Pengen Liburan Yang Anti-Mainstream? Liburan Naik Kereta Wisata Yuk!

Rate this post

LiburMulu.com – Dalam rangka merayakan HUT PT KAI yang ke 70 tahun yang jatuh pada tanggal 28 September, pihak PT KAI serta Altour Travel mengajak beberapa komunitas serta travel blogger untuk mengikuti berbagai macam kegiatan menarik yang berhubungan erat dengan perkeretaapian Indonesia.

Kegiatan yang diberi tagline #Travelingbytrain ini dihelat untuk membuktikan bahwa melakukan perjalanan atau traveling dengan kereta api merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan serta menguntungkan.

Tim #TravelingByTrain di Museum Kereta Ambarawa
Tim #TravelingByTrain di Museum Kereta Ambarawa

Team dibawa menuju kota Semarang, dimana nantinya akan diajak untuk menjelajah Lawang Sewu dan Stasiun Kereta Api Ambarawa yang memang menyimpan banyak bukti sejarah mengenai perkereta-apian Indonesia. (Baca Juga : Indonesia Terkenal Dengan Negeri Sejuta Senja, Hingga Keindahan Sunsetnya Membuat Kalian Terlena! Seperti 17 Tempat Melihat Sunset Terbaik Di Indonesia Ini!)

Perjalanan menjadi semakin spesial, karena kegiatan #Travelingbytrain ini berangkat dengan menggunakan Kereta Wisata yang memiliki berbagai fasilitas mewah untuk para traveler yang memang membutuhkan privasi lebih ketika dalam perjalanan.

Gerbong Kereta Wisata tipe Priority
Gerbong Kereta Wisata tipe Priority
Mini Bar yang sudah termasuk makanan & minuman
Mini Bar yang sudah termasuk makanan & minuman

PT KAI melalui anak usahanya PT KA Pariwisata saat ini telah mengoperasikan 9 armada dengan 7 tipe kereta wisata yang berbeda. Tipe-tipe kereta wisata tersebut adalah; Nusantara, Toraja, Bali, Jawa, Sumatera, Imperial dan terakhir dan juga digunakan oleh team #Travelingbytrain yakni tipe Priority. Setiap tipe kereta wisata memiliki ini memiliki tema, nuansa serta jumlah seat yang berbeda-beda. Kabarnya keluarga Presiden lebih gemar menggunakan kereta wisata tipe Nusantara.

Jika kalian cukup sering menggunakan moda transportasi yang satu ini, kalian tentunya akan sadar dan juga merasa bahwa dunia perkeretaapian Indonesia telah banyak berevolusi dari waktu ke waktu. Telah banyak perubahan yang dimiliki dan bahkan terhitung pesat dibandingkan pelayanan dimasa lalu.

PT KAI seperti bangkit dan banyak berbenah untuk memperbaiki segala macam bentuk pelayanan, mulai dari pembelian tiket, pelayanan di dalam armada hingga pembenahan stasiun-stasiun di tiap daerah. (Baca Juga : Embung Nglanggeran Yogyakarta, Telaga Air Raksasa Di Gunung Api Purba Ini Memiliki Pesona Yang Aduhai)

Kereta tipe Priority yang memiliki 28 seat yang begitu nyaman
Kereta tipe Priority yang memiliki 28 seat yang begitu nyaman

Kereta Wisata dengan segala kemewahan bak cabin di dalam pesawat, menjadi salah satu trobosan yang semakin membuktikan kebangkitan PT KAI dalam melayani masyarakat. Penasaran dengan fasilitas di tiap-tiap tipe kereta wisata yang ada?! Berikut perbedaan serta fasilitas yang melengkapinya, yang mungkin dapat menjadi pilihan berlibur bersama keluarga besar.

1. Tipe Nusantara

Kereta wisata tipe Nusantara yang memiliki 19 seat serta kamar tidur, yang juga merupakan kereta paling mewah yang biasa digunakan oleh Presiden dan juga para public figure seperti Anang & Ashanty. Memiliki desain interior dan segala pernak – pernik yang menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau di nusantara. Terdapat pula balkon VIP dan lobi yang dilengkapi Audio/karaoke system, Video/TV monitor, pendingin ruangan (AC), kamar mandi (Toilet).

2. Tipe Toraja

Memiliki kapasitas 22 seat, Kereta Wisata Toraja yang memiliki interior kental dengan nuansa budaya Toraja ini didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan budaya Toraja. Fasilitas yang terdapat diantaranya Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video dan pendingin ruangan (AC).

Kenyamanan kursi ergonomis dengan ruang kaki yang lapang
Kenyamanan kursi ergonomis dengan ruang kaki yang lapang

3. Tipe Bali

Tipe yang memiliki interior yang kental dengan nuansa budaya Bali ini memiliki 20 seat. Didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan Pulau Dewata dan juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video dan pendingin ruangan (AC). (Baca Juga : Kalau Waduk Sermo Punya Kalibiru, Waduk Jatiluhur Punya Gunung Lembu!)

4. Tipe Jawa

Memiliki desain interior dan segala pernak – pernik yang menonjolkan seni dan keindahan dari budaya Jawa, sama halnya dengan tipe Bali kereta ini juga memiliki kapasitas tempat duduk untuk 20 orang. Terdapat pula kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel. Ruang utama ditata dengan mewah dilengkapi dengan Audio, Video/TV monitor, AC juga toilet yang bersih.

5. Tipe Sumatera

Perjalanan tidak akan membosankan karena adanya miniscreen disetiap kursi
Perjalanan tidak akan membosankan karena adanya miniscreen disetiap kursi

Kereta Sumatera memiliki 22 seat, kereta ini memiliki corak yang sama dengan kereta wisata Jawa. Namun perbedaannya, kereta wisata Sumatera ini tidak dilengkapi dengan kamar tidur, melainkan terdapat ruang privat yang dilengkapi fasilitas Audio-video untuk berkaraoke dan menonton film.

6. Tipe Imperial

Ini adalah tipe terbaru yang memiliki interior tempat duduk yang dapat direbahkan hingga 135 derajat (reclining seat), dilengkapi dengan power socket di sebelah kursi menggunakan laptop atau gadget lainnya serta tersedia lampu baca pada atap kursi.

7. Tipe Priority

Tipe yang satu inilah yang digunakan para peserta, memiliki 28 seat dan dilengkapi dengan LCD TV layar sentuh pada tiap kursi, sehingga selama perjalanan kalian dapat menikmati ragam pilihan hiburan Audio dan Video. Selain kursi yang sudah dilengkapi meja portable, tersedia juga power socket di sebelah kursi sehingga penumpang kereta wisata tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan laptop atau gadget lainnya.

Toilet yang nyaman
Toilet yang nyaman

Bagi kalian yang memang menggemari perjalanan menggunakan kereta api, tentu menyenangkan bila dapat mengenal serta mengetahui sejarah perkembangan Kereta Api Indonesia melalui zaman ke zaman. Informasi tersebut dapat kalian temukan dengan mudah bila berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa, yang letaknya dapat dicapai dari kota Semarang.

Di Museum ini terdapat berbagai macam tipe kereta-kereta tua yang dipajang dan sempat beroperasi di zaman penjajahan, meskipun usianya telah berabad-abad lamanya, armada kereta-kereta tua ini masih terlihat sangat baik hingga sekarang.

Fasilitas yang membuat perjalanan dengan kereta semakin nyaman
Fasilitas yang membuat perjalanan dengan kereta semakin nyaman

Bernostalgia mengenai kereta api juga dapat dilakukan di Lawang Sewu Semarang, bangunan peninggalan Belanda yang dulunya sempat dijadikan pusat pemerintahan ini, kini memang telah banyak dilakukan perbaikan dan digunakan sebagai museum kereta api.Terdapat banyak sejarah yang kalian dapatkan, informasi serta miniatur kereta api juga dapat ditemukan di ruangan-ruangan Lawang Sewu.

Team #Travelingbytrain tidak hanya diajak untuk mempelajari sejarah perkeretaapian, melainkan pula melakukan beberapa games yang membuktikan bahwa Lawang Sewu dapat menjadi tujuan wisata yang menarik di kota Semarang. (Baca Juga : Punthuk Setumbu Dan Pemandangan Sunrisenya Yang Syahdu)

Masih berfikir ulang untuk traveling dengan kereta api?! Itu artinya kalian akan merugi karena tidak bisa menjadi saksi mengenai revolusi serta perkembangannya. Traveling dengan kereta api terbukti sangat efisien karena terhindar dari macet serta memiliki jangkauan yang lebih luas ke daerah-daerah yang tidak dapat dijangkau dengan pesawat.

Selain itu, harganya pun cukp terjangkau. Kini pembelian tiketnya-pun dapat dengan mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun. Atau berminat ingin #travelingbytrain dengan kereta wisata?! Karena kereta wisata ini memiliki banyak peminat, disarankan agar kalian melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari. Pemesanan dapat dilakukan disini.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
9 Responses
    1. Bunda BintangBeryl

      Oh oke, krn di webnya engga ada keterangan lebih lanjut ttg tarif yg tercantum itu untuk berapa orang. Nice info, though. Thanks :)

%d bloggers like this: