Liburan Ala Petualang Ke Tulungagung? Jangan Lupa Untuk Berkunjung ke Pantai Favorit Petualang Di Tulungagung Yang Ini Ya!

LiburMulu.Com – Meskipun banyak pantai di Tulungagung ini yang lokasinya berada agak jauh dari pusat kota, tetapi pesonanya tetap menarik di hati dan di mata. Iya, dengan posisinya yang berada agak di selatan Pulau Jawa, ada banyak pantai yang bisa dikunjungi di Tulungangung. Salah satunya tentu pantai yang sedang ngehits, si Pantai Kedung Tumpang atau pantai yang ada di dekatnya yaitu Pantai Molang.

Namun, untuk kalian yang baru mengenal atau tahu tentang Pantai – Pantai Di Tulungagung, pantai di daerah ini nggak cuma Pantai Kedung Tumpang saja loh! Masih ada banyak pantai – pantai lain di Tulungangung yang begitu menawan. Misalnya 6 pantai favorit di Tulungagung yang akan LiburMulu.Com beritahukan ini ya! (Baca Juga : Piknik Seru Ke Pantai Karanggongso Di Trenggalek Yuk!)

Tenang saja, dijamin petualangan dan liburan kalian akan lengkap, kalau berkunjung ke salah satu atau salah dua pantai favorit yang ada di Tulungagung ini. Simak baik – baik ya!

1. Pantai Kedung Tumpang Yang Lagi Ngehits!

Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung yang sekarang lagi ngehits.
Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung yang sekarang lagi ngehits.

Orang setempat mengenalnya dengan nama Pantai Kedung Tumpang, meskipun Wisata Kedung Tumpang ini tidak terlalu pas kalau disebut dengan pantai. Karena disini kalian tidak akan menemukan pasir pantai sehalus tepung seperti layaknya di pantai yang lainnya. Disini lebih terlihat seperti gugusan karang dengan kolam alami yang indah.

Wisata Pantai Kedung Tumpang ini berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban Tulungagung. Bisa diakses dari beberapa kota terdekatnya seperti dari Blitar ataupun kediri. Namun, paling enak jalan menuju wisata Kedung Tumpang adalah dari Kota Tulungagung atau dari Kota Blitar.

(Baca Juga : Kedung Simin Air Terjun Mini Dari Tulungagung)

2. Pantai Molang, Pantai Untuk Yang Suka Mbolang

Pantai Molang, Pantai Asik Untuk Mbolang!
Pantai Molang, Pantai Asik Untuk Mbolang!

Pantai Molang ini sangat bersih dan alamnya masih begitu terjagah. Jadi enggak heran Pantai Molang ini menjadi tujuan favorit para traveler yang sedang berlibur ke Tulungagung. Pantai Molang ini terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Yang secara tidak langsung ini juga merupakan bagian selatan Tulungagung yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Blitar.

Pantai ini bisa dibilang sebagai jajaran pantai di Tulungagung selatan yang cantik. Pun berada di bagian selatan Tulungagung atau Jawa Timur bagian selatan. Akses menuju Pantai Molang ini cukup mudah. Untuk menuju Pantai Molang ini kalian bisa melalui Pucanglaban, Tulungagung. Dari Pucanglaban nanti ada akses jalan beraspal hingga sampai ke lokasi pantai.

3. Pantai Lumbung, Tempat Yang Asik Untuk Termenung

Pantai Lumbung, Pantai Favorit Petualang Di Tulungagung.
Pantai Lumbung, Pantai Favorit Petualang Di Tulungagung (sumber).

Pantai Lumbung juga berada tidak jauh dari lokasi Pantai Molang yang merupakan salah satu Pantai favorit di Tulungagung. Dari Pantai Molang kalian masih bisa melanjutkan perjalanan anda menuju ke Pantai Lumbung yang juga berada di Kecamatan Pucanglabang.  Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Pantai Molang kok.

Karena Pantai Lumbung ini adalah salah satu pantai di Tulungagung yang masih alami, aksesnya masih kurang bagus. Selain itu jangan dipaksakan untuk turun ke pantai kalau ombak memang sedang ganas atau air laut sedang pasang. Perlu dicatat juga, di Pantai Lumbung ini tidak ada fasilitas yang memadai seperti layaknya pantai yang sudah dikelola dengan baik.

(Baca Juga : Daftar 43 Wisata Pantai Di Tulungagung Lengkap Untuk Para Pecinta Pantai!)

4. Pantai Coro, Pantai Keren Dengan Pasir Putih Menawan

Pantai Coro di Tulungagung selatan yang menawan.
Pantai Coro di Tulungagung selatan yang menawan (sumber).

Pantai Coro ini lokasinya berada di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. O iya, meski “coro” dalam bahasa jawa artinya adalah kecoa, pantai ini bukan rumah para kecoa ya! Pantai Coro ini bisa saja menjadi salah satu pantai favorit para petualang di Tulungagung yang memiliki pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru jernih.

Jika kalian ingin berkunjung ke Pantai Coro, ikuti saja rute menuju ke arah Pantai Popoh, karena pantai ini lokasinya bersebelahan. Ambil saja jalur menuju ke arah Retjo Sewu. Sayangnya untuk menuju pantai ini aksesnya masih sulit, namun untuk para petualang pantai ini akan menyenangkan. Memerlukan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2 km melewati ladang dan perbukitan baru kalian bisa mencapai lokasi Pantai Coro.

5. Pantai Ngalur Dan Sanggar Yang Katanya Kembar

Pantai Sanggar Di Tulungagung.
Pantai Sanggar Di Tulungagung.

Pantai Ngalur dan Pantai Sanggar ini berlokasi di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagun. Lokasi pantai tersebut kira – kira berjarak 25 ankm dari pusat Tulungagung dan berjarak 35-an km dari arah Blitar. Dua pantai ini masuk ke Pantai Selatan Tulungagung.

Pantai Sanggar sendiri adalah pantai dengan ombak khas pantai selatan lengkap dengan pasir putih dan batuan karang yang menghiasi disana – sini (Lokasi Pantai Sanggar Di Google Maps Klik Disini). Sementara si Pantai Ngalur tidak jauh berebeda dengan pantai pertama, dengan bibir pantai yang lebih sempit namun Pantai Ngalur memiliki garis pantai yang lebih panjang. Akses ke pantai ini cukup menantang, namun para petualang pasti suka dengan jalur yang sedikit ekstrim seperti ini.

(Baca Juga : Temukan Jodohmu Di Bukit Jomblo Tulungagung)

6. Pantai Pathok Gebang Yang Eksotis Dan Menawan

Pantai Lumbung, Pantai Favorit Petualang Di Tulungagung.
Pantai Lumbung, Pantai Favorit Petualang Di Tulungagung (sumber).

Pantai Pathok Gebang ini juga masih berada di dekat dengan Pantai Sanggar, atau masih satu jalur dengan Pantai Sanggar. Namun jika kalian ingin menuju ke Pantai Pathok Gebang, kalian harus berjalan kaki lagi sedikit ke arah barat dari Pantai Sanggar.

Menaiki bukit kecil hingga sampai ke Pantai Pathok Gebang ini. Keunikan dari pantai Pathok Gebang yang merupakan pantai di bagian selatan Tulungagung ini adalah terdapat tebing. Dan tebing tadi apabila berbenturan dengan ombak besar akan menimbulkan semburan air yang menjulang tinggi ke atas mirip dengan waterblow di Nusa Dua atau The Devil’s Tears di Nusa Lembongan.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
2 Responses
%d bloggers like this: