Gereja Ayam Magelang, Tempat Wisata Tersembunyi Yang Penuh Misteri

LiburMulu.com Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki potensi pariwisata yang sangat tinggi, terdapat ratusan hingga ribuan destinasi wisata yang tidak kalah indah dengan negara-negara lain di dunia. Terlebih dengan adanya kemajuan tekhnologi informasi saat ini, membuat destinasi yang tadinya belum terdengar kini secara cepat tersebar keindahan serta keberadaannya.

Indonesia seperti tidak ada hentinya melahirkan destinasi-destinasi wisata baru, bukan hanya karena keindahannya melainkan juga keunikan serta cerita dan latar belakang lain yang mendorongnya menjadi begitu terkenal. Salah satunya adalah Chicken Chruch atau Gereja Ayam yang kini nama dan keberadaannya menghebohkan media baik dalam maupun media luar negeri. (Baca Juga : Menyapa Matahari Pagi Sunyi, Berburu Sunrise Di Borobudur)

Bangunan misterius yang kini mendunia

Bangunan misterius yang kini mendunia

Berdiri di salah satu bukit di Magelang, Jawa Tengah. Bangunan tua yang berbentuk unik ini, berdiri tak terawat seakan menyimpan begitu banyak misteri. Banyak sebutan untuk bangunan misterius ini seperti misalnya Gereja Ayam, Gereja Burung, Gereja Merpati, Bukit Merpati serta masih banyak sebutan lainnya.

Namun pada kenyataannya, sang pemilik bangunan yakni Daniel Alamsjah menyebutkan bahwa bangunan tersebut bukanlah bangunan yang ingin ia fungsikan sebagai gereja dan bukan pula menyerupai ayam. Daniel Alamsjah mengaku mendapatkan mimpi untuk membangunnya. (Baca Juga : Punthuk Setumbu Dan Pemandangan Sunrisenya Yang Syahdu)

Daniel Alamsjah yang kini sudah tua renta ini bermaksud untuk membuatnya menyerupai merpati  dan ingin ia fungsikan sebagai rumah doa atau tempat yang diperuntukkan bagi seluruh umat yang percaya kepada Tuhan.

Bangunan ini tidak hanya diperuntukkan bagi umat Kristen melainkan sebagai pusat rehabilitasi bagi anak-anak yang kekurangan fisik, orang ketergantungan narkoba, orang kurang waras, dan para anak muda yang punya masalah.

Bangunan gereja yang bentuknya seperti ayam yang sedang mengerami telurnya ini berdiri di tengah hutan

Bangunan gereja yang bentuknya seperti ayam yang sedang mengerami telurnya  ini berdiri di tengah hutan

Sisi kanan gereja

Sisi kanan gereja

Seperti yang dapat dilihat langsung di situsnya, Bukit Merpati (nama resmi dari pemilik bangunan) secara jelas memiliki visi untuk melayani orang-orang yang terbuang, yang berbeban berat untuk kembali menjadi manusia yang berarti. Tempat ini awalnya mempunyai dua misi yaitu:

  • Membina orang yang berbeban berat (gangguan jiwa, ketergantungan obat-obat Napza, gangguan Occultisme, korban kekerasan, kenakalan remaja), agar dapat dipulihkan hubungan harmonis dengan Tuhan, keluarga dan masyarakat.
  • Membentuk karakter yang berkenan dihadapan Tuhan, Keluarga dan Masyarakat.

Meskipun rumah doa ini dibangun dengan niat yang begitu mulia, pembangunannya telah banyak mengalami kendala. Hal tersebut dikarenakan  banyaknya warga di sekitar desa Kembang Limus dan Karangrejo yang tidak setuju dan berfikiran bahwa banyak perbuatan maksiat yang dilakukan didalam bangunan tersebut.

Pengelola akhirnya menutup rumah doa & pondok rehabilitasnya dikarenakan kekurangan biaya dan dukungan pada tahun 2000. (Baca Juga : Nggak Perlu Lagi Repot Ngurus Visa! Ini Dia Tempat Liburan Di Indonesia Yang Mirip Dengan Tempat Liburan Di Luar Negeri)

Bagian ekor

Bagian ekor

Namun siapa yang menyangka bahwa bangunan yang kini terlanjur dikenal sebagai Gereja Ayam ini telah banyak mengundang banyak pengunjung. Sejarah dan bentuk yang begitu misterius seakan menjadi magnet untuk para wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Kini Gereja Ayam menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang selalu ramai dikunjungi turis setiap harinya, serta menjadi banyak perbincangan umat Kristen sedunia.

Bagian dalam Gereja Ayam ternyata cukup luas by IG @korina_sebayang

Bagian dalam Gereja Ayam ternyata cukup luas by IG @korina_sebayang

Bahkan media sebesar DailyMail.co.uk telah meliput dan membuat namanya menjadi semakin mendunia.  Berkat beritanya yang begitu santer terdengar, kini perlahan gereja ini telah dibangun kembali sesuai dengan niat mulia sang pemilik, Daniel Alamsjah.

Bagi kalian yang memang tertarik untuk mengunjunginya, kalian memiliki kesempatan untuk masuk bahkan menikmati pemandangan dari atas bagian paruh serta mahkota gereja ayam ini, selamat berwisata sejarah dan dimohon agar tidak melakukan scam jenis apapun ya!

Gereja Ayam ini lebih terlihat seperti burung dari udara.

Gereja Ayam ini lebih terlihat seperti burung dari udara. (sumber)

Terlepas dari ceritanya, sekarang ini tempat wisata di Magelang yang sudah terkenal dengan nama Gereja Ayam sudah menjadi favorit bagi para pengunjungnya. Meskipun jaraknya cukup jauh dari Yogyakarta, atau sekitar 45 kilometer, tak menyurutkan untuk berkunjung ke Gereja Ayam dan tentunya Punthuk Setumbu yang berada nggak jauh dari sana.

Fakta Tentang Gereja Ayam Yang Perlu Kalian Ketahui

Gereja Ayam Bukit Rhema Magelang by IG @didikfakyudi

Gereja Ayam Bukit Rhema Magelang by IG @didikfakyudi

Mungkin tempat ini adalah tempat yang menarik untuk selfie. Atau untuk para pecinta film Ada Apa Dengan Cinta, tempat ini bisa membuat kalian lebih dekat dengan para bintangnya. Namun apakah kalian tahu ada fakta-fakta tersembunyi dibalik bangunan ini? Coba cari tahu disini!

1. Gereja Ayam Ini Sempat Terlantar, Namun Karena Film AADC2 Jadi Makin Ngehits

Disebutkan kalau bangunan ini sudah ada sejak tahun 1990-an. Waktu masih belum terkenal, bangunan ini terlihat sangat tidak terawat. Bahkan ada beberapa coretan vandal memenuhi sebagian bangunan. Padahal bangunan yang berada di Dusun Gombong, Desa Kembang Limus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang ini dihiasi oleh ornamen cantik nan vintage. Disini juga terdapat tangga ke bagian atas untuk menikmati pemandangan di Sekitarnya.

Memang sebelumnya tempat ini sudah lumayan dikenal, terutama masyarakat sekitar. Namun berkat dijadikan latar oleh film Ada Apa Dengan Cinta 2, Gereja Ayam makin ngehits! Bahkan sekarang menjadi salah satu tempat favorit untuk selfie di Magelang, juga salah satu tempat prewedding pilihan pasangan yang mau melangsungkan pernikahan.

2. Namanya Ada Banyak

Sebelum booming, namanya dikenal sebagai Gereja Ayam saja. Sementara itu oleh pembuatnya dikenal bukan sebagai Gereja Ayam, tetapi  Gereja Merpati. Nah, sekarang ini seiring makin terkenal dikalangan turis lokal dan turis asing, namanya pun bertambah. Ada yang bilang Gereja Dove, Pigeon Hill, Gereja Chicken, Gereja Bird dan mungkin masih ada lagi yang lain. Ada yang tahu?

Bahkan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Magelang! by IG @wisata_magelang

Bahkan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Magelang! by IG @wisata_magelang

3. Lokasinya Berada Nggak Jauh Dari Punthuk Setumbu

Faktanya bahkan kalian bisa berjalan kaki dari Punthuk Setumbu untuk menuju tempat ini. Jadi sebaiknya kalau berkunjung kesini, menyempatkan diri untuk mampir ke Punthuk Setumbu untuk melihat pemandangan sunrise yang menakjubkan di Magelang. Atau sebaliknya, selepas menikmati sunrise bisa mampir ke Gereja Ayam ini.

4. Fungsinya Bukan Untuk Gereja

Dulu sang pembuatnya memang sengaja membuatnya untuk pusat rehabilitasi. Yaitu untuk pusat rehabilitasi untuk anak-anak cacat, pecandu narkoba dan bahkan orang gila. Namun seiring berjalannya waktu muncullah banyak versi cerita. Dan yang paling banyak diketahui, ini adalah bangunan gereja berbentuk ayam Padahal ada yang menyebutkan kalau tempat ini malah sempat dijadikan sebagai tempat beribadah beberapa agama.

Foto-Foto Terbaru Gereja Ayam Magelang Di Instagram!

Buat yang penasaran berikut foto-foto terbaru dari Gereja Ayam di Magelang. Mungkin bisa untuk referensi sebelum liburan kesana

Tempat ini adalah tempat favorit untuk selfie muda mudi di Magelang by IG @reginabuldut

Tempat ini adalah tempat favorit untuk selfie muda mudi di Magelang by IG @reginabuldut

Bagian dalam gereja ayam bukit rhema sekarang sudah lebih terawat dibanding dulu by IG @rayiwnnt

Bagian dalam gereja ayam bukit rhema sekarang sudah lebih terawat dibanding dulu by IG @rayiwnnt

Banyak Dicari

  • daniel alamsjah
  • gereja ayam

Berbagi itu menyenangkan!

3 Responses

  1. Dicky Febrian says:

    perasaan pernah liat di game angry bird Rio

  2. LiburMulu.Com says:

    eh mirip ya?

  3. Esther Dede says:

    Wauhhh kerennn

%d bloggers like this: