Harmoni Alam di Bukit Cendana Jogja

Selain terkenal dengan wisata sejarah dan keraton, Yogyakarta juga terkenal dengan wisata alam yang bisa kamu jumpai di banyak lokasi. Selain di Kabupaten Bantul, di Kabupaten Kulon Progo juga terdapat destinasi wisata alam yang indah, yang akan memuaskan mata dan mencerahkan pikiran setelah penat dengan aktivitas sehari-hari. Misalnya Bukit Cendana Jogja yang menyegarkan mata.

Ya! Bukit Cendana, sesuai dengan namanya, kamu akan menemukan hamparan pohon Cendana di kawasan wisata ini. Namun bukan cuma hijaunya pepohonan yang bakalan menjadi pemandangan menarik. Dari bukit ini kamu juga bisa menyaksikan pemandangan Waduk Sermo dari Gardu Pandang yang ada di lokasi bukit ini. Hamparan pepohonan dan waduk yang mengalir merupakan perpaduan yang harmonis.

Bukit Cendana Jogjakarta via @ariesieass
Bukit Cendana Jogjakarta via @ariesieass

Selain pemandangannya yang menenangkan, udara di bukit ini terasa sejuk. Kamu bisa menikmati suasana dan berfoto dengan background yang keren, atau mengambil foto lanskap yang instagrammable. Bahkan, kamu bisa juga berburu sunset ataupun sunrise di bukit ini. Namun untuk sampai ke puncaknya, kamu perlu melakukan tracking sekitar 5 menit dari tempat parkir, dan itu sedikit melelahkan.

Apalagi buat kamu yang kurang biasa berolahraga. Tapi itu tentu bukan apa-apa, karena setelah sampai di tujuan kelelahanmu akan segera terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan. Kawasan wisata ini dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat sekitar Dusun Tegiri 2 sejak setahun lalu, yaitu Januari 2017. Maka yang juga perlu kamu perhatikan selama berwisata adalah untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Bukit Cendana Jogja

Untuk masuk ke lokasi wisata Bukit Cendana Jogja ini, sampai saat ini belum ditetapkan tarif tiket oleh pihak pengelola kawasan wisata. Jadi kamu hanya akan diminta membayar seikhlasnya, selain biaya parkir kendaraan yaitu IDR 2.000 untuk motor, dan IDR 5.000 untuk mobil. Biaya masuk seikhlasnya tadi akan dimanfaatkan untuk pengembangan kawasan wisata ini.

Sampai sejauh ini, penyediaan fasilitas dalam kawasan wisata sudah bagus. Selain Gardu Pandang dan area parkir, tempat wisata ini sudah cukup nyaman dengan tersedianya toilet, gazebo, spot berfoto, dan yang tak kalah penting adanya warung makan. Spot foto yang cukup diminati oleh pengunjung adalah ayunan gantung, atau Ayunan Tarzan.

Salah satu atraksi yang bisa dicoba di Bukit Cendana Jogja via @gtt.travelguide
Salah satu atraksi yang bisa dicoba di Bukit Cendana Jogja via @gtt.travelguide

Rencananya, selain menetapkan tarif tiket masuk, pihak pengelola juga akan mengadakan penginapan. Dengan demikian, para pengunjung bisa merasakan pengalaman menginap di lingkungan yang sangat alami. Kamupun nantinya bisa menyaksikan sunrise sambil berolahraga, atau mengabadikan momen menakjubkan itu dengan kamera.

Rute Cara Menuju Kawasan Bukit Cendana

Jadi, kamu berminat liburan ke lokasi Waduk Sermo sekalian berkunjung ke Bukit Cendana Jogja? Perjalanan dari Kota Jogja bisa kamu tempuh melalui Jl. Pengasih-Sentolo menuju ke Kulon Progo. Setelah itu, ikuti Jl. Sermo Kokap, menuju Girimulyo. Ikuti penunjuk arah menuju kawasan Bukit Cendana. Jika bingun, kamu bisa menggunakan peta lokasi Bukit Cendana di Google Maps disini.

Kamu gak ingin berpose seperti ini di Bukit Cendana nanti via @hamida_ayu_p
Kamu gak ingin berpose seperti ini di Bukit Cendana nanti via @hamida_ayu_p

Sepanjang perjalanan di Kulon Progo, kamu akan menyaksikan pemandangan bukit dan sawah, dengan jalur yang sudah bisa kamu lalui baik dengan motor atau mobil. Kamu hanya perlu memastikan kondisimu kendaraanmu cukup prima, karena perjalanan yang kamu tempuh cukup berliku dan terdapat beberapa tanjakan.

Tips Wisata Ke Bukit Cendana Jogja

Bukit Cendana Jogja bisa dikunjungi kapan saja, asalkan cuaca sedang cerah dan bersahabat via @bojjezt_23
Bukit Cendana Jogja bisa dikunjungi kapan saja, asalkan cuaca sedang cerah dan bersahabat via @bojjezt_23

Agar liburan kamu ke Bukit Cendana Jogja menyenangkan dan tanpa halangan, sebaiknya kalian menbaca beberapa tips penting sebagai berikut:

  • Buat kamu yang ingin menikmati suasana indah perbukitan dengan Waduk Sermo yang indah, pastikan kamu datang dengan kendaraan yang prima.
  • Persiapkan juga dirimu, mulai dari kesehatan karena kamu akan menempuh perjalanan dengan kaki yang cukup membutuhkan tenaga. Terlebih setelah kamu mengendarai motor atau mobil. Bawalah perbekalan makanan dan minuman yang cukup, dan uang tunai secukupnya.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan solnya tidak licin.
  • Sebagai bekal fotografi, jangan lupa membawa perangkat berupa kamera atau gadget yang cukup memadai. Hasil foto yang bagus, selain menjadi kenang-kenangan pengalamanmu berwisata alam, pastinya jadi modal untuk menambah koleksi gambarmu di media sosial.
  • Jangan ragu bertanya pada penduduk setempat jika dalam perjalanan kamu merasa ragu. Interaksi dengan orang sebanyak-banyaknya adalah salah satu faedah dari perjalanan.

Nah, gimana? Sudah kepengen berwisata ke Bukit Cendana Jogja belum kalian? Siapa tahu setelah baca ini bakalan ajak temen, keluarga atau orang tersayang untuk berkunjung ke Bukit Cendana Jogja! Yuk!

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: