Jalur Cangar Pacet Super Ekstrim, Rem Belakang Sempat Blong! [ Touring Batu Cangar Pacet 2 ]

Jalur Batu Cangar Pacet ini extreme banget! Baik tanjakan atau turunannya bisa dibilang lumayan curam. Selain itu kabarnya  Banyak yang bilang, jalurnya angker, dan rem sepeda motor matic sering blong di jalur ini. Percaya atau enggak, saya pernah mengalaminya sendiri ketika lewat jalur Cangar pacet ini. Kamu pernah juga mengalaminya enggak?

 

Jalur Cangar Pacet Super Ekstrim, Rem Belakang Sempat Blong! [ Touring Batu Cangar Pacet 2 ]
Watch this video on YouTube.

 

—--

My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com

Cerita tentang ekstrimnya jalur Cangar Pacet ini memang cukup sering dibahas di berita, hingga media sosial seperti youtube. Karena itu saya juga membuat dokumentasi perjalanan melewat rute Cangar Pacet ini di channel youtube saya youtube.com/catperku karena penasaran. Meski katanya seram, tapi touring ke Pacet lewat Cangar ini memang menyenangkan sih. Jalurnya indah, pemandangannya cakep, plus udaranya segar.

Jadi ya wajar kalau rute ini kadang suka rame dengan pengendara sepeda motor. Selain itu, ini juga merupakan jalur alternatif populer yang menghubungkan antara kota wisata Batu dengan Kota Mojokerto. Apalagi Kota Wisata Batu ini adalah tujuan liburan yang populer dengan beberapa tujuan liburannya. Salah satu tempat wisata Kota Batu yang terkenal sih Jatim Park 2 Batu Secret Zoo ya!

Jalur Cangar Pacet Rawan Lakalantas, Tapi Pemandangannya Indah

Jalur Cangar Pacet Rawan Lakalantas, Tapi Pemandangannya Indah.
Jalur Cangar Pacet Rawan Lakalantas, Tapi Pemandangannya Indah.

Iya, jalur pacet cangar ini memang rawan kecelakaan lalu lintas. Sudah beberapa kejadian terjadi disini. Tapi bangaimana lagi, pemandangan di sepanjang jalur Cangar Pacet ini memang indah. Selain itu ada beberapa tempat wisata yang ada di sepanjang jalur ini. Wajar kalau ada banyak yang suka lewat sini sekaligus refreshing atau liburan.

BACA JUGA :  Road Trip Indonesia, Touring Sabang Aceh - Lombok NTB [Travel Kaleidoskop 2019]

Biasanya sih yang terjadi di jalur ini itu “sepeda motor rem blong”, hingga “sepeda motor matic rem blog di jalur Pacet Cangar yang menabrak dinding penyelamat di jalur ini. Ya, potensi bahaya bisa terjadi pada siapa saja di jalur alternatif indah antara Batu – Mojokerto, yang juga merupakan jalur ekstrim ini.

Kalau lewat jalur ini, waktu tempuh ke kota wisata Batu juga bisa dihemat selama kurang lebih 2 jam perjalanan jika dibandingkan dengan memutar melewati Pasuruan dan Pandaan. Untuk sepeda motor, tentu saja akan lebih suka melewati jalur ini. Pesan saya, pastikan sepeda motor yang digunakan dalam kondisi terbaiknya untuk menghindari kondisi berbahaya di jalur Cangar Pacet ini.

Titik Rawan Jalur Pacet Cangar Yang Perlu Diwaspadai

Sebelum kamu melewati rute Pacet Cangar ini ada baiknya kamu tahu mengenai beberapa titik rawan di sepanjang jalan ini dahulu. Salah satunya adalah turunan AMD di daerah Pacet, Mojokerto. Turunan AMD ini memiliki sudut kemiringan hampir 45 derajat, selain itu di bagian salah satu sisinya adalah tebing, dan lainnya adalah jurang. Jadi jaga kecepatan ketika akan melewati turunan ini.

Ada lagi di bagian turunan jalur Cangar Pacet yang juga ekstrim. Yaitu turunan di dekat rest area Sendi di Pacet. Ada beberapa kejadian kecelakaan karena rem blong di dekat sini. Kecuramannya mungkin tidak sekestrim turunan AMD Pacet, namun perlu diwaspadai juga kalau mau lewat jalanan ini ya.

Terakhir ada yang namanya turunan plus tikungan tajam Gotekan Pacet. Kemiringan di turunan ini hanya sekitar 30 derajat saja. Namun di jalur ini kendaraan roda empat dan roda dua cukup sering mengalami rem blong.  Biasanya ini terjadi karena rem kepanasan ketika dilakukan pengereman melewati turunan yang lumayan panjang ini. Yang membuat ngeri adalah, ujung turunan yang juga berupa tikungan adalah jurang yang cukup dalam.

BACA JUGA :  Solo Riding Ke Candi Sukuh Di Karanganyar, Blusukan Lewat Jalan Desa Pake Honda PCX

Karena itu, untuk mengatasi kejadian fatal di tikungan tajam Gotekan jalur Cangar Pacet ini, dibuat area penyelamat oleh relawan masyarakat setempat. Disini dibuat semacam area penyelamat sebuah konstruksi penahan berupa karung berisi sekam untuk menahan benturan kendaraan yang mengalami rem blong. Dengan keberadaaan area penyelamat ini, resiko jatuh ke jurang bisa dikurangi.

Tips Cara Agar Tetap Aman Touring Lewat Jalur Cangar Pacet

Sebisa mungkin tidak menggunakan kendaraan matic ketika lewat sini. Namun kalaupun harus menggunakan kendaraan matic lewat Jalur Cangar Pacet, sebaiknya cek dulu kesiapan terutama bagian rem. Selain itu, sering seringlah beristirahat ketika lewat jalur ini agar rem tidak panas. Terutama jika rem depan belakang semuanya rem cakram seperti sepeda motor saya.

Rekomendasi saya sih berhenti tiap 10-15 menit ketika lewat jalur ini agar rem cakram tidak kepanasan. Karena kalau rem cakram kepanasan, biasanya rem akan menjadi blong. Dan itu bisa terjadi jika kamu touring lewat jalur Cangar Pacet ini tanpa ada waktu beristirahat.

Ps : lihat juga travel vlog indonesia, juga motovlog perjalanan touring keliling Indonesia dan mungkin juga touring keliling dunia nantinya jika ada kesempatan di channel youtube.com/catperku ini! Jangan lupa like, subscribe dan share ya!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar