Ide Tempat Liburan Di Sumatera Selatan Untuk Traveler!

LiburMulu.Com – Tentu kalian sudah mengetahui bahwa Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera, dengan ibukota provinsinya Palembang. Secara geografis letak dari propinsi Sumatera Selatan atau kota Palembang ini berbatasan dengan propinsi sumatera lainnya seperti Jambi, Bangka Belitung, Lampung dan juga Bengkulu.

Hal ini tentu membuat Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki banyak objek tujuan wisata yang menarik bagi traveler untuk dikunjungi, apalagi letaknya yang tidak terlalu sulit dijangkau dari ibukota Jakarta. Nah kira – kira apa saja sih yang bisa dilihat disana? Ini dia Ide Tempat Liburan Di Sumatera Selatan Untuk Traveler. Silakan disimak dengan baik ya!

1. Liburan Di Sumatera Selatan Jangan Sampai Enggak Mampir Ke Jembatan Ampera

Jembatan Ampera (sumber)
Jembatan Ampera (sumber)

Jembatan Ampera merupakan jembatan penghubung di Palembang yang dibangun pada bulan April 1962. Memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter, Jembatan Ampera secara resmi dibuka pada tanggal 30 September 1965 oleh Let. Jendral Ahmad Yani. Jembatan Ampera juga merupakan salah satu ikon Palembang, makanya bagi kalian traveler yang berkunjung ke kota Palembang sangatlah wajib untuk mengabadikan moment di jembatan yang satu ini. Kalian bisa mengambil foto dengan latar belakang jembatan Ampera sambil menikmati suasana dan pemandangan di Sungai Musi.

Namun perlu diingat, jika kalian hendak melihat lebih dekat Jembatan Ampera, baiknya dilakukan dengan berjalan kaki saja, karena jika menggunakan kendaraan bermotor dan berhenti di tengah jembatan, siap-siap menghadapi polisi yang akan memberi tilang. Xixixi!

2. Sungai Musi Adalah Sungai Terpanjang Di Sumatera Selatan Yang Enggak Boleh Terlewatkan

Sungai Musi (sumber)
Sungai Musi (sumber)

Sudahkah kalian tau alasannya, mengapa sungai Musi begitu terkenal?! Alasannya adalah karena sungai ini merupakan sungai terpanjang di Sumatra, tak tanggung-tanggung panjangnya mencapai 750 km. Panjangnya yang begitu fantastis membuat traveler wajib untuk mengikuti Tur Sungai Musi, karena selain dapat menemukan beberapa tempat wisata menarik seperti Pulau Kemarau dan tempat ibadah klenteng, saat tur di Sungai Musi kalian juga dapat mengetahui sejarah tentang kota Palembang.

Selain itu para traveler juga dapat bercengkrama langsung dengan masyarakat, karena masyarakat setempat masih mengandalkan sungai ini sebagai transportasi, sehingga kalian akan dapat melihat banyak perahu motor yang membawa penumpang untuk menyebrang.

3. Masih Ada Juga Sabokingking, Makam Para Raja Dan Bangsawan Yang Bisa Kamu Ziarahi

Masih Ada Juga Sabokingking, Makam Para Raja Dan Bangsawan Yang Bisa Kamu Ziarahi
Masih Ada Juga Sabokingking, Makam Para Raja Dan Bangsawan Yang Bisa Kamu Ziarahi (sumber)

Situs Sabokingking merupakan bangunan yang terdiri atas bangunan dan makam-makam tokoh yang menjadi bagian dari cikal bakal pendiri Kesultanan Palembang dari awal abad 16 Masehi. Di makam ini juga terdapat makam tokoh utama yakni Pangeran Seda Ing Kenayan beserta istrinya Raden Ayu Sinuhun. Awal mulanya situs ini dikenal sebagai lokasi penemuan Prasasti Telaga Batu yang diperkirakan sezaman dengan prasasti lainnya dari Kerajaan Sriwijaya (abad 7 Masehi). Nama Sabokingking atau Sabakingking sendiri merupakan nama kampung tempat pangeran Seda Ing Kenayan dan istrinya dimakamkan.

Meskipun merupakan makam, di Sabokingking ini tidak memiliki kesan angker. Hal tersebut dikarenakan makam raja-raja yang dipasangi oleh keramik putih dan tetap dijaga kebersihannya. Jika ingin mengetahui sejarahnya, pengunjung dapat bertanya pada para pengelola mengenai sejarah para bangsawan yang dimakamkan di Sabokingking.

4. Gunung Dempo Pasti Sangat Menantang Untuk Para Pendaki Dan Penyuka Petualangan

Gunung Dempo, Sumsel (sumber)
Gunung Dempo, Sumsel (sumber)

Terletak di perbatasan antara propinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu di pantai barat Sumatera, Gunung Dempo terletak di Kabupaten Pagar Alam. Memiliki tinggi 3195 meter di atas permukaan laut, menjadikan Gunung Dempo gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Setelah menyeruput secangkir teh manis hangat di pagi hari, mendengarkan kicauan burung di pohon-pohon dan menyaksikan matahari perlahan terbit di cakrawala, adalah pagi dan awal yang sempurna untuk mendaki ke puncak Gunung Dempo.

Butuh kurang lebih sekitar 7 jam mengemudi untuk mencapai Pagar Alam dari Palembang dan 15 kilometer dari pusat kota Pagar Alam ke Gunung Dempo. Namun perjalanan menuju gunung ini tidak akan mebuat kalian bosan, karena kalian akan selalu dimanjakan oleh pemandangan tebing dan lembah yang fantastis dalam nuansa udara yang sejuk. Sebuah perkebunan teh luaspun akan siap menyapa ketika Gunung Dempo berada tepat di depan mata.

5. Kalian Pasti Dibuat Terpesona Oleh Danau Ranau Kalau Mengunjunginya

Danau Ranau (sumber)
Danau Ranau (sumber)

Danau Ranau terletak di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat di Propinsi Lampung dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan di Sumatera Selatan. Danau ini dikenal memiliki cuaca yang sangat segar dan dingin. Danau Ranau juga merupakan danau terbesar kedua di Sumatra.

Terbentuk akibat gempa bumi yang dahsyat dan letusan gunung vulkanik, terdapat sebuah sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung vulkanik berubah menjadi jurang. Di Danau ini juga dapat ditemui berbagai jenis tanaman, termasuk semak belukar yang secara lokal dikenal sebagai Ranau. Jika ingin berkeliling di sekitar danau yang memiliki luas 44 km2 ini, pengunjung bisa menggunakan perahu motor, yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan Ketek.

6. Sayang Dong Kalau Melewatkan Masjid Agung Palembang Yang Terkenal Itu

Masjid Agung Palembang (sumber)
Masjid Agung Palembang (sumber)

Di Masjid Agung yang sangat bersejarah ini, kalian bisa beribadah ataupun berkeliling menjelajahi masjid untuk menemukan keunikan-keunikan yang berada di setiap sudut bangunannya. Masjid ini memiliki sejarah perjuangan yang begitu panjang, sehingga kini dikenal menjadi perlambangan sebuah semangat perjuangan rakyat dalam mempertahanan hak hidup, hak menentukan nasib sendiri dan hak merdeka sebagai manusia seutuhnya. Seiring gema adzan yang mengalun di antara menara-menara besarnya, masjid ini tetap kokoh menjaga umat muslim dari sebuah ketertindasan.

Bangunan Masjid Agung terletak di Pusat Kota sehingga mudah untuk menemukan hotel di dekat masjid ini. Kalian juga dapat menemukan hotel berbintang atau sederhana di sepanjang jalan Kapten A Rivai, Sudirman, R Sukamto, Veteran, dan Jalan POM IX.

7. Menyegarkan Diri Di Air Terjun Lematang Itu Pasti Asik!

Menyegarkan Diri Di Air Terjun Lematang Itu Pasti Asik!
Menyegarkan Diri Di Air Terjun Lematang Itu Pasti Asik! (sumber)

Air Terjun Lematang merupakan salah satu objek wisata alam andalan Kota Pagar Alam. Letaknya sangat strategis yakni di pinggir jalan tepat di tikungan tajam dan jalanan yang menanjak ketika Anda menuju ke Kota Pagar Alam. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus terlebih dahulu menuruni anak tangga. Dan ketika saat musim hujan, sebaiknya kalian lebih berhati-hati untuk menuruni anak tangga karena licin.

Air Terjun Lematang ini tidak diragukan lagi keindahannya, meskipun ketinggianya hanya 40 meter, namun pemandangan sekitarnya yang hijau sangat memanjakan mata dan menyejukkan jiwa. Lokasi Air Terjun Lematang Indah terletak sekitar 10 km dari pusat kota Pagar Alam. Jika ditempuh dari kota Palembang akan memakan waktu sekitar 6 jam dengan jarak tempuh sekitar 298 km.

8. Datang Dong Ke Bukit Siguntang Yang Menyimpan Banyak Legenda Raja

Bukit Siguntang (sumber)
Bukit Siguntang (sumber)

Ingin mengetahui legenda raja-raja?! Datanglah ke Situs Peninggalan Sejarah Taman Bukit Siguntang, memiliki luas sekitar 6 hektar berlokasi di Bukit Siguntang, sekitar 4 km arah Barat kota Palembang. Letaknya tepat berada di kawasan perbukitan di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan.

Taman Bukit Siguntang ini menyimpan begitu banyak sejarah mengenai zaman Kerajaan Sriwijaya, pemerintahan perwakilan Majapahit dan Kesultanan Palembang Darussalam. Bahkan hingga kini bukit ini masih dikeramatkan dan diziarahi banyak pengunjung dan wisatawan asing. Traveler wajib datang ke bukit ini dikarenakan kemasyhuran kawasan ini sudah menyebar hingga ke seluruh Sumatera, Malaysia dan Singapura.

Di kaki Bukit Siguntang, pengunjung juga dapat menikmati suasana alam dipayungi rindangnya pepohonan seperti asoka, pinus, jarak, kayuagung, cempedak, rukam, kenanga, dan kayumanis. Sore hari bisa menjadi waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan dan pesona indah Kota Palembang ditemani sinar Matahari terbenam di antara pepohonan rindang.

9. Pacu Adrenalin Kalian Di Sungai Manna, Pagar Alam!

Pacu Adrenalin Kalian Di Sungai Manna, Pagar Alam!
Pacu Adrenalin Kalian Di Sungai Manna, Pagar Alam! (sumber)

Giliran untuk memacu adrenalin, kegiatan ini juga ternyata bisa kalian lakukan jika sedang traveling ke Sumatera Selatan. Kegiatan memacu adrenalin tersebut yakni dengan melakukan arum jeram di Sungai Manna. Sungai yang cukup panjang ini membelah antara Provinsi Bengkulu dengan hulunya di Sumsel ini juga dikenal banyak menarik perhatian para pendayung kelas dunia, karena tidak tanggung-tanggung, tingkat kesulitannya bisa mencapai grade 4 sehingga cukup menantang.

Demikian tempat-tempat wisata yang bisa dijadikan ide liburan kalian di Sematera Selatan, semoga kalian tidak bingung untuk memilih salah satunya ya, karena masing-masing tempat wisata tersebut memiliki keunikan dan pesonanya masing-masing. Selamat berlibur ke Sumatera Selatan!

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
1 Response
%d bloggers like this: