Bukit Mojo Gumelem Wisata Instagramable Jogja Terbaru!

Bukit Mojo Gumelem. Salah satu destinasi wisata alam di D.I Yogyakarta ini mulai tekenal semenjak diresmikan pada pertengahan 2016 silam, dengan memanfaatkan lahan milik Dinas Kehutanan. Bukit yang penuh pepohonan jati ini sangat strategis buat kamu yang menyukai sunset dan ingin menikmati senja keemasan di sana, karena posisinya yang menghadap barat.

Mengunjungi kawasan ini, kamu juga akan menikmati suasana yang segar dan luas dari atas bukit. Di bawah bukit ini mengalir Sungai Oyo. Suasananya yang alami pastinya menjadi daya tarik buat kamu yang terbiasa dengan kehidupan urban dan menginginkan suasana alam yang asri. Maka, kamupun nggak akan heran kalau ternyata menemui cukup banyak wisatawan datang ke kawasan yang sangat alami seperti Bukit Mojo Gumelem ini.

Bukit Mojo Gumelem Adalah Alternatif Menikmati Sunset dan Berswafoto Di Jogja

Menantu idaman mainnya ke Bukit Mojo Gumelem katanya via @topan.supriani
Menantu idaman mainnya ke Bukit Mojo Gumelem katanya via @topan.supriani

Selain pada luasnya lapang pandang yang menyegarkan, daya tarik bukit ini ada pada sunset yang bisa kamu nikmati di sore hari. Ajaklah teman atau pasanganmu! Kehangatan sunset biasanya membawa suasana yang mendamaikan. Selain itu, datang pagi-pagi sekali, maka kamu akan mendapati fenomena alam lain, yaitu kabut putih yang menyerupai awan.

Seperti halnya lokasi wisata alam lainnya, meskipun bukit ini menawarkan keindahan alami yang menyenangkan, tentu di bukit ini juga disediakan fasilitas seperti gardu pandang dan selfie spot. Gardu pandang, selain bisa dimanfaatkan untuk jadi background foto, tapi maksud utamanya sebagai spot memandang seluas mungkin pemandangan.

Sunset di Bukit Mojo Gumelem ini begitu instagramable dan instagramgenik! via @explore.pulaujawa
Sunset di Bukit Mojo Gumelem ini begitu instagramable dan instagramgenik! via @explore.pulaujawa

Dengan begitu, selain puas memandangi alam dari atas bukit, kamu juga dapat angle yang bagus untuk hobi fotografi alam. Sedangkan selfie spot dibuat dengan desain yang unik, jadi di tengah alam yang memang indah, selfie spot yang unik dan lucu-lucu menambah suasana jadi lebih bervariasi, dan fotomu nggak monoton. Asik, kan? Macam-macam tema dari desain spot selfie, misalnya sarang burung, bunga matahari dan sebagainya.

Untuk masuk ke kawasan ini kamu memang tidak harus membayar alias gratis. Namun kamu perlu membayar parkir kendaraan, yaitu IDR 2.000 untuk motor dan IDR 5.000 untuk mobil, juga membayar tarif jika berfoto di selfie spot atau gardu pandang yaitu IDR 3.000. Biaya yang cukup wajar, mengingat tempat wisata ini dikelola dengan menyediakan fasilitas lainnya, seperti toilet, gazebo, tempat duduk, dan warung makan.

Rute Cara Pergi Ke Bukit Mojo Gumelem

Bukit ini berada di Jl. Imogiri Rt 40 Pedukuan Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Masih satu desa dengan Hutan Pinus Mangunan. Dan bukit ini berada di sebelah barat Bukit Panguk Kediwung. Cara paling gampang adalah dengan menggunakan petunjuk lokasi Bukit Mojo Gumelem di Google Maps disini.

Yakin gak mau main ke tempat wisata Jogja Bukit Mojo Gumelem ini? via @reyna_dwia
Yakin gak mau main ke tempat wisata Jogja Bukit Mojo Gumelem ini? via @reyna_dwia

Sementara, untuk detail perjalanan ke sana, rutenya hampir sama dengan menuju Bukit Panguk Kediwung. Yaitu, dari Jogja menuju ke selatan, ke arah Kebun Buah Mangunan. Atau, kalau bingung ikutilah Jl. Imogiri Timur. Sampai di pertigaan Jl. Pasar Imogiri, ambil jalan ke kiri menuju Kebun Buah Mangunan, sampai kamu tiba di persimpangan Kantor Desa Mangunan.

Dari sana persimpangan kantor ini, ambil jalan ke kanan. Sebelum masuk ke gerbang Kebun Buah Mangunan akan ada pertigaan. Ambil arah kiri, ke arah tempat wisata Goa Gajah, Tebing Watu Mabur dan Bukit Panguk Kediwung. Nah, nanti kamu akan bertemu pertigaan lagi dan kamu harus ambil jalan ke kanan, ke Bukit Mojo Gumelem.

Tips Wisata Ke Bukit Mojo Gumelem

Mau nyantai, ngopi aja dulu ke Bukit Mojo Gumelem! via @dewikiwikiwik
Mau nyantai, ngopi aja dulu ke Bukit Mojo Gumelem! via @dewikiwikiwik

Berikut ini beberapa tips wisata ke Bukit Mojo Gumelem yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan perjalanan. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Siapkan kendaraanmu dalam kondisi prima, sebagai antisipasi dalam perjalanan yang cukup jauh dan tidak rata.
  • Untuk keperluan fotografi, jangan sampai lupa! Sayang lho melewatkan kesempatan, selagi datang ke lokasi wisata alam. Isi full baterai ponsel, kamera dan powerbank. Selain buat menambah fotomu di Instagram, sebagai kenang-kenangan, pastinya.
  • Uang tunai pecahan ribuan untuk bayar parkir dan foto.
  • Pakaian dan terutama alas kaki, pakai sepatu yang paling nyaman dan solnya tidak licin. Sebaiknya jangan gunakan sandal, apalagi jepit.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: