17 Tempat Wisata Baru Di Tulugagung Yang Hits Dan Instagramgenik!

Belum tahu tempat wisata baru Tulungagung yang bisa dikunjungi itu dimana saja? Mungkin itu berarti kalian belum sempat membaca tulisan di liburmulu ini ya! Padahal sekarang ini banyak bermunculan tempat wisata baru Tulungagung yang siap untuk kalian eksplore. Contohnya ada wisata air terjun, juga ada wisata yang asik untuk berfoto.

Tidak ketinggalan wisata baru Tulungagung yang berupa kolam alami seperti Kedung Tritis, dan Batu Gedong. Buat kalian pecinta air terjun, ada tempat wisata Alas Kandung yang keren dan air terjun unik seperti Air Terjun Kedung Simin. Pokoknya, kalau kalian liburan ke Tulungagung selanjutnya, akan ada banyak tempat baru yang bisa kalian jelajahi!

Kalian tinggal memilih saja, tempat wisata mana yang menjadi favorit kalian nanti. Dari semua tempat wisata terbaru di Tulungagung ini semuanya keren, nggak ada yang jelek. Semuanya juga bisa dibilang merupakan tempat wisata di Tulungagung yang instagramable dan Instagramgenik!

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

Nah, baca aja sampai selesai! Karena disini akan dibahas mengenai 17 wisata baru Tulungagung yang akan melengkapi perjalanan dan petualanganmu selama liburan nanti! Baca sampai selesai dan jangan lupa share ke facebookmu biar banyak teman yang tahu!

1. Air Terjun Alas Kandung Yang Keren

Air terjun Alas Kandung cocok untuk yang suka berenang by @kitwakit
Air terjun Alas Kandung cocok untuk yang suka berenang by @kitwakit

Ada yang mengenalnya dengan Air Terjun Kandung, namun cukup banyak juga orang yang mengenal tempat wisata air terjun di Tulungagung ini dengan nama Air Terjun Alas Kandung. Tetapi yang pasti lokasi air terjun ini memang di pinggir Alas Kandung di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung.

Cara menuju Air Terjun Alas Kandung dari pusat kota Tulungagung itu tidak susah. Cara paling gampang adalah pergi dari Alun-alun kota Tulungagung. Arahkan kendaran arah timur sampai perempatan pasar Ngunut. Dari perempatan pasar atau stasiun Ngunut tadi arahkan kendaraan kalian ke arah ke selatan.

Lanjut saja terus ke selatan sampai menemukan pertigaan, nah dari pertigaan pertama itu ambil jalan ke kiri. Jalan lagi terus hingga bertemu pertigaan kedua. Di pertigaan kedua tadi ambil kanan, ke arah selatan lurus saja terus. Sampai di jalur ini untuk lebih jelas arah rute menuju Air Terjun Alas Kandung bisa tanya ke warga setempat.

Atau lebih gampang lagi jika berkunjung ke Air Terjun Alas Kandung dengan menggunakan panduan lokasinya di Google Maps disini. Soalnya memang belum banyak papan petunjuk yang mempermudah untuk menemukan rute ke Air Terjun Alas Kandung tanpa bantuan peta. Tidak ada biaya tiket masuk ke tempat wisata air terjun di Tulungagung ini, namun hanya perlu membayar biaya parkir sebesar IDR 3000 saja.

(Baca Juga : Keren!! Ada Banyak Tempat Liburan Asik Nan Instagramable Di Tulungagung Untuk Dikunjungi Lho)

2. Wisata Baru Tulungagung Kali Mas Desa Sebalor

Kali mas ini berada di desa wisata sebalor Bandung - Tulungagung by @simonz_22_santoso
Kali mas ini berada di desa wisata sebalor Bandung – Tulungagung by @simonz_22_santoso

Lokasi Wisata Baru Tulungagung Kali Mas ini berada tak jauh dari tempat wisata hits Tulungagung Batu Gedong. Jadi kalau berkunjung ke tempat wisata Batu Gedong, kalian bisa sekalian berkunjung ke Kali Mas. Kira-kira jaraknya hanya sekitar 0,5 KM dari tempat wisata Batu Gedong, namun perlu agak naik lagi kearah atas.

Wisata Kalimas Sebalor ini bentuknya sedikit mirip dengan air terjun, namun dengan kondisi landscape yang lebih landai. Lengkap dengan panorama batu alam kuning berwarna keemasan dan aliran air jernih mengalir dari sumber mata air yang berada di atas bukit. Aliran air ini juga yang membuat tempat ini terkenal.

Soalnya setiap yang berkunjung ke tempat ini selalu berfoto di bagian ini. Uniknya, meski air terus mengalir, namun bebatuan yang dialiri air tadi tidak licin. Karena itu kadang ada beberapa pengunjung yang mendaki hingga sampai ke bagian atas. Memang, pemandangan dari bagian atas jauh lebih bagus, berupa hamparan sawah penduduk dan rumah masyarakat sekitar wisata baru Tulungagung Kalimas.

3. Wisata Baru Tulungagung Bukit Jomblo, Bukan Hanya Untuk Jomblo!

Tidak ditarik tiket masuk ke tempat wisata ini, namun cukup membayar parkir kendaraan saja.
Tidak ditarik tiket masuk ke tempat wisata ini, namun cukup membayar parkir kendaraan saja.

Meskipun Bukit Jomblo ini adalah objek wisata baru di Tulungagung, namun sebenarnya konsep yang dipakai tempat wisata ini sudah banyak digunakan di beberapa tempat wisata di Indonesia. Namun tetap saja, bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Tulungagung, Bukit Jomblo ini adalah salah satu tempat instagramable favorit mereka.

Namanya memang Bukit Jomblo, namun bukan berarti hanya para jomblowan dan jomblowati saja yang boleh berkunjung ke salah satu tempat wisata baru Tulungagung ini.? Siapapun boleh kok berkunjung ke tempat wisata Tulungagung yang instagramable ini. Jomblowan, jomblowati, tua muda dan anak kecil sangat direkomendasikan untuk mengabadikan momen bahagia kesini.

Malah bisa dibilang kalau tempat wisata di Tulungagung ini cocok untuk siapapun yang suka menikmati landsekap alam bebas yang masih segar dan asri. Terutama untuk para pemburu foto Instagram. Ada banyak foto menarik yang bisa dibuat disini. Ada beberapa properti yang bisa dipakai sebagai latar untuk pembuatan foto. Mulai dari foto landscape, foto selfie hingga groufie bersama teman-teman bisa dibuat disini. Yang mau foto prewedding di Bukit Jomblo pun juga bisa loh!

(Baca Juga : Liburan Ala Petualang Ke Tulungagung? Jangan Lupa Untuk Berkunjung ke Pantai Favorit Petualang Di Tulungagung Yang Ini Ya!)

4. Wisata Baru Tulungagung Telaga Ngambal

Sore hari atau pagi hari adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata yang hits di Tulungagung ini by @sony_rohman
Sore hari atau pagi hari adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata yang hits di Tulungagung ini by @sony_rohman

Belakangan in banyak bermunculan tempat wisata baru Tulungagung yang dikhususkan untuk para pemburu foto media sosial Instagram. Selain Bukit Jomblo, Telaga Ngambal ini mengukuhkan diri sebagai salah satu tempat wisata di Tulungagung yang hits untuk berburu foto Instagram di Tulungagung. Nggak heran pada waktu-waktu tertentu telaga di Tulungagung ini diserbu para pemburu foto atau swafoto.

Tempat wisata baru Tulungagung Telaga Ngambal ini menjadi hits di Instagram karena pernah diadakan festival disiniini. Salah satu festival yang pernah diadakan disini adalah Festival Walikukun yang diadakan pada tahun 2016 lalu. Jika kalian ingin mengetahui informasi festival terbaru di Telaga Ngambal, kalian bisa mengikuti akun instagram tempat wisata ini di @telaga_ngambal.

Namun sekarang ini setiap harinya tempat wisata ini sering dikunjungi para instagrammer yang berburu foto. Namun selain itu, ada juga yang datang kesini untuk menyalurkan hobi mereka memancing. Entah ikan jenis apa yang ada disini. Namun siapapun tentunya tak akan menolak menghabiskan waktu di tempat dengan udara segar dan pemandangan yang indah ini.

Lokasi dari Telaga Ngambal ada di Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung. Cara menuju Telaga Ngambal sendiri, kalian cukup mengikuti petunjuk lokasi Telaga Ngambal di Google Maps disini. Telaga Ngambal adalah wisata baru Tulungagung yang gratis, kalian hanya perlu bayar parkir motor sebesar IDR 2000 dan mobil sebesar IDR 5000 saja.

5. Wisata Baru Tulungagung Air Terjun Jurang Senggani

Air Terjun Jurang Senggani merupakan wisata baru Tulungagung yang mulai ngehits by @melaniabs
Air Terjun Jurang Senggani merupakan wisata baru Tulungagung yang mulai ngehits by @melaniabs

Air Terjun Jurang Senggani ini merupakan satu objek wisata Tulungagung yang berupa air terjun keren. Lokasinya sendiri berada di lereng Gunung Wilis, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Air terjun yang berada pada ketinggian 1200 mdpl ini bisa kalian temukan lokasinya di Google Maps disini.

Bisa dibilang air terjun Jurang Senggani ini adalah salah satu air terjun tersembunyi di Tulungagung. Karena memang belum banyak yang tahu mengenai keberadaan Air Terjun Jurang senggani ini. Air terjun ini masih alami dan juga berada tak jauh dari Air Terjun Lawean. Jadi setelah berkunjung ke Air Terjun Lawean, kalian bisa berkunjung kesini deh.

6. Bukit Penampihan Wisata Tulungagung Yang Keren!

Bukit Penampihan ini berada di bumi perkemahan Sendang by @melaniabs
Bukit Penampihan ini berada di bumi perkemahan Sendang by @melaniabs

Selain pemandangannya yang keren, Bukit Penampihan ini sebenarnya juga dikenal karena banyak peninggalan bersejarah disekitarnya. Salah satunya adalah situ sejarah purbakala Candi Penampihan atau juga dikenal dengan nama Candi Asmoro Bangun. Namun selain itu ada juga tempat wisata baru Bukit Penampihan untuk bersantai seperti foto diatas.

Objek wisata Tulungagung Bukit Penampihan ini berada di kaki lereng Gunung Wilis bagian selatan. tepatnya berlokasi di Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Dari pusat kota menuju lereng Gunung Wilis memerlukan waktu sekitar 40 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk lokasi Desa Geger sendiri kalian bisa menemukannya di Google Maps disini. Belum jelas berapa harga tiket masuk ek wisata baru Tulungagung Bukit Penampihan ini. Namun yang pasti kalaupun harus membayar tiket masuk, harganya tidak akan terlalu mahal seperti tempat wisata di Tulungagung yang lainnya.

(Baca Juga : Temukan Jodohmu Di Bukit Jomblo Tulungagung)

7. Batu Gedong Wisata Hits Terbaru!

Yakin kalian nggak berminat untuk berkunjung ke tempat wisata hits di Tulungagung ini? by @ila_yoet
Yakin kalian nggak berminat untuk berkunjung ke tempat wisata hits di Tulungagung ini? by @ila_yoet

Netizen mengenalnya dengan Batu Gedong, sementara masyarakat setempat mengenalnya dengan Watu Gedong. Namun, apapun sebutannya, ini adalah salah satu tempat wisata terbaru Tulungagung yang membuat liburan ke kota ini makin asik dan seru. Jadi selain beberapa tempat wisata di Tulungagung yang sudah ada sebelumnya, sekarang makin banyak pilihannya.

Ciri khas dari tempat wisata Batu Gedong atau Watu Gedong ini adalah tebing batu besar yang sebagian ditumbuhi dengan lumut. Dibawahnya terdapat aliran air sungai kecil namun airnya jernih. Dibagian itulah ketika musim liburan tiba, akan selalu dipenuhi oleh anak kecil yang bermain. Istilahnya adalam bahasa jawa adalah “Koceh” di sungai. Kolam disini bisa dibilang lebih aman, tak seperti kolam alami Kedung Tritis yang memiliki kedalaman hingga 10 meter.

Rute menuju ke Batu Gedong ini ternyata masih searah dengan jalur ke Pantai Prigi, atau kalian bisa menemukan lokasinya dengan mudah dengan bantuan aplikasi Google Maps. Tidak ada biaya tiket masuk ke salah satu tempat wisata di Tulungagung ini, namun hanya perlu bayar parkir sebesar IDR 2000 saja.

8. Kedung Simin Dengan Air Terjun Mini

Cara paling gampang untuk ke tempat ini adalah dengan mencari lokasi Gua Selomangleng. Karena wisata kedung di Tulungagung ini berada tak jauh dari sana @ris_yuan
Cara paling gampang untuk ke tempat ini adalah dengan mencari lokasi Gua Selomangleng. Karena wisata kedung di Tulungagung ini berada tak jauh dari sana @ris_yuan

Kalau membicarakan mengenai tempat wisata baru Tulungagung itu sepertinya tidak akan ada habisnya deh. Terutama untuk tempat wisata yang cukup instagramable. Soalnya memagn ada beberapa objek wisata Tulungagung yang Instagramable dan sudah populer duluan seperti Bukit Jomblo atau Telaga Ngambal di Tulungagung. Kedung Simin ini melengkapi deretan daftar panjang tempat wisata baru di Tulungagung ini.

Namun untuk sebuah tempat wisata, fasilitas yang ada di Kedung Simin ini masih jauh dari kata memadai. Hanya saja karena keunikannya, kedung simin ini sempat menjadi viral di media sosial instagram dan tetap banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu Kedung Simin ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu air terjun mini dengan kolam kecil dibawahnya.

Kedung Simin mungkin memang memiliki kolam kecil seperti salah wisata pantai yang hits terlebih dahulu di Tulungagung, yaitu Pantai Kedung Tumpang. Namun kolam kecil itu bukanlah kolam dengan air asin seperti kolam di Kedung Tumpang, jumlahnya juga tidak banyak. Terelebih lagi pengunjung juga dilarang untuk berenang di kolam ini, karena kabarnya sempat menelan korban jiwa.

9. Kedung Tritis Wisata Kolam Renang Alami Tulungagung

Kedung Dawuhan adalah nama lain dari Kedung Tritis wisata kolam alami di Tulungagung ini by @wildanhkm
Kedung Dawuhan adalah nama lain dari Kedung Tritis wisata kolam alami di Tulungagung ini by @wildanhkm

Wisata baru Tulungagung, Kedung Tritis ini bisa dibilang sebagai tempat wisata tersembunyi di Tulungagung. Soalnya, Selain belum banyak yang tahu, lokasinya memang agak tersembunyi dan cukup memerlukan perjuangan untuk dijangkau wisatawan. Namun yang pasti, tidak ada yang menyurutkan pengunjungnya untuk berwisata ke Kedung Tritis.

Kedung Dawuhan atau Kedung Tritis ini sebenarnya adalah cekungan yang berada pada salah satu aliran sungai di Tulungagung. Batuan hitam khas sungai mengelilingi tempat wisata ini, ditambah airnya yang kebiruan membuat tempat ini menjadi salah satu tempat alami yang sempurna untuk berlibur di Tulungagung.

Di media sosial tempat ini memang lebih dikenal dengan nama Kedung Tritis, namun warga sekitar banyak yang mengenalnya sebagai Kedung Dawuhan. Apalah arti sebuah nama, yang jelas tempat ini memiliki daya tarik kolam alami denngan airnya berwarna biru kehijauan. Tentunya selain asik dipandang mata, tempat wisata ini juga menyenangkan untuk aktivitas berenang.

(Baca Juga : Daftar 43 Wisata Pantai Di Tulungagung Lengkap Untuk Para Pecinta Pantai!)

10. 1000 Cemara A.K.A Cemara Sewu Tulungagung

Cemoro Sewu adalah wisata baru Tulungagung yang populer di kalangan penyuka Instagram by @mokhamadrizkifirmanda
Cemoro Sewu adalah wisata baru Tulungagung yang populer di kalangan penyuka Instagram by @mokhamadrizkifirmanda

Cemara Sewu atau Cemoro Sewu ini sebenarnya merupakan sebuah wisata pantai di Tulungagung. Lokasinnya berada  tak jauh dari lokasi Pantai Sine. Meskipun ini sebenarnya sebuah wisata pantai di Tulungagung, namun rerimbunan pohon cemara yang berada tak jauh dari lokasi pantainya malah lebih terkenal. Apalagi ribuan pohon cemara ini bisa dibilang sebagai tempat berburu foto Instagram yang sempurna.

Kalian bisa menikmati keindahan tempat wisata Cemara Sewu ini hanya dengan membayar biaya parkir kendaraan saja. Iya, ini adalah salah satu tempat wiata baru di Tulungagung yang gratis! Untuk tarif parkir untuk roda dua adalah IDR 3000 sedangkan untuk roda empat sekitar IDR 5000. Lokasi dari Cemoro Sewu ini adalah di Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung, Jawa Timur. Atau kalian bisa menemukan lokasi wisata Cemoro Sewu Tulungagung di Google Maps disini.

Selain beberapa diatas, update tempat wisata baru Tulungagung adalah sebagai berikut:

11. Bukit Tumpak Celeng Tulungagung

Bukit Tumpak Celeng Tulungagung by @alfinoriffqi
Bukit Tumpak Celeng Tulungagung by @alfinoriffqi

Lokasi dari tempat wisata baru Tulungagung Tumpak Celeng ini berada di Dusun Bangak, Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung. Atau kalian bisa mengunjunginya dengan bantuan lokasi di Google Maps disini.

12. Gardu Pandang Sedayugunung

Gardu Pandang Sedayugunung Besuki Tulungagung by @dikamunasir
Gardu Pandang Sedayugunung Besuki Tulungagung by @dikamunasir

Lokasi dari tempat wisata baru Tulungagung Gardu Pandang Sedayugunung ini berada di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

13. Air Terjun Tersembunyi Tulungagung Air Terjun Sarang Awan

Air Terjun Sarang Awan Tulungagung by @o_tewe
Air Terjun Sarang Awan Tulungagung by @o_tewe

Namanya Air terjun Sarang Awan, sementara masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Air Terjun Ondo – Ondo. Lokasinya berada di Dukuh Sengon, Desa Kradinan, Pagerwojo, Tulungagung. Tempat ini bisa dibilang sebagai wisata tersembunyi Tulungagung karena belum banyak yang tahu. Air terjun yang berada di dalam Hutan Kradinan ini memang sangat memukau dengan ketinggiannya yang mencapai sekitar 75 Meter dengan airnya yang cukup deras.

Lantas kenapa namanya “Sarang Awan”? Sebenarnya, tidak ada yang tau dari mana asal nama tersebut tercipta. Namun dari berbagai cerita warga setempat bahwa nama “Sarang Awan” itu muncul kemungkinan karena derasnya air yang jatuh dari ketinggian tersebut menciptakan sebuah kabut putih yang seakan – akan mirip dengan “awan” yang bersarang diatas air terjun tersebut.

Air Terjun ini menurut warga Kradinan sudah ditemukan sejak 3 tahun lalu, cuman jarang sekali ada yg berkunjung dan mengekspose lokasi tersebut. Padahal di lokasi tersebut bisa dipakai buat camping lho!

14. Coban Ngoro Tulungagung

Coban Ngoro Tulungagung by @bella_anandra
Coban Ngoro Tulungagung by @bella_anandra

Coban Ngoro ini merupakan wisata baru Tulungagung yang berada di Dusun Dawung, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung.

15. Watu Payung Tulungagung

Watu Payung di Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung by @fahrultr14
Watu Payung di Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung by @fahrultr14

Watu Payung ini merupakan wisata baru Tulungagung yang berada di Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung.

16 Air Terjun Coban Kromo Tulungagung

Air Terjun Coban Kromo Tulungagung @miumy_permatahaty
Air Terjun Coban Kromo Tulungagung @miumy_permatahaty

Air Terjun Coban Kromo ini adalah salah satu wisata air terjun terbaru Tulungagung yang asik buat berendam. Lokasi Air Terjun Coban Kromo Tulungagung ini berada di Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung.

17. Bukit Puthuk Krebet Tulungagung

Bukit Puthuk Krebet Tulungagung by @eru.id
Bukit Puthuk Krebet di Tulungagung by @eru.id

Bukit Puthuk ini adalah tempat wisata terbaru dari Tulungagung yang berada di Desa Panggunguni, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung.

Banyak Dicari

  • tempat hits tulungagung
  • tempat wisata air terjun kali mas tulungagung
  • tempat wisata terbaru di nginut
  • tempat yang bagus untuk dikunjungi dan hits ditulungagung
  • wisata hits tulungagung

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips – tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: