Kuliner Yogyakarta Ini Wajib Kalian Coba! Bahkan Rasanya Seperti Belum Ke Jogja Kalau Belum Mencicipinya!

LiburMulu.com – Membicarakan Kuliner Yogyakarta memang tak pernah ada habisnya. Iya, Yogyakarta ini memang salah satu surga kuliner nusantara dimana kelezatannya hingga kini makin terasa. Tak heran kalau siapapun yang pernah berkunjung ke Yogyakarta, pasti kangen dengan cerita Kuliner Yogyakarta yang selalu bikin kangen Yogyakarta.

Nah, untuk kalian yang kebetulan ingin Liburan ke Yogyakarta, atau bahkan mungkin sedang tinggal di Jogja, itu berarti kalian harus menjelajah kulinernya yang bermacam macam itu! Seperti beberapa kuliner di Yogyakarta di bawah ini adalah beberapa kuliner tersembunyi yogyakarta yang wajib kalian kunjungi selama kalian ada di kota ini!

Siap-siap tergoda akan kelezatannya ya!

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

Karena Kuliner Yogyakarta Ini Wajib Kalian Coba! Bahkan Rasanya Seperti Belum Ke Jogja Kalau Belum Mencicipinya!

Kuliner Yogyakarta Ini Wajib Kalian Coba! Bahkan Rasanya Seperti Belum Ke Jogja Kalau Belum Mencic
Kuliner Yogyakarta Ini Wajib Kalian Coba! Bahkan Rasanya Seperti Belum Ke Jogja Kalau Belum Mencic

1. Makan Gudeg Khas Wijilan Mungkin Sudah Terlalu Mainstream! Coba Deh Mampir Ke Angkringan Kang Harjo Yang Lebih Unik!

Angkringan Kang Harjo
Angkringan Kang Harjo (sumber)

Mungkin kalian sudah terlalu sering mampir dan menjajal Gudeg Yogyakarta khas Wijilan. Atau kalian perlu alternatif lain kuliner Yogyakarta yang baru. Namun tentu saja kalian tetep boleh makan Gudeg Yogyakarta di Wijilan. Ke Jogja tanpa makan gudeg, berarti belom ke Yogya ya!

Tenang saja, Yogyakarta punya tempat kuliner lain untuk menikmati Gudeg selain di Wijilan. Namanya Angkringan Kang Harjo! Angrkingan ini mulai buka sebelum Maghrib. Tak haya Gudeg Yogyakarta yang endeus, tetapi di sini Kalian juga bisa menemukan berbagai makanan khas angkringan.

Menu-menu khas Yogyakarta seperti pecel dan sayur rumahan bisa dengan gampang ditemukan disini. Atau, cemilan khas angkringan di Yogyakarta seperti sate usus, sate bakso, sate kerang, sampai kepala ayam atau ceker bakar bisa kalian coba! Tenang saja, harganya ramah kantong mahasiswa!

Angkringan Kang Harjo
Alamat : Jalan Wijilan Kota Yogyakarta 55131
Telepon : 0817-9446-247
Range Harga : IDR 1.000 – IDR 10.000

2. Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung, Ayam Goreng Kampung Lezat Tiada Duanya

Ayam Goreng Mbah Cemplung
Ayam Goreng Mbah Cemplung (sumber)

Penjual ayam goreng seperti Mbok Sabar dan Ny Suharti mungkin sudah sering kalian dengar. Namun, apakah kalian pernah mendengar nama Mbah Cemplung? Buat yang belum tahu, warung makan khusus ayam goreng ini lokasinya berada di dekat Pabrik Gula Madukismo di Bantul. Walau lokasinya agak di pedesaan namun ada ada petunjuk jalan yang bisa Kalian ikuti.

Di Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung Kalian bisa memesan ayam goreng potongan (dada, paha) atau ayam goreng utuh yang lezat. Yang unik, dan yang membedakan warung ini dengan warung ayam goreng lainnya adalah Mbah Cemplung menggunakan ayam kampung asli.

Sehingga rasa dagingnya lebuh gurih dan ayamnya besar-besar, tidak seperti warung yang lain. Harga di Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung ini juga cukup terjangkau.  Dari IDR 11 ribu – 17 ribu untuk ayam per potong. Dan 70 ribu – 90 ribu untuk ayam utuh.

Ayam Goreng Mbah Cemplung
Alamat : Sendang Semanggi, Bantul, Yogyakarta, Indonesia (Peta Lokasi Warung Ayam Goreng Mbah Cemplung)
Phone: +62 856 288 2741, +62 856 4346 3660

3. Soto Pak Marto Taman Sari di daerah Plengkung Gading Untuk Kalian Yang Suka Makanan Berkuah!

Soto Pak Marto Taman Sari
Soto Pak Marto Taman Sari

Ngak cuma Gudeg saja, kalau liburan ke Yogyakarta kalian wajib mencoba Soto Pak Marto ini! Soto di Yogyakarta yang satu ini yang kuahnya bening, segar, dengan potongan daging sapi yang besar. Soto Pak Marto adalah ini adalah tempat yang pas untuk kalian yang mau sarapan pagi dengan menu hangat.

Lokasinya berada tak jauh dari Plengkung Gading. Begitu sampai kalian akan disambut dengan aroma gurih khas kuah soto yang lezat. Kalian bisa pesan soto campur, pisah, atau bahkan ingin tambah iso bacem dan babat bacem juga bisa! Harga untuk Soto Pak Marto di sini dihargai mulai IDR 9 ribu rupiah. Iso, babat, dan berbagai jeroan sapi lain dihargai 10 ribu rupiah satu piring kecil. Gimana? Ngiler nggak pengen sarapan di Soto Pak Marto!

Soto Pak Marto Taman Sari
Alamat : Jl. Mayor Jenderal S. Parman, No. 44, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122 (Peta Lokasi Soto Pak Marto)
Jam Buka: 7:00 AM – 5:00 PM

(Baca Juga : Kuliner Bandung Emang Nggak Pernah Bikin Kecewa Pengunjung! Seperti Beberapa Tempat Kuliner Yang Ini!)

4. Sate Klathak Pak Bari Di Tengah Pasar Wonokromo Bantul, Teksturnya Begitu Lembut!

Sate Klathak Pak Bari, Kuliner Yogyakarta yang wajib dicoba!
Sate Klathak Pak Bari, Kuliner Yogyakarta yang wajib dicoba! (sumber)

Di daerah selatan Yogyakarta, tepatnya di daerah Pleret Bantul ada kuliner enak tersembunyi di tengah Pasar Wonokromo. Nama warungnya sendiri adalah Sate Klathak Pak Bari. Di sini kalian bisa menikmati daging sate kambing muda yang lembut. Uniknya sate kambing ini hanya dimasak menggunakan garam. Selain itu tekstur dagingnya terasa begitu beda dan matang sempurna karena dimasak menggunakan besi roda.

Rasa sate klathak Pak Bari yang gurih ini makin lezat dengan tambahan kuah  hangat. Selain sate Klatahk, kalian juga bisa menjajal tongseng, gule, sampai sate gajih (sate lemak) yang tentunya tak kalah enak. Cukup mengeluarkan IDR 20 ribu rupiah untuk paket sate klathak + minum + nasi, kalian sudah bisa menikmati kuliner Yogyakarta yang super enak!

Sate Klathak Pak Bari
Alamat : Jl. Kedaton, Pleret, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Peta Lokasi)
Telp :0813-2880-0165
Jam Buka : 6:30 PM – 1:00 AM

5. Angkringan Pendhopo Dalem Yang Luar Biasa!

Angkringan Pendhopo
Angkringan Pendhopo (sumber)

Pendhopo Dalem sebenarnya adalah rumah yang secara khusus diperintahkan dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono VII untuk Pangeran Purbaya. Selain itu Di sini Pendhopo Dalem ini juga pernah lahir Sultan Hamengku Buwong IX yang perannya besar dalam kemerdekaan Indonesia dan kemajuan Jogja.

Namun sekarang ini, Pendhopo Dalem sudah tidak lagi digunakan sebagai tempat tinggal keluarga sultan. Pendhopo Dalem ini sekarang disulap menjadi angkringan. Disini bisa kalian coba berbagai makanan macam nasi kucing, sate, sampai gorengan tersedia. Uniknya, angkringan Pendhopo Dalem juga menyediakan Mie Jawa dan minuman khas macam serai dan jahe yang jarang ditemukan di angkringan biasa.

Angkringan Pendopo Dalem
Alamat : Jl. Sompilan Ngasem No. 12, Daerah Istimewa Yogyakarta (peta lokasi)
Telepon :(0274) 385777
Jam Buka Angkringan Pendopo Dalem : 11:00 AM – 3:00 PM

6. Warung Makan Sabar Menanti Dengan Pecel Penyetnya Yang Legendaris Di Dekat Adisucipto

Warung Makan Sabar Menanti
Warung Makan Sabar Menanti (sumber)

Baru sampai di Yogyakarta? Merasa lapar setelah mendarat di Bandara Adisucipto? Jangan buru-buru tergoda membeli fastfood di bandara yang mahal dan rasanya standard. Lebih baik kalian menuju sedikit ke selatan untuk mengunjungi Warung Makan Sabar Menanti yang enak.

Di sini Kalian bisa menikmati berbagai makanan prasmanan khas Yogyakarta! Mulai dari makanan bernama Brongkos sampai Tahu Bacem ada. Namun di warung ini yang wajib Kalian coba adalah Ayam dan Lele Penyetnya. Ditambah sambalnya yang endeus, dijamin bikin kalian tak bisa berhenti makan!

Warung Makan Sabar Menanti
Alamat : JL. Kabupaten, Km. 1, Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Kec. Sleman (Peta Lokasi)
Telepon :(0274) 8380002

(Baca Juga : Embung Nglanggeran Yogyakarta, Telaga Air Raksasa Di Gunung Api Purba Ini Memiliki Pesona Yang Aduhai)

7. Sate dan Tongseng Bu Tukinem Yang Selalu Bikin Kesengsem!

Sate dan Tongseng Bu Tukinem
Sate dan Tongseng Bu Tukinem

Tak jauh dari Warung Sabar Menanti, kembalilah ke utara, kalau kalian masih lapar coba mampirlah ke warung kecil Bu Tukinem. Lokasinya Masih di sekitar area Kalasan kok. Kalau dari arah warung makan Sabar Menanti posisi warung ini ada di sebelah kiri jalan.

Di sini adalah surga kuliner Yogyakarta, terutama buat kalian yang suka dengan olahan berbahan kambing. Andalan dari warung ini adalah Sate Goreng yang unik dengan rasa manis pedas. Pas banget untuk melengkapi tongseng yang lezat itu!

8. Siapa Bilang Cuma Mie Yang Direbus? Nasi Juga Bisa Kok! Coba Deh Sego Godhog Pak Manto, Kuliner Yogyakarta Yang Unik INi!

Sego Godhog Pak Manto
Sego Godhog Pak Manto (sumber)

Nasi godog (nasi rebus) mungkin masih asing dan aneh buat kalian. Namun rasa olahan Sego Godhog Pak Manto yang satu ini gak kalah enak dari yang lain. Sego Godhog Pak Manto ada di Lapangan Karang, Kota Gede. Paduan rasa kaldu yang gurih plus nasi yang lembut memberi kalianpengalaman kuliner yang beda. Soal harga Sego Godhog Pak Manto ini murah banget, cuma 8 ribu saja satu porsinya.

9. Mie Jawa Mbah Mo Jawara Kelezatan Tiada Duanya!

Mie Jawa Mbah Mo
Mie Jawa Mbah Mo (sumber)

Mie Jawa Mbah Mo ini sudah terkenal punya cita rasa yang berbeda dan juga jawara. Mie-nya kenyal lengkap dengan rasa kaldunya pas menggoda lidah. Untuk menu mie gorengnya juga lezat tiada duanya, manis dan gurihnya pas.

Kalau ke sini sebaiknya kalian menyiapkan banyak cadangan kesabaran. Soalnya pembeli Mie Jawa Mbah Mo ini banyak banget, jadi bakal mengantri. Namun sambil menunggu kalian bisa memesan teh jahe atau segelas kopi panas yang jadi pelengkap sempurna pengalamanmu makan Mie Jawa khas Yogyakarta.

10. Bakmie Shibitshu, Mie Jawa Yang Membuat Kalian Kehilangan Kata-Kata!

Bakmie Shibitshu
Bakmie Shibitshu (sumber)

Jika kalian adalah salah satu penggemar berat bakmi, ketika sedang berada di Yogyakarta cobalah untuk mampir mengunjungi warung makan bakmi Shibishu yang terletak di Jalan Raya Bantul No.106. Tempat ini dapat ditempuh sekitar lima menit dari Malioboro, tepatnya 500 meter selatan Pojok Beteng Kulon.

Namun jangan terkecoh oleh namanya yang agak berbau Jepang, bakmi ini dimiliki oleh orang Yogya asli dan sudah beroperasi sejak 25 tahun lalu.Warung makan ini adalah yang paling banyak dikunjungi dibandingkan warung-warung makan lain yang ada di sekitarnya.

Gurihnya mie dan nasi goreng di sini pas. Tersedia juga teh jahe yang bisa jadi teman makan mie yang pas. Kalau suka Kalian juga bisa menambahkan daging atau jeroan ayam ke dalam mie mu. Jadi, kalau liburan ke Yogyakarta, coba kuliner Yogyakarta yang satu ini ya!

Bakmie Shibitsu
Alamat : Jalan Raya Bantul 111, Yogyakarta, Indonesia (Peta Lokasi)

11. Cenil, Lopis Dan Jajanan Pasar Lainnya Di Dekat Gang Pasar Kranggan

Cenil, Jajanan Pasar Khas Yogyakarta
Cenil, Jajanan Pasar Khas Yogyakarta (sumber)

Jajanan pasar disekitar Gang Pasar Kranggan ini buka jam 3 sore. Pada jam-jam teresebut, di gang menuju arah Pasar Kranggan akan dipenuhi penjual cenil dan lupis jajanan pasar khas Yogyakarta yang enak. Kalian bisa berburu jajanan pasar dengan nuansa tradisional tentunya. Legitnya cenil dan lupis akan menjadi dessert yang lezat setelah berburu Kuliner Yogyakarta seharian penuh!

(Baca Juga : Gumuk Pasir Parangkusumo, Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Mirip Gurun Sahara)

12. Mie Ayam Tumini Dekat Terminal Giwangan Yang Selalu Ramai!

Mie Ayam Tumini
Mie Ayam Tumini (sumber)

Mie Ayam mungkin makanan yang biasa dan gampang ditemui! Namun Mie Ayam Tumini yang letaknya ada di dekat Terminal Giwangan ini berbeda. Mie ayam di sini tidak berkuah bening, seperti pada kebanyakan mie yang lain. Kuahnya kental, hingga sedikit mirip dengan kuah kari. Kuah yang kental ini memperkuat rasa lezat dari mie ayamnya. Kalian bisa pesan ayam atau ceker ayam sebagai tambahan lauk Mie Ayam Tumini ini.

Mie Ayam Tumini
Alamat : Jalan Imogiri Timur No.187, Daerah Istimewa Yogyakarta (Peta lokasi Mie Ayam Tumini)
Telepon :(0274) 410334
Jam Buka : 10:00 AM – 6:00 PM

13. Ayam Geprek Bu Rum, Ayam Geprek Favorit Para Mahasiswa!

Ayam Geprek Burum merupakan salah satu hidangan favorit banyak yang tinggal di Yogyakarta. Terutama sih untuk mahasiswa yang tinggal di Jogja. Hidangan ini berupa ayam krispi yang di geprek atau di tumbuk kasar di atas alu bersama cabai, tomat, bawang putih dan terasi.

Saat ini, warung-warung makan penyedia ayam geprek telah menjamur di mana-mana. Namun, dari sekian banyak warung tersebut, Ayam Geprek Bu Rum menjadi salah satu warung Ayam Geprek yang populer di Yogyakarta. Seporsi ayam geprek lengkap dengan sayur dan kuah tongseng akan begitu nikmat menggoda. Tak heran jika pada jam makan siang, pembeli rela antri untuk dapat menikmatinya.

Ayam Geprek Bu Rum
Jl. Wulung, Demangan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia (Peta Lokasi Ayam Geprek Bu Rum)
Phone : (0274) 551 406

Banyak Dicari

  • kuliner pasar kranggan jogja
  • MANDE KULINER Yogyakarta City Special Region of Yogyakarta 55162 Indonesia

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips – tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: