkenal berada tepat di ujung barat Pantai Congot, yang masih satu rangkaian dengan Glagah. Selain itu juga ada banyak warung kecil di sepanjang pantai. Menikmati makanan sambil menunggu sunset di Pantai Glagah tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan selama liburan di Yogyakarta bukan?

Senja sore, pemandangan sunset di Pantai Glagah adalah salah satu yang terindah di Yogyakarta.
Senja sore, pemandangan sunset di Pantai Glagah adalah salah satu yang terindah di Yogyakarta.

Note : Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam seperti Pantai Glagah yang ada di Yogyakarta ini. Sementara itu untuk menuju kota Yogyakarta bisa dicapai dengan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: