Tempat-Tempat Berikut Ini Bisa Menjadi Ide Liburan Akhir Pekan Bagi Kalian Yang Tinggal Di Jakarta

LiburMulu.com – Kalian tinggal di Jakarta dan hobby traveling?! Atau seorang pekerja yang memiliki cuti kerja terbatas, sehingga sulit mengatur waktu jalan-jalan?! Jangan khawatir, karena kali ini LiburMulu.com akan memberikan kalian solusi serta pilihan tempat berlibur yang bisa kalian nikmati.

Sehingga kalian yang tidak memiliki banyak cuti, dapat tetap liburan mulu meskipun hanya mengandalkan waktu weekend saja. Berikut Tempat-tempat Yang Bisa Menjadi ide Liburan Akhir Pekan, Bagi Kalian Yang Tinggal di Jakarta.

1. Bogor

Paralayang di Puncak, Bogor.
Paralayang di Puncak, Bogor (sumber).

Kota yang berjarak 60 kilometer di selatan Jakarta ini merupakan kota favorite yang selalu menjadi pilihan banyak warga Ibu Kota untuk berakhir pekan. Adanya berbagai macam dan tipe tempat liburan tentu saja hal yang menjadi alasannya. Mulai dari kebun binatang yakni Taman Safari, taman bunga Mekar Sari, kebun stoberri, Kebun Raya Bogor, serta area Puncak yang dapat dinikmati udara dan pemandangannya.

Beragam air terjun hingga tempat dimana kalian dapat mencoba olahraga ekstrim seperti Paralayang  juga berada di area Puncak, Bogor. Atau mungkin berwisata kuliner di Jl. Surya Kencana Bogor yang merupakan kawasan Pecinan serta terkenal dengan aneka kuliner yang lezat dan wajib untuk dicicipi.

Hanya membutuhkan waktu 1,5 jam berkendara jika melalui toll Jagorawi, terlebih kini telah terdapat fasilitas Commuterline yang dapat kalian gunakan dengan mudah. Jadwal keberangkatan menuju Kota Bogor terdapat hampir setiap setengah jam sekali, kalian bisa memulainya dari stasiun-stasiun besar seperti Stasiun Duri, Tanah Abang, Sudirman, Manggarai, Jakarta Kota, atau Jatinegara. Kurang dari 1,5 jam kalian sudah dapat menginjakkan kaki di kota hujan ini.

2. Bandung

Puncak Ciumbuleuit, Menikmati Sunrise Bandung Sambil Nongkrong Di Lesehan
Puncak Ciumbuleuit, Menikmati Sunrise Bandung Sambil Nongkrong Di Lesehan

Bukan lagi rahasia umum, ketika weekend adalah waktu dimana banyak kendaraan serta orang Jakarta datang dan memenuhi kota Kembang ini. Semua destinasi wisata di kota Bandung akan di dominasi oleh pengunjung-pengunjung dari kota Jakarta. Namun Bandung tetaplah istimewa, karena terus melahirkan destinasi-destinasi wisata baru yang menarik serta kreatif. Bandung tidak hanya menyuguhkan keindahan alam yang dimilikinya, namun juga kreatifitas yang berbuah destinasi wisata yang tentu saja memikat warga Jakarta dengan mudah.

Jangan takut untuk kehabisan ide berlibur ke kota yang satu ini, kalian justru akan bingung untuk memilih destinasi mana yang ingin dikunjungi terlebih dahulu. Seperti misalnya berbagai macam Rekomendasi Restoran di Bandung Dengan Pemandangan Yang Luar BiasaDestinasi Liburan di Bandung Yang Cocok Untuk Liburan Sekeluarga atau mungkin memilih untuk mengunjungi Tempat Asik Melihat Sunrise di Bandung.  Semuanya menyenangkan dan sangat bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan libur weekend saja.

3. Tangerang

Seorang warga sedang berada di Kelenteng Boen Tek Bio, Tangerang, Banten
Seorang warga sedang berada di Kelenteng Boen Tek Bio, Tangerang, Banten (sumber)

Siapa sangka kalau kota yang sangat berdekatan dengan Jakarta ini ternyata memiliki tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Bahkan kalian tidak membutuhkan waktu untuk bermalam karena memang letaknya yang sangat dekat dengan Jakarta. Pasar Lama bisa menjadi salah satu tujuan yang menarik, dimana terdapat sebuah Kelenteng tertua di kota Tangerang yang bernama Kelenteng Boen Tek Bio. Kelenteng ini diperkirakan telah berumur lebih dari tiga abad, kalian yang belum pernah berwisata sejarah dan budaya sangat wajib untuk berkunjung. Karena di Kelenteng juga terdapat banyak hal menarik yang dapat menjadi ilmu serta daya pikat lensa kamera.

Kalian juga harus mencicipi Depot Es Bun Tin yang juga terdapat di Pasar Lama, harganya yang murah serta berbagai pilihan rasa akan sangat memperbaiki mood ketika merasa haus. Untuk menuju kota Tangerang ini, cukup hanya berkendara dengan sepeda motor agar lebih leluasa dalam menjelajah kota. Tempat lainnya yang dapat kalian kunjungi yakni Sungai Cisadane, Bendungan Sangego, Taman Makan Pahlawan Taruna, Museum Benteng Heritage serta Mesjid 1000 Pintu.

4. Cirebon

Cirebon, salah satu tujuan berlibur penduduk Jakarta yang menyenangkan.
Cirebon, salah satu tujuan berlibur penduduk Jakarta yang menyenangkan (sumber).

Sudahkah kalian tahu bahwa kota Cirebon tidak hanya menjadi surga tempat wisata religi/ziarah saja?! Melainkan terdapat pula berbagai obek wisata menarik seperti Wisata Situ Sedong, Wisata Banyu Panas Palimanan, Objek Wisata Plangon, Situ Patok, Cikalahang, Ciwaringin serta masih banyak lagi yang lainnya.

Daerah kota Cirebon, Kuningan dan sekitarnya tanpa disangka-sangka memiliki banyak potensi wisata alam menarik, berbagai kuliner, serta keraton-keraton bersejarah. Cirebon yang letaknya berada di jalur pantura membuatnya sangat mudah dicapai dari kota Jakarta, baik dengan kendaraan pribadi maupun kereta api.

5. Belitung

Panorama Pulau Lengkuas dari atas Mercusuar di Belitung.
Panorama Pulau Lengkuas dari atas Mercusuar di Belitung.

Liburan ke Belitung hanya dengan waktu weekend?! Percaya atau tidak tim kami telah melakukannya dan sangat memungkinkan. Untuk menuju ke Kota Tanjung Pandan yang menjadi pintu masuk untuk mengeksplor kepulauan Belitung, terdapat pesawat pukul 05:55 dari Jakarta yang bisa kalian pilih di Sabtu pagi untuk tiba di Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin.

Perjalanan udara yang hanya satu jam membuat kalian memiliki banyak waktu untuk mengeksplore kota dan berkunjung ke Rumah Adat Belitung, Danau Kaolin, Replika SD Muhammadiyah Gantung, Museum Kata Andrea Hirata dan Pantai Tanjung Kelayang.

Hari kedua atau di Minggu pagi kalian dapat langsung mengambil paket penyebrangan di Pantai Tanjung Kelayang (bisa tanpa booking terlebih dahulu), untuk melakukan Island Hopping ke berbagai pulau yang tersebar. Pulau-pulau yang disinggahi yakni Pulau Burung (Lewat di dekatnya saja) – Pulau Gosong – Pulau Lengkuas – Pulau Gede Kepayang / Pulau Babi – Pulau Batu Berlayar.

Kegiatan akan berakhir sekitar pukul 4 sore, sehingga menjelang malam masih dapat melakukan wisata kuliner untuk mencicipi Mie Belitung Atep yang sangat terkenal di Belitung. Kepulangan dapat dilakukan di Senin pagi dengan pesawat pagi pukul 08:00.

6. Lampung

Panorama alam Lampung cukup menggoda penduduk jakarta.
Panorama alam Lampung cukup menggoda penduduk jakarta (sumber).

Menuju Lampung dapat di tempuh selama 2 jam menggunakan Feri, namun sebelumnya kalian yang dari Jakarta harus terlebih dahulu tiba di Pelabuhan Merak yang jaraknya sekita 1,5 jam jika menggunakan kendaraan pribadi. Terdapat banyak Bus yang memiliki rute Jakarta-Bakauheni sehingga kalian tidak perlu lagi membayar tiket kapal dan dapat langsung tiba di kota Bandar Lampung. Perjalanan menyebrang dengan kapal Feri juga dapat menjadi kegiatan yang menarik dengan menikmati keindahan laut dari atas kapal. Serta memmperhatikan puluhan kapal-kapal yang menepi di Pelabuhan.

Wisata pantai adalah destinasi berlibur yang banyak tersebar di Lampung, seperti misalnya Pantai Klara, Pulau Pahawang, Menara Siger (bangunan yang menjadi ikon Lampung), Pantai Pasir Putih, Teluk Kiluan, serta Pulau Condong yang terletak 1 km dari jalur bypass Bandar Lampung-Bakauheni. Namun disarankan agar tidak bepergian sendiri dikarenakan faktor keamanan.

7. Sukabumi

Sukabumi, mempunyai banyak destinasi wisata alam yang begitu menyenangkan.
Sukabumi, mempunyai banyak destinasi wisata alam yang begitu menyenangkan (sumber).

Keindahan destinasi wisata Sukabumi yang khas dengan keindahan alamnya yang menawan sudah bukan lagi menjadi rahasia. Kaberadaan wilayah Sukabumi yang dikelilingi pegunungan ini membuatnya memiliki udara yang begitu segar dan sangat sejuk, Sukabumi telah lama menjadi salah satu destinasi wisata Jawa Barat yang menarik. Terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango, membuat Sukabumi memiliki sejumlah tempat wisata yang wajib kalian kunjungi. Namun sebelumnya kalian harus menempuh perjalanan sejauh 120 km dari Jakarta.

Terdapat sebuah cagar budaya yang terkenal, yakni Kampung Ciptagelar yang merupakan sebuah kampung adat dengan tradisi masyarakat yang masih dipertahankan hingga kini. Tempat wisata lainnya yang dapat kalian kunjungi yakni, Situ Sukarame, Goa Buniayu, Situ Gunung, Arung Jeram Sungai Citarik, Pantai Cimaja, serta Geopark Ciletuh.

Jika kalian datang menggunakan angkutan umum, dapat ditempuh via Bogor dengan menggunakan bus dari terminal Baranangsiang atau kembali menggunanakn kereta api yang stasiunnya berada tidak jauh dari stasiun Bogor. Namun karena tiket kereta Bogor-Sukabumi yang sulit didapat, sebaiknya booking terlebih dahulu sebelum waktu keberangkatan.

(Baca Juga : Butuh Liburan? Situ Gunung, Wisata Sukabumi Yang Keren Ini Adalah Tempat Yang Tepat Untuk Kalian!)

8. Kepulauan Seribu

Pulau Pari adalah salah satu pulau di Kepulauan Seribu.
Pulau Pari adalah salah satu pulau di Kepulauan Seribu.

Kepulauan Seribu merupakan gugusan mutiara yang menjadi tujuan paling ampuh untuk melepaskan penat bagi warga kota Jakarta. Kawasan Kepulauan Seribu ini memiliki beberapa pulau yang keindahannya tidak kalah dengan pulau-pulau di Indonesia timur.

Sudahah kalian tahu bahwa Kepulauan Seribu memiliki nama panjang Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, dimana kawasan ini secara keseluruhan memiliki luas sekitar 108.000 ha. Gugusan kepualauan ini meliputi kawasan wisata dan konservasi.

Untuk menyeberang dari satu pulau ke pulau lainnya kita hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam saja, kadang berfariasi karena tergantung dengan jenis kapal yang digunakan. Alternatif penyebrangan dari Jakarta beragam, yakni dari Pelabuhan Marina Ancol, Dermaga Pantai Mutiara, Muara Angke atau pantai Tanjung Pasir.

Sebelumnya kami telah merangkum 7 Pulau di Kepulauan Seribu Yang Wajib Kamu Kunjungi Karena Murah Dan Indah yang dapat kalian jadikan pilihan. Pulau-pulau tersebut diantaranya Pulau Untung Jawa, Pramuka, Tidung, Semak Daun, Pari, Onrust dan Pulau Harapan.

***

Setelah membaca berbagai pilihan yang bisa menjadi Ide Liburan Akhir Pekan Bagi Kalian Yang Tinggal Di Jakarta diatas, tentunya kalian tidak akan merasa bingung lagi untuk memanfaatkan waktu bukan?! Karena dapat tetap menjalani hobby traveling dengan hanya mengandalkan waktu libur ketika weekend. Selamat Berliburan Mulu!!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
5 Responses
%d bloggers like this: