Naik Kereta Api Uap Jaladara (Steam Train Locomotive Jaladara Solo Indonesia)

Berwisata ke Jawa Tengah kamu tak hanya bisa mengunjungi tempat wisata alamnya seperti Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu, Atau menikmati sunrise di Bukit Punthuk Setumbu Magelang. Cobalah sesekali kamu berkunjung ke Kota Solo, dan mencoba naik Steam Train Locomotive Jaladara, Kereta Wisata Jaladara, Kereta api Uap Jaladara atau yang disebut dengan Sepur Kluthuk Jaladara.

Bisa dibilang ini adalah salah satu daya tarik wisata Jawa Tengah yang unik. Terutama buat kamu yang ingin liburan ke Kota Solo. Kereta Api Uap Jaladara atau juga dikenal dengan nama Sepur Kluthuk Jaladara ini sudah beroperasi dan lewat pusat kota Surakarta sejak tanggal 27 september 2009 lho. Jadi sudah lama banget kamu bisa mencoba naik kereta api kuno ini.

Kereta Api Uap Jaladara ini sendiri diresmikan pertama kali oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafi’i Djamal bersama Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Solo waktu itu. Kini, kalau kamu liburan ke Kota Solo, kamu tak hanya bisa main ke Keraton Kasunanan Solo saja. Namun kamu juga bisa merasakan pengalaman naik Sepur Kluthuk Jaladara yang bersejarah ini.

Pengalaman Naik Kereta Api Uap Jaladara (Steam Train Locomotive Jaladara,Sepur Kluthuk Jaladara Di Solo Indonesia)

Untuk kamu yang belum tahu, satu rangkaian Steam Train Locomotive atau kereta api uap Jaladara ini terdiri atas satu lokomotif uap Seri C 1218. Biasanya Sepur Kluthuk Jaladara ini akan membawa dua gerbong penumpang dengan Seri TR 144 dan TR 16 yang ditarik dibelakangnya. Rutenya sendiri melewati jalur utama kota solo, melewati rel yang membelah pusat kota.

Kalau kamu penasaran pengalaman naik Kereta Api Uap Jaladara ini seperti apa, kamu bisa menonton video Sepur Kluthuk Jaladara dibawah ini deh. Tonton saja sampai selesai, dan jangan lupa tinggalkan komentarmu mengenai kereta ini, like, share dan tentunya subscribe channel youtube.com/catperku ya.

BACA JUGA :  Penang Cat Cafe, Purrfect Cat Cafe In Penang [Wisata Penang]

 

Naik Kereta Api Uap Jaladara (Steam Train Locomotive Jaladara Solo Indonesia)
Watch this video on YouTube.

 

—--
My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com
—--

Lokomotif kereta api uap jaladara ini bukan lokomotif kereta api yang biasa. Namun ini adalah lokomotif buatan Jerman yang dibuat pada tahun 1896. Meski umurnya sudah cukup tua hingga 100 tahun lebih, namun masih bisa berjalan dengan sesuai fungsinya. Lokomotif Sepur Kluthuk Jaladara ini kabarnya diambilkan dari Museum Palagan Ambarawa.

Lokomotif kereta api uap jaladara ini buatan Jerman yang dibuat pada tahun 1896.
Lokomotif kereta api uap jaladara ini buatan Jerman yang dibuat pada tahun 1896.

Sementara untuk gerbong yang ditarik di belakang diambil dari Magelang dan Bandung. Apakah kamu tertarik untuk mencoba naik kereta api Indonesia yang legendaris ini? Tenang saja, pasti dapat kursi kok. Karena sekali jalan Kereta Wisata Jaladara atau Sepur Kluthuk Jaladara dapat membawa maksimal hingga 80 penumpang. Tertarik untuk naik Kereta Api Jaladara?

Kalau liburan ke Solo kamu harus coba pokoknya. Apalagi sekarang sudah ada dua kereta uap yang beroperasi pada rute unik ini. Iya, hanya Kereta Api Uap Jaladara yang rutenya melewati dalam kota di Indonesia. Tidak ada lagi kota lain di Indonesia pusat kotanya dilewati kereta api bersejarah ini.

 

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar