Punthuk Setumbu Dan Pemandangan Sunrisenya Yang Syahdu

LiburMulu.Com – Jauh sebelum orang mengenal Punthuk Setumbu, turis jauh lebih mengenal Borobudur terlebih dahulu. Tidak ada yang menduga, ada sebuah bukit yang namanya Punthuk Setumbu yang juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise di Magelang, selain menikmatinya langsung di Borobudur.

Pemandangan sunrise di Punthuk Setumbu memang begitu syahdu, karena dari Punthuk Setumbu ini kalian dapat menikmati sunrise dengan latar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Selain itu, daya tarik utama lain di Punthuk Setumbu yakni menyaksikan kemegahan Candi Borobudur yang muncul dengan cantik dan diselimuti oleh lautan kabut tipis di pagi hari. Membuatnya seolah melayang-layang di atas awan dengan begitu magis.

Punthuk Setumbu di Magelang Jawa Timur (sumber)
Punthuk Setumbu di Magelang Jawa Timur (sumber)
Gunung Merapi dan Gunung Merbabu berada di sebelah kiri Candi Borobudur dan matahari terbit.
Gunung Merapi serta Gunung Merbabu berada di sebelah kiri Candi Borobudur dan matahari terbit.

Pemandangan yang tidak ada duanya di belahan bumi manapun itulah yang kemudian menjadi magnet dan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke sini. Oleh karena itu tidak heran lagi jika Punthuk setumbu ini kini menjadi ramai. Alasannya tentu karena bukit ini menyajikan pemandangan sunrise yang tak kalah cantik dari tempat lain seperti pemandangan sunrise di Gunung Bromo di Jawa Timur, ataupun Bukit Sikunir di Dieng Jawa Tengah.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

Memang, bukit Punthuk Setumbu yang ada di Magelang ini unik, dan lain daripada yang lain. Disini kalian bisa menyaksikan mentari yang menampakkan dirinya perlahan dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Selain itu, perhatikan dengan seksama pada kerumunan pepohonan yang terselimuti kabut tipis didepan. Perlahan tapi pasti, keelokan candi Buddha terbesar di Indonesia ini akan menampakkan dirinya. Pemandangan seperti itulah yang ditunggu para fotografer, untuk diabadikan. (Baca Juga : Informasi Harga Tiket Masuk, Dan Cara Ke Punthuk Setumbu, Magelang)

Candi Borobudur terlihat samar dikelilingi kabut tipis dari Punthuk Setumbu.
Candi Borobudur terlihat samar dikelilingi kabut tipis dari Punthuk Setumbu.

Punthuk Setumbu ini sebenarnya adalah sebuah bukit dengan tinggi kurang lebih 400 meter mdpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Disebutkan kalau dulu Punthuk Setumbu ini adalah ladang penduduk. Namun setelah ada beberapa turis yang datang, dan keberadaannya mulai tersebar di dunia maya, perlahan tapi pasti Punthuk Setumbu mulai didatangi turis secara perlahan. (Baca Juga : Senja Kalibiru Yang Begitu Syahdu!)

Untuk kalian yang ingin menikmati keindahan Candi Borobudur di kejauhan ketika menjelang sunrise, sebaiknya tiba di tempat ini sebelum pukul 05.00 pagi hari. Jangan sampai terlambat, karena dari tempat parki yang ada di kaki bukit, kalian masih harus trekking lagi sekitar 15 menit untuk mencapai puncak Punthuk Setumbu. Tentunya dengan melewati rute berupa jalan makadam dan tanah.

Borobudur yang telihat cantik ketika matahari terbit.
Borobudur yang telihat cantik ketika matahari terbit.

Puncak dari bukit Punthuk Setumbu ini hanya berupa pelataran luas yang kira – kira cukup untuk menampung puluhan orang dengan dibatasi pagar pembatas dari bambu. Pada salah satu sudutnya terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi dari kayu untuk duduk sambil menanti mentari terbit.

Menuju puncak bukit ini mungkin akan perlu sedikit perjuangan, dan trekking di pagi hari yang akan sedikit melelahkan. Tetapi percaya deh! Usaha tersebut akan terbayar lunas saat menyaksikan sapuan kabut Candi Borobudur yang perlahan terangkat naik seiring munculnya matahari dari balik gunung dengan malu-malu.

Punthuk Setumbu selalu dipenuhi wisatawan.
Punthuk Setumbu selalu dipenuhi wisatawan.

(Baca Juga : Menyapa Matahari Pagi Sunyi, Berburu Sunrise Di Borobudur)

Ada tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati matahari terbit disini.
Ada tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati matahari terbit disini.

Punthuk Setumbu,
Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang (Peta Lokasi Punthuk Setumbu Klik Disini)

Banyak Dicari

  • punthuk setumbu

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips – tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

4 Responses
%d bloggers like this: