Pantai Widodaren, Pantai Alami Yang Bikin Santai

Pantai Widodaren, Pantai Alami Yang Bikin Santai
4.9 (98.95%) 19 votes

Mungkin kamu penasaran, kenapa pantai ini diberi nama Pantai Widodaren?  Buat yang belum tahu, nama Widodaren yang dalam bahasa Jawa berarti bidadari memang sepertinya cocok untuk diberikan kepada pantai yang hening dan memiliki keindahan alami ini. Karena pantai ini bisa dibilang adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang indah!

Di sepanjang bentangan Pantai Widodaren ini kamu akan menyaksikan pantai yang bersih dan indah, dengan butiran pasir putih yang alami, berpadu hawa udara yang sejuk. Pantai ini juga memperlihatkan karang-karang di sekitar pantai, memberikan kesan keindahan yang benar-benar alami.

Kalau kamu ingin bersantai, lebih baik liburan ke Pantai Widodaren saja! via IG @rahman.ali_012
Kalau kamu ingin bersantai, lebih baik liburan ke Pantai Widodaren saja! via IG @rahman.ali_012

Sudah pasti, siapapun akan tertarik untuk menghabiskan masa liburan di pantai ini bukan!?

Pantai Widodaren yang Hening dan Menarik bagi Wisatawan

Gunungkidul ternyata memiliki sejumlah koleksi pantai yang alami, belum dipoles namun sangat berpotensi menarik perhatian wisatawan. Potensi yang datang dari keunikan karakteristik dan kondisi pantai, yang menunjukan perbedaan yang mencolok dengan pantai pada umumnya. Bisa dibilang, Pantai Widodaren ini juga merupakan pantai di Jogja yang unik!

Pada pantai ini, kamu juga akan melihat sendiri adanya tebing dengan tinggi mencapai 7 meter. Tebing ini untungnya bisa kamu naiki melalui tangga yang telah tersedia. Dengan adanya tangga ini, tentunya semakin mudah bagi pengunjung, untuk menyaksikan langit senja yang berubah warna menjadi keemasan, dengan matahari jingga yang tergelincir ke barat.

Siapa sangka sunset di Pantai Widodaren ini luar biasa indah seperti ini! IG via @norel08
Siapa sangka sunset di Pantai Widodaren ini luar biasa indah seperti ini! IG via @norel08

Di kawasan pantai ini juga terdapat bukit, Bukit Widodaren yang berumput dan lapang. Di atas rerumputannya, wisatawan yang singgah di bukit ini bisa beristirahat dengan nyaman, sambil menikmati suara alam yang didominasi deburan ombak yang kuat menghantam karang. Mengambil cuti dari pekerjaan, dan berlibur ke pantai ini, kamu bisa bebas merilekskan saraf dan ketegangan pikiran. Beristirahat di pantai yang sunyi, menjauhkan diri sementara dari kesibukan tentunya terasa nyaman.

Yang perlu kamu ingat, karena pantai ini juga masih sangat alami dan belum banyak tersedia fasilitas, sebaiknya kamu datang dengan bekal makanan dan minuman yang cukup. Dan jangan lupa, untuk mengumpulkan sampah plastik dan sisa makanan dalam kantong sebelum membuangnya pada tempat sampah. Dikhawatirkan ketika kamu datang hanya dengan membawa uang untuk mampir di warung yang menjual seafood, ternyata pantai inipun belum menyediakan warung yang kamu inginkan.

Ada banyak spot instagramable di Pantai Widodaren! Jadi kalau kesini jangan lupa bawa kamera ya! via IG @seto_jasuma
Ada banyak spot instagramable di Pantai Widodaren! Jadi kalau kesini jangan lupa bawa kamera ya! via IG @seto_jasuma

Apalagi kalau kamu berminat untuk camping. Ya, di pantai ini kamu bisa mengajak teman-teman komunitasmu untuk camping bersama, dan menikmati aktivitas yang menyenangkan bersama. Baik memancing, memasak dan makan bersama, atau bersantai dengan permainan yang bisa kalian lakukan dengan santai. Tinggal beberapa hari di alam yang liar tentunya akan membangkitkan lagi kecintaan akan alam. Berminat liburan ke Pantai Widodaren?

Cara Pergi Ke Pantai Widodaren

Lokasi pantai ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Persisnya, pantai ini berada di sebelah timur Pantai Ngrenehan. Sayangnya, belum ada papan penunjuk yang mengarahkan wisatawan menuju pantai ini. Jadi sementara ini kamu memang baru bisa mengandalkan patokan Pantai Ngrenehan, dan petunjuk dari warga setempat.

Widodaren yang dalam bahasa Jawa berarti bidadari memang sepertinya cocok untuk diberikan kepada Pantai Widodaren ini @romeography
Widodaren yang dalam bahasa Jawa berarti bidadari memang sepertinya cocok untuk diberikan kepada Pantai Widodaren ini @romeography

Jangan khawatir untuk numpang tanya pada warga yang kamu jumpai di jalan, atau jika terpaksa mengganggu aktivitas warga di ladang. Umumnya mereka ramah dan baik kepada wisatawan yang sedang mencari-cari alamat. Atau kamu bisa juga menggunakan petunjuk lokasi Pantai Widodaren di Google Maps disini.

Dari arah kota Jogja, arahkan saja laju kendaraanmu ke Wonosari. Kemudian di daerah Gading belok kanan, menuju Saptosari. Lanjut sampai Pantai Ngenehan, nah dari sama kamu bisa memarkir kendaraan lalu meneruskan perjalanan hingga Pantai Widodaren dengan berjalan kaki. Perjalanan ini memang lumayan lama, memakan waktu sekitar 40 menit. Sepanjang perjalanan menuju pantai, kamu akan melewati jalan setapak, sawah warga dan perbukitan.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Widodaren

Beda dengan pantai-pantai lain yang tetap menarik retribusi, di pantai ini tidak ditemukan loket tiket atau penjaga pantai yang menyambut wisatawan yang ingin masuk lokasi pantai. Masuk kawasan pantai ini memang gratis. Yang harus kamu bayarkan adalah biaya parkir kendaraan sebesar Rp5.000 di Pantai Ngenehan.

Pasir pantai yang halus, suasana yang tenang seakan membius siapapun yang berlibur kesini. via IG @anjueka_ss
Pasir pantai yang halus, suasana yang tenang seakan membius siapapun yang berlibur kesini. via IG @anjueka_ss

Tips Wisata Ke Pantai Widodaren

  • Perjalanan dari lokasi parkir ke Pantai Widodaren yang cukup jauh harus kamu imbangi dengan minum air putih yang cukup.
  • Karena pantai ini belum menyediakan fasilitas lengkap, mengenai MCK kamu bisa singgah di Pantai Ngrenehan tempat kamu memarkir kendaraan.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: