Pantai Ngobaran Dengan Pura Yang Indah

LiburMulu.com – Kalau bicara tentang Yogyakarta, itu artinya kita bicara tentang sebuah propinsi yang tak habis-habisnya ‘menelurkan’ destinasi-destinasi wisata baru yang gak boleh untuk terlewatkan. Apalagi Gunungkidul yang merupakan salah satu kabupaten yang sangat terkenal tentang keindahan pantainya yang tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan pantai Kuta ataupun Tanah Lot di Bali.

Bernama Pantai Ngobaran, yang terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul. Pantai ini terhitung masih sangat sepi jika dibandingan dengan Pantai Prangtritis. Keunikan Pantai Ngobaran terletak pada adanya berbagai macam tempat peribadatan disana, di tepi laut kita dapat melihat masjiid yang disebelahnya terdapat pura yang menghadap ke laut. Terdapat pula beberapa arca yang berfungsi untuk tempat upacara keagamaan tertentu.

Pantai Ngobaran Yang Cantik Jelita. Untuk menuju pantai ini caranya tidak terlalu sulit.
Pantai Ngobaran Yang Cantik Jelita. Untuk menuju pantai ini caranya tidak terlalu sulit.

Lokasi Pantai Ngobaran dapat mudah ditemukan karena terdapat papan petunjuk yang memberikan arah, meski harus sedikit trekking di jalanan sempit dan berkelok-kelok. Jika dari arah jalan Jogja-Wonosari yakni di pertigaan Gading, segera ambil jalan ke selatan arah Playen, lalu ikuti jalan hingga ke pertigaan pasar Paliyan, setelah itu belok kiri baru kemudian tidak jauh dari sana kembali belok ke kanan. Dari sana akan ditemukan papan penunjuk arah ke pantai Ngobaran. Lama perjalanan dari pusat kota Jogja kurang lebih sekitar 2 jam lamanya.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

Pantai Ngobaran menjadi begitu unik dan berbeda karena di pantai ini terdapat bangunan pemujaan layaknya pura dan candi dengan patung-patung para dewa. Konon bangunan-bangunan ini didirikan pada tahun 2003 oleh keturunan Prabu Brawijaya V. Bangunan yang paling jelas terlihat adalah tempat ibadah berbentuk pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Tempat peribadatan itu didirikan tahun 2003 untuk memperingati kehadiran Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit, di Ngobaran.

Pemandangan sekitar Pantai Ngobaran
Pemandangan sekitar Pantai Ngobaran

Di puncak bukit karang yang berada di sekitar pantai terdapat sebuah kotak batu yang berada di depan rumah joglo dikelilingi pagar kayu abu-abu. Kabarnya kotak batu tersebut merupakan tempat Prabu Brawijaya V membakar diri karena enggan untuk di-islamkan. Menurut cerita masyarakat setempat, Prabu Brawijaya V merupakan keturunan terakhir kerajaan Majapahit. Prabu Brawijaya V melarikan diri dari istana bersama 2 orang istrinya yaitu Bondang Surati (istri pertama) dan Dewi Lowati (istri kedua) karena enggan di-Islamkan oleh puteranya Raden Fatah, raja Demak I. Dari peristiwa tersebutlah nama pantai ini berasal, dinamakan ngobaran yang berasal dari kata kobaran yang artinya terbakar atau membakar diri.

Jika ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda, teman – teman traveler dapat berkunjung ketika menjelang hari raya Nyepi. Karena ketika itu penganut agama Hindu sering melakukan Upacara Galungan setiap bulan purnama dan upacara Melastri yang merupakan rangakaian upacara Nyepi. Dan tidak hanya penganut agama Hindu, penganut aliran kejawen (aliran kepercayaan peninggalan Prabu Brawijaya V) setiap malam selasa dan jumat pun mengadakan ritual ditempat ini.

Senja di Pantai Ngobaran yang menawan
Senja di Pantai Ngobaran yang menawan

Mungkin itu alasan mengapa ketika memasuki kawasan Pantai Ngobaran ini, pengunjung akan disambut oleh suasana mistis yang berpadu dengan suara ombak yang menerpa tebing-tebing batu karang.
Tidak hanya legenda dan tempat – tempat peribadatan, jika ingin menikmati pemandangan laut dari sudut yang berbeda, kita dapat mendaki bukit yang letaknya tidak jauh dari candi.

Dari puncak bukit ini mata akan disuguhkan oleh pemandangan Pantai Ngobaran yang lebih luas. Karena pantai ini merupakan pantai selatan, tidak disarankan untuk berenang, namun jika ingin bermain-main saja dengan pasirnya yang putih tidaklah mengapa. Apalagi pasir putih Pantai Ngobaran ini begitu menggoda.

Iya, Pantai Ngobaran memang menyimpan pesona yang berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya, selain keindahan alam kita juga dapat sekaligus berwisata budaya dengan mengunjungi bangunan-bangunan unik sekitar pantai. Tertarik untuk berkunjung ke Pantai Ngobaran?!

Note : Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam seperti Pantai Ngobaran yang ada di Yogyakarta ini. Sementara itu untuk menuju kota Yogyakarta bisa dicapai dengan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Banyak Dicari

  • gapura pura bali

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
2 Responses
  1. Afandi Ys

    Hadi Bianconeri apakah masih mau kesini lg biar berkobar2 hehe?? Ato cari tempat wisata gunung kidul yg top lagi??
    Colek Handy Arjuna Satriawan barang kali ada ide.

%d bloggers like this: