Rekomendasi Tujuan Wisata Lebaran Untuk Keluarga

Rekomendasi Tujuan Wisata Lebaran Untuk Keluarga
5 (100%) 20 votes

Eh, tujuan wisata lebaran yang cocok untuk keluarga itu di mana saja sih? Pasti sudah mulai banyak yang bingung, ketika libur lebaran sudah mendekat nanti. Memang lebaran itu adalah waktunya saling memafkan, dan bersilaturahmi. Namun, selain itu biasanya banyak juga yang ingin memanfaatkan libur lebaran untuk berlibur bersama keluarga.

Makanya, menjelang libur lebaran, biasanya mulai mencari ide libur lebaran dengan keluarga mau ngapain, dan kemana saja. Kalau mau sedikit riset, ada banyak tips lebaran yang seimbang dengan liburan kok.

Apalagi sekarang itu mencari informasi tempat wisata dan tujuan berlibur yang cocok untuk keluarga itu gampang banget. Bahkan hanya dengan smartphone yang dipegang pun sudah bisa mendapatkan semua informasi itu. Yang penting tentukan mau liburan yang seperti apa, dengan dana seberapa banyak.

Kalau sudah, bisa deh mulai mencari inspirasi liburan di website liburmulu.com ini. Kalau sudah, mungkin untuk yang masih bingung dengan tujuan wisata lebaran yang cocok bersama keluarga, bisa coba baca-baca tulisan ini. Siapa tahu, setelah acara silaturahmi selesai, bisa langsung cus liburan bareng keluarga! Atau malah mau silaturahmi sambil liburan? Misalnya, liburan ke Kuala Lumpur mengunjungi beberapa tempat wisata populer seperti di travel video Kuala Lumpur dibawah ini?

 

 

Apapun, simak baik-baik rekomendasi tujuan wisata lebaran untuk keluarga ini ya!

Sebenarnya ada banyak banget tujuan wisata lebaran yang cocok untuk keluarga. Namun dari semuanya itu hanya beberapa yang memang direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga. Mulai dari negara tetangga Brunei Darussalam hingga Jakarta, ini dia ulasannya!

1. Jakarta

Percaya atau tidak, Jakarta itu adalah salah satu tujuan wisata lebaran yang gak kalah menyenangkan ketika libur lebaran tiba by IG @tommysatriatama
Percaya atau tidak, Jakarta itu adalah salah satu tujuan wisata lebaran yang gak kalah menyenangkan ketika libur lebaran tiba by IG @tommysatriatama

Eh, ngapain sih liburan kok malah hanya di Jakarta saja? Memangnya tempat wisata Jakarta itu apa aja sih? Tahan sebentar, sebelum memulai seribu pertanyaan tentang libur lebaran di Jakarta, sebaiknya membaca tulisan ini sampai selesai dulu ya!

Waktu terbaik untuk liburan di Jakarta itu sebenarnya adalah pada waktu libur lebaran. Soalnya hampir sebagian besar penduduk Jakarta pasti mudik, pulang kampung! Jadi pada waktu lebaran, Jakarta itu sepi banget, tanpa macet! Atau, paling tidak tidak seramai ketika hari biasa gitu.

Nah, apa yang bisa dilakukan di Jakarta? Pertama, kalian bisa coba staycation dengan mencari beberapa penginapan yang diinginkan di Nidarooms.com. Atau mungkin yang tidak ingin menghabiskan waktu dengan staycation saja, bisa mencoba untuk mengunjungi beberapa tempat rekreasi di Jakarta seperti disini. Apapun yang bakal dilakuin, waktu terbaik untuk keliling Jakarta adalah ketika musim lebaran! Ada yang tidak setuju?

2. Brunei Darussalam

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin salah satu yang bisa dikunjungi di Brunei Darussalam by IG @ake_cub_ake
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin salah satu yang bisa dikunjungi di Brunei Darussalam by IG @ake_cub_ake

Dari beberapa negara di Asia Tenggara, sepertinya Brunei Darussalam ini bakal banyak dilewatkan sebagai tujuan wisata. Memang negara yang satu ini penghasilan utamanya bukan dari pariwisata sih, tetapi dari penjualan minyak. Pun, bukan berarti negara dengan Ibu Kota Bandar Seri Begawan ini bukanlah tujuan wisata yang menarik.

Faktanya, hanya di Brunei Darussalam ini kalau lebaran tiba bisa bertemu langsung dengan sultan penguasanya. Jadi pada waktu lebaran di Brunei Darussalam itu bisa berkunjung ke istana Nurul Iman tempat sultan berada dan sowan langsung kepada beliau. Bisa dibilang aktifitas wisata di Brunei ini cukup unik!

Selain itu, asiknya lagi negara ini nggak terlalu ramai, bahkan di ibu kota negaranya sekalipun. Jadi Brunei Darussalam ini sangat cocok untuk yang ingin menghabiskan libur lebaran dengan suasana tenang. Berkunjung ke istana, berburu kuliner atau mengunjungi masjid-masjidnya yang indah.

3. Kota Kinabalu

Pemandangan Kota Kinabalu dari Signal Hill Observatory by IG @eli092_serene.sky
Pemandangan Kota Kinabalu dari Signal Hill Observatory by IG @eli092_serene.sky

Liburan ke Malaysia itu nggak cuma ke Kuala Lumpur saja lho. Coba ajak keluarga untuk berlibur ke Kota Kinabalu, salah satu kota di Malaysia yang berada di daratan Borneo. Jadi mau berangkat lewat jalur darat dari Brunei Darussalam atau Kalimantan juga bisa. Pun direkomendasikan untuk langsung terbang saja ke Kota Kinabalu.

Daya tarik utama salah satu kota wisata di Malaysia ini sebenarnya adalah pendakian Gunung Kinabalu. Namun untuk yang ingin liburan santai, ada beberapa tempat wisata di Kota Kinabalu yang bisa dikunjungi. Misalnya berburu kuliner dan berbelanja di Pasar Besar Kota Kinabalu. Disini ada banyak barang yang bisa dibeli, dan kuliner Khas Malaysia yang bisa dicoba.

Atau untuk yang mau menikmati lansekap Kota Kinabalu dari ketinggian bisa mengajak keluarga untuk mampir ke Signal Hill Observatory. Ini adalah salah satu titik tertinggi dari kota ini. Dari sini akan bisa menikmati pemandangan hampir sebagian besar pusat kota. Nah, apakah Kota Kinabalu ini cocok untuk tujuan liburan lebaran selanjutnya?

4. Bangkok

Abisin THR lebaran kesini aja kali! by IG @___linhmoon
Abisin THR lebaran kesini aja kali! by IG @___linhmoon

Ibukota suatu negara memang selalu menyenangkan untuk dikunjungi. Bangkok adalah salah satunya, Ibukota dari negara Thailand. Salah satu destinasi wisata kuliner di dunia, juga salah satu destinasi belanja yang asik untuk menghabiskan… THR. Tiap kali lebaran suka dapat THR bukan?

Salah satu tempat belanja paling asik Di Bangkok adalah Pasar Chatuchak. Pengucapannya adalah ‘Jatujak’. Bahkan ada juga yang menyebutkan kalau ini adalah salah satu pasar terbesar di dunia. Kira-kira ada sekitar 400 ribu orang mengunjungi Pasar Chatuchak setiap akhir pekan selama 2 hari.

Memang Pasar Chatuchak ini hanya buka pada sabtu dan minggu. Jadi yang mau belanja di pasar ini harap datang ke Bangkok pada hari sabtu dan minggu pada pukul 08:00 sampai sekitar pukul 06:00 sore. Terus kalau sudah bosan berbelanja, bisa coba mengunjungi beberapa tempat hiburan di bangkok seperti Khaosan Road atau Grand Palace!

5. Penang

Selain berburu kuliner, kalian bisa berfoto dengan mural yang bertebaran di Penang by IG @thefirstpiper
Selain berburu kuliner, kalian bisa berfoto dengan mural yang bertebaran di Penang by IG @thefirstpiper

Ingin menggajak wisata kuliner sekeluarga? Berarti Penang adalah tujuan wisata lebaran untuk keluarga yang paling direkomendasikan! Pasalnya ini adalah salah satu kota wisata kuliner terbaik di Malaysia. Menemukan kuliner di kota ini sangatlah mudah!

 

 

Ada puluhan kuliner Penang yang bisa dicoba disini. Menghabiskan suasana lebaran sambil berburu kuliner dengan keluarga tentu menjadi sebuah kegiatan asik yang tidak mainstream bukan?

Kalian bisa mengajak keluarga untuk mencoba kuliner penang seperti  Penang Ice Kachang, Nasi Kandar, Nasi Ulam, dan yang paling terkenal untuk dicoba adalah Penang Asam Laksa!

 

6. Hat Yai

Ada banyak tempat wisata menarik di Hat Yai untuk dikunjungi by IG @cumareza
Ada banyak tempat wisata menarik di Hat Yai untuk dikunjungi by IG @cumareza

Untuk para traveler, biasanya Hat Yai ini biasanya dikenal sebagai kota transit saja. Padahal sebenarnya ada banyak tempat liburan di Hat Yai yang menarik untuk dikunjugi lho! Bahkan bisa jadi kota ini adalah tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Misalnya ada salah satu tempat wisata di Hat Yai namanya Municipal Park. Ini adalah taman yang menakjubkan berlokasi di sebuah perbukitan. Selain pemandangan sunsetnya yang menakjubkan, ada beberapa tempat yang bisa dinikmati disini. Menikmati sunset di ketinggian sambil melihat Kota Hat Yai bersama keluarga pasti asik bukan?

Atau mencicipi kuliner halal di Hat Yai juga bisa dilakukan bersama keluarga lho! Cobalah untuk mencicipi khanon mod (bola-bola tepung beras goreng berisi kacang merah), khao yam (nasi campur sayuran), hingga telur ceplok burung puyuh. Uniknya, wadah makanan/minuman yang terbuat dari tanah liat ataupun batang bambu! Tertarik?

7. Bali

Liburan ke Bali bersama keluarga sebaiknya hindari pusat keramaian seperti Kuta by IG @jetzyapp
Liburan ke Bali bersama keluarga sebaiknya hindari pusat keramaian seperti Kuta by IG @jetzyapp

Mungkin bakal ada yang bilang: “Kenapa Bali lagi? Bali kan sudah penuh sesak! Rame, gak enak buat liburan bareng keluarga! Apalagi pas lebaran?” Tunggu, maksudnya Bali yan mana dulu nih? Kalau Bali yang dimaksud adalah Kuta, Seminyak, Legian, ya memang bukan tempat yang cocok untuk liburan keluarga!

Bahkan ketika gak hari lebaran pun, ketiga tempat tadi terlalu ramai untuk liburan bareng keluarga. Kalau mau liburan ke Bali bareng keluarga, hindari pusat keramaian seperti Kuta. Cobalah pilih lokasi yang agak sepi seperti Ubud, atau Amed. Bisa juga liburan ala staycation di Bali, menginap di hotel yang punya kolam renang cantik seperti disini.

Agar lebih maksimal, usahakan paling tidak seminggu berada di Bali, contoh itinerary liburan di Bali selama satu minggu bisa dilihat disini. Kunjungi tempat wisata Bali yang cenderung sepi, ada banyak kok pantai di Bali yang masih sepi dan tidak terlalu ramai. Namun harap dipastikan kalau tempat menginap di Bali nanti tidak terlalu jauh dari destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

 

 

8. Yogyakarta

Selalu ada tempat baru di Yogyakarta untuk dikunjungi! by IG @irwanmaulana_
Selalu ada tempat baru di Yogyakarta untuk dikunjungi! by IG @irwanmaulana_

Selain Bali, Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata lebaran keluarga yang direkomendasikan. Kota ini memiliki paket lengkap liburan untuk keluarga. Mulai dari wisata alam, kuliner hingga wisata belanja seperti di Malioboro. Asiknya lagi, karena lokasinya masih di Pulau Jawa, jadi ada banyak alternatif moda transportasi untuk pergi ke Yogyakarta.

Ada baiknya sebelum memutuskan untuk memilih Yogyakarta sebagai tempat liburan selanjutnya, membaca dulu panduan liburan di Yogyakarta ini. Siapa tahu ingin merencanakan itinerary liburan yang cocok untuk keluarga. Atau jika mau tahu ada tempat wisata apa saja di Yogyakarta, bisa dilihat disini.

Video liburan di Yogyakarta bisa kalian lihat dibawah:

 

9. Malang

Jangan salah, sekarang malang itu makin mempesona lho! by IG @roeslanramlan
Jangan salah, sekarang malang itu makin mempesona lho! by IG @roeslanramlan

Dahulu mungkin Malang hanya dikenal sebagai salah satu kota transit sebelum mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Namun lambat laun kota ini mulai berbenah, dan menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Jawa Timur.

Tentunya nggak cuma Gunung Bromo atau Gunung Semeru saja yang bisa dinikmati kalau berlibur ke Malang bersama keluarga. Kalian bisa mengunjungi pantai yang ada di Malang, atau mencoba banyak cafe di Malang yang terkenal tematik dan unik itu. O iya, jangan lupa juga untuk mampir ke Jodipan, salah satu kampung warna-warni bak pelangi di Malang ya!

***

Bagaimana? Dari semua kota dan negara yang ada di tulisan ini, sudah memutuskan yang mana paling menarik sebagai tujuan wisata lebaran untuk keluarga? Bisa jadi ada yang memilih Brunei Darussalam karena ingin ketemu sultan brunei, atau Penang karena ingin berburu kuliner. Atau… malah Jakarta karena lagi sepi banget? Yang mana aja, tentukan pilihan terbaikmu!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: