Tempat Liburan Di Jawa Tengah Untuk Yang Hobi Berburu Foto Instagram!

LiburMulu.Com – Kalau ada yang nanya, apa sih tempat liburan di Jawa Tengah itu? Pasti kebanyakan menjawab Candi Borubudur, lalu Punthuk Setumbu juga Bangunan berbentuk Merpati di Magelang yang belakangan menjadi makin terkenal karena film AADC2 (Ada Apa Dengan Cinta).

Padahal, kalau kalian teliti lebih jauh, tempat liburan di Jawa Tengah itu nggak cuma kedua itu. Banyak tempat wisata di Jawa Tengah yang kece badai, terutama untuk kalian traveler yang doyan berburu foto Instagram. Jadi, jawa tengah nggak bisa dipandang sebelah mata. Soalnya memang ada cukup banyak tempat liburan di Jawa Tengah ini yang bisa memanjakan mata dan kamera.

Tempat Liburan Di Jawa Tengah Untuk Yang Hobi Berburu Foto Instagram!
Tempat Liburan Di Jawa Tengah Untuk Yang Hobi Berburu Foto Instagram!

Misalnya nih, 7 Spot Kece Dan Hits Untuk Instagram Kamu Yang Lagi di Jawa Tengah ini! Coba baca, terus bagikan destinasi liburan di Jawa Tengah mana yang kalian suka!

1. Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong, Desa Giritengah, Magelang by IG @gitadheasabel
Punthuk Mongkrong, Desa Giritengah, Magelang by IG @gitadheasabel

Jika kalian mencari tempat trekking asik dengan biaya murah meriah, Punthuk Mongkrong bisa kamu coba. Punthuk yang satu ini terletak di lereng Menoreh, tepatnya di Desa. Giritengah, Borobudur. Atau sekitar 5 km jaraknya dari Candi Borobudur. Seperti punthuk lainnya yang ada di Magelang, Punthuk Mongkrong juga menawarkan landscape yang sangat menawan, seperti sunrise dan sunset, pegunungan yang dibalut kabut tipis dan juga rimbunnya pepohonan

Puthuk Mongkrong memiliki ketinggian 624 mdpl dan menyuguhkan pesona sinar emas yang tak kalah cantik dengan yang ada di pegunungan. Menariknya, untuk menikmati keindahan tersebut kalian tak perlu bercapek-capek dulu seperti halnya ketika kalian mendaki gunung. untuk berada di titip puncak, kalian hanya memakan waktu 30 menit saja. Waktu yang relatif cepat, bukan?

Untuk bisa sampai di Punthuk Mongkrong, kalian bisa mengambil jalur selatan yaitu melalui Jalan Badrawati, lanjutkan terus perjalananmu sampai kemudian tiba di perempatan Seganan desa Tuksong. Nah, dari perempatan Seganan belok kanan, lalu lurus terus sampai menemui Balai Desa Karanganyar, lanjutkan lagi perjalananmu sampai menemukan Balai Desa Giritenga.

Sesampainya di Desa Giritenaga, kalian akan dibawa melewati jalanan berasapal yang sempit dan menanjak. Sesampainya di gank kecil yang dipenuhi dengan rumah warga, itu tandanya sedikit lagi kalian akan sampai di pintu masuk Puntuk Mongkrong.

BACA JUGA :  Desa Sasak Sade, Desa Wisata Di Lombok Yang Unik!

2. Rumah Pohon Igir Wringin

Rumah Pohon Igir Wringin by IG @rumah_pohon_igir_wringin
Rumah Pohon Igir Wringin by IG @rumah_pohon_igir_wringin

Meskipun namanya tenggelam dari daerah lainnya, namun siapa sangka jika Purbalingga ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satunya yang belakangan ini sedang hits adalah Rumah Pohon Igir Wringin.

Destinasi yang mulai terkenal karena media sosial ini berada si Desa Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Rumah Pohon Igir Wringin ini diharapkan dapat memajukan sektor wisata di Purbalingga, karena memang kini Desa Panusupan dikenal sebagai Desa Wisata.

Destinasi ini menjadi begitu hits karena Rumah Pohon yang satu ini menyuguhkan pesona luar biasa pagi para pengunjungnya. Kalian tentu akan merasa rugi, jika tidak berkunjung saat berada di Purbalingga. Ketika tiba di puncaknya kalian akan dapat menyaksikan landscape kota Purbalingga serta hamparan keindahan alam yang dilatarbelakangi oleh Gunung Slamet.

3. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan Dusn Babakan, Desa Wanoja, Kec Salem, Brebes, Jawa Tengah by IG @ikhwan28_
Bukit Panenjoan Dusn Babakan, Desa Wanoja, Kec Salem, Brebes, Jawa Tengah by IG @ikhwan28_

Berada tidak jauh dari Jln. Raya Windusakti-Capar. Tepatnya, di Dsn. Babakan, Dsa. Wanoja, Kec. Salem, Brebes, Jawa Tengah. Bukit Panenjoan merupakan destinasi wisata alam hits milik kota Brebes yang saat ini begitu populer. Berupa perbukitan yang menyuguhkan pemandangan alam yang asri nan hijau dipandu dengan landscape pegunungan.

Bukit yang satu ini akan sangat mampu untuk menghapus penat serta bosan yang kalian rasakan. Jangan ragu untuk berkunjung, karena akses menuju lokasi wisata ini sudah cukup baik, kalian akan melewati jalanan naik-turun serta berliku. Namun tetap menyenangkan karena kalian akan dimanjakan oleh pesona pemandangan alam yang menyejukan khas pedesaan.

Terdapat gardu pandang yang menjadi spot utama di Bukit Panjenoan. Akan sangat rugi jika kalian tidak mengabadikan gambar di spot yang satu ini. Bukit Panenjoan juga telah memiliki sejumlah fasilitas, yakni kursi duduk untuk menikmati pemandagan alam, serta warung makan.

Diharapkan untuk sabar mengantri ya, karena di gardu pandang, ada banyak wisatawan yang juga ingin mendapatkan foto hits ditempat ini. Waktu kunjungan terbaik pada pagi hari, yakni ketika matahari berada di ufuk timur.

BACA JUGA :  Mengejar Sunrise dan Sunset di Jurang Tembelan

4. Gardu Pandang Puncak Telkom

Gardu Pandang Suroteleng Boyolali by IG @sumawantoedi
Gardu Pandang Suroteleng Boyolali by IG @sumawantoedi

Masih tentang destinasi yang berupa gardu pandang, destinasi yang belum lama lahir ini tak kalah indahnya dalam menyajikan panorama alam pegunungan serta bukit-bukit hijau di Purbalingga. Lokasinya semakin sempurna karena memberikan udara yang segar serta mampu untuk sejenak melepaskan penat. Bagi kalian yang memang membutuhkan tempat nyaman tersebut di sekitaran Jawa Tengah, datanglah ke Gardu Pandang Puncak Telkom yang berada di Purbalingga.

Karena Gardu Pandang Puncak Telkom masih dikelola secara bersama oleh warga setempat, membuatnya belum memliki fasilitas yang layak sebagai destinasi wisata. Jadi kalian diharapkan untuk tertib serta berhati-hati.Namun meskipun begitu, keindahan Gardu Pandang Puncak Telkom tetap dapat dinikmati dengan leluasa.

Waktu kunjungan nterbaik pada sore hari, yakni ketika matahari siap untuk tenggelam di ufuk barat. Atau jika kalian ingin suasana yang lebih romantis, kalian juga tetap dapat berkunjung di malam hari, dari sini kalian akan menyaksikan gemerlap lampu kota yang begitu syahdu.

5. Puncak Sendaren

Puncak Sendaren yang ada di Dusun Karang Gedang, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga by IG @vitaputris
Puncak Sendaren yang ada di Dusun Karang Gedang, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga by IG @vitaputris

Puncak Sendaren ini berada di Dusun Karang Gedang, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga. Kini terdapat sebuah spot untuk berfoto yang membuat Purbalingga menjadi semakin populer dikalangan traveler muda.

Tempat ini dikenal dengan nama Puncak Sendaren, yakni puncak yang tiap harinya dikunjungi oleh hampir 1000 lebih pengunjung dari berbagai daerah. Puncak Sendaren memang memiliki keunikan tersendiri sehingga begitu ramai dikunjungi, lokasinya yang begitu fotogenic membuat banyak orang rela mengantri untuk berselfie ria disini.

Dari puncak ini juga kalian dapat menikmati keindahan kota Purbalingga serta hamparan rumah-rumah warga yang tampak seperti miniatur. Bahkan, jika beruntung kalian dapat memiliki kesempatan untuk menyentuh awan. Puncak Sandaren berada di ketinggian 682Mdpl sehingga kalian akan merasakan udara yang sangat sejuk dan dingin.

Ketika menuju ke Puncak Sandaren, kalian akan melewati beberapa pos penjagaan. Setelah tiba di pos utama, kalian masih harus melanjutkan perjalanan menuju jembatan dengan berjalan kaki. Tidak perlu khawatir karena aksesnya sangat mudah.

6. Gardu Pandang Suroteleng

Gardu Pandang Suroteleng Boyolali by IG @sumawantoedi
Gardu Pandang Suroteleng Boyolali by IG @sumawantoedi

Sudah pernah ke Boyolali?! Jika belum, segera menuju ke destinasi yang sedang hits satu ini. Puncak Suroteleng, berada di Desa Suroteleng, Kecamatan Selo. Di puncak Suroteleng, salah satu tempat wisata di Jawa Tengah Yang Instagramgenik ini, kalian akan memenukan sebuah gardu pandang.

BACA JUGA :  Lombok Itu Surganya Pantai! Dan, Pantai-Pantai Di Lombok Yang Keren Untuk Liburan Ini Rugi Kalau Kalian lewatkan!

Bukan gardu pandang biasa ya, tetapi gardu pandang yang dapat memberikan kalian view alam yang luar biasa indah serta mempesona. Dari gardu ini kalian akan menyaksikan harmonisasi alam antara Gunung Merbabu, Gunung Sindoro serta keelokan kota Boyolali yang dibalut oleh pepohonan hijau.

Meskipun akses menuju lokasi ini terbilang cukup ekstrim, namun semua akan terbayarkan ketika kalian tiba di Gardu Pandang Suroteleng. Karena masih dikelola oleh warga setempat, membuat Gardu Pandang Suroteleng ini tidak memiliki banyak fasilitas yang layak. Serhingga kalian harus berhati-hati serta mentaati peraturannya agar tidak merusak alam, semoga saja pemda setempat dapat memberikan perhatiannya.

7. Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah Dukuh Dakah, Kec. Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah by iG @m_dicka

Bukit Pentulu Indah merupakan destinasi wisata dimana kalian dapat menyaksikan fenomena sunrise epic yang beralaskan kabut eksotis dengan background Gunung Sindoro dan dan Gunung Sumbing. Bukit ini juga dikenal dengan sebutan bukit PI, berada di area Pegunungan Paras, tepatnya di Dukuh Dakah, Kec. Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah.

Lokasi dari salah satu tempat wisata ngehits di Jawa Tengah ini berada sekitar 21 Km dari kota Kebumen. Keistimewaan dari bukit ini adalah, karena bukit PI Karang Sambung hanya memiliki ketinggian 300 meter di atas permukaan laut, pengunjung jadi tidak perlu bersusah payah untuk mencapainya.

Bagi kalian yang tertarik untuk mengunjunginya, silahkan mengikuti rute berikut ini; Jika dari alun-alun Kebumen kalian dapat mengambil arah menuju pasar Mertokondo, kemudian belok kanan melewati Jalan Raya Karangsambung. Setelah melewati LIPI, kalian akan menemukan papan petunjuk kayu bertuliskan “PI 1,5 Km”. Maka itulah petunjuk arah yang akan mengantarkan kalian hingga sampai ke bukit Pentulu Indah atau Bukit PI.

***

Bagaimana?! Apa kalian sudah menentukan pilihan mau selfie dimana? Mau ke Punthuk Setumbu melihat sunrise yang indah? Atau mungkin ingin mengunjunginya satu-persatu?! Boleh saja namun tetap tertib dan berhati-hati ya! Karena berada di ketinggian, kalian harus lebih fokus dalam menggunakan kamera ketika mengabadikan momen. Selamat berlibur!

Tinggalkan Komentar