Melihat Kehidupan Nelayan Dari Dekat Di Pantai Ngrenehan

LiburMulu.com – Pantai Ngrenehan yang merupakan sebuah pantai nelayan ikut meramaikan jajaran pantai – pantai cantik di Yogyakarta. Secara geografis pantai ini terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari yang berjarak kurang lebih 30 km di selatan kota Wonosari. Pun lokasinya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, mengunjungi pantai ini sangat disarankan jika ingin melihat pantai dan kehidupan sehari – hari nelayan.

Lansekap Pantai Ngrenehan sendiri adalah suatu pantai yang berupa teluk dan dikelilingi oleh hamparan perbukitan kapur. Karena itu Pantai Ngrenehan memiliki pemandangan yang memukau bagi siapapun karena deburan ombak liar yang menerpa pasir putihnya. Tidak cuma itu saja, teman – teman traveler bisa menyaksikan aktivitas dan kegiatan nelayan yang masih aktif. Alternatifnya teman – teman traveler bisa menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh- oleh ketika pulang.

Kapal Nelayan berjajar rapi di Pantai Ngrenehan.
Kapal Nelayan berjajar rapi di Pantai Ngrenehan.

Selain daya tarik alam dan budaya, ada sejarah unik mengenai Pantai Ngrenehan. Disebutkan kalau asal nama Pantai Ngrenehan ini berasal dari pemberian Raja Demak yang bernama Raden Fatah putra dari Prabu Brawijaya V, seorang raja Majapahit yang pernah memerintah tahun 1464 – 1478 M. Kisah ini berawal dari Raden Fatah yang datang ke pantai ini untuk mencari ayahnya dan dua orang istrinya ( Dewi Lowati dan Bandang Surati ) yang melarikan diri karena enggan memeluk agama Islam.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

Raden Fatah yang berusaha dengak keras pun tetap tidak berhasil menemukan ayahnya. Karena itu kemudian dia mengajak para petinggi kerajaan Demak untuk bermusyawarah tentang bagaimana cara menemukan ayahnya tadi. Dari peristiwa tadi kemudian muncul sebutan “pangrena” yang berarti ajakan, dan berasal dari kata reneh yang artinya sini. Selanjutnya masyarakat setempat mengubah nama tersebut menjadi ngrenehan yang berarti kemarilah kesini. Kata reneh yang ditambahkan awalan “ng” dan akhiran “an” berarti menunjuk pada suatu tempat yaitu Pantai Ngrenehan.

Pantai Ngrenehan di Yogyakarta bisa memukau siapapun.
Pantai Ngrenehan di Yogyakarta bisa memukau siapapun.

Untuk ukuran sebuah pantai, Pantai Ngrenehan ini adalah pantai yang areanya tidak terlalu luas. Total luas Pantai Ngrenehan adalah sekitar 100 m2. Lokasi pPantai ini dihimpit oleh dua bukit karang yang cukup besar dan menjorok ke laut. Karena itulah ombak laut tidak secara langsung menghempas ke Pantai Ngrenehan karena terhalang dua bukit tadi. Sehingga bermain di pantai ini cukup aman jika dibandingkan dengann pantai – pantai di selatan jawa yang lain.

Pantai Ngrenehan mulai dijadikan pelabuhan penangkapan ikan pada tahun 1980. Jika ingin melihat kehidupan sehari – hari nelayan Pantai Ngrenehan, bangunlah sebelum matahari terbit. Biasanya para nelayan sudah memadati pantai untuk mempersiapkan perahu dan peralatan yang akan digunakan selama melaut. Kemudian suasana akan bertambah ramai spada jam 10.00 – 11.00 ketika para nelayan sudah kembali dari melaut. Para nelayan Pantai Ngrenehan tersebut akan menjual ikan hasil tangkapannya di TPI.

Mayoritas penduduk yang tinggal di dekat pantai ini adalah nelayan.
Mayoritas penduduk yang tinggal di dekat pantai ini adalah nelayan.

Selain itu beberapa kegiatan nelayan yang bisa diamati di pantai ini adalah memperbaiki perahu, merajut jaring, atau mengangkut hasil tangkapan. Jangan lupa juga mengamati mereka ketika menimbang ikan hasil tangkapan di TPI setempat. Untuk yang hobi memancing, teman – teman traveler bisa juga loh memancing bersama nelayan di batu karang yang ada di Pantai Ngrenehan.

Sementara itu waktu paling baik untuk berkunjung ke Pantai Ngrenehan adalah pada bulan September hingga Desember. Disebutkan kalau pada bulan – bulan itu itu adalah musimnya ikna. Jadi para nelayan pantai ini lebih banyak mendapatkan ikan di laut ketika itu. Pengemar seafood pasti bisa mendapatkan ikan laut dengan harga yang cukup murah dong.

Untuk pantai yang menyenangkan, biaya masuk ke Pantai Ngrenehan tidak terlalu mahal. Biaya tiket masuk ke kawasan Pantai Ngrenehan adalah ID 3.000. Harga tiket ini pun termasuk biaya masuk ke kawasan wisata Pantai Ngobaran karena masih satu jalur dengan Pantai Ngrenehan. Jadinya dengan hanya membayar IDR 3.000 teman – teman traveler bisa menikmati dua kawasan pantai sekaligus. Asik kan?

Akses menuju Panai Ngrenehan tidak terlalu susah.
Akses menuju Panai Ngrenehan tidak terlalu susah.

Dari Yogyakarta akses menuju pantai ngrenehan bisa melewati dua jalur. Jalur pertama adalah Rute : Yogyakarta – Gading – Playen – Trowono – Pantai Ngrenehan. Sementara jalur kedua adalah melewati jalur : Yogyakarta – Wonosari – Paliyan – Trowono – Pantai Ngrenehan. Lebih disarankan menuju pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi agar liburan lebih efisien.

Note : Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam seperti Pantai Ngrenehan yang ada di Yogyakarta ini. Sementara itu untuk menuju kota Yogyakarta bisa dicapai dengan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips – tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

%d bloggers like this: