Sensasi Wisata Pantai Goa Cemara Yang Meneduhkan

Sensasi Wisata Pantai Goa Cemara Yang Meneduhkan
5 (100%) 12 votes

Selain memiliki banyak perbukitan yang eksotis, Jogja juga punya banyak pantai yang potensial. Yang unik dari pantai-pantai di Jogja adalah karakter pantai yang ternyata tidak selalu sama. Salah satu dari pantai yang cukup unik adalah Pantai Goa Cemara. Siapa coba yang sudah pernah liburan ke Pantai Goa Cemara di Jogja ini?

Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Pandansari yang banyak ditumbuhi pepohonan cemara udang dan terdapat mercusuar. Tepatnya pantai ini berada di Desa Patehan, Gadingsari, Kecamatan Danden, Kabupaten Bantul. Ciri khas pantai ini adalah banyaknya pepohonan cemara udang yang meneduhkan suasana pantai pada siang hari yang terik. Banyak wisatawan yang datang dan bersantai di sekitar rindangnya pepohonan sambil menghadap ke laut, yang langsung menghadap Samudera Hindia.

Pantai Goa Cemara ini adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang direkomendasikan untuk dikunjungi. via IG @ipandini65
Pantai Goa Cemara ini adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang direkomendasikan untuk dikunjungi. via IG @ipandini65

Awalnya sampai banyak terdapat pohon cemara udang di sini adalah, sekitar 2003 lalu di kawasan pantai diadakan aksi penanaman cemara udang untuk mencegah abrasi pantai. Dan itu juga cikal bakal dari nama pantai ini. Ceritanya, ketika pepohonan ini sudah tumbuh tinggi, rupanya pepohonan ini terbentuk begitu saja seperti pintu goa.

Mercusuar dan Berbagai Fasilitas Pantai Goa Cemara

Selain nyaman dengan teduhnya suasana, dikenalnya Pantai Goa Cemara ini membuat beberapa pasangan memilih lokasi ini sebagai latar foto pre-wedding mereka. Kondisinya memang sangat alami. Dan wisatawan yang datang memang sangat menikmati kealamiannya. Dan, tak hanya pemandangan laut atau pohon, di sini kamu juga bisa menyaksikan mercusuar yang menjulang hingga 40 meter, bahkan ikut naik hingga ke puncak dengan membayar retribusi IDR 5.000 untuk bisa menyaksikan pemandangan perairan Bantul dan Kulonprogo hingga menyaksikan sunset.

Sunset di Pantai Goa Cemara yang indah luar biasa. via IG @ghrey_dh
Sunset di Pantai Goa Cemara yang indah luar biasa. via IG @ghrey_dh

Untuk kenyamanan berwisata di sini, pengelola pantai sudah menyediakan beberapa fasilitas, di antaranya toilet, gazebo untuk beristirahat bersama keluarga, dan mushola. Bahkan terdapat fasilitas berupa arena outbond. Selama wisata, kamu bisa belanja cinderamata atau berwisata kuliner seafood, pada penjual-penjual yang dengan mudah kamu temukan.

Wisatawan yang ingin mengelilingi pantai bisa memanfaatkan jasa penyewaan kendaraan ATV, semacam paket wisata dengan tujuan yang sudah ditentukan. Harga sewanya sekitar IDR 50.000. Tidak terlalu mahal untuk pengalaman liburan seru di Jogja yang bakal didapatkan nanti. Bukankah begitu?

Jasa penyewaan kendaraan ATV yang bisa digunakan untuk berkeliling pantai. via @riri_rachmadiatravel
Jasa penyewaan kendaraan ATV yang bisa digunakan untuk berkeliling pantai. via @riri_rachmadiatravel

Cara Pergi Ke Pantai Goa Cemara

Mencari lokasi pantai ini pada dasarnya tidak sulit. Selain memanfaatkan GPS, pantai-pantai di sekitar Bantul sudah dikenal masyarakat sehingga kamu akan dengan mudah menemukan papan penunjuk jalan ke lokasi ini. Cara paling gampang tentunya dengan menggunakan peta. Atau kalian juga bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Goa Cemara di Google Maps disini.

Pantai ini tergolong tempat wisata di Jogja yang populer untuk dikunjungi. via IG @sukasukadw
Pantai ini tergolong tempat wisata di Jogja yang populer untuk dikunjungi. via IG @sukasukadw

Namun untuk kamu yang berangkat dari Kota Jogja, melewati Terminal Giwangan arahkan kendaraan menuju Jl. Parangtritis. Sesampai di Akademi Kebidanan Yogyakarta, belok kiri ke arah Institut Seni Indonesia dan Pasar Seni Gabusan. Setelah menempuh perjalanan sekitar 7 km, arahkan kendaraan ke Kota Bantul, lewat RSUD Panembahan Senopati. Tak jauh dari sana, kamu akan menemukan perempatan. Lurus, kamu akan menuju Pantai Samas, sementara belok kiri kamu akan langsung menuju Pantai Goa Cemara.

Keduanya pilihan terakhir tadi bisa kamu pilih untuk menuju Goa Cemara, karena tiket masuk ke pantai di Bantul ini cukup IDR 4.000 saja. Artinya, kamu tidak perlu bayar lagi dan lagi untuk menyusuri Pantai Pandansari, Pantai Samas, Goa Cemara, Pantai Baru dan Pantai Kuwaru yang bersebelahan. Wah, asik, ya? Selebihnya, kamu cukup membayar biaya parkir kendaraan, yaitu IDR 2.000 untuk motor atau IDR 5.000 untuk mobil.

Tips Wisata Ke Pantai Goa Cemara

Sebaiknya berkunjung ke Pantai Goa Cemara ini bersama teman-teman. via IG @feri_amonius
Sebaiknya berkunjung ke Pantai Goa Cemara ini bersama teman-teman. via IG @feri_amonius

Bawalah pakaian ganti, karena kemungkinan kamu akan tergoda berbasah-basah. Bawa pula perangkat kamera, ponsel dan powerbank yang baterainya sudah terisi penuh. Dan jangan lupa juga memberinya pengaman agar tak mati karena air.

Sangat disarankan buat semua pengunjung, untuk tak bermain air melampaui garis batas yang sudah ditentukan oleh tim SAR. Jika kamu datang bersama anak-anak, sangat dianjurkan untuk selalu berhati-hati. Ombak di Pantai Goa Cemara dan sekitarnya biasanya melebihi ombak di Parang Tritis.

Tetap jaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Pantai yang selalu bersih tentunya akan membuat semua pengunjung merasa nyaman dan ingin kembali lagi. Dan siapapun akan senang memperkenalkan potensi pantai lokal.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: