Lupakan Bandung Yang Sering Macet Dikala Liburan, Beberapa Tempat Wisata Di Sukabumi Terbaik Ini Lebih Asik Untuk Menghabiskan Liburan Akhir Pekan Kalian!

LiburMulu.Com Mungkin kalian suda bosan liburan ke Bandung, perlu alternatif lain agar akhir pekan atau musim liburan nggak membosankan. Tenang, kalian hanya perlu melirik beberapa wisata di Sukabumi untuk kalian jadikan tujuan liburan selanjutnya. Mau wisata pantai, gunung atau air terjun, semuanya ada di Sukabumi.

Yak, sekarang simak dengan baik-baik beberapa tempat wisata di Sukabumi yang akan dijabarkan LiburMulu.Com kali ini. Siapa tahu, kalian yang berada di Kota Bandung, Jakarta dan sekitarnya sedang perlu ide tempat liburan yang menyenangkan. Baca dan bagikan saja ke teman kalian yang pengen diajak liburan bareng!

Yak…

Ada Banyak Tempat Wisata Di Sukabumi, Kalian Suka Yang Mana Coba

Ada Banyak Tempat Wisata Di Sukabumi, Kalian Suka Yang Mana Coba

Ada Banyak Tempat Wisata Di Sukabumi, Dan Ini Adalah Beberapa Tempat Wisata Terbaik Di Sukabumi Dan Sekitarnya Yang Bisa Kalian Kunjungi!

1. Geopark Ciletuh Sukabumi, Satu Tempat Banyak Tujuan Wisata

Geopark Ciletuh Sukabumi, Satu Tempat Banyak Tujuan Wisata

Geopark Ciletuh Sukabumi, Satu Tempat Banyak Tujuan Wisata via https://www.instagram.com/p/BC-D7NoKzRQ/

Geopark Ciletuh Sukabumi ini adalah salah satu lokasi liburan di Sukabumi yang keren dan patut untuk kalian pertimbangan untuk. Terutama sih untuk kalian yang ingin berwisata alam dengan banyak tantantan. Geopark Ciletuh Sukabumi atau taman alam batuan tua yang ada di Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat ini adalah tempat wisata alam yang keren di Jawa Barat.

Konon, dulunya tempat ini sebenarnya adalah lautan. Namun sekarang telah terangkat dari bawah laut, membentuk daratan yang kemudian terkenal sebagai Geopark Ciletuh. Bentang alam di Teluk Ciletuh ini memang menarik. Lansekap yang membentang berbentuk menyerupai amfiteater raksasa yang mirip seperti tapal kuda yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia.

(Baca Juga : Geopark Ciletuh, Tempat Wisata Keren Di Kawasan Sukabumi)

2. Curug Cirajeg, Mungkin Belum Banyak Yang Tahu Tempat Wisata Di Sukabumi Yang Ini, Tapi Tempatnya Keren Loh!

Curug Cirajeg, Mungkin Belum Banyak Yang Tahu Tempat Wisata Di Sukabumi Yang Ini, Tapi Tempatnya Keren Loh!

Curug Cirajeg, Mungkin Belum Banyak Yang Tahu Tempat Wisata Di Sukabumi Yang Ini, Tapi Tempatnya Keren Loh! via https://www.instagram.com/p/BCbm_D3pS1Q/

Curug Cirajeg ini adalah salah satu wisata di Sukabumi yang berada di jalur perjalanan antara Kota Sukabumi – Sagaranten. Merupakan sebuah tempat wisata air terjun di Sukabumi yang layak untuk kalian kunjungi pada akhir pekan, atau ketika musim liburan tiba.

Lokasi Curug Cirajeg ini berada di Kecamatan Purabaya yang belum banyak dikenal orang. Namun tenang saja, untuk menuju ke tempat wisata ini hanya memerlukan waktu sekitar 1 sampai 2 jam perjalanan dari Kota Sukabumi.

Cara menuju ke Curug Cirajeg dari Kota Sukabumi adalah ambil arah Baros dari Kota Sukabumi, kemudian ikuti jalan menuju Sagaranten. Perlu kalian catat, kondisi jalan dari Baros hingga Purabaya tidak terlalu baik, terutama di sekitar Kecamatan Nyalindung. Hati-hatilah, karena pada permukaan jalan ada banyak yang bergelombang dan lubang yang cukup dalam.

Terlebih lagi lalu lintas pada jalur ini akan banyak didominasi oleh truk, kendaraan pribadi, angkot dan sepeda motor. Jadi ekstra hati-hati itu perlu. Dengan menggunakan kendaraan umum, kalian bisa naik bus kecil jurusan Sagaranten dan turun di Pasar Purabaya atau naik ELF jurusan Purabaya, ELF jurusan Sagaranten dan turun di Pasar Purabaya.

Dari Pasar Purabaya menuju ke Curug Cirajeg tidak ada angkutan umum, sehingga opsi satu-satunya untuk menuju ke Curug Cirajeg adalah dengan mencarter pick up, angkot (dari Terminal Purabaya) ataupun mencari ojek.

3. Menikmati Matahari Pagi Sukabumi Dari Bukit Karang Numpang

Menikmati Matahari Pagi Sukabumi Dari Bukit Karang Numpang

Menikmati Matahari Pagi Sukabumi Dari Bukit Karang Numpang via https://www.instagram.com/p/BBvs3AmDxeb/

Bukit Karang Numpang ini lokasi tepatnya di Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi. Bukit ini bisa dibilang adalah salah satu wisata terbaru di Sukabumi yang sempat ngehits di Internet dan social media.

Wajar saja kalau Bukit Karang Numpang ini adalah salah satu tempat wisata terbaik di Sukabumi. Lokasinya memang strategis, menjadikan tempat wisata Bukit Karang Numpang ini adalah tempat yang menyenangkan untuk menikmati keindahan Kota Sukabumi di kejauhan.

Coba saja datang kesini, kalian akan menyaksikan sendiri betapa indahnya barisan rumah dan lahan persawahan penduduk yang tertata rapi. Mungkin juga kalian bisa menikmati segarnya pagi hari dengan udara yang segar. Tapi ingat ya! Jangan buang sampah sembarangan ketika kalian berkunjung ke tempat wisata Sukabumi Bukit Karang Numpang!

4. Untuk Para Penyuka Pantai, Pantai Ujung Genteng Di Sukabumi Ini Nggak Boleh Kalian Lewatkan

Untuk Para Penyuka Pantai, Pantai Ujung Genteng Di Sukabumi Ini Nggak Boleh Kalian Lewatkan

Untuk Para Penyuka Pantai, Pantai Ujung Genteng Di Sukabumi Ini Nggak Boleh Kalian Lewatkan! via https://www.instagram.com/p/BCmbQAxkTLY/

Ujung Genteng ini adalah salah satu pantai terbaik yang dimiliki Sukabumi. Lokasi Pantai Ujung Genteng ini berada di wilayah Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Untuk menuju kesana, kalian harus menempuh perjalanan sekitar 220 km dari Jakarta dan 230 km dari Kota Bandung, serta 120 km dari kota Sukabumi.

Meskipun lumayan jauh, tetapi kalian tenang saja. Karena jalanan menuju Pantai Ujung Genteng cukup mulus, dan tentunya lancar. Selain itu ada juga beberapa jalur alternatif serta sarana angkutan umum yang memadai menuju salah satu tempat wisata terbaik di Sukabumi ini.

5. Mainan Selancar Nggak Harus Ke Bali, Di Sukabumi Ada Pantai Cimaja!

Mainan Selancar Nggak Harus Ke Bali, Di Sukabumi Ada Pantai Cimaja!

Mainan Selancar Nggak Harus Ke Bali, Di Sukabumi Ada Pantai Cimaja! via https://www.instagram.com/p/BCMn0oOspSr/

Siapa bilang bermain surfing atau Selancar itu harus ke Bali? Enggak! Kalian juga bisa berselancar di Sukabumi. Ada sebuah pantai di Sukabumi yang bernama Pantai Cimaja. Karena ombaknya yang bagus, pantai ini cocok untuk berselancar sepanjang hari.

Pantai Cimaja ini memang salah satu tempat wisata di Sukabumi favorit para penunggang ombak. Salah satu yang terbaik dari total 9 titik surfing yang ada di kawasan wisata Pantai Pelabuhan Ratu. Jadi, kalau berkunjung ke Pantai Cimaja yang berada di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini kalian akan bisa menikmati beberapa pantai disekitarnya juga.

Kerennya lagi, banyak turis asing yang gemar berselancar sering berkunjung kesini pada bulan-bulan terbaik. Bulan terbaik berkunjung ke Pantai Cimaja, salah satu pantai di Sukabumi ini adalah bulan Mei – Oktober ya!

6. Suka Danau Dan Gunung? Kenapa Nggak Coba Main Ke Situ Gunung!

Suka Danau Dan Gunung, Kenapa Nggak Coba Main Ke Situ Gunung!

Suka Danau Dan Gunung, Kenapa Nggak Coba Main Ke Situ Gunung! via https://www.instagram.com/p/BB2dmg1mHHA/

Situ Gunung mungkin adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi yang bisa membuat kalian merasa santai, setelah berhari-hari berjuang di tengah hiruk-pikuk perkotaan. Dengan udara segarnya, Situ Gunung ini bisa menjadi obat yang mujarab untuk stress karena pekerjaan yang menumpuk. Asiknya lagi, di Situ Gunung ini kalian bisa menikmati danau, sekaligus udara pegunungan yang segar!

(Baca Juga : Butuh Liburan? Situ Gunung, Wisata Sukabumi Yang Keren Ini Adalah Tempat Yang Tepat Untuk Kalian!)

7. Berwisata Sambil Melestarikan Budaya? Kunjungi Saja Kampung Ciptagelar Di Sukabumi!

Berwisata Sambil Melestarikan Budaya? Kunjungi Saja Kampung Ciptagelar Di Sukabumi!

Berwisata Sambil Melestarikan Budaya? Kunjungi Saja Kampung Ciptagelar Di Sukabumi! via https://www.instagram.com/p/BCNhIZMnrqk/

Dikenal juga dengan nama Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar, atau singkatnya Kampung Ciptagelar. Tempat Wisata Di Sukabumi ini adalah sebuah kampung adat di Sukabumi yang mempunyai ciri khas dan tradisi setempat yang masih dipegang kuat oleh masyarakat yang ada disana. Masyarakat yang tinggal di Kampung Ciptagelar ini biasa disebut dengan masyarakat kasepuhan.

Lokasi dari Kampung Ciptagelar ini berada di wilayah Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Jarak Kampung Ciptagelar dari Desa Sirnaresmi 14 Km, dari kota kecamatan 27 Km, dari pusat pemerintahan Kabupaten Sukabumi 103 Km dan dari Bandung 203 Km ke arah Barat.

Untuk mencapai Kampung Ciptagelar, kalian bisa melewati rute Sukabumi – Pelabuhanratu – Cisolok. Setelah itu kalian bisa menuju ke arah Desa Cileungsing. Dari Desa Cileungsing menuju Desa Sirnarasa dan berhenti di Kampung Pangguyangan. Di Kampung Pangguyangan semua kendaraan roda empat harus parkir. selanjutnya dari kampung ini menuju Kampung Ciptagelar ditempuh dengan jalan kaki atau naik ojek.

8. Curug Sodong, Untuk Kalian Yang Suka Main Ke Air Terjun!

Curug Sodong, Untuk Kalian Yang Suka Main Ke Air Terjun!

Curug Sodong, Untuk Kalian Yang Suka Main Ke Air Terjun! via https://www.instagram.com/p/BBm08qMCy5o/

Curug Sodong adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi yang memiliki daya tarik luar biasa. Pun sebenarnya curug ini pernah memakan korban jiwa sebelumnya. Dikenal juga sebagai Curug Cikanteh alias Curug Kembar alias Curug Penganten, air terjun ini berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Akses menuju Curug Sodong sudah cukup baik dengan jalan beraspal lengkap dengan pemandangan sawah menghijau yang bikin hati tenang. Karena itu Curug Sodong ini bisa dikategorikan sebagai air terjun di Sukabumi yang mudah dikunjungi. Kalian bisa memarkirkan kendaraan tepat menghadap Curug Sodong ini. Setelah parkir, hanya dibutuhkan waktu 5 menit berjalan kaki untuk merasakan sejuknya Curug Sodong.

Sebaiknya kalian hanya menikmati keindahan curug dengan memandangnya saja, karena air terjun indah ini pernah memakan korban jiwa. Sepasang remaja pernah tenggelam saat berenang di kolam ini. Hal itu dikarenakan kontur tanah di dasar air terjun tidak landai, ditambah derasnya air membuat semakin sulit untuk berenang kembali ke permukaan jika sudah kelelahan.

9. Bersantai, Nikmati Pemandangan Alam Terbaik Sukabumi Di Puncak Darma!

Bersantai, Nikmati Pemandangan Alam Wisata Terbaik Sukabumi Di Puncak Darma!

Bersantai, Nikmati Pemandangan Alam Wisata Terbaik Sukabumi Di Puncak Darma! via https://www.instagram.com/p/BC7_1BgGDyX/

Lokasi Puncak Darma ini sebenarnya masih berada di dalam area Geopark Ciletuh. Puncak Darma sendiri sebenarnya adalah bukit berketinggian 230 mdpl yang berada di Desa Girimukti, Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Untuk menuju kesini, kalian bisa menempuhnya dengan menggunakan mobil 4 WD dan akan memerlukan waktu perjalana sekitar 1.5-2 jam.

Dari ketinggian Puncak Darma, kalian bahkan bisa melihat Pelabuhan Ratu di kejauhan. Pantai Palangpang dengan Batu Belah yang berada tepat 230 meter di bawahnya juga bisa terlihat. Dari sini kalian juga bisa melihat beberapa desa yang berada di sepanjang perjalanan menuju Bukit Darma. Di kejauhan, desa tadi bak rumah mainan yang tertata dengan begitu rapi.

Pemandangan dari Puncak Darma memang mempesona, namun ada cerita setempat yang mengatakan kalau Puncak Darma ini sedikit angker. Konon dahulu di puncak ini sering terlihat sosok kuntilanak yang bisasa duduk di atas batu dengan kaki bergoyang-goyang. Menurut penduduk setempat, posisi duduk dengan kaki bergoyang inilah yang kemudian dikenal dengan nama ‘Darma’. Nah, setelah ini kalian masih berani berkunjung ke wisata Sukabumi yang ini?

10. Mungkin Curug Cikaso Sudah Terlalu Mainstream, Tetapi Tempat Wisata Di Sukabumi Ini Tetap Menjadi Favorit Kok!

Mungkin Curug Cikaso Sudah Terlalu Mainstream, Tetapi Tempat Wisata Di Sukabumi Ini Tetap Menjadi Favorit Kok!

Mungkin Curug Cikaso Sudah Terlalu Mainstream, Tetapi Tempat Wisata Di Sukabumi Ini Tetap Menjadi Favorit Kok! via https://www.instagram.com/p/BCNuvTdQuEa/

Air terjun Cikaso atau lebih dikenal dengan nama lokal Curug Cikaso ini adalah wisata Sukabumi yang berada di antara Jampang Kulon dan Surade. Limpahan air terjun terlihat megah dan menawan, wajar panorama air terjun ini menjadi favorit bidikan para juru kamera yang bisa kalian lihat di berbagai macam sumber di internet.

Yak, Ujung Genteng, Sukabumi ini selain dikenal dengan pesona pantainya, ternyata juga kaya dengan curug/air terjun di sepanjang sungai-sungainya, selain Curug Cikaso kalian bisa juga menemui curug-curug lainnya yang juga cukup dikenal seperti Curug Luhur, Curug Cigangsa dan masih banyak lagi lainnya. Jadi ada banyak pilihan tempat wisata di Sukabumi yang bisa kalian kunjungi ya!

11. Curug Cigangsa, Untuk Kalian Yang Suka Menyendiri

Curug Cigangsa, Untuk Kalian Yang Suka Menyendiri

Curug Cigangsa, Untuk Kalian Yang Suka Menyendiri via https://www.instagram.com/p/BByk_har8-v/

Curug Cigangsa ini adalah tempat wisata di Sukabumi yang lokasi tepatnya berada di Desa Batusuhunan, Pasiripis Kecamatan Surade Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Atau kalau dari Ujung Genteng adalah sekitar 20 an km sebelumnya.

Lokasinya berada pada sekitar 110 Km kearah selatan kota Sukabumi atau 1 km dari kecamatan Surade. Jika dari Curug Cikaso sekitar hanya 10 km dengan memakan waktu sekitar ± 30 menit dengan berjalan kaki. Untuk mencapai lokasi ini cukup sulit karena harus melewati jalan setapak yang jalanannya cukup menantang dan menyebrangi sungai yang airnya cukup deras.

Curug Luhur adalah nama lain dari Curug Cigangsa. Curug ini terdiri dari air terjun tiga tingkat dan diperkirakan terbentuk akibat gempa besar yang mengakibatkan longsor. Curug ini memiliki debit air yang tidak besar, karena pada di bagian hulunya dibendung untuk keperluan irigasi.

Keunikan Curug Cigangsa di Sukabumi ini adalah dinding batunya berwarna kehitaman sebagai landasan air mengalir. Disekitar lokasi ini terdapat sebuah batu. Batu ini oleh masyarakat setempat menyebutnya dengan batu Masigit, atau Batu Masjid, barangkali karena bentuknya. Di Curug Cigangsa ini pengunjung dapat menikmati keindahan curug dari dua arah, yaitu dari atas dan bawah.

12. Sementara Itu, Kalian Nggak Boleh Melewatkan Curug Cimarinjung, Salah Satu Air Terjun Terbaik Di Sukabumi

Sementara Itu, Kalian Nggak Boleh Melewatkan Curug Cimarinjung, Salah Satu Air Terjun Terbaik Di Sukabumi

Sementara Itu, Kalian Nggak Boleh Melewatkan Curug Cimarinjung, Salah Satu Air Terjun Terbaik Di Sukabumi via https://www.instagram.com/p/BBcSHz7KvFZ/

Curug Cimarinjung ini adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi yang terletak di Desa Ciwaru, Sukabumi, Jawa Barat. Curug indah yang dikelilingi banyak tumbuhan hijau lengkap dengan batu besar yang bertebaran ini memang keren.

Untuk mencapai lokasi Curug Cimarinjung ini kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan akses jalan yang sedikit rusak. Perjalanan akan dilanjutkan menyusuri saluran irigasi persawahan hingga kalian berpapasan dengan batu besar yang seolah menghalangi jalan kita.

Kalian akan perlu sedikit merayap di batu, melewatinya sebelum sampai ke Curug Cimarinjung. Setelah melewati batu, barulah terlihat kemegahan Curug Cimarinjung. Ciri khas dari pemandangan di sini adalah adanya 2 batu besar yang mengapit aliran Sungai Cimarinjung sebelum aliran ini jatuh lagi ke bawah.

13. Kalian Anak Gunung, Mampir Deh Ke Kawah Ratu!

Kalian Anak Gunung, Mampir Deh Ke Kawah Ratu!

Kalian Anak Gunung, Mampir Deh Ke Kawah Ratu! via https://www.instagram.com/p/BCpUykeFqip/

Kawah Ratu ini adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi yang berada di pinggang Gunung Salak. Tempat ini memang merupakan salah satu tempat tujuan wisata alam terbuka di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor juga Sukabumi.

Totalnya ada tiga jalur untuk mendaki ke Kawah Ratu, jalur pertama ke Kawah Ratu adalah dari Bumi Perkemahan Gunung Bunder, yang letaknya tidak jauh dari gerbang Gunung Bunder Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dengan jarak tempuh sekitar 5 km. Pendakian lewat jalur ini memerlukan waktu sekitar 3 jam.

Jalur kedua dari Pasir Reungit pada ketinggian 1.173 mdpl, yang juga berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak namun lokasinya lebih ke atas, setelah Curug Ngumpet, dengan jarak tempuh 3,6 km. Bisa dibilang ini adalah jalur ke Kawah Ratu yang paling mudah. Pendakian lewat jalur ini memerlukan waktu sekitar 2 jam, jika tidak tersesat.

Sementara jalur ketiga adalah jalur pendakian Kawah Ratu yang melalui jalur Bumi Perkemahan Cangkuang, Cidahu, Sukabumi, dengan jarak tempuh sekitar 4,5 km. Kawah Ratu ini sendiri berada pada ketinggian 1.437 mdpl.

14. Gua Buniayu Juga Salah Satu Tempat Liburan Keren Di Sukabumi Loh!

Gua Buniayu Juga Salah Satu Tempat Liburan Keren Di Sukabumi Loh!

Gua Buniayu Juga Salah Satu Tempat Wisata Di Sukabumi Yang Keren Loh! via https://www.instagram.com/p/BAuiuqaxP1Z/

Gua Buniayu ini adalah salah satu wisata gua Sukabumi yang berada di Desa Kerta Angsana, Kabupaten Sukabumi. Lokasinya bisa dibilang berada tak jauh dari Jakarta. Untuk kalian yang merasa penat dengan rutinitas, gua ini bisa memberikan pengalaman liburan akhir pekan yang menyenangkan nan menantang!

Bagaimana tidak menantang, di Gua Buniayu kalian bisa mencoba menuruni gua vertikal dan merasakan yang namanya kegelapan abadi! Tentu itu menarik sekali bukan? Apalagi Gua Buniayu ini hanya berada sekitar 150 km dari Jakarta. Dengan naik mobil kalau lancar hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 4 jam saja.

Wisata Sukabumi Gua Buniayu ini merupakan sebuah komplek gua yang mulai digemari oleh traveler dari sekitar Bandung dan Jakarta. Gua yang berada di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi ini bisa dibilang komplit karena terdapat gua horizontal atau vertikal yang bisa dijelajahi. Tentu saja, masing-masing gua punya halang rintangan dengan level berbeda. Tertarik untuk mencoba wisata di Sukabumi yang ini?

(Baca Juga : Kalisuci Dengan Daya Tarik Cave Tubing Yang Seru!)

15. Penyuka Pacu Adrenalin Pasti Nggak Nolak Kalau Diajak Liburan Ke Sungai Citarik

Penyuka Pacu Adrenalin Pasti Nggak Nolak Kalau Diajak Liburan Ke Sungai Citarik

Penyuka Pacu Adrenalin Pasti Nggak Nolak Kalau Diajak Liburan Ke Sungai Citarik via https://www.instagram.com/p/BCK24i2FhBI/

Sungai Citarik ini adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi terbaik yang mungkin paling terkenal. Karena daya tarik utamanya adalah sunga, tentu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Sungai Citarik adalah arung jeram yang menantang!

Pun daya tarik wisata di Sungai Citarik ini nggak cuma arung jeram saja. Ada yang namanya flying fox, team building, paint ball, dan banyak lainnya bisa dilakukan disini. Namun daya tarik andalan dari wisata di Sukabumi yang satu ini adalah arung jeramnya yang menantang!

16. Pantai Di Sukabumi Nggak Cuma Ujung Genteng Loh! Ada Lagi Namanya Pantai Cibangban!

Pantai Di Sukabumi Nggak Cuma Ujung Genteng Loh! Ada Lagi Namanya Pantai Cibangban!

Pantai Di Sukabumi Nggak Cuma Ujung Genteng Loh! Ada Lagi Namanya Pantai Cibangban! via https://www.instagram.com/p/_jS-dkwiM8/

Untuk yang suka dengan pantai sepi, kalian berarti harus mampir ke Pantai Cibangban. Pantai Cibangban ini memang salah satu tempat wisata di Sukabumi yang jauh lebih sepi dibandingkan dengan pelabuhan ratu. Pantai ini sendri berada tak jauh dari pelabuhan ratu, atau hanya berjarak sekitar 10 km dari sana. Pantai yang merupakan salah satu wisata di Sukabumi terbaik ini berada di di Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok. Nah, kalian mau liburan ke tempat wisata di Sukabumi yang ini nggak?

Banyak Dicari

  • tempat wisata curug di sukabumi
  • curug kembar di sukabumi ciwaru
  • wisata sekitar sagaranten
  • wisata Kota Sukabumi Indonesia
  • wisata di sukabumi dan waktu tempuh perjalanan
  • tempat wisata terbaik
  • tempat hiburan rekreasi sekitar kota madya sukabumi
  • sukabumi
  • Referensi tempat buat liburan daerah purabaya
  • poto keren sunset geopark ciletuh

Berbagi itu menyenangkan!

190 Responses

  1. Iiz Akhmad Nizar says:

    pernah ke sukabumi Dyah Retno , nih kalau mau coba

  2. Ineu Ratnapuri says:

    Mas Chikungg D. Luffy ☺☺

  3. Chikungg D. Luffy says:

    Boleh

  4. Margaretha Ika S says:

    Astry Diandra Apriatna, Stillie Rangian, Wuisan Junita

  5. Cinta Saving Memories says:

    Bole jga ni lokasii

  6. Lim Yan Nio says:

    Sukabumi wow asik banget, wah harus tu klu ga kesana rugi bu….

  7. Dedi Suhendra says:

    Selamat Datang di Sukabumi :-) daerah dengan dua wilayah administratif Kota Sukabumi (Kotamadya Sukabumi) dan Kabupaten Sukabumi ;

    utk wisata alam yg pasti wilayah Kab. Sukabumi lebih banyak ;
    utk wisata bangunan sejarah Kota Sukabumi jg tdk kalah ;

  8. Dedi Suhendra says:

    lebih dari 50 air terjun ada di wilayah Sukabumi , diapit oleh dua taman nasional, Taman Nasional Gn Gede Pangarango dan Taman Nasional Gn Halimun Salak ;

  9. Dedi Suhendra says:

    memiki kawasan konservasi yg sangat dilindungi Suakamargasatwa Cikepuh di daerah Jampang , Kec Ciracap Kab Sukabumi

  10. Dedi Suhendra says:

    memiliki garis pantai terpanjang di Pulau Jawa , mulai dari perbatasan propinsi Banten sampai dengan batas Cianjur

  11. Dedi Suhendra says:

    PALING BARU , memiliki kawasan GNC Geopark Nasional Ciletuh / Ciletuh Geopark , sebuah kawasan dengan keanekaragaman Geologi, Biologi dan Budaya :-) sebagai sumber pen

  12. Irvan Anshori says:

    Wongso Dimedjo Anang SiBonenk Fuat Sylvester H Stiawan Nyothe Pabu ”Yoko Hama Shinosuke Skaks Sters Dika Triwicahyo msh inget trip kita yg dlu??

  13. Rizki says:

    Shelley Olivia, Paulina Parazka, Sylvania Sànchez, 浜崎あゆみ, Graph Scrmgore, Vanessa Dominique Aldana, Azra Šahinović Check his fcked page !! Preparation for next fcking summer..

  14. Dedewjasmin says:

    Jd pngn ke sanah..

  15. Nyothe Pabu says:

    Sekarang udah susah Irvan Anshori. Hihihi… udah terpisah-pisah

  16. Rina Agustiana says:

    Sukabumi kereeeeennn

  17. Trina Viray says:

    mean to me peace this place

  18. Astry Diandra Apriatna says:

    Margaretha Ika S Stillie Rangian Junita Wuisan itu next trip aje yee..

  19. Wongso Dimedjo says:

    kapan kita kemana??

  20. Nyothe Pabu says:

    Wongso Dimedjo ke hatimu :-*

  21. Ikka says:

    Dket ga teh sma rumah mu pengen ihh Hizta Putrie Mueniz

  22. Wongso Dimedjo says:

    Nyothe Pabu ayo ajakin tuan rumahnya, tonjok Egi Kuswandi

  23. Egi Kuswandi says:

    1-3 april insyaallah jajal

  24. Wongso Dimedjo says:

    Yng libur panjang atuh…

  25. Margaretha Ika S says:

    Iyaaa hahahaha.. next next yoooo hihihi..

  26. Bombarderr Irfan Muhamad says:

    Kenapa harus melupakan bandung? .

  27. Akmal Fadhlurrohman says:

    ALTERNATIF YG BAGUS

  28. Nung Andriani says:

    Sukabumi T,O,P,B,G,T.

  29. Fallenz Pratama says:

    kenapa mesti lupakan bandung…? Garut,lembang ada air panas dan pemandangan.garut,pangalengan ada air terjun dan playing fox nya.sorry gg bisa jelansin satu2 kenanyakan

  30. Maya Boru Regar says:

    disukabumi dmna …???

  31. Hydie Veebe says:

    Ijin share ya…thx

  32. Wanwan Rochimah Poerbo says:

    Hayyyaahh….dari Jkt masuk Bandung dulu trus ke Lembang, Garut dll…

  33. Wilvianto Wil says:

    Tolong share juga kuliner di sukabumi..

  34. C' Gusti Juga Kuya says:

    KUSukabumiKU

  35. Danny Supriatna Prabowo says:

    Bandung tetap menjadi primadona.
    Lembang takan terlupakan.
    I love lembang tempat tinggalku tercinta.

  36. Nm Iyas says:

    Karna bandung sudah macet

  37. Adhy P says:

    Sukabumi euy Ady Cep Putra hehe

  38. Syarief Hidayat Tulloh says:

    Kata2 nya agak mnyinggung lupakan bandung mksud loh..
    Cik berpikir ath wa lah..
    Piraku kota kelahiran kudu di lupakan,

  39. Ilham Prasta says:

    aya na di jampang kulon

  40. Jho Allant says:

    Maksudnya ap toh, kata “Lupakan Bandung” awas hati hati dngan mengolah kata Ntar ke Sleo loh, alangkah baiknya jangan Pake Kata LUPAKAN. #Bandung Lembur Kuring, saya sebagai Putra daerah asli Bandung sedikit tersentuh dengan kata-kata itt Makasih.

  41. Intan Rahmawati says:

    Andinie Anggraeni Barata

  42. Rifky says:

    tong marebut kn paisan kosong wa, mslh kitu gt d parebut kn, ganeng leuh bisi d basoka geura ieuh.

  43. Fajar Hikmah says:

    like

  44. Eka Permana Suteja says:

    Nur Alifa Awaliaapal teu tmpatna Nur Alifa Awalia

  45. Mohammad Iqbal says:

    Olis Aja Akh

  46. Kardi Sukardi says:

    ,alus kbeh,,

  47. Riski Stell says:

    Sukabumi pelabuhan ratu pantai sawarna destinasi liburan..

  48. Ismail Mubarok says:

    Mardhie Ilyas

  49. Nurul Dzolam says:

    mantaaaap

  50. Tapak Ban Bikers says:

    tgl 25-27 kami gas kesana geopark ciletuh

  51. Siska Puspita says:

    Curug cigangsa deket rumah

  52. Alie Nankatsu says:

    Nu Penting Mah Boga Duit,Rek Liburan Kamana Oge Terserah Ari Boga Duit Mah…Anu Ulah Teh Lamun Liburan Teu Boga Duit,Bisa2 Sangsara Di Tempat Liburan…Sanes Kitu Barudak…

  53. Solihin Atmanegara says:

    Kebetulan saya orang sukabumi jampang kulon

  54. Bob Darmawan says:

    Indahnya ciptaan allah, jgn lah dirusak ……

  55. Angga Kobar says:

    .tak tunggu kehadiran nya,, neng sukabumi

  56. Bryan Hendra Kusuma says:

    Verina Satifany Fajrinngilang nang barat a?

  57. Vera Tjen says:

    Winy Lim Hermanto Kenken Yessy Anita Sari Fransiska Cia Pin

  58. Pah Mud says:

    Maksud naon lupakan BANDUNG sia org mna

  59. Tri Novia Wati says:

    Leh uga tuh kuy ah :D Ruru Naru Wage Dasa Purna

  60. Althin Naqnyhaa Kutiind Soeharto says:

    mungkin maksud dari kata “LUPAKAN BANDUNG” itu bukan kearah yg negatip maksud admin mungkin sejenak kita melupakan kota bandung, bagi kalian yg ingin berlibur tanpa macet ada jln altrnatip yg ga menyita waktu sukabumi kota kecil yg memiliki tempat destinasi2 menarik” nah coba deh kalian brpikirnya dgn sudut pandang yg beda mungkin emg ada ksalahan penyampaiannya kurang tepat tp kalian tdk perlu menghakimi hal yg sbnrnya tdk perlu di masalahkan.
    segala sesuatu yg berawal dari emosi maka akan berakhir dgn malu. bandung ttp ko kota yg indah dan kota yg cocok untuk di tiru.

  61. Yuni Larasati says:

    Avit Ad-Dzikraa Villa ayuk a kapan?

  62. Wage Dasa Purna says:

    Leh Lah…. Tri Novia Wati Ruru Naru.

  63. Avit Ad-Dzikraa Villa says:

    Kushina Cherry Dulu belum sempat kesini

  64. Iqbal Maulana says:

    Izin share gan

  65. Edi Bramantyo Bronexs says:

    Sbaart mas kta sma sma warga negara indo jngan ribut
    semua kota pasti bgus ko
    di indonesia .,,,wisatanya indah indah”

  66. Yudha Erlangga says:

    izin share om

  67. Jimi Ariputra says:

    Bangga jadi orang sukabumi

  68. Yenny Jeno says:

    Indah,kapan kapan boleh lah berkunjung…

  69. Fadly Ramadhan says:

    Nih blay Ruby Novianda

  70. Billy Etihad Airways says:

    Ok sipp sukabumi juga puya segalaya

  71. Pikthea says:

    Teu hayang kdu nga lupa keun bandung

  72. Danang Agus Saputro says:

    Lee Da Yoo, Rifai Sitsuda, Ika Yuni Anggraini

  73. Danang Agus Saputro says:

    Dedy Yugo Purwanto, Diah Tusak Diah

  74. Rifai Sitsuda says:

    Mas Danang Agus Saputro mau kesini…besok 2.

  75. Danang Agus Saputro says:

    kali aja bisa menyelinap pergi hahahah

  76. Yusuf Ahmad says:

    Ga ada open trip ke sana ya?

  77. Fian Hadi says:

    Kalimat pembukanya sangat tdk beretika..

  78. Rizky Nurhakim says:

    Waahh silahkan promosi sukabumi tnpa hrus mnyebut kota lain,,
    ntar kena sanksi loh,,

  79. Randi Muhammad Alfonzo says:

    Evha Latifah

  80. Muhammad Nizar says:

    Asyraful Umam Mochamad Syahban Nugroho Agus Saurus

  81. Fazdlli Nugraha says:

    Cek kuring mah kudu bisa maot sebelum mati,kudu bisa nyimpang kana poe..pageto,..sanes kitu dulur..dulurr..?

  82. Fauzy says:

    Njir ngenaheun sigana tempatna, mayar te asupna min??

  83. I'man Dasya Bikunnahar says:

    Saya sbgai orang sukabumi..tpi satu rumpun dgn bandung..awas tong k pancing eta bisi arek mmcah blahkan tali persaudaraan..antra bndung sukabumi….

  84. Moch Deries Pratama says:

    Top sukabumi oke

  85. Fikri Rizki Putra says:

    Keren banget apa lagi curu cimarinjung ama p.darmanya
    Tapi belom semua saya kunjungi

  86. Deri Riswandi says:

    Kalimat pembukanya harus nya “LUPAKAN LIBURAN KE LUAR NEGRI…”

  87. Susana Lay Susana Lay says:

    Share jg yg open trip kesini dong, trimakasi.

  88. Saifullah Hasugian says:

    d sukabumi mN ad mct d mN ny ap d smpg 3 tu y

  89. Nur Khaerul Dani says:

    Ujung genteng ajepp

  90. Rival Lazuardi says:

    Bias Dian Jr. Liat nih foto”nya..

  91. Fortun Septiasih says:

    Sukabumi neehh wooyyy Yustriko Firdaus Widya Asmarani Mochammad Harry Iyas Rawrzz Annisa Rahmalia Rifuki Amalia

  92. AgOenk ShUtz says:

    Nges3 ark bandung ark sukabumi nges rk kmn oge asal boga duit pkonmh ka bandung ka sukabumi ilove you lah

  93. Bubuk Ranginang Liat says:

    yg bikin blog ngaco…..

  94. Teten Maulana Ishaq says:

    Yu’ti Amanillah Bidarie, Bayu Sukma

  95. Bondan Ganesha Guevara Fhirdaus says:

    Ayo ke Pangandaran dan Body Rafting bersama kami. Mata kita akan dimanjkan dengan panorama alam d Green Canyon, keindahan sungai yg begitu menakjubkan dan stalaktif stalaknit di tebing-tebing sepanjang sungai Green Canyon. Disamping itu, Pangandaran memiliki pantai-pantai yang teramat sangat menarik untuk di nikmati, betapa menyesal jikalau terlewatkan.

  96. Himz Prakoso says:

    Nyesel Lah klo blm dateng ke sukabumi mah,,sejuk dan hijau nya daun2 masih bisa di rasakan di sukabumi kami yg tercinta,

  97. Surya Renaldi says:

    Sabar gan, positif thinking, jangan terprovokasi sama kata2 yg bikin blognya, sukabumi-bandung sama2 sunda, dulur kabeh, tatanggaan

  98. Rifky Putra Pratama says:

    Teh Rini Afriani Yanwartie bisa kali ajak2 kesini

  99. Ryan Ferdian says:

    dimana itu th??

  100. Rima Melati says:

    Pelestarian penyu nya engga kebawa tuh

  101. Jafar Sidik says:

    Boleh to berapa jm perjalaanan lo dari tangerang .

  102. Cep Hamid says:

    Keren banget wisata nya..
    Can nyorang ameng ka sukabmii euy..hyang pisan
    Kapn kapan ah

  103. Ravie Ramadhan says:

    Moch Rizal Mulyansah

  104. Hendri Donald Cobain says:

    Eko Primanda gass

  105. Muhamad Wahyu Aditya says:

    Dwieq nih bagus” wi

  106. Eko Primanda says:

    Ayooo kpn ?? Hendri Donald Cobain

  107. Moch Indra Faizal says:

    Weekend nih berangkat moal? Cevi Hendri Rima Rahmayanti

  108. Yusuf Dzeko says:

    Bgus. Skli ciletuh mana ea

  109. Mochammad Fajr says:

    Ada paket liburannya ga yah?

  110. BarOx Unyu-unyu says:

    Ramdani Muhammad Iroel Sama Iyoenk Anhar Damar

  111. Jaip AR says:

    dalon-dalon teyus :D

  112. Sellviana Anggraeni Pratama says:

    Hadehh kalau mau post gak udah merendahkan kota lain lah,dipikir dulu kalau mau ngepost !

  113. Nicko Andriana says:

    Raden Ageng Libransyah, Anakmami, Aryan Indra Jatmika

  114. Eka Saputra II says:

    Maaf guys izin bertanya. Kondisi jalan menuju/di kawasan geopark ciletuh skrg gimana ya ? Dan apakah ada penginapan disana ? Terima kasih :)

  115. Upi Hidayat Gandaz says:

    Keren cuma jalan ke surade masih kurang bagus

  116. Suhail Drajat says:

    mari datanglah ke cikarang. di sini ada sejuta peluang pekerjaan. buat modal kalian jalan-jalan :p

  117. Fahmi Gustiawan says:

    Baru arung jeram Citarik doank yg udh :-)

  118. Dede Muhammad Luqman says:

    D mana eta ??

  119. Ades Ciparay says:

    d goAl Para etAmh

  120. Dede Muhammad Luqman says:

    Indah ning.

  121. HeniSuniarti says:

    Eta palih mana meni wa’as …

  122. Dar Sunandar says:

    Mantaf jiwa

  123. Bunda Nurul says:

    Di mana

  124. Ades Ciparay says:

    skbmi. apa ch yg g indh

  125. Ika Al Malik says:

    Ooh siga caket bumi abdii he he

  126. Adam Veri Lallana says:

    Dimana eta?

  127. Dionardo Arzam says:

    Ci letuh

  128. Assallair Pro says:

    Subhanallah

  129. Dan says:

    bosen akh hyang suasana nu baru

  130. Dede Muhammad Luqman says:

    Hooh kya y.. mantap jiwa

  131. Assallair Pro says:

    Iy ni gw jg pngentau

  132. Assallair Pro says:

    Siap nenk

  133. Faizall Rizkya says:

    tak se indah yng di lihat di gambarrr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: