Tempat Wisata Di Magelang Hits Ini Bikin Kalian Segera Pengen Pergi Kesana!

Tempat Wisata Di Magelang Hits Ini Bikin Kalian Segera Pengen Pergi Kesana!
5 (100%) 13 votes

LiburMulu.Com – Magelang sebenarnya punya banyak daftar tempat wisata yang menarik. Perlu kalian ketahui, kalau tempat wisata di Magelang ini nggak cuma candi borobudur saja ya. Jadi kalau mau merencanakan liburan ke Magelang sebaiknya mencari informasi lebih lanjut terlebih dahulu. Seperti misalnya kalian bisa membaca “Daftar tempat wisata di Magelang yang ini”

Pasti kalian akan menemukan banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Magelang. Mulai dari Alun-alun kotanya, hingga tempat wisata keren yang ada di pelosok daerahnya. Yang jelas semuanya akan memanjakan mata, raga dan jiwa. Pulang liburan dari Magelang pasti kalian akan merasa segar dan siap untuk menerjang tantangan hidup yang ada.

Nah, dari kota hingga ke desa, dari air terjun hingga ke gunung, berikut adalah daftar tempat wisata di Magelang yang hits dan instagramable. Tentunya nggak bisa dilewatkan untuk kalian kunjungi!

1. Naik Gunung Andong Si Kecil Cabe Rawit Dengan Pemandangan Sunrise Yang Indah

Gunung Andong Magelang by IG @monikaharyanto
Gunung Andong Magelang by IG @monikaharyanto

Mungkin ketingian Gunung Andong hanya sekitar 1.726 mdpl. Namun begitu, kondisi track pendakian Gunung Andong yang curam bisa membuat kaki merasa cukup pegal, terutama untuk pemula. Jadi, buat kalian yang ingin mendaki Gunung Andong sebaiknya melakukan persiapan fisik dulu ya.

Gunung Andong ini lokasinya berada diantara daerah Ngablak dan Tlogorjo yang merupakan gunung cocok untuk didaki oleh pemula. Soalnya memang medannya pun tak terlalu sulit. Biasnya hanya akan memerlukan waktu sekitar 1,5 jam saja kalian sudah bisa mencapai titik tertinggi atau Puncak Gunung Andong.

Namun sebaiknya hindari mendaki saat weekend. Soalnya banyak orang yang menyukai gunung untuk pemula di Jawa Tengah ini, dan kerap melakukan camping bersama pada akhir pekan. Wajar sih, soalnya pemandangan sunrise di Gunung Andong ini begitu memukau para pendaki. Salah satu tempat wisata di Magelang yang instagramable deh!

Yakin nggak mau naik Gunung Andong by IG @donihrmnt
Yakin nggak mau naik Gunung Andong by IG @donihrmnt

Sebelum mendaki kalian juga perlu mengetahui kalau Gunung Andong mempunyai 4 puncak. Soalnya Puncak Gunung Andong ini memang berbentuk memanjang, dari arah barat hingga ke timur. Nah di sepanjang bentangan puncak tersebut terdapat beberapa titik yang dianggap sebagai puncak.

Kalau dihitung ada 4 puncak yang akan kalian temukan di Gunung Andong. Jika disebut satu-persatu, dari arah paling barat ada Puncak Makam kemudian Puncak Jiwa, Puncak Andong dan Puncak Alap-alap (paling timur). Sementara itu paling tinggi dan memiliki pemandangan paling indah dikenal sebagai Puncak Andong. Lokasi Gunung Andong di Google Maps bisa kalian temukan disini.

2. Nikmati Sunrise Yang Syahdu Dari Punthuk Setumbu

Sunrise syahdu dari Punthuk Setumbu Magelang by IG @akphotoworks
Sunrise syahdu dari Punthuk Setumbu Magelang by IG @akphotoworks

Pemandangan sunrise di Punthuk Setumbu memang begitu syahdu, karena dari Punthuk Setumbu ini kalian dapat menikmati sunrise dengan latar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Selain itu, daya tarik utama lain di Punthuk Setumbu yakni menyaksikan kemegahan Candi Borobudur yang muncul dengan cantik dan diselimuti oleh lautan kabut tipis di pagi hari. Membuatnya seolah melayang-layang di atas awan dengan begitu magis.

Pemandangan yang tidak ada duanya di belahan bumi manapun itulah yang kemudian menjadi magnet dan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke sini. Oleh karena itu tidak heran lagi jika Punthuk setumbu ini kini menjadi ramai. Alasannya tentu karena bukit ini menyajikan pemandangan sunrise yang tak kalah cantik dari tempat lain seperti pemandangan sunrise di Gunung Bromo di Jawa Timur, ataupun Bukit Sikunir di Dieng Jawa Tengah. Untuk alamat dan lokasi Punthuk Setumbu di Google Maps bisa kalian temui disini.

Memang, bukit Punthuk Setumbu yang ada di Magelang ini unik, dan lain daripada yang lain. Disini kalian bisa menyaksikan mentari yang menampakkan dirinya perlahan dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Selain itu, perhatikan dengan seksama pada kerumunan pepohonan yang terselimuti kabut tipis didepan. Perlahan tapi pasti, keelokan candi Buddha terbesar di Indonesia ini akan menampakkan dirinya. Pemandangan seperti itulah yang ditunggu para fotografer, untuk diabadikan.

3. Segarkan Suasana Dengan Singgah Di Ketep Pass Salah Satu Wisata Alam Terbaik Di Magelang

Main ke Ketep Pass dan nikmati pemandangannya by IG @ketep_pass_magelang
Main ke Ketep Pass dan nikmati pemandangannya by IG @ketep_pass_magelang

Ini adalah salah satu tempat wisata di Magelang yang direkomendasikan untuk kalian kunjungi. Ketep Pass ini lokasinua berada di daerah Sawangan, Magelang. Atau berada kurang lebih sekitar 21 km dari Mungkid.

Akses terdekat menuju tempat wisata Ketep Pass adalah 30 km dari Kota Magelang, 30 KM jika dari Candi Borobudur dan 35 km dari arah Kota Boyolali. Alternatifnya bisa juga dicapai dari Kota Salatiga, berjarak 32 km.

Lokasinya cukup strategis, dan bisa dijangkau dengan menggunakan sebagian besar moda transportasi seperti sepeda motor, minibus, higga bus berukuran besar. Jika kalian ingin berkunjung ke Ketep Pass, bisa menggunakan panduan lokasinya di Google Maps disini.

Pemandangan malam hari Ketep Pass juga oke! by IG @ketep_pass_magelang
Pemandangan malam hari Ketep Pass juga oke! by IG @ketep_pass_magelang

Selain udara yang segar, kalian bisa menikmati beberapa fasilitas wisata yang ada di Ketep Pass seperti Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong Pemandangan, Pelantaran Pancaarga hingga restoran untuk mengisi perut yang kosong.

Dan yang tidak bisa dilewatkan dair Ketep Pass adalah pemandangan eksotis Gunung Merapi di kejauhan. Gunung ini menjulang tinggi tegak, terlihat melalui gardu pandangnya yang berada pada ketinggian 120 mdpl.

Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan pemandangan cantik dari Ketep Pass tadi. Nggak cuma Gunung Merapi saja, dari atas Ketep Pass kalian juga akan disapa panorama yang begitu memukau dari Gunung Merbabu lengkap dengan pemandangan menghijau di lerengnya. Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Magelang yang ini?

4. Bersantai di Pemandian Air Panas Candi Umbul Magelang

Pemandian Air Panas Candi Umbul Magelang by IG @adninasbi
Pemandian Air Panas Candi Umbul Magelang by IG @adninasbi

Mungkin kalian sudah merasa lelah menjelajah beberapa tempat wisata di Magelang. Nah, sekarang berarti waktunya untuk relaksasi sebelum melanjutkan eksplorasi wisata Magelang. Kalau sudah begitu, berati sangat pas untuk berkunjung ke pemandian air panas Candi Umbul. Harga tiketnya cukup murah, cuma IDR 3000 saja. Untuk lokasi pemandian air panas Candi Umbul Magelang bisa kalian temui di Google Maps disini.

Asiknya lagi, ketika main ke pemandian air panas Candi Umbul ini kalian nggak cuma bisa berendam air panas saja. Tetapi juga bisa menikmati keindahan Candi Umbul yang bercorak hindu peningalan Dinasti Syailendra. Terus kerennya lagi, dahulu yang memakai pemandian air panas ini adalah putra-putri bangsawan lho! Gimana gak berminat mandi air panas murah meriah ala putra-putri bangsawan di Magelang?

5. Segarkan Diri Di Air Terjun Kedung Kayang Dan Air Terjun Curug Silawe

Bersantai di Air Terjun Kedung Kayang juga bisa by IG @zamzambie
Bersantai di Air Terjun Kedung Kayang juga bisa by IG @zamzambie

Kalau liburan ke Magelang jangan sampai nggak mampir ke dua tempat wisata air terjun ini. Yang pertama adalah air terjun Kedung Kayang yang merupakan wisata anti-mainsteram berada di perbatasan Boyolali Magelang. Lokasi tempatnya di Google Maps bisa kalian temui disini.

Air Terjun bernama Kedung Kayang ini memiliki ketinggian 40 meter, dan berada di area lereng Gunung Merapi. Biasanya orang yang berkunjung Ketep Pass juga akan berkunjung ke Air Terjun Kedung Kayang. Soalnya memang lokasinya sidah cukup dekat atau sekitar 3 KM saja.

Meski tersembunyi, Curug Silawe ini sangat mempesona by IG @jenny_sbrh
Meski tersembunyi, Curug Silawe ini sangat mempesona by IG @jenny_sbrh

Sementara itu nggak afdol rasanya berkunjung ke Kedung Kayang tanpa mampir juga ke Air Terjun Curung Silawe. Meski kalah terkenal, bukan berarti Curug Silawe ini nggak layak untuk dikunjungi loh!

Curug Silawe ini berada di kaki Gunung Sumbing atau tepatnya berada di Dusun Kopeng Kulon, Ds. Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang. Meski jalanan menuju ke Curug Silawe ini kurang begitu mulus, namun kalian akan dibuat kagum dengan keindahannya. Apalagi pemandangan persawahan menghijau sepanjang perjalanan menuju air terjun Curug Silawe nanti!

6. Rumah Kamera Raksasa Di Magelang, Tempat Wisata Di Magelang Yang Unik

Rumah Kamera Raksasa Magelang by IG @iif.id
Rumah Kamera Raksasa Magelang by IG @iif.id

Kalau kalian pengen lihat rumah yang unik, berarti kalian harus berkunjung ke Magelang! Soanya disini ada tempat wisata berupa rumah kamera. Iya bener, rumah yang dibuat menyerupai kamera DSLR yang berukuran raksasa.

Lokasi Rumah Kamera raksasa di Magelang ini juga nggak terlalu jauh dari Candi Borobudur atau bisa kalian cari di Google Maps disini. Jadi kalian yang berkunjung ke Candi Borobudur bisa sekalian ke rumah kamera yang telah memecahkan rekor muri sebagai rumah kamera terbesar di Indonesia. Alamat Rumah Kamera raksasa ini sendiri berada di Desa Majaksingim, Kecamatan Bororbudur, Magelang.

Bentuknya yang unik sebenarnya menggambarkan fungsi dari Rumah Kamera ini. Rumah yang dibuat dari ide seniman lokal Tanggol Angien Jatikusumo ini diperuntukkan sebagai galery karya lukisan seniman setempat. Rumah yang berlantai 4 ini sendiri dibangun pada tahun 2013. Jadi termasuk salah satu tempat wisata baru di Magelang sih.

6. Candi Borobudur Wisata Di Magelang Paling Populer

Candi Borobudur pada pagi hari by IG @nushes24
Candi Borobudur pada pagi hari by IG @nushes24

Sejak dulu Candi Borobudur sudah begitu terkenal dengan kemegahan arsitekturnya, sehingga bisa menarik ribuan wisatawan berkunjung. Namun selain itu ada daya tarik lain yang membuat candi terbesar di Indonesia ini menjadi pilihan para wisatawan. Lokasi Candi Borobudur bisa kalian temui di Google Maps disini.

Yaitu pemandangan pagi hari di Candi Borobudur. Ya, pagi hari adalah waktu terbaik untuk menikmati Candi Borobudur sepenuhnya. Apalagi berburu sunrise di Borobudur adalah salah satu aktivitas menyenangkan sekaligus cara berbeda untuk menikmati keindahan candi Budha terbesar di Indonesia ini.

Selain itu paket Berburu Sunrise Di Borobudur memang sedang banyak diburu para penyuka sunrise. Banyak traveler yang hobi mengintip sang surya yang sedang malu-malu bersinar dan perlahan muncul dari balik Gunung Merapi yang masih diselimuti kabut pagi.

Memang tiada aroma pagi begitu segar nan sempurna kecuali dalam balutan nuansa keajaiban warisan sejarah Indonesia. Kalian nggak mau ikut mencobanya? Yuk berangkat dan siapkan kamera untuk mengabadikan keindahan sunrise di Borobudur!

7. Berkunjung Ke Candi Mendut Dan Kagumi Sejarahnya

Candi Mendut by IG @indrigracia85
Candi Mendut by IG @indrigracia85

Candi Mendut ini lokasinya berada terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kalau dari Yogyakarta jaraknya sekitar 38 km ke arah barat laut. Jika kalian mencari tempat wisata di Magelang yang berkaitan dengan sejarah, tempat ini adalah tepat untuk dikunjungi

Buat kalian yang main ke Candi Boroudur, berarti juga harus main ke Candi Mendut ini. Soalnya lokasinya hanya sekitar 3 km dari Candi Borobudur! Atau lokasi tepatnya di Google Maps ada disini. Deket kan? Jadi rugi kalau nggak mampir sekalian untuk mengagumi sejarahnya :)

8. Candi Pawon Yang Berada Diantara Dua Candi

Candi Pawon by IG @yusupscat
Candi Pawon by IG @yusupscat

Candi Pawon ini lokasinya juga nggak terlalu jauh dari Candi Borobudur. Lokasinya tentu masih berada di Desa Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Prov. Jawa Tengah. Candi Pawon ini berada diantara Candi Borobudur dan Candi Mendut. Atau tepatnya berada sekitar 2 km dari Candi Borobudur dan 1 km dari Candi Mendut. Jika kalian ingin berkunjung ke sini, bisa menggunakan panduan lokasinya di Google Maps disini.

9. Candi Ngawen Tempat Wisata Di Magelang Yang Bersejarah

Candi Ngawen Magelang by IG @bennykristianto30
Candi Ngawen Magelang by IG @bennykristianto30

Candi Ngawen adalah candi Buddha yang berada kira-kira 5 km sebelum candi Mendut dari arah Yogyakarta, yaitu di desa Ngawen, kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Menurut perkiraan, candi ini dibangun oleh wangsa Sailendra pada abad ke-8 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Menurut Soekmono keberadaan candi Ngawen ini kemungkinan besar adalah bangunan suci yang tersebut dalam prasasti Karang Tengah pada tahun 824 M, yaitu Venuvana (Sanskerta: ‘Hutan Bambu’).

Candi ini terdiri dari 5 buah candi kecil, dua di antaranya mempunyai bentuk yang berbeda dengan dihiasi oleh patung singa pada keempat sudutnya. Sebuah patung Buddha dengan posisi duduk Ratnasambawa yang sudah tidak ada kepalanya nampak berada pada salah satu candi lainnya. Beberapa relief pada sisi candi masih nampak cukup jelas, di antaranya adalah ukiran Kinnara, Kinnari, dan kala-makara. Jika kalian ingin berkunjung, bisa menggunakan panduan cara ke Candi Ngawen disini.

10. Candi Selogriyo Tempat Wisata Di Magelang Yang Instagramable

Candi Selogriyo Magelang by IG @anak_dusun_
Candi Selogriyo Magelang by IG @anak_dusun_

Candi Selogriyo adalah sebuah peninggalan purbakala di Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 M, pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Karena lokasinya aksesnya yang lumayan susah, Candi Selogriyo ini kurang begitu terkenal jika dibanding dengan candi lainnya. Namun untuk penyuka sejarah candi, nggak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat ini.

Candi Selogriyo berada di lereng timur kumpulan tiga bukit, yakni Bukit Condong, Giyanti, dan Malang, dengan ketinggian 740 mdpl. Untuk lokasinya di Google Maps bisa ditemukan disini. Atau secara administratif, candi ini berada di Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Rute yang terdekat adalah jalur Magelang-Bandongan. Sesampai di Pasar Bandongan belok ke kanan menuju kecamatan Windusari. Di sebuah pertigaan terdapat papan petunjuk arah ke candi.

11. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng Magelang by IG @cindy_cullens
Taman Kyai Langgeng Magelang by IG @cindy_cullens

Kalau Taman Kyai Langgeng ini berada sekitar 1 km dari pusat kota Magelang atau lokasinya taman ini di Google Maps bisa ditemukan disini. Taman ini adalah salah satu taman kota favorit warga Magelang. Luas area taman adalah sekitar 28 hektar. Keunikan taman ini adalah terdapat berbagai macam replika dari dinosaurus hingga pesawat terbang. Nggak ketinggalan juga wahana permainan yang cukup lengkap disini.

Untuk yang doyan baca buku, disini juga terdapat perpustakaan lho. Namun sepertinya udara segar taman yang penuh pepohonanlah yang menjadikan Taman Kyai Langgeng adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan. Untuk tiket masuk ke Taman Kyai Langgeng adalah IDR 20.000 pada hari Senin – Jumat. Sementara untuk Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional adalah IDR 25.000.

12. Alun Alun Kota Magelang

Alun Alun Kota Magelang by IG @alifyusuff
Alun Alun Kota Magelang by IG @alifyusuff

Liburan ke Magelang rasanya kurang lengkap tanpa berkunjung ke alun-alun kotanya yang berada di lokasi ini. Apalagi alun-alun ini adalah landmark kebanggakan masyarakat Kota Magelang. Selain bisa bersantai melepas lelah, kalian bisa berburu kuliner disekitar alun-alun Kota Magelang ini. Jangan lewatkan juga untuk berfoto di depan pantung Pangeran Diponegoro yang menunggang kuda di alun-alun ini ya. Selain itu untuk yang mau belanja oleh-oleh di Magelang, kalian bisa coba berbelanja di Pecinan Magelang yang berada tak jauh dari sini.

13. Air Terjun Sekar Langit Magelang Yang Tersembunyi

Air Terjun Sekar Langit Magelang by IG @athaindra
Air Terjun Sekar Langit Magelang by IG @athaindra

Mungkin karena lokasinya yang cukup tersembunyi, berada di lereng Gunung Telomoyo jadinya nggak banyak orang tahu tentang keberadaan salah satu air terjun di Magelang ini. Namun pastinya Air Terjun Sekar Langit ini cukup dikenal masyarakat setempat karen legenda Jaka Tarubnya.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Untuk menuju air terjun ini dari kota Magelang adalah dengan melewati daerah Grabag dan menyusuri perbukitan. Atau kalian bisa menggunakan panduan lokasi Air Terjun Sekar Langit di Google Maps disini.

Dari Kota Kecamatan Grabag, air terjun ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10-15 menit, dengan pintu masuknya berada di Dusun Dalangan, Desa Pandean Ngablag.

Selanjutnya dari pintu gerbang tadi untuk menuju air terjun masih memerlukan jarak tempuh sekitar 500 meter melalui jembatan dan jalan setapak yang menanjak melewati hutan pinus.

Harap berhati-hati kalau kesini ketika musim hujan, soalnya kadang air bah bisa datang tiba-tiba dari hulu sungai. Karena itu di sepanjang jalan terpampang beberapa papan pengumuman yang diletakkan di pohon untuk mengingatkan pengunjung jika hujan tiba, harus keluar dari lokasi air terjun. Untuk tiket masuknya, tiap kendaraan bermotor adalah IDR 2000 dan untuk mobil IDR 3000.

14. Gereja Ayam A.K.A Gereja Merpati Magelang

Gereja Ayam Bukit Rhema Magelang by IG @didikfakyudi
Gereja Ayam Bukit Rhema Magelang by IG @didikfakyudi

Orang lebih mengenalnya sebagai Gereja Ayam, meski sebenarnya bangunan ini dibuat dengan bentuk Burung Merpati oleh pembuatnya. Sebelum terkenal karena menjadi lokasi shooting film AADC2 (Ada Apa Dengan Cinta 2), tempat wisata unik dan instagramable di Magelang ini cenderung sepi dan nggak banyak pengunjungnya.

Namun semua itu berubah sejak tayangnya film AADC2. Sekarang Gereja ayam yang berada di Bukit Rhema ini makin banyak pengunjungnya dan menjadi salah satu tempat wisata di Magelang paling hits. Ada yang datang karena penasaran dan sekedar berfoto selfie, ada juga yang datang untuk foto pre-wedding di Gereja Ayam ini.

Untuk yang ingin liburan di Magelang, nggak ada salahnya untuk berkunjung ke Gereja Ayam yang beralamat di Bukit Rhema, Dusun Gombong, Desa Kembang Limus, Kecamatan Borobudur. Jangan lupa untuk berkunjung ke Punthuk Setumbu terlebih dahulu yang juga berada tak jauh dari sini. Untuk cerita lengkap mengenai gereja ayam bisa dibaca disini. Sementara itu untuk lokasi Gereja Ayam di Google Maps bisa kalian temui disini.

15. Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan Tempat Wisata Di Magelang Yang Instagramable

Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan ini salah satu tempat wisata di Magelang yang cocok untuk berburu foto instagram by IG @ivan_jonadie
Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan ini salah satu tempat wisata di Magelang yang cocok untuk berburu foto instagram by IG @ivan_jonadie

Banyak yang mengenal tempat ini dengan Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan. Wajar kalau namanya begitu, soalnua tempat ini dikenal karena sempat hits sebagai tempat selfie dan muncul di Instagram. Untuk alamat Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan ini berada di Kaponan, Kecamatan Pakis, Magelang.

Tempatnya yang penuh dengan pepohonan pinus memang mendukung sekali sebagai tempat untuk berburu foto selfie atau bahkan untuk hunting foto professional seperti foto pre-wedding. Tempat wisata seperti ini pastilah diminati oleh pengunjung muda mudi.

Apalagi tiket masuk menuju Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan ini nggak mahal. Hanya IDR 2000 untuk sepeda motor dan IDR 5000 untuk mobil. Jika kalian pergi ke Ketep Pass, bisa juga sekalian mampir kesini karena lokasinya searah dan nggak begitu jauh. Untuk lokasi Wisata Top Selfie Pinusan Kragilan di Google Maps bisa dilihat disini.

16. Taman Badaan Magelang Untuk Rekreasi Keluarga

Taman Badaan Magelang by IG @fafasaputra
Taman Badaan Magelang by IG @fafasaputra

Taman Badaan ini adalah tempat wisata di Magelang yang cocok untuk keluarga. Apalagi rekreasi ke Taman Badaan ini tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Selain itu lokasinya juga cukup mudah untuk dicari, tak jauh dari Alun Alun Kota Magelang, tepatnya berada di depan Museum Jendral Sudirman.

Untuk lokasi tepatnya berada di di antara Jalan Pahlawan dan Jalan Ade Irma Suryani, Kota Magelang atau bisa kalian temukan di Google Maps disini. Disitulah terdapat taman kota yang tertata rapi dengan berbagai fasilitas untuk bermain. Pantas saja pengunjungnya berasal dari berbagai daerah, bahkan hingga dari luar kota. Ada yang mau main kesini?

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: