Hat Yai Bukan Kota Transit Biasa di Selatan Thailand, Ada Lebih Dari 10 Tempat Liburan Menarik Di Hat Yai Bisa Kalian Kunjungi!

LiburMulu.Com – Melakukan perjalanan darat dengan kendaraan bermotor ataupun kereta api tentu punya sensasi tersendiri. Apalagi jika perjalanan itu melintasi perbatasan antar negara, pasti adrenalin bertambah (tambah deg-degan terutama ketika berhadapan dengan petugas imigrasi yang pelit senyum).

Seringkali karena keterbatasan waktu, kita hanya transit satu-dua jam di kota persinggahan sebelum meneruskan perjalanan menuju tujuan. Nah, siapapun yang pernah melakukan overland trip Malaysia-Thailand (atau sebaliknya) pastilah akan transit sejenak untuk berganti moda transportasi di kota Hat Yai, provinsi Songkhla, di selatan Thailand. Lazimnya kota transit pastilah cuma dilirik sekilas. Padahal Hat Yai juga punya potensi wisata yang menarik, lho!

Iya, Hat Yai Memang Bukan Kota Transit Biasa di Selatan Thailand, Ada Lebih Dari 10 Tempat Liburan Menarik Di Hat Yai Bisa Kalian Kunjungi!

Simak baik – baik ya untuk kalian yang punya rencana liburan ke Asia Tenggara, terutama ke Thailand Selatan. Untuk itinerary liburan ke Thailand dan sekitarnya, kalian bisa menconteknya disini.

Wisata Budaya Di Hatyai

Municipal Park

Menanti sunset yang indah di Municipal Park
Menanti sunset yang indah di Municipal Park

Ini favorit saya, sungguh! Ini bukan taman biasa karena terletak di perbukitan yang dapat dicapai dengan kereta gantung. Selain taman dan kolam juga terdapat planetarium, monumen Raja Rama V, Happy Buddha, 4 Face Brahma Shrine, dan di posisi puncak terdapat patung Phara Buddha Mongkol Maharaj, yakni patung Sang Budha setinggi hampir 20 meter dengan bobot 200 ton. Dari ketinggian ini pun kau dapat menyaksikan sunset view yang keren menghadap kota Hat Yai di bawah sana.

Wat Hat Yai Nai

Salah satu atraksi wisata budaya di Hatyai!
Salah satu atraksi wisata budaya di Hatyai!

Berupa patung sleeping/reclining Buddha sepanjang 30 m, tinggi 15 m, dan lebar 10 m. Terdapat pula kehadiran seorang biksu yang akan memberi berkat kepada siapapun yang meminta. Donasi yang diberikan kepada biksu akan ditukar dengan seutas gelang warna-warni. Kau juga bisa membeli beberapa souvenir kecil di sini.

(Baca Juga : Bersiaplah untuk Merayakan Festival Songkran di Thailand! Yuk!)

Wisata Aksi Di Hatyai

Magic Eye 3D Museum

Magic eye 3D, untuk kalian yang suka dengan atraksi seru!
Magic eye 3D, untuk kalian yang suka dengan atraksi seru!

Buat yang hobi selfie, di sini tempat yang tepat buat eksistensi diri. Lukisan-lukisan 3 dimensi yang ada di museum ini sungguh menggoda siapaun untuk berpose, bahkan pemandu tour kami sampai ikut-ikutan padahal ia sudah biasa berkunjung. Berbagai tema lukisan ada di sini: underwater, classic, ice world, safari, fantasy, dll. Bukan hanya lukisan, ada pula pertunjukan sulap yang menarik dan dijamin bikin pengunjung perempuan ngefans sama pesulapnya yang ganteng, hehehe.

Wonders Land

Wonderland, salah satu daya tarik wisata Hat Yai
Wonderland, salah satu daya tarik wisata Hat Yai

Kenapa dinamakan Wonders? Karena tiap tahun mereka selalu menyajikan atraksi yang berbeda. Jika tahun lalu bertema ice dome, maka tahun 2016 ini mengambil tema 4D, alias lukisan 4 Dimensi (pertama di Asia!). Duh, apalagi itu? Lukisan 4D ini membutuhkan kacamata khusus dan bantuan cahaya untuk mengambil gambar. Kok ribet? Prosesnya memang tidak biasa, tapi hasilnya LUAR BIASA! Kita benar-benar dibawa ke dunia fantasi yang lain. Ada happy neon, world record, the end, new world, dan ditutup dengan magic show.

(Baca Juga : Tips Traveling Asik Di Thailand)

Wisata Kuliner Di Hatyai

Khlong Hae Floating Market

Salah satu pusat kuliner di Hat Yai, Khlong Hae floating market
Salah satu pusat kuliner di Hat Yai, Khlong Hae floating market

Pasar terapung ini hanya buka di akhir pekan mulai pukul 16 hingga 21. Terdapat sekitar 90 perahu penjaja makanan dan 200 toko penjual cinderamata hingga buah-buahan. Pengunjung dapat mendatangi dermaga panjang dimana perahu-perahu merapat. Cobalah mencicipi khanon mod (bola-bola tepung beras goreng berisi kacang merah), khao yam (nasi campur sayuran), hingga telur ceplok burung puyuh. Ciri khas lain adalah wadah makanan/minuman yang terbuat dari tanah liat ataupun batang bambu.

City Tour Kuliner Halal

Menemukan kuliner halal di Hat Yai nggak terlalu sulit!
Menemukan kuliner halal di Hat Yai nggak terlalu sulit!

Keliling kota Hat Yai sambil berburu makanan halal pun bisa jadi atraksi seru. Ada restoran Hamid ataupun Salma di sekitar Central Market. Wajib coba adalah menu tiram goreng. Saya sendiri terkesan dengan restoran Yeemeen karena semua masakan lezat dan kami dihibur oleh bartender yang merangkap gitaris live band. Jajanan pinggir jalan pun banyak yang menyajikan hidangan halal, misal mango sticky rice, seafood salad, dll. Jika kamu meragu pakai saja kalimat sakti berikut: ‘a-han halal mai’ (makanan ini halal tidak) atau ‘mi muu mai’ (mengandung babi tidak?).

(Baca Juga : 13 Distrik Utama Bangkok Yang Harus Dijelajahi Para Traveler)

Wisata Belanja Di Hatyai

Kim Yong Market

Jalan menuju kim yong market
Jalan menuju Kim Yong Market

Semacam pasar modern ala Jakarta, lokasi ini cocok buat mencari oleh-oleh mulai dari fashion, souvenir, dan aneka makanan kering seperti cokelat, kacang-kacangan, permen, dll. Banyak di antara penjual yang mengenakan kerudung dan mengerti sedikit bahasa Melayu. Jangan takut kalau mereka cemberut ketika kita menawar harga, karena masih banyak pedagang lain yang murah hati. Sebaiknya bawalah temanmu yang jago menawar. Kami bisa mendapatkan 3 pak Kit Kat Green Tea seharga 120 baht saja, sementara teman yang lain terpaksa cukup puas mendapat 1 pak produk yang sama seharga 100 baht.

Central Festival

Walaupun saya tak sempat bertandang ke tempat ini karena kehabisan waktu, namun tetap saya masukkan rekomendasi karena Central Festival adalah mall termodern di selatan Thailand. Aneka tenant seperti bioskop IMAX, arena ski, fun planet, hingga puluhan resto terdapat di lokasi ini. Siapa tahu kamu beruntung menemukan distro-distro lokal yang menjual item-item unik dan menarik.

(Baca Juga : Menghadiri Acara Pernikahan Yang Tidak Biasa, Underwater Wedding di Laut Andaman)

Wisata Pantai Di Hatyai

Golden Mermaid Di Pantai Samila

Kuliner unik yang bisa ditemui di salah satu pantai di Hat Yai, es krim kelapa dengan topping ubi & roti
Kuliner unik yang bisa ditemui di salah satu pantai di Hat Yai, es krim kelapa dengan topping ubi & roti

Sebenarnya lokasi wisata ini terletak di distrik Songkhla yang berdekatan dengan distrik Hat Yai. Golden Mermaid adalah patung putri duyung terbuat dari perunggu yang menggambarkan mitos lokal, dan bisa dibilang jadi landmark Songkhla. Pantai Samila sendiri berpasir putih dan berombak besar, tampaknya lokasi ideal untuk memancing. Oh, jangan lupa cicip es krim kelapa yang mirip-mirip es podeng yang terhidang dalam batok kelapa. Kudapan yang menyegarkan.

Pulau Kucing & Pulau Tikus

Patung golden mermaid berlatar pulau kucing dan tikus di Hatyai, Thailand Selatan.
Patung golden mermaid berlatar pulau kucing dan tikus di Hatyai, Thailand Selatan.

Kedua pulau ini terletak di seberang pantai Samila. Alkisah tersebutlah seekor anjing, kucing, dan tikus yang mencuri kristal ajaib dari sampan dan berusaha berenang ke pantai. Namun si kucing dan tikus tenggelam dan menjadi pulau, si anjing menjadi bukit, dan batu kristal menjadi pantai pasir putih. Pengunjung bisa menyewa perahu untuk menjelajah kedua pulau tsb.

Sejujurnya ada lebih dari sepuluh atraksi wisata yang bisa ditemui di Hat Yai dan sekitarnya, apalagi pemerintah Thailand sedang gencar menambah destinasi wisata baru demi menarik minat kunjungan wisatawan. Jadi, mulai sekarang ada baiknya memasukkan nama Hat Yai sebagai salah satu tujuan wisata di Thailand selatan, dan bukan sekadar tempat transit sahaja. Setuju kan? :)

***

Tulisan ini dari Taufan Gio, disgiovery.com. A beach person who enjoys nature, culture, and human interest.  Naturally a shy person and used to deal with arrays of programming code, traveling has now been embracing his inexpert most: smile and talk to strangers, and of course a big chance to make new friends.  Sharing the experience on traveling is also a worth thing to do.

Ps : Kalian juga bisa berkontribusi tulisan pengalaman traveling kalian ke LiburMulu.Com. Caranya bisa dibaca disini ya.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: