Fakta Menarik Dari Wisata Punthuk Setumbu Magelang Yang Perlu kamu Ketahui!

LiburMulu.Com – Punthuk Setumbu Magelang mungkin belum begitu banyak yang mengenal, namun sejatinya destinasi yang baru mulai terkenal ini adalah salah satu alternatif untuk menikmati sunrise cantik di Jawa Tengah selain dengan menyapa matahari terbit di Candi Borobudur yang fenomenal. Punthuk Setumbu ini adalah sebuah bukit yang berada di berketinggian sekitar 400 meter di sebelah Barat Daya Candi Borobudur.

Entah sejak kapan nama Punthuk Setumbu Magelang ini mulai ramai diperbincangkan, hingga sekarang ini menjadi salah satu destinasi alternatif di Magelang, Jawa Tengah yang harus dikunjungi selain Candi Borobudur. Apalagi lokasinya tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur, sekitar beberapa ratus meter dari sana. Sedangkan lokasi tepatnya sendiri berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kec Borobudur, Magelang Jawa Tengah.

Punthuk Setumbu Magelang ini juga terkenal sebagai Nirwana Sunrise yang ada di wilayah Borobudur. Karena dari sana, teman – teman traveler bisa melihat sunrise yang sangat menakjubkan. Bahkan kalau sedang beruntung, kamu bisa melihat sunrise matahari pagi yang muncul perlahan dan bersinar dengan halus di antara Gunung Merapi dan Merbabu. Keren kan?

Meskipun Bukit Punthuk Setumbu ini berada di Magelang, namun uniknya paket perjalanan dan pengunjung yang banyak datang ke tempat ini banyak berasal dari Yogyakarta. Dari Yogyakarta Punthuk Setumbu bisa ditempuh dengan 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Tentunya selain itu teman – teman traveler yang ingin menikmati keindahan sunrise dari Bukit Punthuk Setumbu harus membayar retribusi sebesar Rp 15.000 / orang.

Banyak yang mengira tempat wisata Punthuk Setumbu ini bagian jogjakarta. Faktanya punthuk setumbu ini berada di Magelang lho! Iya, Punthuk Setumbu Magelang Punya! via @ruthpurnamasari
Banyak yang mengira tempat wisata Punthuk Setumbu ini bagian jogjakarta. Faktanya punthuk setumbu ini berada di Magelang lho! Iya, Punthuk Setumbu Magelang Punya! via @ruthpurnamasari

Fakta Menarik Dari Tempat Wisata Punthuk Setumbu Magelang

Ada beberapa fakta menarik mengeneai tempat wisat Punthuk Setumbu Magelang yang bisa kamu ketahui sebelum mengunjunginya. Salah satunya adalah beberapa fakta menarik dibawah ini!

1. Punthuk Setumbu Magelang Ini berada di dekat Candi Borobudur

Untuk mencapai Punthuk Setumbu, penanda utamanya adalah Candi Boroudur. Tenang saja, menemukannya bukanlah perkara yang sulit sebab sudah ada petunjuk arah menuju Punthuk Setumbu. Gampangnya, dari depan Taman Wisata Candi Borobudur cari jalan yang menuju Hotel Manohara, kemudian lurus saja terus ke arah perbukitan Menoreh.

Nah, gak jauh dari tempat itu kamu akan menemukan ada pertigaan dan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Iya, Punthuk Setumbu berada tidak jauh dari situ, di pertigaan tadi belok kanan saja mengikuti petunjuk arah hingga sampai di tempat parkir Bukit Punthuk Setumbu.

2. Tempat Wisata Ini Adalah Tujuan Favorit Untuk Melihat Sunrise Di Magelang

Usahakan datang di waktu pagi hari sebelum Matahari terbit agar moment sunris di Punthuk Setumbu tidak terlewatkan. Disarankan untuk tiba di daerah Borobudur sekitar jam 05:00, lalu teman – teman traveler bisa menuju ke lokasi pos sekitar jam 05:30 pagi. Itu akan lebih baik dan memperbesar kesempatan melihat moment sunrise yang indah. Karena siluet Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu akan tampak secara perlahan dengan dikerubuti kabut tipis.

Bukit ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat sunrise di Magelang, Jawa Tengah! via @kenezphoto
Bukit ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat sunrise di Magelang, Jawa Tengah! via @kenezphoto

4. Punthuk Setumbu Magelang Bisa Dikunjungi Dari Mana Saja

Untuk menuju Punthuk Setumbu yang ada di Magelang, kota terdekat adalah Yogyakarta yang juga salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam ada di Yogyakarta. Menuju kota Yogyakarta bisa dicapai dengan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali. Setelah itu bisa dilakukan perjalanan darat menuju Punthuk Setumbu yang ada di Magelang. Di Yogyakarta juga terdapat banyak paket wisata yang bersedia mengantarkan teman – teman traveler ke Punthuk Setumbu.

5. Banyak Yang Mengira Kalau Punthuk Setumbu Magelang Ini Masuk Ke Wilayah Jogja

Sama halnya dengan Borobudur awalnya banyak yang mengira kalau tempat wisata ini merupakan bagian dari Yogyakarta. Padahal lokasi dari tempat wisata ini berada di Magelang. Mungkin karena banyak turis yang berkunjung dari arah Yogyakarta kali ya? Namun yang pasti, Punthuk Setumbu Magelang ini lokasinya ada di Magelang ya!

6. Punthuk Setumbu Magelang Pernah Menjadi Latar Belakang Shooting Film Layar Lebar

Pernah menonton film Ada Apa Dengan Cinta yang kedua? Kalau iya berarti kamu pasti mengenali tempat wisata bukit Punthuk Setumbu Magelang pada salah satu adegan film tersebut. Soalnya memang ada adegan Rangga dan Cinta sedan menunggu matahari terbit di bukit ini. Gara-gara film Ada Apa Dengan Cinta 2 menggunakan Punthuk Setumbu Magelang menjadi lokasi shooting film, jadilah tempat wisata di Magelang ini makin terkenal!

 Tempat wisata Gereja Ayam ini juga menjadi salah satu lokasi tempat shooting film Ada Apa Dengan Cinta 2 lho! via @anuakbar_
Tempat wisata Gereja Ayam ini juga menjadi salah satu lokasi tempat shooting film Ada Apa Dengan Cinta 2 lho! via @anuakbar_

7. Selain Main Ke Punthuk Setumbu Magelang, Kamu Juga Bisa Main Ke Gereja Ayam!

Lokasi Tempat Wisata Gereja Ayam Di Magelang ini lokasinya nggak jauh dari Bukit Punthuk Setumbu. Tempat wisata Gereja Ayam ini juga menjadi salah satu lokasi tempat shooting film Ada Apa Dengan Cinta 2 lho! Kalau nggak salah, Gereja Ayam di Bukit Rhema ini adalah tempat dimana Cinta dan Rangga menyelesaikan berbagai permasalahan masa lalunya.

Meski Gereja Ayam terletak di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah ini terlihat tua, namun tempatnya asik untuk berfoto lho. Gereja ayam yang berlokasi sekitar 45 km dari pusat kota Yogyakarta ini memang dibangun dari tahun 2000. Awalnya sempat terbengkalai, namun sekarang ini adalah salah satu tempat menarik untuk dikunjugin. Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjung harus membayar biaya tiket masuk Gereja Ayam Magelang sebesar Rp 5 ribu. Murah kan?

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
8 Responses
  1. Susan Setianingrum

    Neneng Hermawati & Luh Ayu Sawitri Dewi : inget kenangan pendakian kita berempat, pgn ‘ngulangin lg ngga :D

%d bloggers like this: