Destinasi Liburan Di Bandung Ini Menyenangkan, Dan Cocok Untuk Liburan Sekeluarga!

LiburMulu.Com – Bandung yang merupakan tetangga dekat kota Jakarta, tentunya selalu saja menjadi tujuan favorit bagi para penghuni Ibukota setiap minggunya. Baik liburan sekolah, libur lebaran maupun libur tahun baru berbagai tujuan wisata di Kota Kembang ini pasti penuh dengan pengunjung. Tidak heran, liburan di Bandung memang asik! Karena selain udara yang begitu segar kota Bandung juga selalu saja memiliki destinasi wisata baru yang rugi kalau dilewatkan.

Khususnya pengunjung dari ibukota Jakarta, berlibur ke destinasi wisata di Bandung tidaklah membutuhkan waktu yang panjang, karena sangat bisa dinikmati dengan hanya menggunakan akhir pekan saja.

Tapi apa saja sih, destinasi wisata di Bandung yang menyenangkan dan cocok untuk keluarga tersebut?! Baca sampai selesai ya, karena kalian akan menemukan banyak destinasi liburan di Bandung untuk keluarga kalian nanti! Yuks!

Ini Dia Destinasi Liburan Di Bandung Ini Menyenangkan, Dan Cocok Untuk Liburan Sekeluarga!

Kira-kira dari sekian banyak destinasi liburan di Bandung ini favoritmu yang mana?

1. Tebing Keraton, Tebing Selfie, Tebing Yang Cakep Dah!

Spot narsis favorit di Tebing Keraton. Destinasi liburan di Bandung yang tak bisa dilewatkan!
Spot narsis favorit di Tebing Keraton. Destinasi liburan di Bandung yang tak bisa dilewatkan!

Terletak tidak begitu jauh dari pusat kota, karena berada di kawasan taman hutan raya (Tahura) di wilayah Dago atas Bandung. Kini Tebing Keraton merupakan sebuah tebing yang belakangan ini begitu hits di telinga para pelancong. Berupa tebing yang menjorok yang menyajikan pemandangan landsekap kota Bandung yang hijau dan dikelilingi oleh banyak pohon pinus. Pemandangan terbaik destinasi liburan di Bandung yang ini terjadi ketika sunrise yang mengintip di balik pepohonan hutan dan bukit yang memberikan efek cahaya pagi yang begitu memikat.

Tebing ini selalu ramai ketika weekend tiba.
Tebing ini selalu ramai ketika weekend tiba.

Berikut cara menemukan Tebing Keraton: Cari Jalan Ir. H Juanda menuju Sheraton dan Jayakarta hotel, lurus terus hingga melewati Terminal Dago. Tidak jauh dari Terminal Dago, terdapat dua jalan bercabang lalu ambil kanan yakni yang ke arah Bukit Dago Pakar. Terus ikuti jalan, kemudian beberapa ratus meter ada jalan bercabang, ambil kanan.

Sampai nanti terlihat Indomaret di sisi kiri jalan, belok kiri ke arah Tahura (Taman Hutan Raya) Ir. H. Juanda. Tidak jauh dari sana kembali ada jalan bercabang, pilihlah jalan ke kanan yang terdapat petunjuk Bukit Pakar Utara. Dari sana hanya perlu mengikuti jalan hingga nanti akhirnya menemukan papan yang bertuliskan Tebing Keraton 2,5 Km.

2. Saung Angklung Udjo, Melihat Pertunjukan Sekaligus Bermain Angklung!

Di Saung Angklung Udjo, kamu tak hanya bisa menikmati pertunjukan alat musik tradisional bernama Angklung. Namun kamu bisa menikmati pertunjukan tarian dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu kamu juga berkesempatan untuk mencoba bermain Angklung di Saung Angklung Udjo! Ini adalah salah satu destinasi liburan di Bandung yang tak bisa kamu lewatkan, terutama jika kamu ke Bandung bersama keluarga. Kalau penasaran, kamu bisa tonton videonya dibawah ini ya!

 

 

 

 

3. Floating Market, Rasakan Pengalaman Berbelanja Dari Atas Perahu

Danau di Floating Market ini adalah salah satu destinasi liburan di Bandung yang direkomendasikan untuk dikunjungi.
Danau di Floating Market ini adalah salah satu destinasi liburan di Bandung yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

Floating Market Lembang merupakan taman wisata yang terletak di kawasan danau Situ Umar, berada tepat di belakang Grand Hotel Lembang, membuatnya sangat mudah untuk ditemukan. Jaraknya destinasi liburan di Bandung yang satu ini dari pasar Lembang bahkan tidak sampai 500 meter. Jika kalian masuk ke area Lembang, kalian pasti akan menemukan banyak papan petunjuk yang menunjukan arah ke Floating Market Lembang ini.

Terdapat beragam wahana air
Terdapat beragam wahana air

Sesuai dengan namanya, Floating Market merupakan Pasar Terapung buatan yang menyajikan pemandangan asri dan konsep tempat wisata yang unik. Karena kalian dapat merasakan sensasi berbelanja aneka kuliner diatas perahu yang mengapung di danau. Tidak hanya itu, terdapat pula berbagai wahana yang cocok bagi semua umur, aneka restaurant dan saung. Yang paling menari adalah, terdapat taman Kelinci dan miniatur Kereta Api terbesar di Indonesia. Tertarik untuk mengunjungi liburan di Bandung yang ini?

4. Tangkuban Perahu, Naik Gunung Rasanya Enggak Pernah Semudah Disini

Atmosfir Tangkuban Perahu ketika ramai pengunjung
Atmosfir Tangkuban Perahu ketika ramai pengunjung

Terletak juga di area Lembang, kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan gunung berlegenda ini, namun Tangkuban Perahu tetap saja menjadi destinasi favorit bagi para penikmat alam. Selain memiliki udara yang segar, Tangkuban Perahu yang sangat ramai ini terhitung merupakan tempat wisata yang bersih, karena tidak banyak sampah yang berserakan.

Keadaan kawah-kawah gunung dan area sekitarnya tidak dilakukan banyak berubahan yang berlebihan oleh pihak pengelola, mungkin itulah salah satu alasan kenapa Tangkuban Perahu ini tetap menjadi tujuan wisata favorit di Kota Bandung. Jadi ini adalah destinasi liburan di Bandung, yang bisa kamu kunjungi ya!

5. Pemandian Air Panas Sariater, Untuk Menyegarkan Diri

Pemandian Air Panas Sariater, Untuk Menyegarkan Diri.
Pemandian Air Panas Sariater, Untuk Menyegarkan Diri (sumber).

Pemandian air panas Sari Ater merupakan salah satu destinasi liburan di Bandung yang sudah sangat terkenal di dekat kota Bandung. Iya, meski sebenarnya Sariater ini tidak berada di kota Bandung, tetapi mudah dijangkau dan berada tidak terlalu jauh dari pusat kota. Pemandian ini lebih dikenal dengan nama pemandian air panas Ciater Bandung atau Subang.

Letak pemandian air panas Ciater ini berlokasi di jalan raya Ciater Subang, jarak tempyhnya sekitar 1 jam dari arah kota Bandung. Kalian dapat menuju arah lembang, baru kemudian subang untuk menuju ke tempat ini. Mudah ditemukan karena letaknya hanya 10 menit setelah tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Pemandian Air Panas Ciater merupakan tempat pemandian air panas yang airnya bersumber dari Gunung Tangkuban Perahu yang memang berada di dekat pemandian air panas ini. Meskipun air yang berasal dari kawah Tangkuban Perahu ini mengandung belerang, Destiasi liburan di Bandung ini selalu dipenuhi pengunjung karena justru air yang mengandung belerang tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

6. Dusun Bambu, Rasakan Kesegaran Bandung Sambil Bercengkrama Bareng Keluarga

Dusun Bambu, Rasakan Kesegaran Bandung Sambil Bercengkrama Bareng Keluarga.
Dusun Bambu, Rasakan Kesegaran Bandung Sambil Bercengkrama Bareng Keluarga (sumber).

Dusun Bambu adalah destinasi liburan di Bandung yang belum lama dibuat dan berada di Lembang Bandung bagian Utara. Letaknya tepat berada di kawasan kaki pegunungan Burangrang, oleh karena itu, di sini kalian akan dimanjakan oleh keindahan alam yang asri dan masih alami serta berhawa sangat sejuk. Terdapat banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan pengunjung di Dusun Bambu, seperti camping dan berbagai macam kegiatan outdoor.

Dusun Bambu Lembang telah dilengkapi dengan banyak fasilitas sehingga dapat dikatakan bahwa tempat wisata ini adalah tempat wisata paling lengkap di kota Bandung. Selain sebagai Tempat Wisata Alam di Lembang Bandung yang memang terkenal dengan keindahan natural alamnya, Dusun Bambu Lembang juga merupakan tujuan wisata favorite bagi keluarga, karena tidak hanya menginap di sini juga kalian dapat berwisata kuliner dan berbelanja berbagai macam oleh-oleh.

7. Kawah Putih, Pemandangan Alaminya Akan Meramaikan Hari Liburmu

Kawah putih Ciwidey
Kawah putih Ciwidey

Setelah menjadi lokasi syuting di salah satu film layar lebar anak negeri, Kawah Putih Ciwwidey inipun menjadi destinasi liburan di Bandung yang populer. Letak Kawah Putih berada di kawasan pegunungan yang memiliki ketinggian mencapai 2.400 meter dpl. Jadi tidak heran jika suhu udara di area wisata Kawah Putih ini selalu terasa sejuk dan dingin.

Kawah Putih Ciwidey merupakan danau yang mulanya terbentuk dari hasil letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan sebutannya, kawah dan tanah di kawasan objek wisata ini memang berwarna putih. Warna putih yang dominan ini konon berasal dari campuran unsur belerang. Tidak hanya kawah, air danau yang tergenang juga berwarna putih kehijauan. Warna di danau Kawah Putih ini dapat terkadang dapat berubah sesuai tinggi rendahnya suhu, faktor cuaca, dan kadar belerang yang terkandung di dalamnya.

8. Situ Patenggang, Danau Ditengah Lautan Kebun Teh, Tempat Asik Untuk Liburan Bareng Keluarga

Situ Patenggang, Danau Ditengah Lautan Kebun Teh.
Situ Patenggang, Danau Ditengah Lautan Kebun Teh (sumber).

Situ Patenggang adalah sebuah danau yang berada di kawasan wisata Ciwidey Bandung, jika kalian berkunjung ke Kawah Putih itu artinya kalian berada tepat didepan tempat wisata ini. Jarak destinasi liburan di Bandung ini kurang lebih sekitar 47 km dari kota Bandung, kalian dapat tiba di kawasan wisata Situ Patenggang ini dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Dari sejumlah tempat wisata di Bandung, pesona alam Situ Patenggang adalah salah satu destinasi yang sangat wajib untuk dikunjungi, karena selain menikmati keindahannya kalian juga akan mengetahui tentang legenda bagaimana danau ini terbuat.

Situ Patenggang berada di ketinggian yang mencapai 1600 meter dpl, maka tidak heran jika hawwa sejuk selalu menyelimuti sepanjang hari. Danau berlegenda ini dikenal karena menyuguhkan para pengunjung dengan panorama alam yang eksotik. Ini adalah salah satu destinasi liburan di Bandung terbaik.

Sejauh mata memandang, akan terlihat hamparan kebun teh hijau laksana sebuah karpet alam yang terbentang indah. Sangat cocok bagia kalian yang ingin bersantai, atau jika ingin lebih menyenangkan kalian juga bisa mencoba menjelajahi danau dengan menyewa perahu-perahu yang banyak bersandar di tepi danau.

9. Rancabali, Tempat Dimana Kalian Bisa Eksis Sambil Narsis Sekeluarga

Rancabali, Tempat Dimana Kalian Bisa Eksis Sambil Narsis Sekeluarga.
Rancabali, Tempat Dimana Kalian Bisa Eksis Sambil Narsis Sekeluarga.

Keberadaan perkebunan Teh Rancabali ini masih berada di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung. Destinasi liburan di Bandung untuk keluarga yang satu ini menyajikan pemandangan berupa hamparan tumbuhan teh yang terlihat sangat indah dan menawan. Luasnya hamparan teh seakan terlihat seperti selembar karpet hijau yang tergelar sepanjang jalur menuju Situ Patengan.

Keindahan pemandangan Perkebunan Teh Rancabali ini tercipta dikarenakan tumbuh dan berkembang di atas tanah yang bergelombang, membuat kalian yang hanya sekedar lewat di pinggiran jalan antara Kawah Putih dan Situ Patengan, ingin segera menepi untuk menikmatinya. Banyak yang setuju bahwa perkebunan teh di Rancabali ini merupakan tempat yang sangat instagram-amble, atau menghasilkan gambar foto yang cocok diunggah di akun Instagram.

10. Caringin Tilu dan Bukit Moko, Destinasi Liburan Di Bandung Yang Tidak Bisa Kalian Lewatkan

Bukit Moko, Menikmati Bandung Dari Ketinggian
Bukit Moko, Menikmati Bandung Dari Ketinggian

Bukit Moko merupakan salah satu destinasi liburan di Bandung yang terletak di kawasan Padasuka Kota Bandung. Letaknya memang lebih tinggi dari Caringin Tilu (Cartil) namun bukit ini tetap kalah tenar dengan Caringin Tilu. Alasannya karena medan lokasi yang cukup sulit untuk mencapai Bukit Moko. Meski masih satu arah, kondisi jalan yang dimiliki Bukit Moko berbeda dengan Caringin Tilu yang sudah sangat baik.

Pengunjung yang datang ke Bukit Moko biasanya untuk sekedar bersantai di malam hari sambil bersantap makanan ringan di Warung Daweung yang ada disana. Hal yang membuat Bukit Moko ini istimea adalah, kalian dapat melihat landskap kota Bandung secara 360 derajat. Dan akan lebih indah jika disaksikan ketika malam hari, dimana akan terlihat gemerlap lampu di seluruh kota yang menerangi langit malam. Bukit ini kini menjadi begitu ngetrend dikalangan anak muda kota Bandung karena suasananya yang sangat menyenagkan.

Untuk mencapainya disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan roda empat, karena jalur yang ada hanya cocok untuk sepeda motor atau berjalan kaki. Karena jika dengan sepeda motor, untuk mencapainya cukup mudah. Jalan masuknya tidak jauh dari Terminal Cicaheum. Jarak dari titik perjalanan masuk (sekitar Cicaheum) kurang lebih sekitar 8 kilometer. Tentunya bukit moko ini adalah destinasi liburan di Bandung untuk keluarga yang menyenangkan bukan?

11. De Ranch, Rasakan Sensasi Berkuda Di Udara Segar Bandung

De Ranch, Rasakan Sensasi Berkuda Di Udara Segar Bandung.
De Ranch, Rasakan Sensasi Berkuda Di Udara Segar Bandung (sumber).

Suka berkuda?! Atau kalian ingin mencoba sensasi menjadi seorang Cowboy?! Salah satu Destinasi Liburan Di Bandung Untuk Keluarga yang satu ini dapat mewujudkan keinginan kalian tersebut. De Ranch merupakan destinasi wisata Bandung yang menyediakan fasilitas berlibur untuk keluarga yang sangat berbeda.

De Ranch cocok dikunjungi keluarga karena kalian dapat melakukan kegiatan-kegiatan menarik seperti; menunggang kuda, naik delman, fun boat, panahan, gold hunter, dan masih banyak lagi. Tersedia pula beragam paket serta bermacam-macam pilihan kegiatan sesuai yang kalian inginkan bersama.

Wisata De Ranch menjadi destinasi wisata anak terbaik karena dapat mengasah keaktifan dalam bermain dan belajar. Menariknya, pengunjung yang datang ke De Ranch Lembang akan diberikan kostum sebagaimana layaknya seorang cowboy pekerja.

Kalian akan dibawa mengitari lokasi De’Ranch dengan menunggang kuda ditemani oleh pemandu kuda yang berpengalaman. Jadi bagi kalian yang memang tertarik untuk belajar menunggang kuda, silahkan datang ke tempat ini, tidak hanya berlatih, kalian juga dapat mengetahui tentang bagaimana pemeliharaan serta perawatan kuda yang baik.

***

Bagaimana?! Ternyata Bandung memiliki banyak destinasi liburan menarik untuk keluarga yang patut kalian coba bukan?! Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk menentukan destinasi favorite yang cocok dan nantinya akan kalian kunjungi bersama keluarga maupun kerabat dekat. Eitsss, gimana kalau libur Lebaran tahun ini digunakan untuk berlibur ke Bandung aja?!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: