Keren!! Ada Banyak Tempat Liburan Asik Nan Instagramable Di Tulungagung Untuk Dikunjungi Lho

Tempat wisata di Tulungagung untuk liburan? Tenang saja, kota ini punya banyak tempat wisata yang kece. Seperti wisata pantai menarik yang ada di bagian selatannya, namun tentunya tempat wisata di Tulungagung itu nggak cuma pantai seperti Pantai Kedung Tumpang, Pantai Molang atau pantai favorit di Tulungagung yang lainnya sih. Masih ada banyak tempat wisata yang menarik di Tulungagung. Misalnya, 17 tempat wisata tulugagung yang hits dan Instagramgenik ini!

Iya, tempat liburan menarik di Tulungagung itu ada yang berupa agro wisata, bendungan hingga sebuah air terjun. Jadi kalau kalian lagi liburan ke Tulungagung, jangan hanya main ke salah satu destinasi wisatanya yang populer saja. Cobalah untuk menjelajah Tulungagung lebih jauh, datangi tempat liburan di Tulungagung yang menarik seperti beberapa destinasi di tulisan ini misalnya :

1. Berburu Buah Di Agro Wisata Belimbing Tulungagung

Di Agrowisata Belimbing Tulungagung kalian bisa petik Buah Belimbing sepuasnya
Di Agrowisata Belimbing Tulungagung kalian bisa petik Buah Belimbing sepuasnya

Agro Wisata Belimbing Tulungagung ini terletak di Dusun Cluwok, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Kalau enggak salah, Belimbing memang salah satu produk dari tulungagung. Datang saja ke agrowisata ini, apalagi akses menuju tempat wisata di Tulungagung yang satu ini bisa dibilang cukup mudah. Atau kalian bisa mencarinya dengan Google Maps disini.

Setiap harinya Agro Wisata Belimbing Tulunggung ini mendistribusikan sekitar 2 ton buah Belimbing Bangkok merah ke Jakarta. Memang disini ada sekitar 500 keluarga di Dusun Cluwok yang menggantungkan hidupnya melalui usaha Agrowisata Belimbing. Kalau berkunjung kesini, otomatis kalian bisa menghabiskan waktu liburan sambil Belimbing yang langsung dipetik dari pohonnya. 

(Baca Juga : Liburan Ala Petualang Ke Tulungagung? Jangan Lupa Untuk Berkunjung ke Pantai Favorit Petualang Di Tulungagung Yang Ini Ya!)

2. Pantai Popoh Yang Juga Merupakan Pantai Untuk Mencari Ikan Segar

Pantai Popoh ini merupakan tempat wisata di Tulungagung yang cukup populer ketika musim liburan tiba by @soni_mys
Pantai Popoh ini merupakan tempat wisata di Tulungagung yang cukup populer ketika musim liburan tiba by @soni_mys

Pantai Popoh mungkin nggak secakep Pantai Kedung Tumpang, namun pantai ini jauh lebih dulu populer dan juga merupakan salah satu pantai favorit di Tulungagung. Pantai Popoh adalah pantai yang berada di sebuah teluk dan berada di bagian ujung Timur pegunungan Kidul Tulungagung. Untuk mencapai Pantai Popoh, kalian harus menempuh perjalanan sekitar 28 kilometer dari Kota Tulungagung. Kalian bisa mengikuti rute ke Pantai Popoh di Google Maps disini.

Deretan gunung karang yang mengelilingi Pantai Popoh pasti bisa membuat kalian mendapatkan liburan yang menyenangkan. Selain itu Pantai Popoh juga merupakan pantai yang menyenangkan untuk memancing. Atau jika kalian malas memancing, kalian bisa langsung membeli ikan dari pasar ikan yang ada di dekatnya. Harganya nggak terlalu mahal kok, pastikan saja menawar sebelum membeli.

3. Nikmati Segarnya Udara Pantai Sine Di Kalidawir Tulungagung

Nikmati Segarnya Udara Pantai Sine Di Kalidawir Tulungagung by @thomas.habibi
Nikmati Segarnya Udara Pantai Sine Di Kalidawir Tulungagung by @thomas.habibi

Pantai Sine ini lokasinya berada di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir. Atau sekitar 30an km arah selatan Kota Tulungagung. Lokasi Pantai Sine Di Google Maps bisa ditemukan disiniPantai Sine ini merupakan wisata pantai yang masih alami di Tulungagung dengan ombak khas pantai selatan jawa yang cukup besar. Cara paling gampang menuju Pantai Sine adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun kalian harus memarkir kendaraan kalian di rumah warga yang ada disekitar karena memang belum terdapat tempat parkir khusus.

Pantai Sine adalah pantai berpasir hitam yang berbentuk teluk. Selain itu keunikan pantai ini adalah tebing yang terletak di utara pantai yang memiliki mata air alami. Selain itu disekitarnya juga terdapat hutan alam yang cukup lebat. Sekilas pantai ini mirip pantai Kuta, Bali yang berpasir halus dengan garis pantai yang lumayan panjang.

Selain menyajikan keindahan alami Pantai Sine ini juga menyajikan kearifan budaya lokal masyarakat sekitar. Misalnya seperti kesenian wayang kulit yang dipertunjukkan setiap tanggal satu suro. Ditambah lagi, prosesi larung sesaji yang dipercaya untuk mengusir semua hal-hal buruk ataupun acara mencuci atau memandikan senjata kuno seperti keris dan tombak dari para sesepuh masyarakat.

(Baca Juga : Kalau Nusa Penida Di Bali Punya Kolam Renang Alami Angel’s Billabong, Tulungagung Juga Punya Pantai Kedung Tumpang Dengan Kolam Alaminya Yang Enggak Kalah Cakep!)

4. Pantai Klatak Tempat Wisata Di Tulungagung Untuk Pecinta Sunset

Pantai Klatan ini adalah salah satu tempat wisata di Tulungagung yang cocok untuk menikmati sunset sore hari.
Pantai Klatan ini adalah salah satu tempat wisata di Tulungagung yang cocok untuk menikmati sunset sore hari.

Tidak terlalu jauh dari Pantai Sine, masih ada lagi satu pantai alami di Tulungagung. Namanya adalah Pantai Klatak, yang terletak di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki. Lokasinya Pantai Klatak di Google Map bisa ditemukan disini. Pantai Klatak ini menawarkan panorama laut Tulungagung yang menyenangkan. Disini para pengunjung bisa memancing, mandi matahari, atau bahkan sekedar bersantai di pasir pantai. Yang suka dengan aktivitas laut pasti suka dengan tempat wisata di Tulungagung yang ini.

Siapa yang tak suka, berkunjung ke Pantai Klatak di Tulungagung yang memiliki pasir bersih terhampar di sepanjang bibir pantai. Ditambah semilir angin yang berhembus pelan seakan membelai dengan orkestra alam berupa deburan ombak yang bergemuruh. Pantai Klatak ini memang pas untuk dikunjungi dengan keluarga dan teman terdekat sebagai tempat liburan di akhir pekan.

5. Nikmati Asiknya Bersantai Di Bendungan Wonorejo Sambil Memancing

Nikmati asiknya bersantai di Bendungan Wonorejo sambil memancing! Tempat wisata di Tulungagung berupa bendungan ini cocok untuk yang ingin bersantai by IG @erlanggagladorz
Nikmati asiknya bersantai di Bendungan Wonorejo sambil memancing! Tempat wisata di Tulungagung berupa bendungan ini cocok untuk yang ingin bersantai by IG @erlanggagladorz

Bendungan Wonorejo di Tulungagung ini konon adalah salah satu bendungan terbesar di Asia Tenggara. Dengan debit 15000 meter kubik per detik, bisa dibayangkan betapa besar bendungan ini. Makanya tempat wisata di Tulungagung yang berupa bendungan ini layak untuk kalian kunjungi kalau sedang berkunjung.

Bendungan Wonorejo terletak di sebelah barat Kota Tulungagung, tepatnya di Desa Wonorejo, kecamatan Pagerwojo. Lokasinya di Google Maps bisa ditemukan disini. Bendungan Wonorejo ini berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik, pengairan, perikanan, olah raga dan bahkan tempat liburan bagi masyarakat Tulungagung dan sekitarnya.

(Baca Juga : Pantai Molang, Pantai Asik Untuk Mbolang!)

6. Tulungagung Juga Punya Wisata Air Terjun Lawean Yang Keren Lho!

Tulungagung juga punya wisata Air Terjun Lawean yang keren lho by IG @_danank
Tulungagung juga punya wisata Air Terjun Lawean yang keren lho by IG @_danank

Air Terjun Lawean ini lokasinya berada di Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang atau bisa ditemukan di Google Maps disini. Jaraknya adalah sekitar 25 Km arah barat daya dari kota Tulungagung. Air terjun Lawean berada pada ketinggian 1200 M dari permukaan laut, dan air terjun ini masih merupakan bagian dari lereng Gunung Wilis. Karena lokasinya cukup tersembunyi, Air terjun Lawean merupakan tempat wisata di Tulungagung berupa air terjun yang cocok untuk para traveler petualang.

Memang untuk menuju lokasi air terju masih cukup susah, karena untuk menuju kesana kalian harus menempuhnya dengan berjalan kaki sekitar 3 Km. Dengan beberapa kali menyeberangi sungai, dan melewati hijaunya perbukitan di sela-sela perjalanan, baru kalian akan sampai di Air terjun Lawean. Pun perjalanan akan begitu melelahkan, semuanya akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh air terjun Air terjun Lawean di Tulungagung ini.

7. Sungai Niyama Tulungagung Yang Penuh Pesona

Sungai Niyama Tulungagung yang mempesona by IG @khoirjavt
Sungai Niyama Tulungagung yang mempesona by IG @khoirjavt

Sungai Niyama adalah salah satu tempat wisata di Tulungagung terbaru. Belakangan ini tempat wisata berupa sungai ini makin sering dikunjungi oleh para penikmat keindahan alam. Pun sebenarnya Sungai Niyama ini bukanlah tempat wisata resmi yang dikelola dengan baik.

Namun demikian banyak wisatawan yang memanfaatkan keindahan Sungai Niyama ini untuk latar belakang foto. Nama Niyama ini sendiri berasal dari bahasa jepang yaitu Ni artinya dua, sedangkan Yama artinya gunung. Memang di dekatnya terdapat sebuah terowongan yang dibuat pada masa pendudukan jepang.

Cara untuk menuju tempat wisata Sungai Niyama ini dari Kota Tulungagung ini adalah dengan mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Popoh. Ketika memasuki kawasan Pantai Popoh, lanjutkan perjalanan menuju Pantai Sidem.

Tak lama Setelah melewati pintu masuk Pantai Sidem, akan terdapat jalan dua jalan menurun. Ambil arah kedua, kemudian belok ke arah kanan, lurus saja sampai menemukan sebuah rumah yang terdapat gubuk sebagai tempat parkir. Sungai Niyama tak jauh dari situ. Jika masih bingung, kalian bisa mencari lokasinya dengan Google Maps disini.

8. Air Terjun Kandung A.K.A Air Terjun Alas Kandung, Air Terjun Keren Tulungagung

Air Terjun Kandung by @dollandmario
Air Terjun Kandung by @dollandmario

Ada yang mengenalnya dengan Air Terjun Kandung, tetapi lebih banyak orang mengenal tempat wisata air terjun di Tulungagung ini dengan nama Air Terjun Alas Kandung. Soalnya lokasi air terjun ini memang berada di pinggir Alas Kandung di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung.

Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Alas Kandung ini kalian bisa menggunakan panduan lokasinya di Google Maps disini. Soalnya memang belum banyak papan petunjuk yang mempermudah untuk menemukan rute ke Air Terjun Alas Kandung tanpa bantuan peta. Tidak ada biaya tiket masuk ke tempat wisata air terjun di Tulungagung ini, namun hanya perlu membayar biaya parkir sebesar IDR 3000 saja.

9. Gunung Budeg, Wisata Di Tulungagung Untuk Instagrammer Yang Juga Pendaki

Gunung Budeg ini adalah salah satu wisata gunung di Tulungagung by @sony_rohman
Gunung Budeg ini adalah salah satu wisata gunung di Tulungagung by @sony_rohman

Penyuka kegiatan naik gunung, dan pemburu foto Instagram pasti suka dengan Gunung Budeg. Soalnya selain pemandangan dari puncaknya begitu aduhai indah, jalur trekking untuk naik ke Puncak Gunung Budeg ini juga cukup menantang. Bahkan ada yang menyebutkan kalau sepanjang jalur hingga ke puncak akan terus menanjak.

Jika kalian ingin mencoba mendaki Gunung Budeg, lokasinya berada di Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Atau lebih gampang jika kalian mencari lokasinya di Google Maps disini. O iya, sebelum mendaki tiap orang harus mengisi form di Base Camp pendakian dengan lengkap. Kemudian diharuskan membayar biaya kebersihan IDR 2000/orang.

10. Bukit Cemenung, Tempat Wisata Unik Di Tulungagung

Bukit Cemenung ini salah satu tempat wisata Instagramable di Tulungagung by @aryawiradewa
Bukit Cemenung ini salah satu tempat wisata Instagramable di Tulungagung by @aryawiradewa

Bukit Cemenung ini merupakan tempat wisata unik yang tidak biasa di Tulungagung. Lokasinya berada di Desa Tenggong, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung. Jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata Bukit Cemenung ini bisa menggunakan panduan aplikasi Google Maps disini. Tempat wisata ini bisa kalian kunjungi dengan gratis karena tidak ada yang mengelola.

Tempat ini dulunya bukanlah objek wisata Tulungagung, namun merupakan sebuah pertambangan kapur juga pabrik pembuatan gamping yang merupakan bahan bangunan. Namun sekarang ini sudah tidak beroperasi lagi. Belakangan tempat ini menjadi populer sebagai lokasi foto Instagram di Tulungagung. Memang tempatnya bisa dibilan fotogenik dimata para fotografer.

11. Candi Boyolangu Wisata Tulungagung Yang Bersejarah

Candi Boyolangu, tempat wisata bersejarah di Tulungagung by @deviayu_wulandari
Candi Boyolangu, tempat wisata bersejarah di Tulungagung by @deviayu_wulandari

Dikenal juga sebagai Candi Gayatri, Candi Boyolangu ini adalah salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Kabupaten Tulungagung. Jadi buat yang suka dengan situs bersejarah, tempat wisata di Tulungagung ini cocok untuk kalian.

Candi Boyolangu ini berada di Dusun Dadapan, Desa Boyolangu, kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulunaggung. Atau jika ingin pergi ke Candi Boyolangu ini dengan panduan peta Google bisa dilihat disini.

12. Candi Penampihan Candi Hindu Kuno Di Tulungagung

Candi Penampihan, candi hindu di Tulungagung peninggalan Mataram kuno by @yogikgarasakan
Candi Penampihan, candi hindu di Tulungagung peninggalan Mataram kuno by @yogikgarasakan

Selain Candi Boyolangu, masih ada Candi Penampihan yang merupakan tempat wisata bersejarah di Tulungagung. Candi berudak dengan teras membujur dari barat ke timur ini berada di Dusun Turi. Lokasi tepatnya berada di Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang. Jika ingin mengunjungi candi ini, kalian bisa menggunakan petunjuk rute ke Candi Penampihan di Google Maps disini.

Candi Penampihan ini merupakan candi Hindu kuno peninggalan kerajaan Mataram kuno. Candi ini dibangun pada tahun Saka 820 atau 898 Masehi. Arti Penampihan itu sendiri konon berasal dari Bahasa Jawa yang berarti antara penolakan dan penerimaan yang bersyarat.

13. Candi Dadi Peninggalan Majapahit Di Tulungagung

Candi Dadi, candi peninggalan Majapahit di Tulungagung by @mr.riyan_
Candi Dadi, candi peninggalan Majapahit di Tulungagung by @mr.riyan_

Candi Dadi ini merupakan candi peninggalan kerajaan Majapahit yang berada di Tulungagung. Diperkirakan candi ini dibuat pada akhir abad XIV hingga akhir abad XV. Konon disebutkan kalau candi ini dibangun rakyat Majapahit yang beragama Hindu-Budha ketika mengasingkan diri dari kerajaan.

Lokasi Candi ini sendiri berada di Dusun Mojo, Desa Wajak Kidul, kecamatan Boyolangu. Atau lokasi Candi Dadi Tulungagung di Google Maps bisa ditemukan disini. Jadi tidak perlu lagi bingung mencari cara menuju ke Candi Dadi salah satu objek wisata Tulungagung ini.

Sayang beberapa bangunan di dekat Candi bersejarah ini berada dalam kondisi tidak utuh. Meski disekitarnya masih terlihat beberapa sisa bangunan kuno yakni candi urung, candi buto dan candi gemali. Namun yang terlihat hanyalah gundukan batuan andesit yang jumlahnya sangat minim yang menandai keberadaannya.

14. Gua Pasir Di Desa Junjung Tulungagung

Objek wisata Tulungagung yang bersejarah, Gua Pasir by @rommyroperta
Objek wisata Tulungagung yang bersejarah, Gua Pasir by @rommyroperta

Meskipun salah satu tempat wisata di Tulungagung ini dikenal dengan Gua Pasir, namun bukan berarti lokasi gua ini berada di tengah padang pasir atau gua yang dipenuhi dengan pasir ya.

Namun gua pasir ini merupakan salah satu obyek wisata Tulungagung yang bersejarah. Nama gua pasir sendiri diambil dari lokasi desa tempat gua ini berada. Disini juga pernah ditemukan sejumlah arca, beragam relief yang dipahat pada batu gua dan beberapa artifak bersejarah lainnya.

Lokasi tepat Gua Pasir tersebut berada di Dusun Pasir. lebih tepatnya di Dusun Pasir, Desa Junjung, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Jaraknya sekitar 10 Km dari pusat kota Tulungagung, dan bisa kalian kunjungi dengan petunjuk lokasi gua di Google Maps disini.

15. Gua Selomangleng Di Tulungagung

Gua Selomangleng, wisata sejarah di Tulungagung y @tulungagungtourism
Gua Selomangleng, wisata sejarah di Tulungagung y @tulungagungtourism

Sebenarnya Gua Selomangleng ini ada dua. Satunya ada di Kediri dan satunya berada di Tulungagung. Gua Selomangleng Tulungagung dibangun jaman Majapahit, sementara itu konon Goa Selomangleng di Kediri sudah ada jauh sejak jaman Airlangga.

Untuk Gua Selomangleng Tulungagung, lokasinya berada di Desa Sanggrahan, Kecamatan. Campurdarat, Tulungagung. Letaknya Gua ini cukup terpencil, berada disekitar tebing Gunung Walikukun. Untuk rute menuju ke Gua Selomangleng Tulungagung bisa kalian lihat di Google Maps disini.

Gua ini dibuat dengan memahat sebuah batu besar sehingga terbentuk ceruk horizontal. “Selo” artinya batu sementara “Mangleng” berarti miring. Di Gua Selomangleng ini terdapat dua ceruk dengan ceruk utama menghadap ke Barat, sementara yang satunya menghadap ke Selatan.

Itulah salah satu keunikan wisata sejarah di Tulungagung ini. Pada dinding ceruk utama terpahat relief Arjunawiwaha dengan adegan Mintaraga. Relief ini menceritakan ketika sang Arjuna yang bertapa untuk memohon kekuatan jiwa raga dan batin serta memohon senjata sakti dari para dewa.

16. Bukit Jomblo Tulungagung

Bukit Jomblo ini salah satu objek wisata Tulungagung terbaru! by @dimaspanduperdana
Bukit Jomblo ini salah satu objek wisata Tulungagung terbaru! by @dimaspanduperdana

Tenang saja, siapapun boleh kok berkunjung ke Bukit Jomblo Tulungagung ini. Meskipun namanya Bukit Jomblo, bukan berarti kalian harus jomblo dulu baru bisa mengunjungi salah satu tempat instagramable di Tulungagung ini. Sudah bisa ditebak, tempat wisata di Tulungagung ini cocok untuk kalian yang suka berburu foto Instagram. Entah model foto landscape, foto selfie hingga groufie bersama teman-teman.

Yang jelas, hanya dengan membayar biaya parkir sebesar IDR 5000 per sepeda motor, atau IDR 10000 per mobil, kalian sudah bisa berfoto sepuasnya untuk mempercantik feed Instagram kalian. Untuk lokasinya, Bukit Jomblo ini beralamat di daerah Gunung Pakis, Desa Pakis Rejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Atau kalian bisa melewati rute menuju ke tempat wisata Bukit Jomblo Tulungagung di Google Maps disini.

17. Kedung Simin Air Terjun Mini Dari Tulungagung

Kedung Simin objek wisata Tulungagung berupa air terjun mini by @bendottetapsemangat
Kedung Simin objek wisata Tulungagung berupa air terjun mini by @bendottetapsemangat

Kalau biasanya air terjun itu identik dengan aliran airnya yang deras, namun Kedung Simin ini memiliki air terjun dengan aliran yang mungil. Makanya Kedung Simin ini tidak cocok untuk bermain air atau semacamnya. Namun di sekitar Lokasi Air Terjun Kedung Simin ini asik untuk berburu foto Instagram.

Bisa dibilang Kedung Simin ini akan melengkapi feed foto Instagram kalian, selain berfoto di Pantai Kedung Tumpang. Lokasinya tidak terlalu jauh, atau berada di Desa Pucung Kidul, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Lokasi Desa Pucung Kidul tempat keberadaan Kedung Simin bisa kalian temukan di Google Maps disini.

18. Kedung Tritis Wisata Tulungagung Yang Tersembunyi

Kedung Tritis ini salah satu tempat wisata Tulungagung yang tersembunyi lho! by @fendii_budi
Kedung Tritis ini salah satu tempat wisata Tulungagung yang tersembunyi lho! by @fendii_budi

Ada yang mengenal Kedung Tritis dengan nama Kedung Dawuhan. Namun tempat wisata di Tulungagung ini lebih hits di Instagram dengan Kedung Tritis. Tempat wisata yang menjadi populer karena sempat viral di Instagram ini berada di Desa Sukorejo Wetan, Rejotangan, Kabupaten Tulungagung.

Untuk kalian yang suka bermain air atau berenang, itu berarti Kedung Tritis adalah objek wisata Tulungagung yang cocok untuk kalian kunjungi. Hanya dengan bayar biaya parkir sebesar IDR 2000 saja kalian sudah bisa menikmati keindahan tempat ini deh. Untuk menuju lokasi Desa Sukorejo Wetan, kalian bisa menggunakan petunjuk lokasinya di Google Maps disini. Untuk lokasi tepat Kedung Tritis bisa kalian tanyakan pada warga setempat, karena Kedung Tritis ini cukup populer di masyarakat sekitar.

19. Telaga Ngambal Objek Wisata Tulungagung Yang Fotogenik

Cari objek wisata Tulungagung yang instagramable ke Telaga Ngambal saja! by @goemargoe
Cari objek wisata Tulungagung yang instagramable ke Telaga Ngambal saja! by @goemargoe

Trend liburan belakangan ini adalah tempat tempat yang asik untuk berburu foto. Beruntung Tulungagung ini punya beberapa tempat wisata yang fotogenik seperti Telaga Ngambal. Tempat wisata di Tulungagung ini memang pas untuk melengkapi koleksi foto di akun Instagram kalian. Kalau istilah sekarang sih, tempat wisata Instagramable.

Lokasi dari Telaga Ngambal ini berada di Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung. Sementara itu cara menuju Telaga Ngambal kalian cukup mengikuti petunjuk lokasi Telaga Ngambal di Google Maps disini. Tiket masuk Telaga Ngambal ini gratis, kalian hanya perlu bayar parkir motor sebesar IDR 2000 dan mobil sebesar IDR 5000 saja.

20. Nyawangan Park, Taman Keren Di Tulungagung

Nyawangan Park ini merupakant taman wisata keren di Tulungagung by @dhonieagustian
Nyawangan Park ini merupakant taman wisata keren di Tulungagung by @dhonieagustian

Seperti Bukit Jomblo, Nyawangan Park ini namanya melejit karena social media. Karena itu, setiap liburan tiba sepertinya Nyawangan Park ini selalu menjadi salah satu tujuan berlibur masyarakat Tulungagung dan sekitarnya.

Pesona utama Nyawangan Park ini adalah suguhan panorama alam asri. Disini juga terdapat banyak dengan pepohonan pinus dan taman bunga yang indah. Tidak heran kalau Nyawangan Park ini jadi cepat populer.

Lokasi Nyawangan Park ini adalah di perbukitan Dusun Klegen, Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk yang ingin berkunjung kesini, kalian bisa menemukan lokasi Nyawangan Park di Google Maps disini.

21. Batu Gedong Tulungagung

Batu Gedong ini bisa dibilang salah satu tempat wisata terbaru di Tulungagung by @simonz_22_santoso
Batu Gedong ini bisa dibilang salah satu tempat wisata terbaru di Tulungagung by @simonz_22_santoso

Tulungagung juga punya Desa Wisata, salah satunya adalah Desa Sebalor dimana tempat wisata Watu Gedong atau Batu Gedong berada. Batu Gedong ini adalah sebuah tempat bermain air alami yang berada di Desa Sebalor, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Rute menuju ke Batu Gedong ini masih searah dengan jalur ke Pantai Prigi, atau kalian bisa menemukan lokasinya di Google Maps disini. Tidak ada biaya tiket masuk ke salah satu tempat wisata di Tulungagung ini, namun hanya perlu bayar parkir sebesar IDR 2000 saja.

22. Cemoro Sewu Pantai Penuh Pohon Cemara Di Tulungagung

Cemoro Sewu ini adalah salah satu tempat wisata instagramable di Tulungagung by @liniabatis
Cemoro Sewu ini adalah salah satu tempat wisata instagramable di Tulungagung by @liniabatis

Cemara Sewu atau Cemoro Sewu ini sebenarnya merupakan sebuah wisata pantai yang tak jauh dari lokasi Pantai Sine. Meskipun sebuah wisata pantai di Tulungagung, namun rerimbunan pohon cemara yang berada tak jauh dari lokasi pantai malah lebih terkenal. Soalnya ribuan pohon cemara ini bisa dibilang sebagai tempat foto Instagram yang sempurna.

Untuk dapat menikmati keindahan tempat wisata Cemara Sewu ini, kalian hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Tarif parkir untuk roda dua adalah IDR 3000 sedangkan untuk roda empat sekitar IDR 5000. Lokasi dari Cemoro Sewu ini adalah di Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung, Jawa Timur. Atau kalian bisa menemukan lokasi wisata Cemoro Sewu Tulungagung di Google Maps disini.

23. Bukit Penampihan Tempat Wisata Baru Tulungagung

Bukit Penampihan, Geger Sendang Tulungagung by @ayunrfw
Bukit Penampihan, Geger Sendang Tulungagung by @ayunrfw

Di sekitar Bukit Penampihan ini sebenarnya ada banyak peninggalan bersejara. Salah satunya adalah situ sejarah purbakal Candi Penampihan atau juga dikenal dengan nama Candi Asmoro Bangun. Namun selain itu ada juga tempat wisata baru Bukit Penampihan untuk bersantai seperti foto diatas.

Objek wisata Tulungagung Bukit Penampihan ini berada di kaki lereng Gunung Wilis bagian selatan. tepatnya di Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Dari pusat kota menuju lereng Gunung Wilis memerlukan waktu sekitar 40 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Untuk lokasi Desa Geger sendiri kalian bisa menemukannya di Google Maps disini.

24. Gunung Bolo Destinasi Populer Para Pecinta Gowes

Gunung Bolo atau Giri Bolo merupakan tempat hits terbaru di Tulungagung by @anud43
Gunung Bolo atau Giri Bolo merupakan tempat hits terbaru di Tulungagung by @anud43

Gunung Bolo ini memiliki pesona alam indah untuk dinikmati. Terutama jika kalian mengunjunginya di pagi hari. Lokasi Gunung Bolo yang jauh dari keramaian kota, dikelilingi sawah tentu bersih dari polusi. Kalian bisa menghirup udara segar sebanyak mungkin. Lokasinya di Google Maps bisa kalian temukan disini.

Biasanya masyarakat setempat menjadikan Gunung Bolo ini sebagai destinasi gowes atau kegiatan bersepeda di Tulungagung. Di Kota Tulungagung kalian bisa menyewa sepeda untuk Gowes dengan biaya sekitar IDR 20.000 per harinya.

Jalur bersepeda ke Gunung Bolo ini bisa kaliandimulai dari arah Alun-alun Kota Tulungagung. Gowes ke Giri Bolo ini akan menyenangkan sekali, karena sepanjang perjalanan ke Gunung Bolo, kalian akan menemui pemandangan sawah menghijau di kiri dan kanan.

25. Air Terjun Jurang Senggani, Air Terjun Tersembunyi Tulungagung

Air Terjun Jurang Senggani adalah salah satu temapt wisata di Tulungagung yang harus kalian kunjungi kalau sedang liburan by @bagus_pandu
Air Terjun Jurang Senggani adalah salah satu temapt wisata di Tulungagung yang harus kalian kunjungi kalau sedang liburan by @bagus_pandu

Air Terjun Jurang Senggani ini adalah salah satu objek wisata Tulungagung yang berupa air terjun. Lokasinya sendiri berada di lereng Gunung Wilis, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Air terjun ini terletak pada ketinggian 1200 mdpl. Atau lokasi Air Terjun Jurang Senggani di Google Maps bisa kalian temukan disini.

Bisa dibilang air terjun ini adalah salah satu air terjun tersembunyi di Tulungagung. Karena memang belum banyak yang tahu mengenai keberadaan Air Terjun Jurang senggani ini. Air terjun ini masih alami dan juga berada tak jauh dari air terjun Lawean. Jadi setelah berkunjung ke Air Terjun Lawean, kalian bisa berkunjung kesini deh.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: