Serunya Liburan Ke Bukit Lintang Sewu Di Akhir Pekan

Untuk kamu yang menggemari wisata alam, khususnya di Yogyakarta, sepertinya kamu harus berkunjung ke daerah Bantul, kecamatan Dlingo. Dlingo memang mempunyai sejumlah destinasi wisata alam, dan salah satunya adalah Bukit Lintang Sewu. Tempat wisata Jogja Bukit Lintang Sewu ini adalah salah satu wisata alam yang asik buat berburu foto Instagram.

Tempat wisata yang satu ini dibangun pada Januari 2016, dan dikenal dengan nama Bukit Watu Asah-asah. Namun namanya menjadi Bukit Lintang Sewu, karena pengunjung bisa menikmati malam di kawasan ini dengan pemandangan pijaran lampu-lampu kota, dan tentunya banyak bintang di saat langit cerah. Ya, kamu bisa camping dan bermalam di kawasan ini, karena disediakan camping ground yang luas.

Bukit Lintang Sewu dengan pemandangannya yang syahdu via @diahrtnasari
Bukit Lintang Sewu dengan pemandangannya yang syahdu via @diahrtnasari

Yang Bisa Dinikmati di Bukit Lintang Sewu

Memang, terdapat beberapa kesamaan tempat ini dengan beberapa destinasi wisata alam lainnya di Bantul. Misalnya, sama-sama merupakan spot yang indah untuk menyaksikan sunrise dan sunset di Yogyakarta. Lokasinya yang ada di bukit menghadap hamparan hutan luas membuat kamu dan pengunjung lainnya dapat menyaksikan sang mentari menuju peraduan dan menyiratkan semburat senja berwarna keemasan.

Tapi bukan itu saja yang bisa kamu nikmati di sini. Lokasi wisata ini punya spot lain yang menarik, termasuk untuk selfie. Selain Gardu Pandang yang ada di sebelah timur dan barat bukit, ada juga Tugu Watu Asah yang merupakan ikon tempat wisata ini. Konon kabarnya lokasi tugu inilah yang menjadi favorit pengunjung berswafoto.

Kalau beruntung, dan cuaca sedang cerah, Gunung Merapi bisa terlihat dari Wisata Bukit Lintang Sewu via @rosianasinta
Kalau beruntung, dan cuaca sedang cerah, Gunung Merapi bisa terlihat dari Wisata Bukit Lintang Sewu via @rosianasinta

Mau camping bersama teman-temanmu di sini? Bisa. Ini salah satu kelebihan tempat wisata ini dibanding yang lain. Selain bersenang-senang dengan kelompok komunitasmu, kalian juga bisa menyaksikan fenomena matahari terbit yang nggak kalah indah dari sunset, lho! Asal bangun sepagi mungkin.

Yang pasti, di kawasan bukit wisata alam ini tersedia spot untuk berfoto, warung, gazebo, camping ground dan toilet. Sayangnya, warung makan beroperasi hanya pada setiap liburan. Siapkan saja kamera kalian sebelumnya, jadi nanti kalian bisa mendapatkan foto terbaik nan instagramable untuk diunggak ke Instagram.

Bukit Lintang Sewu, tempat wisata seru Jogja untuk liburan akhir pekan via @alfii_imiezh
Bukit Lintang Sewu, tempat wisata seru Jogja untuk liburan akhir pekan via @alfii_imiezh

Untuk masuk ke lokasi wisata, semua pengunjung harus membayar tiket sebesar IDR 2.000, dan juga parkir kendaraan, sebesar IDR 2.000 untuk motor, IDR 5.000 untuk mobil atau IDR 20.000 untuk kendaraan bis. Beda halnya dengan camping, per orang akan dikenakan IDR 15.000.

Rute Cara Pergi Ke Tempat Wisata Bukit Lintang Sewu

Yakin kalian gak mau liburan akhir pekan ke Bukit Lintang Sewu? via @sandralugiana
Yakin kalian gak mau liburan akhir pekan ke Bukit Lintang Sewu? via @sandralugiana

Nah, buat kalian yang berminat jalan-jalan atau bahkan camping bersama di camping ground, berikut ini rutenya:

Perjalanan dengan kendaraan pribadi kalian lakukan dari kota Jogja melalui Imogiri Timur, ke arah Makam Raja-raja Imogiri. Di Jl. Pasar Imogiri, kalian belok ke kiri, arah Kebun Buah Mangunan, sampai ketemu pertigaan. Di pertigaan itu, kalian tidak perlu ambil ke kiri (Kebun Buah, tapi ambil jalan lurus yang mengarah ke Hutan Pinus).

Kamu akan sampai di Bukit Lintang Sewu setelah kira-kira 500 meter melewati Hutan Pinus Asri. Untuk memudahkan, kalian bisa menggunakan petunjuk lokasi tempat wisata Bukit Lintang Sewu di Google Maps disini.

Tips Wisata Ke Bukit Lintang Sewu

Pemandangan dari Bukit Lintang Sewu ini memang aduhai indahnya. Salah satu tempat wisata terbaik Jogja via @dikaaa17
Pemandangan dari Bukit Lintang Sewu ini memang aduhai indahnya. Salah satu tempat wisata terbaik Jogja via @dikaaa17

Jadi, kalian memilih menginap dalam tenda beramai-ramai, atau pulang di hari yang sama? Keduanya memang pilihan yang sama-sama enak dan sama-sama berisiko. Menginap dalam tenda, menghabiskan malam dengan memasang api unggun dan bernyanyi dengan gitar, tentunya sangat menyenangkan. Namun konsekuensinya, kalian harus mau repot menyewa atau membawa tenda dan segala keperluan dari luar.

Sementara pulang pada hari yang sama memang seringnya lebih dipilih oleh pengunjung yang lebih memilih cara praktis. Namun bukan berarti tidak ada hal penting selama di lokasi meskipun tidak menginap. Hal penting itu diantaranya:

  • Bagi yang membawa anak-anak harus bersikap lebih waspada lagi. Di lokasi bukit ini masih ada saja jurang tanpa pembatas.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman, mengantisipasi tutupnya warung makan.
  • Gunakan sepatu yang paling nyaman untuk perjalanan out-door, dan pastikan solnya tidak licin.
  • Jangan lupa, isi penuh baterai ponsel, powerbank dan peralatan fotografi.
  • Pastikan kondisi kendaraanmu prima, baik ketersediaan bahan bakar, kondisi mesin, dan keamanan.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: