Geopark Ciletuh, Tempat Wisata Keren Di Kawasan Sukabumi

LiburMulu.com – Pulau Jawa ini sebenarnya memiliki banyak tempat keren. Jadi, buat yang ingin merasakan ketenangan alam yang damai, namun tidak punya waktu yang banyak, sebenarnya nggak perlu bingung. Ada yang namanya Geopark Ciletuh yang bisa kalian kunjungi ketika akhir pekan tiba.

Iya, Geopark Ciletuh Sukabumi ini adalah salah satu lokasi liburan keren yang patut untuk kalian pertimbangan. Terutama untuk kalian yangingin berwisata alam dengan tantangan. Geopark Ciletuh Sukabumi atau taman alam batuan tua yang ada di Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat ini adalah tempat wisata alam yang keren di Jawa Barat.

Jelajah ciletuh dengan kendaraan 4 wheel
Jelajah ciletuh dengan kendaraan 4 wheel (sumber https://instagram.com/p/9SdQIfHbYt/)

Memang sebenarnya seperti apa sih yang namanya Geopark Ciletuh itu? Disebutkan kalau menurut para ahli geologi yang pernah meneliti Geopark Ciletuh Sukabumi, tempat ini adalah salah satu kawasan wisata di Sukabumi dengan batuan tertua yang ada di Pulau Jawa.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

Geopark Ciletuh Sukabumi, Masuk Ke Kawasan Batuan Tertua Di Pulau Jawa

Disebutkan juga kalau tempat ini dahulu sebenarnya adalah laut. Namun kini telah terangkat dari bawah laut, dan kemudian terkenal sebagai Geopark Ciletuh. Bentang alam di Teluk Ciletuh ini memang menarik. Lansekap yang membentang berbentuk menyerupai amfiteater raksasa yang mirip seperti tapal kuda yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia.

Pemandangan cantik dari Puncak Darma, Ciletuh - Sukabumi
Pemandangan cantik dari Puncak Darma, Ciletuh – Sukabumi

Idealnya, ketika kalian mengunjungi Geopark Ciletuh ini akan memerlukan waktu 3-4 hari jika ingin menikmati sebagian besar wisata alam yang ada di geopark. Tapi jika kalian mungkin hanya punya waktu terbatas, kalian masih bisa mengunjungi beberapa lokasi utama di Geopark Ciletuh yang bisa dijangkau dalam waktu satu hari. Misalnya seperti Panenjoan, Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung, Curug Awang, Curug Sodong, dan Puncak Darma.

Geopark Ciletuh ini memang tempat wisata keren di jawa yang menawarkan pemandangan hamparan batu karang laut serta beberapa air terjun pegunungan yang cantik. Jadi di geopark yang ada di Sukabumi ini kalian bisa menikmati pemandangan alami yang ditawarkan. Lengkap dari gunung, air terjun dan lansekap cantik yang berlatar belakang laut.

Air terjun Cimarinjung salah satu destinasi andalan di Geopark Ciletuh Sukabumi
Air terjun Cimarinjung salah satu destinasi andalan yang ada di Geopark Sukabumi yang keren pake banget ini!

(Baca Juga : Cianjur Namanya Mungkin Sedikit Tenggelam Oleh Bandung, Tetapi Destinasi Liburan Di Cianjur Ini Pasti Membuat Kalian Terhibur)

Curug Dogdog
Curug Dogdog, kesegarannya pasti menggoda siapapun untuk menceburkan diri kesini!

(Baca Juga : Tempat Asik Melihat Sunrise Di Bandung, Untuk Kamu Yang Lagi Liburan Kesana!)

Curug Tengah, Sukabumi yang aduhai Indahnya
Curug Tengah, Sukabumi yang aduhai Indahnya

Alamat lengkap Geopark Ciletuh ini berada di Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta. Untuk menuju ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar tiga jam perjalanan dari Jakarta dengan mobil offroad. Soalnya jalanan yang akan dilewati akan begitu menantang.

Akhir-akhir ini nama Geopark Ciletuh mulai menanjak. Sekarang ada beberapa opterator open trip yang mengemas wisata ke Geopark Sukabumi kedalam paket wisata. Harganya bervariasi, setiap orangnya bisa dikenakan biaya mulai dari IDR 700 ribu.

Papan Geopark Ciletuh Sukabumi
Papan Geopark Ciletuh Sukabumi

Dengan harga tersebut, kalian akan diajak berkeliling geopark menggunakan mobil berpenggerak empat roda atau four wheel drive untuk menyusuri hamparan batuan tua hasil proses sedimentasi jutaan tahun lalu. Kalian nantinya juga akan bisa menginap di rumah penduduk juga diajak berkeliling ke daerah pedesaan. Menyenangkan bukan?

Kalau masih kurang, kalian juga bisa pergi ke dataran tinggi di taman Geopark Ciletuh sambil menikmati keindahan dan panorama alam. Selain itu, menyusuri gua-gua di dekat laut pantai selatan, dan air terjun yang langsung jatuh ke laut tentu akan menyenangkan sekali.

Foto Instagram Tempat Wisata Di Sekitar Geopark Ciletuh Sukabumi

Asiknya kalau liburan kesini kalian bisa mendapatkan banyak wisata sekaligus. Ini berarti merupakan hal yang bagus untuk melengkapi koleksi foto instagram kalian bukan? Terutama sih koleksi foto instagram Geopark Ciletuh yang kece badai itu. Nah, kira-kira tempat wisata dibawah ini yang bisa kalian explore di Ciletuh ya!

1. Pantai Palangpang, Pintu Masuk Geopark

Pantai Palangpang, Ciletuh, Sukabumi by IG @irwindwind
Pantai Palangpang, Ciletuh, Sukabumi by IG @irwindwind

Pantai ini merupakan pintu masuk ke dalam Geopark yang ada di Sukabumi ini. Di pantai ini juga terdapat tugu Geopark Ciletuh. Jadi kalau kalian ingin berfoto di salah satu landmark Geopark, sebaiknya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pantai Palangpang ini ya.

2. Curug Cimarinjung Menjulang Tinggi!

Curug Cimarinjung, Ciletuh Sukabumi by IG @mavicgrapher
Curug Cimarinjung, Ciletuh Sukabumi by IG @mavicgrapher

Lokasinya berada tak jauh dari Pantai Palangang, bahkan kalau mau berjalan kaki menuju tempat wisata di Ciletuh ini dari pantai juga bisa. Jaraknya hanya sekitar 1 KM saja kok dari pantai. Ketika debit air sedang tinggi, air terjun di Curung Cimarinjung ini akan mengalir deras. Jadi sebaiknya kalian berhati-hati ya.

3. Curug Awang Niagara Mini Sukabumi

Curug Awang dengan keindahannya by IG @ciletuh
Curug Awang dengan keindahannya by IG @ciletuh

Curug Awang ini adalah salah satu tempat wisata di geo park yang instagram-able. Nggak salah kalau ada yang menyebut tempat ini sebagai Niagara Mini di Ciletuh, karena ketika musim hujan air terjunya akan terlihat keren seperti air terjun Niagara di Amerika. Gak cuma itu saja, disekelilingnya juga terdapat persawahan menghijau yang membuat kalian terpana dengan keindahannya. Siapa sih yang nggak suka menikmati keindahan Curug Awang yang hits ini?

4. Curug Sodong Dengan Air Terjun Kembar

Curug Sodong, Ciletuh Sukabumi by IG @sriindriati2
Curug Sodong, Ciletuh Sukabumi by IG @sriindriati2

Beberapa orang mengenalnya dengan air terjun kembar di Ciletuh. Disebut demikian karena memang ada dua air terjun besar yang mengalir berdampingan. Uniknya di balik air terjun tadi terdapat sebuah gua, yang dalam bahasa sunda disebut sebagai “Sodong”. Jadi namanya ini diambil dari bahasa sundah deh. Sayangnya gua tadi hanya bisa dimasuki ketika debit air sedang kecil, pada musim kemarau.

5. Curug Cikanteh Penuh Pesona

Curug Cikanteh, Ciletuh Sukabumi by IG @amazingwestjava
Curug Cikanteh, Ciletuh Sukabumi by IG @amazingwestjava

Air terjun indah yang lokasinya berdekatan dengan Curug Sodong. Airnya mengalir deras dari tebing batuan tinggi lalu jatuh ke bebatuan besar di bawahnya dengan dramatis. Air terjun menghantam bebatuan dengan tak beraturan hingga menciptakan aliran air yang melebar. Untuk menikmati air terjun indah di Sukabumi ini kalian perlu trekking selama kurang lebih 15 menit.

6. Puncak Darma Yang Mempesona

Puncak Darma, Ciletuh Sukabumi by iG @ariviandiavril
Puncak Darma, Ciletuh Sukabumi by iG @ariviandiavril

Puncak Darma ini adalah sebuah bukit berketinggian 230 mdpl yang berada di Desa Girimukti, Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Untuk menuju kesini, kalian bisa menempuhnya dengan menggunakan mobil 4 WD dan akan memerlukan waktu perjalanan sekitar 1.5-2 jam. Dari sini kalian bisa melihat pemandangan terbaik dari kawasan wisata Geopark di Sukabumi ini.

7. Bukit Panenjoan Ciletuh Sukabumi

Bukit Panenjoan Ciletuh Sukabumi by IG @boenboen99
Bukit Panenjoan Ciletuh Sukabumi by IG @boenboen99

Bila akses ke Puncak Darma lumayan sulit, tidak demikian dengan Bukit Panenjoan. Lokasinya tepat di tepi jalan, tak jauh dari kantor PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi). Bukit ini berada di ketinggian 342 mdpl, yang menyajikan keindahan alam luar biasa dari salah satu Geopark di Indonesia ini!

Tips Liburan Ke Geopark Ciletuh Sukabumi

  • Jalanan menuju ke tempat wisata di Sukabumi yang keren ini lumayan rusak, jadi sebaiknya kalian menggunakan kendaraan yang mumpuni. Misalnya kedaran four wheel drive atau kendaraan yang lebih nyaman.
  • Jangan lupa untuk mampir dan berkunjung ke curug yang bertebaran di Geopark Sukabumi. Di tempat wisata ini memang yang paling keren adalah curug-curug yang ada disana. Seperti misalnya Curug Cimarinjung, Curug Awang, dan Curug Sodong.
  • Jika kalian berkunjung dengan menggunakan kendaraan beroda dua atau sepeda motor. Sebaiknya ekstra hati-hati dan pastikan sepeda motor kalian berada dalam kondisi yang prima.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan kunjungan kalian ke Geopark Sukabumi. Sayang sekali kan sudah jauh-jauh tetapi tidak memiliki dokumentasi.
  • Jangan buang sampah sembarangan, jangan corat-coret atau melakukan apapun yang bisa merusak keindahan geopark keren di sukabumi ini! Sayang sekali kan kalau tempat keren seperti ini jadi rusak?

Informasi Biaya Liburan Ke Geopark Ciletuh Sukabumi

  1. Penginapan di sekitar Geopark Ciletuh harganya berkisar dari IDR 100.000 – 2000.000 per malam. Dengan harga segitu kalian bisa mendapatkan penginapan dengan kapasitas tampung hingga sekitar 4-6 orang.
  2. Sewa mobil untuk berkeliling Geopark range harganya adalah IDR 300.000-700.000 per hari. Bisa ditawar tergantung kesepakatan dengan pemilik kendaraan.
  3. Sewa perahu nelayan dengan kapsitas maksimal 8 orang bisa dilakukan di Dermaga Pantai Palangpang. Harganya berkisar di IDR 400.000-500.000. Bisa ditawar bergantung negosiasi dengan nelayan pemilik kapal.
  4. Ojek sepeda motor dari Ciwaru hingga Puncak Darma harganya berkisar IDR 60.000 untuk pulang-pergi.

Peta Lokasi Geopark Ciletuh Sukabumi

Untuk kalian yang ingin liburan kesini, alamat lengkap tempat wisata Sukabumi yang super kece ini berada di Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Untuk panduan kalian yang ingin pergi kesana, bisa menggunakan panduan lokasi Geopark Ciletuh Sukabumi yang ada di google maps disini.

Peta Lokasi Alamat Geopark Ciletuh Sukabumi
Peta Lokasi Alamat Geopark Ciletuh Sukabumi

Nah, siapa yang ingin liburan ke Geopark Ciletuh Sukabumi? Selamat berlibur teman!

Banyak Dicari

  • geopark ciletuh
  • geopak ciletuh
  • lokasi geopark ciletuh
  • Suaka Geo sukabumi
  • lokasi geopark sukabumi
  • lio park ciletuh
  • Alamat üisata ciletuh
  • geopark c
  • geo park pelabuhan ratu
  • ciletuh sukabumi geopark

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
5 Responses
  1. Rachmat Doang

    Untuk menuju kawasan wisata geopark Ciletuh banyak alternatif transportasi,,, bisa naik bus dari terminal Sukabumi, atau dari pelabuhan ratu,,, tapi paling mudah dari pelabuhan ratu,,, tinggal naik mini bus,, menuju Ciemas atau Ciwaru,, itu langsung ke wisata geopark,,,

  2. Uze Sadrah

    Klu dari sukabumi ,naik yg me plabuan ratu,turun di jembatan bagbagan,,naik lagi yg jurusan ci emas,.

  3. Arii Ghazali

    Okk trims info nya om,,, semoga menjadi tempat pariwisata dalam dan luar negeri…
    Jangan hanya berita kejelekan tentang daerah sukabumi..

  4. Amir Lubis

    Kalo di geopark ciletuhnya bisa naik mobil khusus wisata aja.land cruiser jadi bisa naik ke puncak darma

%d bloggers like this: