Bali Nggak Cuma Pantai, Tempat Wisata Bukan Pantai Ini Layak Kalian Kunjungi Ketika Liburan Ke Bali!

Bali Nggak Cuma Pantai, Tempat Wisata Bukan Pantai Ini Layak Kalian Kunjungi Ketika Liburan Ke Bali!
5 (99.05%) 21 votes

LiburMulu.com – Sejak dahulu, Bali memang terkenal dengan wisata pantai yang nggak ada habisnya. Namun sebenarnya daya tarik dari Pulau Bali itu nggak cuma pantai-pantai yang indah saja. Namun ada beberapa tempat wisata keren bukan pantai di Bali lainnya yang bisa kalian nikmati.

Misalnya, keindahan Pura Ulun Danu Bratan yang berada di tepi Danau Bratan. Atau, kalian bisa juga menengok para monyet lucu di Monkey Forest yang ada di Ubud. Untuk kalian yang ingin merasakan sejuknya udara pegunungan Bali, kalian juga bisa berkunjung ke Danau Batur yang ada di Kintamani.

Hanoman yang dibakar, salah satu adegan paling keren di Tari Kecak
Hanoman yang dibakar, salah satu adegan paling keren di Tari Kecak

Nah, sekarang percaya kan? Bali Nggak Cuma Pantai, Dan Tempat Wisata Bukan Pantai Ini Layak Kalian Kunjungi Ketika Liburan Ke Bali!

1. Pura Ulun Danu Di Tepi Danau Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu Bratan ada di Bedugul
Pura Ulun Danu Bratan ada di Bedugul

Pura Ulun Danu Bratan atau Bratan Pura ini adalah sebuah kompleks pura besar yang ada di tepi Danau Beratan Bedugul. Danau ini berlokasi di daerah pegunungan Bali Tengah dengan suasana alamnya yang asri. Keberadaan pura yang bernama Pura Ulun Danu Bratan ini menambah daya tarik tempat ini.

Karena itu biasanya para turis dan wisatawan sering mengunjungu Pura Ulun Danu yang terletak di pinggir Danau Beratan Bedugul. Selain berkunjung, ada beberapa permainan air dan perahu yang bisa disewa untuk mengantarkan berkeliling Danau Bratan

(Baca Juga : Destinasi Tidak Biasa Dan Anti-mainstream Bali Ini Wajib Dimasukkan Ke Itinerarymu!)

2. Pura Besakih, Pura Terbesar Di Bali

Pagi hari yang cerah di Pura Besakih
Pagi hari yang cerah di Pura Besakih (sumber)

Pura Besakih sejatinya adalah sebuah pura yang ada di kaki Gunung Agung. Pura Besakih ini adalah pura terbesar yang ada di Bali. Di tempat ini sering diadakan acara keagamaan Hindu karena memang dipercaya kalau Pura Besakih adalah tempat suci dan merupakan inguk dari seluruh pura yang ada di Bali.

Disebutkan kalau Pura Besakih dibangun dengan konsep keseimbangan Tri Hita Karana yaitu Tuhan, manusia, dan alam. Tidak bisa sembarangan jika kalian ingin masuk ke bagian dalam pura. Karena untuk masuk ke Pura Besakih, kalian diwajibkan untuk menggunakan sarung yang dapat dipinjam di sekitar lokasi pura.

3. Garuda Wisnu Kencana (GWK) Ikon Bali Sejak Lama

Garuda Wisnu Kencana, salah satu ikon pariwisata Bali
Garuda Wisnu Kencana, salah satu ikon pariwisata Bali (sumber)

Garuda Wisnu Kencana banyak dikenal orang dengan sebutan GWK. Sejatinya GWK ini adalah sebuah taman wisata budaya yang berada di Bali Selatan. Di taman Garuda Wisnu Kencana terdapat sebuah patung yang sangat besar karya I Nyoman Nuarta. Namun sayang sampai saat ini, patung di Garuda Wisnu Kencana belum sepenuhnya selesai dibuat.

Patung itu baru sebagian saja yang telah selesai dibuat. Selain patung, di GWK kalian juga bisa menikmati keindahan bukit kapur yang telah di potong menjadi balok-balok kapur besar. Balok-balok kapur yang ada disini akan dipahat untuk menjadi patung. Di area Garuda Wisnu Kencana juga ada sebuah teater seni, dimana biasanya ada pertunjukan berbagai jenis tari dan kesenian Bali yang bisa dinikmati pengunjungnya.

(Baca Juga : Surga Di Bali Tenggara Yang Wajib Dikunjungi)

4. Monkey Forest Ubud, Rumah Para Monyet Lucu

Hanoman yang dibakar, salah satu adegan paling keren di Tari Kecak
Hanoman yang dibakar, salah satu adegan paling keren di Tari Kecak

Monkey Forest ini adalah salah satu tempat wisata di Bali yang akan membawa kalian menyatu dengan alam liar. Lokasinya tepat berada di jantung Ubud, Bali. Di Monkey Forest ini terdapat sebuah hutan kecil yang dihuni oleh banyak kera liar.

Kera-kera ini sengaja dibiarkan hidup liar di Monkey Forest. Tidak seperti Monyet di Uluwatu, meskipun liar, kera-kera yang ada disini tidak nakal. Namun kalian tetap harus berhati-hati jika membawa makanan. Karena mereka pasti bisa mencium bau makanan yang kalian bawa, dan akan berusaha meminta atau bahkan merebutnya. Jika kalian ingin berfoto dengan kera, kalian bisa membeli pisang untuk memancing agar mereka mendekati kalian.

5. Danau Batur, Danau Keren Di Ketinggian Pulau Bali

Danau Batur yang ada di Kintamani udaranya segar
Danau Batur yang ada di Kintamani udaranya segar

Danau Batur yang ada di Kintamani merupakan salah satu pesona keindahan alam terbaik yang dimiliki Bali. Lokasinya berada di area di gunung tertinggi kedua di Bali, Gunung Batur. Karena itu pula namanya adalah Danau Batur.

Karena lokasinya di pegunungan, Danau Batur Kintamani ini mempunyai hawa yang sejuk juga pemandangan yang sangat mempesona mata. Nggak heran kalau Danau Batur di Kintamani yang merupakan danau terbesar di Bali yang selalu dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

6. Nikmati Senja Sambil Menonton Tari Kecak Di Uluwatu

Bali Nggak Cuma Pantai, Tempat Wisata Bukan Pantai Ini Layak Kalian Kunjungi Ketika Liburan Ke Bali!
Bali Nggak Cuma Pantai, Tempat Wisata Bukan Pantai Ini Layak Kalian Kunjungi Ketika Liburan Ke Bali!  (Sumber catperku.com)

“Cak Cak Cak Cak” Begitu seterusnya, irama musik yang akan kalian dengar selama Tari Kecak dimainkan. Tari Kecak ini adalah tari-tarian khas Bali yang paling terkenal, paling menarik dan paling unik untuk disaksikan. Di Bali, Uluwatu adalah tempat yang paling menyenangkan sebagai tempat untuk menonton Tari Kecak.

Karena Tari Kecak di Uluwatu dimainkan ketika menjelang senja, lengkap dengan latar belakang matahari menjelang terbenam. Jadinya pertunjukan tari ini jauh lebih dramatis dan menarik jika dibandingkan dengan pertunjukan Tari Kecak yang ada di dalam ruangan.

 

 

Pertunjukan Tari Kecak di Uluwatu sangat populer, karena itu setiap diadakan pertunjukan, tempat ini selalu penuh sesak dengan manusia. Kalau kalian ingin mendapatkan tempat menonton yang terbaik, sebaiknya kalian datang dan beli tiket Tari Kecak jauh lebih awal. Adegan paling menarik dari Tari Kecak ini adalah pada adegak ketika Hanoman si kera putih dibakar.

(Baca Juga : Liburan Ke Bali? Ini Dia Pantai – Pantai Di Bali Yang Bisa Kalian Kunjungi!)

7. Pacu Adrenalin Di Arung Jeram Sungai Telaga Waja Dan Sungai Ayung

Arung Jeram di Sungai Telaga Waja yang menantang
Arung Jeram di Sungai Telaga Waja yang menantang (sumber)

Mungkin belum banyak yang tahu kalau Bali juga merupakan tempat yang menyenangkan untuk para pencinta olahraga ekstrim. Salah satunya adalah olah raga Arung Jeram yang menantang. Di Bali sendiri ada dua tempat arung jeram yang direkomendasikan untuk dicoba.

Arung Jeram Sungai Telaga Waja, dan Arung Jeram Sungai Ayung adalah kedua tempat itu. Sungai Telaga Waja memiliki air yang jernih dan bersih dan jeram yang menantang untuk dicoba. Menariknya pada akhir jalur Arung Jeram Sungai Telaga Waja, kalian akan meloncati sebuah pintu air. Tentu akan sangat memacu kencang adrenalin dalam tubuh bukan?

Sementara itu yang satunya, Arung Jeram Sungai Ayung mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Arung Jeram Sungai Telaga Waja. Jika Arung Jeram Sungai Telaga Waja menawarkan tantangan yang seru, maka Arung Jeram Sungai Ayung ini jauh lebih santai dan menawarkan keindahan di sepanjang jalur arung jeram. Pemandangan sepanjang Sungai Ayung ini sangatlah indah. Jadi sesekali mencoba Arung Jeram Sungai Ayung dan menikmati keindahan alam Bali tentu akan menyenangkan.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
1 Response
%d bloggers like this: