Pantai Palangpang, Pintu Masuk Geopark Ciletuh

Pantai Palangpang ini merupakan salah satu obyek wisata Sukabumi yang berada di dalam area Geopark Ciletuh. Pantai ini juga merupakan pintu masuk ke dalam Geopark Ciletuh yang ada di Sukabumi ini. Jadi sebaiknya berkunjung pertama kali ke tempat wisata pantai di Ciletuh ini.

Hamparan pantainya cukup luas dan panjang, membuat tempat sebagai lokasi sempurna penyelenggaraan kegiatan masal. Misalnya seperti festival budaya hajat laut atau yang lainnya.

Selain itu kadang pantai ini juga dipergunakan untuk tempat mendarat bagi kegiataan olahraga paralayang. Memang biasanya ada saja yang berminat untuk mencoba wisata olahraga paralayang atau paramotor disini.

Selain itu pantai juga berguna sebagai pelabuhan nelayan dan tempat pelelangan ikan. Tidak ketinggalan Sungai Ciletuh dan Cimarinjung juga bermuara di pantai ini. Karena itu air laut yang ada disekitar muara tampak berwarna kecoklatan. Bibir pantai juga didominasi dengan pasir berwarna hitam yang halus.

Pantai Palangpang, Ciletuh, Sukabumi by IG @irwindwind
Pantai Palangpang, Ciletuh, Sukabumi by IG @irwindwind

Untuk alamat lengkap Pantai Palangpang sendiri berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya masih berada di area geopark ya. Lokasi di Google Maps bisa kalian temukan disini ya.

Disini juga terdapat sebuah landmark ciletuh yang penting lho. Itu juga yang membuat pantai ini layak dikunjungi. Di pantai ini terdapat sebuah tugu Geopark Ciletuh. Tugu itu adalah salah satu landmark untuk yang mau mengabadikan kenang-kenangan dengan berfoto. Aktivitas itu direkomendasikan baik ketika berkunjung ke Pantai Palangpang atau geoparknya sendiri.

Tulisan geopark yang berada di pantai by IG @reinha.iwan
Tulisan geopark yang berada di pantai by IG @reinha.iwan

Selain hanya berfoto, kalian juga bisa menikmati deburan ombak di hamparan pasir pantai yang luas. Bersantai sambil meluruskan kaki setelah melalui perjalanan panjang tentu menjadi pilihan yang menyenangkan disini. Selain itu di Pantai Palangpang ini juga terdapat banyak bale-bale yang asik untuk berteduh dari panas matahari.

Kalau kalian mengamati dengan benar, ada yang menarik dari arah pantai ini. Di kejauhan terlihat sebuah air terjun dengan aliran airnya yang cukup deras. Iya, itu adalah air terjun Curug Cimarinjung yang menawan. Air terjun ini adalah salah satu pesona dari salah satu geopark di Indonesia ini.

Pasir pantai didominasi dengan warna hitam legam by IG @sukabumiexplore
Pasir pantai didominasi dengan warna hitam legam by IG @sukabumiexplore

Faktanya, pemandangan air terjun dari bibir pantai adalah yang membuat pantai ini menjadi unik. Apalagi tidak banyak pantai di Jawa yang memiliki pemandangan seperti itu. Selain itu didekat pantai juga terdapat beberapa pulau kecil yang bisa dikunjungi dengan menyewa perahu nelayan sekitar.

Masyarakat setempat mengenal salah satunya dengan nama Pulau Mandra. Pulau ini berukuran sangat kecil, bahkan hanya berupa pulau yang didominasi batu karang. Namun untuk yang hobi memancing, pulau ini adalah tempat yang tepat. Selain Pulau Mandra, disini juga ada yang namanya Pulau Kunti untuk bisa dinikmati.

Di pantai ini kalian juga bisa menikmati keindahan sunset sore hari by IG @pickpols
Di pantai ini kalian juga bisa menikmati keindahan sunset sore hari by IG @pickpols

Dari pantai menuju curug memang tidak terlalu jauh. Hanya dengan menempuh perjalanan selama beberapa menit kalian bisa sampai ke air terjun itu. Akan menjadi sebuah rencana yang efektif jika kalian mengunjungi Curug Cimarinjung setelah bersantai di Pantai Palangpang.

Untuk mengunjungi pantai ini sebaiknya menggunakan moda transporasi pribadi saja. Soalnya memang jarang sekali ada transportasi umum menuju Pantai Palangpang. Dengan bantuan aplikasi peta seperti Google Maps kalian akan bisa menemukan lokasi pantai dengan mudah kok.

Cara Menuju ke Pantai Palangpang

Peta cara menuju ke Pantai Palangpang dari Sukabumi
Peta cara menuju ke Pantai Palangpang dari Sukabumi

Seperti yang sudah disebutkan, Pantai Palangpang berada di Desa Ciwaru. Pantai ini dapat diakses dengan mobil atau sepeda motor dari jalan utama Desa Ciwaru. Dari pusat Kota Sukabumi menuju ke Pantai Palangpang kira-kira akan memerlukan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan melewati Cimanggu dan Cigaru.

Tips Berkunjung Ke Pantai Palangpang

Kalian bisa mendirikan tenda di Pantai Palangpang by IG @awasdisini
Kalian bisa mendirikan tenda di Pantai Palangpang by IG @awasdisini
  1. Gunakan sunblock untuk menghindari terbakar sinar matahari
  2. Mengingat ombaknya cukup besar, sebaiknya menghindari untuk berenang. Namun bermain air di tepi pantai masih tidak mengapa.
  3. Tidak ada transportasi umum yang bisa diandalkan disini. Kalaupun ada biasanya hanya ojek dari warga setempat. Jadi sebaiknya ikut paket tour atau membawa kendaraan pribadi.
  4. Tidak banyak penginapan disekitar sini, jadi sebaiknya tidak pulang terlalu malam. Jika mau menginap, sebaiknya menuju ke Pantai Ujung Genteng yang tidak terlalu jauh. Alternatifnya kalian bisa camping di Pantai Palangpang.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: