10 Gunung Paling Menyenangkan Untuk Didaki Di Indonesia

10 Gunung Paling Menyenangkan Untuk Didaki Di Indonesia
5 (100%) 10 votes

LiburMulu.Com – Indonesia adalah negara yang berada di antara wilayah seismik paling aktif di dunia, yaitu The Ring Of Fire atau Cincin Api Pasifik. Setidaknya sampai sekarang ini ada sekitar 130 gunung berapi aktif yang rentan dengan letusan gunung berapi yang dapat menyebabkan gempa.

Mungkin, Kedengarannya menakutkan karena aktivitas yang tidak terduga tadi. Tetapi para pencari petualangan ditantang di sini. Untuk mendaki dan menaklukkan beberapa gunung berapi di Indonesia dengan puncaknya yang kadang tertutup awan. Mendaki gunung berapi sendiri adalah pengalaman khas, terutama di Indonesia di mana kalian harus membawa semua peralatan sendiri.

Selain itu, di gunung yang ada di Indonesia, tidak ada tempat berlindung yang dibuat apik sebelumnya di sana, namun dengan jalur yang menantang, dan informasi yang seadanya. Namun di sisi lain, menemukan diri kalian sendiri dalam hutan hujan tropis, atau kawah berasap, dan danau kawah adalah sesuatu yang tidak bisa terlupakan. Dan ini dia 10 Gunung Paling Menyenangkan Untuk Didaki Di Indonesia seperti yang ditulis oleh Velysia di blog berbahasa inggrisnya www.littlenomadid.com.

1. Mount Papandayan, Garut, Jawa Barat (2,665 mdpl)

Kawah Gunung Papandayan
Kawah Gunung Papandayan

Mari kita mulai dari gunung terdekat dari ibukota Indonesia, Jakarta. Gunung Papandayan adalah gunung favorit setiap orang, terutama untuk yang tinggal di Ibukota. Dua hari adalah waktu yang lebih dari cukup untuk mendaki Gunung Papandayan, kecuali kalian ingin tinggal lebih lama disana. Karena itu pendakian Gunung Papandayan ini cocok sekali untuk para pendaki pemula.

Keunikan Gunung Papandayan terletak di bagian kawahnya, di mana sebagian besar kawah dapat terlihat setelah mendaki ke puncak. Itu berarti base camp yang biasanya dibangun di sisi berlawanan dari kawah, di Gunung Papandayan, posisi base camp adalah tepat di bawah kawah. Banyak uap yang keluar dari kawah menjadikan pemandangan semakin menakjubkan. Yang menarik lainnya dari Gunung Papandayan adalah hutan mati dan padang edelweiss di suatu tempat yang dinamakan Tegal Alun.

2. Gunung Merbabu, Jawa Tengah (3,145 mdpl)

Puncak Merbabu
Puncak Merbabu

Sering disebut sebagai kembaran Gunung Merapi di Yogyakarta, Gunung Merbabu sama luar biasanya seperti Gunung Merapi. Selain itu juga dimungkinkan untuk mendaki dua gunung tersebut secara berturut-turut, asalkan kalian memiliki stamina yang bagus. Jika kalian beruntung, kalian akan melihat matahari terbit terbaik di Gunung Merbabu lengkap dengan awan cumulus yang membentuk tempat tidur yang nyaman. Gunung Merbabu sendiri mempunyai dua puncak yang bersebelahan yaitu, Puncak Syarief dan Puncak Kenteng Songo.

3. Gunung Prau, Wonosobo, Jawa Tengah (2.565 mdpl)

Gunung Prau
Gunung Prau

Sebenarnya Gunung Prau ini bukan gunung berapi aktif, tetapi berdiri di sebuah kompleks gunung berapi besar, yaitu Dieng Plateau. Karena itu kegiatan panas bumi masih terjadi di sekitarnya. Selain itu ada beberapa danau asam yang juga berada di Dataran Tinggi Dieng ini.

Prau atau Prahu berarti perahu yang berasal dari bentuk. Hanya memerlukan pendakian singkat untuk mencapai puncak. Itu sebabnya gunung ini sangat populer untuk sekedar camping. Namun demikian, pemandangan dari Puncak Prau begitu menakjubkan. Dari puncaknya terlihat dengan jelas dua gunung berapi di kejauhan. Mereka adalah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang berdiri dengan gagah berani. Di sisi berlawanan sendiri, akan terlihat seluruh wilayah Dieng Plateu.

4. Gunung Semeru, Jawa Timur (3.677 mdpl)

Gunung Semeru
Gunung Semeru

Dinobatkan sebagai gunung berapi tertinggi di Jawa Timur, dan ketiga di Indonesia, Gunung Semeru dikategorikan sebagai gunung dengan tipe mendaki yang cukup berat. Dari base camp untuk tempat bertenda terakhir jalur masih relatif mudah dengan kemiringan normal.

Kemudian, setelah mencapai titik terakhir, yaitu sekitar 500 meter dari puncak, akan ada bagian pendakian yang berbatu, penuh pasir dan tanjakan curam. Disini kalian akan perlu usaha ekstra untuk mencapai puncak Semeru. Namun pemandangan di Puncak Semeru akan membayar usaha semua itu.

Sabarlah menunggu ledakan kecil rutin, dimana orang setempat menyebutnya dengan “Wedus Gembel”. Ini merupakan kegiatan ledakan kecil dari aktifitas vukkanik Gunung Semeru. O iya, pastikan kalian menghabiskan semalam malam di danau cantik di dekat Semeru yaitu Ranu Kumbolo.

5. Gunung Batur, Bali (1.717 mdpl)

Gunung Batur
Gunung Batur

Selain banyak pantai cantik bak surga, Bali juga memiliki beberapa gunung berapi yang indah, salah satunya adalah Gunung Batur. Gunung Batur ini diakui sebagai tempat suci oleh masyarakat setempata. Memang Gunung Batur ini sebenarnya adalah gunung berapi kecil di tengah kawah besar, menghadap Danau Batur yang berbentuk bulan sabit. Karena Gunung Batur adalah gunung kecil, pendakian dapat dilakukan hanya dalam satu hari saja.

6. Gunung Rinjani, Lombok (3.727 mdpl)

Segara Anakan Rinjani
Segara Anakan Rinjani

Gunung Rinjani ini bisa dibilang gunung berapi yang paling indah di bumi indonesia, semua itu terlihat dari pemandangan yang menakjubkan dari sekitar danau kawahnya. Ada dua rute untuk mendaki Gunung Rinjani yang berada di Lombok ini, yaitu dari Sembalun dan Senaru. Silahkan pilih jalur yang mana, karena keduanya melayani perjalanan yang menyenangkan.

Rute Sembalun akan lebih banyak melewati padang savana dan Senaru akan banyak melewat hutan hujan tropis yang menjadi khas lansekap Indonesia. Perjalanan panjang menantang mungkin akan menjadi tekanan tersendiri, tetapi pemandangan di atas sana akan membayar semuanya.

Mengunjungi Danau Segara Anak dan bersantai dengan pemandangan gunung berapi aktif kecil yang disebut Gunung Baru akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Jangan lupa juga untuk mampir dan berendam di air hangat alami yang ada di sana.

7. Gunung Bromo, Jawa Timur (2.845 mdpl)

Gunung Bromo Indonesia
Gunung Bromo Indonesia

Gunung Bromo bisa dibilang sebagai permata yang ada di Jawa Timur juga Indonesia. Tidak cuma pendaki kawakan, tetapi wisatawan yang datang ke Indonesia pasti akan terkesima menyaksikan pemandangan pegunungan, terdiri dari Gunung Bromo, Gunung Batok, dan yang tertinggi adalah Gunung Semeru. Setiap sisi gunung yang ada disini akan meninggalkan kesan mendalam kepada siapapun datang berkunjung, ukiran rinci dan pembentukan setiap inci gunung ini adalah sebuah karya alam yang luar biasa.

8. Anak Gunung Krakatau, Selat Sunda (230 mdpl)

Gunung Anak Krakatau
Gunung Anak Krakatau

Legenda ledakan dahsyat Gunung Krakatau, atau dikenal sebagai Krakatoa yang terjadi pada tahun 1883 tetap tertulis dalam sejarah dunia hingga sekarang. Setelah letusan mematikan berakhir, sebuah gunung berapi yang baru, lahir dan terus tumbuh tiap tahun. Pun berkunjung ke Krakatau bukan hanya melakukan pendakian. Kunjungi juga beberapa pulau sekitar yang menawan seperti Pulau Sebuku, Pulau Umang, dan Pulau Sebesi. Tentunya jika mendaki ke Anak Krakatau dan Anda akan melihat pemandangan menakjubkan si Rakata tua.

9. Gunung Sibayak, Berastagi, Sumatera Utara (2.212 mdpl)

Gunung Sibayak
Gunung Sibayak

Gunung Sibayak adalah sebuah stratovolcano kecil yang menghadap ke kota Berastagi, Sumatera Utara. Gunung Sibayak adalah persinggahan cepat yang bagus untuk pendakian singkat selama sehari. Disana terdapat lubang uap yang menghasilkan suara menggelegar seakan ada sebuah Pesawat Jet sedang lewat. Selain itu di sini kalian juga dapat menikmati air panas alami.

10. Gunung Kerinci, Jambi (3.805 mdpl)

Gunung Kerinici
Gunung Kerinici

Sebagai gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara, Gunung Kerinci adalah gunung yang luar biasa dengan pemandangan yang mengesankan, baik di bagian atas ataupun kaki gunung. Tepat berada di Jambi, Pulau Sumatera, tinggi Puncak Gunung Kerinci adalah 3.805 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini juga menjadi rumah bagi spesies yang terancam punah yaitu Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Kaki Gunung Kerinci ini juga dikelilingi oleh perkebunan teh segar, mungkin kalian ingin mampir sebentar dan mencicipi teh asli Kerinci? Sementara itu, di daerah atas , daerah dimana banyak ditemukan batu berwarna kemerahan adalah tempat terbaik untuk melihat pemandangan tak terlupakan dari Danau Gunung Tujuh.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: