Pesona Agrowisata dan Mercusuar di Pantai Pandansari

Mengunjungi berbagai obyek wisata yang ada ketika kita berkunjung ke sebuah daerah tentu ide yang bagus. Demikian juga halnya ketika kita mengunjungi Bantul. Kabupaten di Yogyakarta ini punya sejumlah pantai yang indah, yang menjadi destinasi kunjungan liburan penduduk lokal maupun luar Jogja. Salah satu pantai yang cukup unik di Bantul, yang layak untuk kamu jadikan tujuan liburanmu juga adalah Pantai Pandansari, atau dikenal juga dengan nama Pantai Patehan, karena berada di Desa Patehan.

Uniknya, meskipun merupakan sebuah pantai, tapi ketika berkunjung ke sini kamu tidak akan menemukan hamparan pasir putih yang bersih dan nyaman. Pantai ini justru dipenuhi dengan pepohonan Cemara Udang, dan pasirnya berwarna coklat kehitaman. Namun, dari balik pohon Cemara Udang yang seolah memagari pantai ini, kamu akan menemukan sebuah mercusuar yang menjulang tinggi, mencapai 30-40 meter.

Kamu bisa naik ke atas Mercusuar Pantai Pandansari dan menikmati pemandangan seperti ini. @amandahepi
Kamu bisa naik ke atas Mercusuar Pantai Pandansari dan menikmati pemandangan seperti ini. @amandahepi

Mendaki Mercusuar Pantai Pandansari

Pantai ini memang kurang terkenal dibandingkan dengan pantai lain. Pantai ini tertutupi oleh tanaman Cemara Udang. Sejenis tanaman yang meranggas pada musim kemarau, dan menyisakan batang-batang untuk ditumbuhi kembali pada musim penghujan. Namun di sini kamu bisa naik hingga ke puncak mercusuar dan menyaksikan garis pantai selatan yang keren.

Seperti inilah Mercusuar di Pantai Pandansari itu. via @taufik_youl
Seperti inilah Mercusuar di Pantai Pandansari itu. via @taufik_youl

Tujuan utama mercusuar memang untuk menjadi penerang bagi para pelaut. Di dalam bangunan tinggi ini kamu akan menemukan tangga-tangga melingkar menuju ke atas. Tentunya sangat tak bijak kalau kamu memaksakan diri untuk naik, kalau benar-benar penakut, atau secara fisik tenaga kamu tidak cukup. Sedikit-banyak ketinggian memang mempengaruhi kondisi fisik seseorang, apalagi kalau baru sekali mendaki tangga manual setinggi itu.

Pemandangan dari dalam Mercusuar Pantai Pandansari. via @pipit1992
Pemandangan dari dalam Mercusuar Pantai Pandansari. via @pipit1992

Sementara buat kamu yang yakin sanggup melakukannya, memang tetap disarankan untuk berhati-hati, seperti menggunakan alas kaki yang memadai agar tak terpeleset, dan terhadap karat yang membuat besi-besi pelindung lemah untuk menopang keseimbanganmu.

Dengan bersikap hati-hati, kamu bakalan bisa menikmati pemandangan lepas pantai yang sangat luas dan kembali ke bawah dengan aman.

Lokasi dan Tarif Tiket Pantai Pandansari

Sunset di Pantai Pandansari sangat menggoda. via @fathan_anwarudin
Sunset di Pantai Pandansari sangat menggoda. via @fathan_anwarudin

Lokasi pantai ini tepatnya ada di Desa Patehan, Kelurahan Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul –Yogyakarta. Cara pergi ke Pantai Pandansari pun juga tidak terlalu susah. Namun seperti beberapa pantai di Yogyakarta lainnya, carap paling gampang adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk menuju lokasi ini dari Kota Jogja, kamu bisa melalui Jl. K.H Wahid Hasyim ke arah Bantul. Sebelum memasuki area Pantai Samas kamu akan bertemu papan penunjuk arah ke Bumi Perkemahan Pramuka Kwartir cabang Bantul. Ikuti saja arahnya, hingga kamu bertemu dengan pantai ini. Dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan hingga sampai ke pantai.

Tiket masuk ke kawasan pantai ini cukup ekonomis, yaitu Rp3.000 per orang, belum termasuk parkir motor sebesar Rp2.000 dan tiket naik mercusuar Rp2.500.

Mengunjungi Agrowisata Buah Di Pantai Pandansari

Tidak sanggup mendaki mercusuar, bukan berarti tidak ada hal lain yang bisa kamu lakukan di sini. Obyek wisata lain di sini masih ada, yaitu agrowisata perkebunan buah naga merah. Berkeliling di sekitar kebun buah ini tentu aktivitas yang menyenangkan. Apalagi, di kebun ini kamu bisa memetik dan membawa pulang buah langsung dari pohonnya. Prinsipnya di sini, memetik berarti membeli. Buah naga dengan kualitas super di kebun ini dihargai Rp20.000 per kilo. Tentu mengingat manfaatnya yang melimpah, harga tersebut bukan sebuah masalah, bukan?

Tips Wisata Ke Pantai Pandansari

Pantai Pandansari ini cukup populer dikalangan wisatawan lokal. via IG @sudar_wanto
Pantai Pandansari ini cukup populer dikalangan wisatawan lokal. via IG @sudar_wanto

Agar liburanmu menyenangkan, ada baiknya kalian membaca tips wisata ke Pantai Pandansari ini:

  • Sebaiknya naik mercusuar pada sore hari, sekalian menikmati sunset. Namun mengingat toleransi dengan yang lain, minimal naiklah saat mentari mulai ke barat. Bawalah sunglass, gunakan topi dan perhatikan cuaca sebelum menaiki tangga.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan solnya tidak licin. Siapkan energi dan bawa minum. Tak ada lift dalam mercusuar. Dan dehidrasi akan memaksamu berhenti di tengah jalan.
  • Siapkan kamera terbaikmu dengan daya baterai penuh.
  • Lahan parkir di Pantai Pandansari sementara memang masih untuk motor saja.
  • Sebaiknya bawa keperluan makanan dan minuman sendiri, karena warung makan di sana belum tentu buka.
  • Untuk ke toilet, sementara kamu bisa minta ijin menggunakan milik Dinas Perhubungan, pengelola mercusuar.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: