Percaya Atau Enggak, Tempat Liburan Ini Akan Makin Membuat Kalian Jatuh Cinta Dengan Indonesia Berkali – Kali!

LiburMulu.com – Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang luar biasa. Karena itu sudah sepatutnya kalau kita berbangga, dan selalu ikut menjaganya. Menjaga, itu berarti mencintainya juga. Tidak merusak, tidak melakukan vandalisme, tidak mengotorinya.

Karena… percaya atau tidak, tempat liburan ini akan makin membuat kalian jatuh cinta… dengan negeri yang bernama Indonesia. Weits, kalian sudah pernah ke yang mana ini? Atau… kalian pengen segera berlibur ke destinasi yang mana? Coba bagikan keinginan kalian di komentar dibawah ya :)

1. Air Terjun Aling-Aling, Sambangan, Buleleng, Sukasada, Bali

Air Terjun Aling-Aling, Sambangan, Buleleng, Sukasada, Bali
Air Terjun Aling-Aling, Sambangan, Buleleng, Sukasada, Bali via instagram @longitude.latitude.atitude

Lokasi wisata Air Terjun Aling-Aling ini tepatnya ada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Bali. Berjarak sekitar 110 km dari Bandara Ngurah Rai yang bisa ditempuh sekitar 3 jam perjalananan.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

2. Bukit Pergasingan, Lombok, NTB

Bukit Pergasingan, Lombok, NTB
Bukit Pergasingan, Lombok, NTB via instagram @putri_yustika

Selain eksotisme Gunung Rinjani, ada pilihan lain untuk para pendaki yang mungkin ingin merasakan suasana Lombok yang berbeda. Disini masih ada yang namanya Kawasan Wisata Bukit Pergasingan. Bukit yang berketinggian 1.670 mdpl dengan panorama indah berada di sisi timur laut Gunung Rinjani. (Baca Juga : Perkenalkan, Wisata Baru Lombok! Bukit Pergasingan, Sembalun Lombok Timur)

3. Curug Awang, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat

Curug Awang, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
Curug Awang, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat via instagram @xaverius_endro

Curug Awang yang digadang sebagai niagara mini Indonesia ini terletak di kawasan Taman Bumi Ciletuh (Ciletuh Geopark), Desa Taman Jaya kecamatan Ciemas kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Curug Awang ini adalah salah satu curug dari aliran sungai Ciletuh. Curug Awang sendiri memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan lebar sekitar 60 meter, dengan ciri khasnya yaitu keindahan dinding batu alam (geopark) yang berwarna coklat kemerahan, yang juga sebagai karakteristik dari curug ini. (Baca Juga : Geopark Ciletuh, Tempat Wisata Keren Di Kawasan Sukabumi)

4. Danau Diateh, Solok, Sumatra Barat

Danau Diateh, Solok, Sumatra Barat
Danau Diateh, Solok, Sumatra Barat via instagram @ronee_sutanmaharajo

Danau ini terletak di Kabupaten Solok yaitu di Alahan Panjang. Danau ini sebenarnya terdiri dari dua buah danau, Danau Diatas terletak di pinggir jalan Padang-Muara Labuh sedangkan yang satu lagi Danau DiBawah terletak di nagari Bukit Sileh Kecamatan Lembang jaya.

(Baca Juga : Pantai Seksi Di Jember Dan Banyuwangi Yang Wajib Kalian Kunjungi)

5. Danau Toba, Sumatra Utara

Danau Toba, Sumatra Utara
Danau Toba, Sumatra Utara

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik terbesar di Indonesia dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini juga merupakan danau terbesar di Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

6. Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Gunung Merbabu, Jawa Tengah
Gunung Merbabu, Jawa Tengah via instagram @kukuh_prabowoo

Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato (lihat Gunung Berapi) yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan,Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.

7. Gunung Prau, Dieng, Wonosobo, Jawa

Gunung Prau, Dieng, Wonosobo, Jawa
Gunung Prau, Dieng, Wonosobo, Jawa via instagram @dedytriyana

Gunung prau merupakan sebuah gunung yang terletak di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di perbatasan kabupaten wonosobo dan Kabupaten Kendal. Meski jalur pendakiannya nggak terlalu panjang, dan tidak terlalu tinggi Gunung Prau terkenal dengan pemandangannya yang Indah. Ketinggian dari Gunung Prau ini hanyalah 2.565 mdpl.

8. Kalibiru, Kulon Progo, Yogyakarta

Kalibiru, Kulon Progo, Yogyakarta
Kalibiru, Kulon Progo, Yogyakarta via instagram @agunghab

Kalibiru adalah salah satu wisata alam yang terdapat di daerah kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebenarnya ini adalah sebuah Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan yang berada di Perbukitan Menoreh, Kulonprogo, Yogyakarta, pada ketinggian sekitar 450 mdpl. (Baca Juga : Senja Kalibiru Yang Begitu Syahdu!)

9. Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur
Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

Kawah Ijen merupakan salah satu kawah paling asam terbesar di dunia dengan dinding kaldera setinggi 300-500 meter dan luas kawahnya mencapai 5.466 hektar. Kawah di tengah kaldera tersebut merupakan yang terluas di Pulau Jawa dengan ukuran 20 km. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter. Kawah tersebut terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.

10. Taman Nasional Kelimutu, Flores, NTT

Taman Nasional Kelimutu, Flores, NTT
Taman Nasional Kelimutu, Flores, NTT via instagram @renhardwilliams

Taman Nasional Kelimutu ini terletak di Flores, Indonesia. Taman nasional ini terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung dengan Gunung Kelibara (1.731 m) sebagai puncak tertinggi. Yang paling fenomenal adalah keberadaan Gunung Kelimutu, dimana terdapat danau Danau tiga warna yang juga merupakan daya tarik utama dari Taman Nasional Kelimutu.

11. Pantai Pink, Pulau Komodo, NTT

Pantai Pink, Pulau Komodo, NTT
Pantai Pink, Pulau Komodo, NTT via instagram @priskristadi

Pink Beach atau Pantai Pink ini adalah daya tarik lain dari Taman Nasional Komodo yang telah dinobatkan menjadi salah satu dari nominasi tujuh keajaiban alam di dunia. Dinamakan Pink Beach karena memang pasir pantainya berwarna merah muda (pink). Sementara itu masyarakat lokal lebih suka menyebutnya Pantai Merah, dan wisatawan asing lebih suka menyebutnya Pink Beach. Warna pink yang lembut tampak kian jelas terutama saat pasir tersapu ombak.

12. Pantai Nirwana, Padang, Sumatra Barat

Pantai Nirwana, Padang, Sumatra Barat
Pantai Nirwana, Padang, Sumatra Barat via instagram @ronee_sutanmaharajo

Pantai Nirwana adalah tujuan yang tepat ketika berlibur di Padang. Kenapa? Karena letaknya hanya sekitar 14 Km ke arah selatan dari pusat Kota Padang menuju Kabupaten Pesisir Selatan. Pantai yang lokasinya dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur ini bisa menjadi alternatif untuk liburan di sekitar Kota Padang. (Baca Juga : 17 Pantai Cantik Di Yogyakarta Untuk Referensi Liburanmu)

13. Pantai Sasa, Ternate Selatan, Maluku Utara

Pantai Sasa, Ternate Selatan, Maluku Utara
Pantai Sasa, Ternate Selatan, Maluku Utara via instagram @ilhamarch

Pantai Sasa, Ternate Selatan, Maluku Utara adalah pantai yang harus kalian kunjungi ketika datang ke Maluku. Pantai ini memiliki pemandangan indah disekelilingnya yang membuat kalian betah berlama – lama disini.

14. Pantai Sombu, Pulau Wangi-Wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Pantai Sombu, Pulau Wangi-Wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Pantai Sombu, Pulau Wangi-Wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara via instagram @sistalukito

Pantai Sombu, Pulau Wangi-Wangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara adalah salah satu pantai cantik yang melengkapi keindahan dari Wakatobi. Tentunya pantai ini cocok untuk kalian bersantai, setelah menjelajahi kehidupan bawah laut wakatobi yang begitu indah.

15. Pantai Trikora, Pulau Bintan, Kepulauan Riau

Pantai Trikora, Pulau Bintan, Kepulauan Riau
Pantai Trikora, Pulau Bintan, Kepulauan Riau via instagram @ronee_sutanmaharajo

Pantai Trikora, adalah salah satu tujuan wisata andalan Pulau Bintan. Pesona alami pantai ini dengan pasir putih dan ombak yang tenang akan memberikan sensasi tersendiri saat liburan ke Pantai Trikora. Pantai ini juga merupakan salah satu pantai terindah yang banyak dikunjungi wisatawan. (Baca Juga : Surga Di Bali Tenggara Yang Wajib Dikunjungi)

16. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat

Pantai Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat
Pantai Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat via instagram @ferrowbradley

Lokasi Pantai Ujung Genteng berada di wilayah Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan jarak tempuh sekitar 220 km dari Jakarta dan 230 km dari Kota Bandung, serta 120 km dari kota Sukabumi. Selain jalanan menuju Pantai Ujung Genteng cukup mulus juga terdapat beberapa jalur alternatif serta sarana angkutan umum yang memadai menuju tempat tujuan.

17. Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan, Jawa

Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan, Jawa
Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan, Jawa via instagram @dedesunarya

Pangalengan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Pangalengan terletak di sebelah selatan Kota Bandung, dan terkenal akan beberapa objek wisata, seperti Situ Cileunca, perkebunan teh, Kolam pemandian air panas Cibolang dan tidak ketinggalan Perkebunan Teh Cukul dengan panorama kebun teh yang menawan.

18. PI Hill, Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah

PI Hill, Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah
PI Hill, Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah via instagram @dedytriyana

Karangsambung adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Di Kecamatan Karangsambung terdapat Lokasi Cagar Alam Geologi Nasional, dan tidak jauh dari tempat ini juga terdapat tempat menarik yang dikenal dengan PI Hill, Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah. (Baca Juga : 10 Gunung Paling Menyenangkan Untuk Didaki Di Indonesia)

19. Pulau Kanawa, Flores, NTT

Pulau Kanawa, Flores, NTT
Pulau Kanawa, Flores, NTT via instagram @priskristadi

Terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo, Pulau Kanawa menyendiri dalam luasnya lautan di sekeliling Taman Nasional Komodo. Luas pulaunya sendiri adalah 32 hektar. Pulau Kanawa ini dapat dijangkau dengan perahu bermesin dari Labuan Bajo. Lama perjalanan sekitar 40 menit. Kapal tersebut akan berangkat pukul 12.00. Pilihan lainnya untuk menuju Pulau Kanawa adalah menggunakan speed boat dengan biaya IDR 60.000.

20. Pulau Lanjukang, Makassar, Sulawesi Selatan

Pulau Lanjukang, Makassar, Sulawesi Selatan
Pulau Lanjukang, Makassar, Sulawesi Selatan via instagram @dwijulianiksan

Pulau Lanjukang ini secara geografis masih termasuk wilayah Kota Makassar, meski sebenarnya letak Ppulau Lanjukang ini sekitar 40 km dari pusat kota. Pulau Lanjukang adalah salah satu di antara gugusan Kepulauan Spermonde yang saat ini menjadi primadona pariwisata Sulawesi Selatan.

21. Pulau Pisang, Lampung

Pulau Pisang, Lampung
Pulau Pisang, Lampung via instagram @thariqdz

Pulau Pisang adalah salah satu pulau paling barat yang ada di Propinsi Lampung yang langsung menghadap Samudera Hindia. Pulau ini merupakan satu kecamatan sendiri dalam Kabupaten Pesisir Barat, Propinsi Lampung. Pulau ini mempunyai karakteristik yang sangat alami, yaitu di area lautnya yang terdapat banyak lumba-lumba. Pulau yang ada di Lampung ini pun semakin alami karena belum adanya listrik dan penginapan disana.

22. Ranu Kumbolo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Ranu Kumbolo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Ranu Kumbolo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru via instagram @denisauruz

Ranu Kumbolo ini sebenarnya sebuah danau vulkanik yang berada di jalur pendakian lereng dari Gunung Semeru, dengan luas kurang lebih 16 hektar. Lokasi Wisata Ranu Kumbolo tepat berada pada titik ketinggian 2.400 mdpl. Danau Ranu Kumbolo ini juga masih bagian dari kawasan dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur. (Baca Juga : Survival Skill Yang Berguna Ketika Naik Gunung Atau Di Alam Bebas!)

23. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara
Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara via instagram @maulanaazz

Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.

24. Taman Nasional Karimun Jawa, Jawa Tengah

Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah
Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah – via instagram : @derrysuryapuja

Taman Nasional Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan berjumlah 22 pulau yang terletak di Laut Jawa, mempunyai luas 111.625 Ha. Letaknya sekitar 35 mil laut (± 83 km) dari kota Jepara dan secara administratif pemerintahan termasuk Kabupaten Jepara, propinsi dati I Jawa Tengah. Untuk menuju Karimunjawa, dari Jepara bisa naik kapal laut dari Pelabuhan Kartini.

25. Turtle Point, Gili Meno, Lombok, NTB

Turtle Point, Gili Meno, Lombok, NTB
Turtle Point, Gili Meno, Lombok, NTB via instagram @oleq13

Kalian suka diving? Atau hanya sekedar penggemar snorkeling? Apapapun, kalau kalian berkunjung ke Gili Meno, berarti kalian harus mencoba snorkeling atau diving di Turtle Point, Gili Meno, Lombok, NTB kalau kalian ingin bertemu si penyu lucu! (Baca Juga : Nggak Perlu Lagi Repot Ngurus Visa! Ini Dia Tempat Liburan Di Indonesia Yang Mirip Dengan Tempat Liburan Di Luar Negeri)

***

Nah, gimana? Setelah mengetahui semuanya, Sekarang kalian makin jatuh cinta sama Indonesia enggak? Semua destinasi cantik di Indonesia harus selalu dijaga ya!

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
7 Responses
%d bloggers like this: