Batu Gedong Wisata Hits Terbaru Di Tulungagung!

Netizen mengenalnya dengan Batu Gedong, sementara masyarakat setempat mengenalnya dengan Watu Gedong. Namun, apapun sebutannya, ini adalah salah satu tempat wisata terbaru Tulungagung yang membuat liburan ke kota ini makin asik dan seru. Jadi selain beberapa tempat wisata di Tulungagung yang sudah ada sebelumnya, sekarang makin banyak pilihannya.

Lokasinya sendiri berada di sebuah Desa Wisata yang dikenal dengan Desa Sebalor. Di desa inilah tempat dimana wisata Watu Gedong atau Batu Gedong berada. Tempat wisata air alami yang berupa sungai ini sebenarnya baru saja diresmikan. Peresmiannya sendiri dilakukan pada tanggal 17 november tahun 2016 yang lalu.

Jarak tempat wisata Batu Gedong atau Watu Gedong ini adalah sekitar 100 meter dari tempat parkir. Karena itu sebaiknya persiapkan kondisi fisik untuk trekking selama puluhan menit. Seperti cara ke Kedung Simin, tidak ada jalan lain lagi selain menuju ke Batu Gedong selain berjalan kaki dari tempat parkir terakhir.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

Anggap saja seperti olahraga ketika menuju tempat wisata ini. Namun suasananya akan jauh berbeda jika dibanding dengan berolahraga di gym atau di jalanan kota. Karena sepanjang perjalanan kalian akan dihibur oleh orkestra alam. Yaitu suara gemericik aliran air sungai yang memainkan melodi alami.

Batu Gedong ini adalah salah satu tempat wisata hits terbaru Tulungagung by @simonz_22_santoso
Batu Gedong ini adalah salah satu tempat wisata hits terbaru Tulungagung by @simonz_22_santoso

Perjalanan baru berakhir setelah kalian nanti menemui papan bertuliskan “Watu Gedong”. Iya, tidak ada petunjuk yang mewah menandakan keberadaan tempat wisata ini. Hanya pentujuk lokasi sederhana, namun sangat berguna untuk memberitahukan dan membantu pengunjungnya agar tidan tersesat.

Ciri khas dari tempat wisata Batu Gedong atau Watu Gedong ini adalah tebing batu besar yang sebagian ditumbuhi dengan lumut. Dibawahnya terdapat aliran air sungai kecil namun airnya jernih. Dibagian itulah ketika musim liburan tiba, akan selalu dipenuhi oleh anak kecil yang bermain. Istilahnya adalam bahasa jawa adalah “Koceh” di sungai. Kolam disini bisa dibilang lebih aman, tak seperti kolam alami Kedung Tritis yang memiliki kedalaman hingga 10 meter.

Suasana yang adem ayem bikin hati jadi tentram ketika berkunjung kesini by @fathur_r4
Suasana yang adem ayem bikin hati jadi tentram ketika berkunjung kesini by @fathur_r4

Beberapa juga ada yang terlihat bermain di satu bagian yang mengalir seperti air terjun mini. Ada yang bermain perosotan, ada juga yang bermain airnya. Nggak heran, air yang mengalir disini memang segar, siapapun pasti tergoda untuk menyentuh dan memainkannya. Selain itu, tempat wisata ini juga merupakan tempat favorit untuk berburu selfie. Itu juga yang membuat tempat wisata Batu Gedong atau Watu Gedong ini menjadi ramai dikenal masyarakat luas.

Tips Berkunjung Ke Tempat Wisata Batu Gedong

Batu Gedong juga dikenal sebagai Watu Gedong oleh masyarakat sekitar by @feri_wahy
Batu Gedong juga dikenal sebagai Watu Gedong oleh masyarakat sekitar by @feri_wahy

Untuk kenyamanan kalian berwisata kesini, ada baiknya membaca beberapa tips menarik dibawah ini:

  • Pastikan ketika berkunjung dalam kondisi tubuh yang baik, karena ada sebagian perjalanan yang mengharuskan untuk sedikit terkking.
  • Jangan buang sampah sembarangan dan mengotori area tempat wisata ini.
  • Tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata selfie di Tulungagung seperti Telaga Ngambal. Jadi persiapkan perlengkapan untuk selfie kalian sebelum datang kesini ya. Namun tidak ada tempat khusus untuk selfie seperti pada tempat wisata Bukit Jomblo Tulungagung.
  • Sebaiknya menggunakan alas kaki yang bagus, untuk mengurangi resiko tergelincir ketika bermain di kawasan wisata Batu Gedong ini ya.

Cara Menuju Ke Batu Gedong aka Watu Gedong

Mainlah kesini, siapa tahu bisa ketemu naga XD y @ardiansah_putra
Mainlah kesini, siapa tahu bisa ketemu naga XD y @ardiansah_putra

Jika ingin menikmati keindahan Batu Gedong atau Watu Gedong ini kalian harus menuju ke Desa Sebalor. Sebalor ini memang nama salah satu desa wisata di Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung.

Jika mencarinya dengan teliti, akan cukup mudah untuk menemukan lokasi tempat wisata alami ini. Apalagi rutenya masih searah jalur menuju Pantai Prigi di Trenggalek. Jadi mungkin kalian bisa mampir kesini terlebih dahulu sebelum ke Pantai Prigi, atau malah sebaliknya!

Selain bermain air, kalian bisa berburu foto Instagram yang kece disini! by @pratamarizky94
Selain bermain air, kalian bisa berburu foto Instagram yang kece disini! by @pratamarizky94

Petunjuk pertama adalah Pasar Bandung di Kecamatan Bandung. Dari sini arahkan kendaraan menuju ke arah barat, melewati Jalan Raya Bandung – Prigi. Ketika kalian menemui pertigaan SMKN 1 Bandung beloklah kanan, hingga kemudian bertemu dengan Balai Desa Sebalor.

Tepat di depan Balai Desa Sebalor akan terdapat gang yang mengarah ke tempat wisata Batu Gedong. Dari situ tempat wisata alami di Tulungagung ini sudah berada tak jauh lagi.

Aternatifnya kalian bisa mengunjungi tempat wisata hits di Tulungagung ini dengan menggunakan panduan aplikasi peta online seperti Google Maps. Untuk lokasi tempat wisata Batu Gedong atau Watu Gedong di Google Maps bisa kalian temui disini.

Secara umum akses ke tempat wisata Batu Gedong atau Watu Gedong ini cukup baik. Meski belum ada transportasi umum ke tempat wisata, namun kendaraan roda empat bisa digunakan untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Biaya Tiket Masuk Ke Batu Gedong Atau Watu Gedong

Batu Gedong atau Watu Gedong ini menjadi hits karena media sosial instagram by @thyan_thyanza
Batu Gedong atau Watu Gedong ini menjadi hits karena media sosial instagram by @thyan_thyanza

Meskipun tempatnya sangat alami dan indah, namun tidak ada biaya tiket masuk ke tempat wisata hits di Tulungagung ini. Malah bisa dibilang Watu Gedong ini adalah salah satu tempat wisata gratis di Tulungagung. Namun seperti tempat wisata lain di Tulungagung, kalian hanya perlu membayar tiket parkir sebesar IDR 2000. Tidak terlalu mahal sih, hanya perlu mengeluarkan biaya parkir saja untuk bisa menikmati keindahan Batu Gedong atau Watu Gedong yang indah ini!

 

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: