Bersiaplah untuk Merayakan Festival Songkran di Thailand! Yuk!

LiburMulu.Com – Festival Songkran ini telah dikenal di seluruh penjuru dunia karena perang airnya yang menghebohkan. Saking hebohnya, bahkan festival ini bisa sampai menutup jalan-jalan utama serta area-area bisnis. Meski terlihat ramai dan meriah, namun perayaan tradisionalnya sejatinya jauh lebih halus.

Songkran sendiri merupakan sebuah tradisi pertanian di Asia Tenggara pada bulan April yang merupakan akhir dari musim kemarau. Para anggota keluarga datang berkumpul, pada umumnya di kuil, untuk mengungkapkan rasa syukur mereka atas tahun yang penuh kesuksesan, berdoa bersama untuk kesejahteraan di tahun yang akan datang, serta bersiap untuk menyambut musim penghujan.

Kira - kira, seperti inilah kemeriahan Festival Songkran di Thailand.
Kira – kira, seperti inilah kemeriahan Festival Songkran di Thailand.

Dulunya, Songkran juga merupakan waktu untuk menyucikan patung-patung Budha dengan air beraroma yang kemudian sisa air tersebut digunakan untuk membasuh tangan anggota keluarga yang dituakan sebagai sebuah pemberkatan.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

Setelah beberapa dekade, tradisi ini berkembang menjadi sebuah acara besar yang memenuhi jalan-jalan di kota-kota utama di Thailand. Bagi kebanyakan orang Thailand, waktu bersama keluarga masih menjadi bagian penting dalam perayaan ini. Mereka biasanya melakukan pesta perang air bersama ribuan orang lainnya di jalanan yang semakin menambah keceriaan pada perayaan ini.

Kalau ikut meramaikan Festival Songkran di Thailand, kalian harus bersiap - siap basah!
Kalau ikut meramaikan Festival Songkran di Thailand, kalian harus bersiap – siap basah!

Para pengunjung boleh ikut bergabung dalam perayaan ini apabila mereka telah mempersiapkan ‘perlengkapan perang’ mereka, seperti bungkus plastik untuk menyimpan dompet, telepon genggam, dan barang berharga lainnya, serta pakaian yang nyaman namun tidak terlalu minim. Kacamata hitam juga diperlukan untuk melindungi mata dari semprotan air.

Festival ini pasti akan menyenangkan sekali, dan beriku adalah tips meramaikan Festival Songkran di Thailand, untuk menjadikan pengalaman kalian lebih maksimal dan menyenangkan :

Apa Yang Harus Kalian Lakukan Ketika Mengikuti Festival Songkran:

  1. Gunakan tas tahan air untuk melindungi barang berharga Anda.
    Awasi barang – barang kalian.
  2. Gunakan transportasi umum jika kalian menuju ke salah satu pusat Festifal Songkran. Karena lalulintas pasti akan macet dan lumpuh.
  3. Ucapkan “Sawasdee Pee Mai!” jika ingin merayakan Festival Songkran layaknya orang lokal.
    Tersenyumlah dan bersenang-senang!

Yang sebaiknya Tidak Dilakukan Ketika Festival Songkran Berlangsung :

  1. Jangan menyiram Biksu, bayi atau orang tua dengan air.
  2. Jangan mengemudi bila kalian minum alkohol.
  3. Jangan menyiram air dengan es atau air kotor.
  4. Jangan menyiram air kepada pengendara sepeda motor, untuk mencegah kecelakaan di jalan.

PS : Di Festival Songkran teman teman traveler bisa bermain siram – siraman air ke orang – orang di jalanan. Jadi ini adalah permainan air yang dirayakan resmi secara nasional! Agoda.com sendiri memiliki pilihan lebih dari 13,000 hotels di Thailand. Harga khusus menjelang festival ini yang bisa diakses lewat link promo www.agoda.com/songkran

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: