Mengejar Sunrise dan Sunset di Jurang Tembelan

Jogjakarta memang terbilang sukses dengan mengadakan dan mengembangkan kawasan wisata alam. Kawasan wisata yang terletak di Bantul ini menyegarkan dan menyuguhkan pemandangan luas yang merilekskan. Terutama buat kamu yang sudah mulai terlalu biasa dengan kegiatan di kota. Berwisata alam di kawasan Jurang Tembelan, kamu akan menyaksikan deretan Pegunungan Sewu, dengan aliran Sungai Oyo yang tampak membelah daratan.

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata favorit para penyuka tempat ketinggian di Jogja. Tentu saja para pemburu foto untuk Instagram juga akan berbahagia disini. Pasalnya, disini kamu akan bisa mendapatkan foto yang instagramgenik untuk mengisi feed akun instagram kamu. Nggak salah dong kalau tempat wisata Jurang Tembelan ini adalah salah satu tempat wisata instagramable di Jogja?

Tempat wisata Jurang Tembelan ini menjadi populer karena media sosial Instagram via @krisna_garra
Tempat wisata Jurang Tembelan ini menjadi populer karena media sosial Instagram via @krisna_garra

Dengan keberadaan tempat wisata ini, menambah deretan daftar tempat wisata di Jogja yang menarik. Karena di sekitar tempat wisata ini juga ada beberapa tempat menarik untuk dikunjungi seperti misalnya Hutan Pinus Dlingo dan tempat wisata Kebun Buah Mangunan. Jadi mungkin kamu bisa mampir juga ke tempat wisata itu. Atau bisa juga seharian penuh di tempat wisata Jurang Tembelan ini untuk menikmati sunrise sekaligus sunset.

Jurang Tembelan, Negeri di Atas Awan Untuk Penikmat Sunrise dan Sunset

Yang pasti, begitu masuk ke kawasan wisata ini, kamu bukan hanya menyaksikan pemandangan yang asri, tapi juga indah dan sangat menyegarkan. Karena kawasan ini dibuka 24 jam, kamu bisa datang lebih awal untuk menyaksikan marahari terbit. Pagi sekali, panorama pegunungan di sana akan menyuguhkan pemandangan “negeri di awan” yang bakal membuatmu memukau.

Bersama beberapa orang teman, kamu juga bisa menikmati sunset dari kawasan ini. Jadi memang tidak harus ke kawasan pantai di Jogja hanya untuk menikmati sinar keemasan matahari yang mulai tergelincir ke arah barat. Cukup berada disini saja sepanjang hari, sampai waktu matahari terbenam tiba. Coba kamu nimati bersama orang tersayang? Pasti asik banget kan?

Waktu terbaik pergi ke tempat ini adalah ketika sedang berkabut seperti ini. via @robbiepoerwanto
Waktu terbaik pergi ke tempat ini adalah ketika sedang berkabut seperti ini. via @robbiepoerwanto

Yang unik dari kawasan wisata ini adalah, adanya spot selfie, yang sebenarnya juga tempat orang bisa memandang pemandangan luas. Spot tersebut berbentuk perahu yang terbuat dari bambu, dan letaknya yang tinggi menghadap hamparan pemandangan luas. Buat kamu yang suka pemandangan dari ketinggian, tempat ini cukup menyenangkan sebagai kegiatan santai bersama keluarga.

Rute Cara Menuju Jurang Tembelan

Enaknya liburan ke Jogja itu, ada banyak panduan dan petunjuknya. Misalnya cara untuk pergi ke kawasan wisata yang berada di Bantul ini adalah di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, D.I Yogyakarta, cukup dekat dengan pintu masuk ke Kebun Buah Mangunan. Cara paling gampang tentu dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Kalau mau sewa kendaraan di Jogja, ada banyak banget kok. Tenang saja.

Tempat wisata selfie di Jogja ini memiliki ikon tempat selfie berupa perahu terbuat dari bambu via @mohdfaridmohdghazali
Tempat wisata selfie di Jogja ini memiliki ikon tempat selfie berupa perahu terbuat dari bambu via @mohdfaridmohdghazali

Jadi, untuk kamu berminat jalan-jalan ke kawasan ini dengan kendaraan pribadi, dari kota Jogja kamu tinggal mengikuti arah ke Gardu Pandang Mangunan. Dengan mengambil arah ke terminal Giwangan arah selatan, dipasar Imogiri kamu ambil arah ke kiri. Sampai di makam raja-raja, kamu akan menemukan plang pertigaan Kebun Buah Mangunan. Setelah melewati tempat parkir, maka kamu akan masuk area wisata Jurang Tembelan. Kawasan ini ditandai dengan gapura kecil yang bertuliskan “Selamat Datang”.

Alternatifnya, kamu bisa memanfaatkan peta digital seperti Google Maps. Untuk kamu yang ingin pergi ke tempat wisata hits di Jogja ini dengan menggunakan petunjuk peta digital gampang banget. Kamu tinggal menggunakan petunjuk lokasi Jurang Tembelan di Google Maps yang ada disini. Dijamin anti nyasar deh kalau kamu pake peta ini.

Tarif Tiket di Kawasan Wisata Jurang Tembelan

Berminat Berangkat ke kawasan wisata ini? Buat sekadar jalan-jalan, kawasan ini tidak memungut biaya tiket masuk. Kecuali untuk beberapa kegiatan yang ingin kamu lakukan di sana. Seperti untuk berswafoto, seperti kalau mengunjungi Pinus Pengger, akan ada biaya yang kamu perlu bayar, namun seikhlasnya. Beda lagi untuk kebutuhan foto pre wedding, kamu perlu membayar tiket sebesar Rp 50.000.

Spot selfie di Jurang Tembelan dengan latar belakang apik menjadi daya tarik para pengunjungnya yang rata-rata anak muda via @ellyoktaviana.s
Spot selfie di Jurang Tembelan dengan latar belakang apik menjadi daya tarik para pengunjungnya yang rata-rata anak muda via @ellyoktaviana.s

Biaya menggunakan spot untuk swafoto dan mengambil foto pranikah ini akan digunakan sebagai biaya pengembangan atau maintenance kawasan wisata ini. Jadi uang yang kamu bayarkan juga akan bermafaat untuk tempat wisaa Jurang Tembelan ini juga. Lagipula, sepertinya tidak terlalu mahal juga kok tarifnya.

Selain sudah terdapat fasilitas toilet dan warung, untuk kamu yang datang dengan kendaraan pribadi, kawasan ini juga memiliki lahan parkir yang luas. Untuk parkir kendaraan, kamu perlu membayar Rp 3.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, Rp 10.000 untuk Elf atau Rp 20.000 untuk bus.

Tips Wisata Ke Jurang Tembelan

Selain tempat foto selfie di perahu bambu, ada juga spot foto selfie lain seperti ini via @novitawulan5286_23
Selain tempat foto selfie di perahu bambu, ada juga spot foto selfie lain seperti ini via @novitawulan5286_23

Agar liburanmu lebih menyenangkan, ada baiknya kamu membaca beberapa tips wisata ini:

  • Jangan lupa bawa kameramu, baik untuk selfie atau untuk membuat vlog. Tentu saja, penuhi baterai gadget dan powerbank supaya kamu bisa mengabadikan momen!
  • Bawa pula uang dengan pecahan yang bisa kamu gunakan untuk membayar selfie spot dan membeli keperluan di warung yang tersedia.
  • Jangan lupa, jaga kebersihan lokasi dengan menyimpan sampah makananmu dalam tas sebelum bertemu tempat sampah!
  • Datanglah bersama beberapa teman, karena menikmati alam beramai-ramai akan terasa lebih nyaman!
  • Jangan terlalu asyik dengan gadget!
  • Gunakan pakaian yang cukup kasual, serta alas kaki yang kuat, nyaman di kaki dan tidak licin!
  • Sebaiknya jangan membawa anak yang masih terlalu kecil.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: