Pesona Gua Son Doong, Gua Terbesar Dan Paling Keren Di Dunia

LiburMulu.com – Gua Son Doong terletak di Phong Nha-Ke Bàng National Park, Bo Trach District, provinsi Quang Bình, Vietnam. Gua yang di dalamnya memiliki hutan dan sungai di dalamnya ini memiliki panjang hampir 8,8 km dan tingginya mencapai gedung setinggi 40 lantai.

Pada tahun 1991 gua ini sempat ditemukan oleh warga lokal yang bernama Ho Khanh, namun tak banyak yang tahu dan berani menjelajahinya. Kemudian pada 2009 lalu, Howard Limbert yakni penjelajah gua asal Inggris datang untuk melakukan menelusuran serta penelitian.

VIETNAM - MAY 03: A jungle grows inside Hang Son Doong. (Photo by Carsten Peter/National Geographic/Getty Images)
Cara memasuki Gua Son Doong. (Photo by Carsten Peter/National Geographic/Getty Images)

Gua yang diperkirakan tercipta pada 2 hingga 5 juta tahun yang lalu ini terbentuk akibat adanya pengikisan air sungai bawah tanah di pegunungan kapur yang lambat laun membuat langit-langit sungai bawah tanah tersebut menjadi kropos dan akhirnya runtuh. Fenomena itulah yang membuatnya memiliki lubang super besar di pintu-pintu gua. Makadari itu gua ini disebut dengan Son Doong karena memiliki arti gua gunung sungai.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

Jika kalian tertarik untuk mencoba petualangan yang cukup extreme ini, tour akan dimulai dengan cara yang sangat memacu adrenalin, karena kalian harus memasuki gua ini secara vertikal dengan ketinggian 80 meter. Sikap tenang dan tidak panik akan sangat penting dalam melakukan kegiatan semacam ini. Selanjutnya pengunjung dapat membangun tenda atau berkemah di dekat Han of Dog, yakni sebuah stalagmite raksasa yang berbentuk seperti cakar anjing.

Pintu masuk Gua Son Doong (sumber Instagram @sheone1)
Pintu masuk Gua Son Doong (sumber Instagram @sheone1)
Mendirikan tenda di dalam gua yang super besar
Mendirikan tenda di dalam gua yang super besar (sumber Instagram @adventure_vietnam_tours)
Han of Dog atau stalagmite raksasa yang berbentuk cakar anjing (Photo by Carsten Peter/National Geographic/Getty Images)
Han of Dog atau stalagmite raksasa yang berbentuk cakar anjing (Photo by Carsten Peter/National Geographic/Getty Images)

Jika umumnya menjelajah gua hanyalah bertemu dengan gelap dan batu, berbeda dengan Son Doong yang ditumbuhi pepohonan lebat hingga terbentuk menjadi hutan. Bahkan menjadi rumah bagi hewan seperti monyet dan rubah terbang. Terbentuknya hutan ini diduga karena adanya atap gua yang runtuh akibat pelapukan batuan pada beberapa abad yang lalu. Fenomena gua ini persis terjadi di gua Jomblang, Yogyakarta yang juga memiliki hutan purba di dalamnya.

Terdapat pemandangan yang unik yang dapat dilihat di gua Son Doong ini, yakni bagian-bagian gua yang disellimuti oleh hamparan algae. Tidak hanya itu karena interior gua ini dibuat semakin menawan karena ‘mutiara’ yang menempel di dindingnya. Mutiara pasir ini dihasilkan selama ratusan tahun, akibat tetesan air yang kemudian mengering, dan meninggalkan lapisan-lapisan kristal kalsit pada butiran pasir.

Mutiara pasir yang dihasilkan selama ratusan tahun (Photo by Carsten Peter/National Geographic/Getty Images)
Mutiara pasir yang dihasilkan selama ratusan tahun (Photo by Carsten Peter/National Geographic/Getty Images)
Keindahan di dalam gua Son Doong
Keindahan di dalam Gua Son Doong (sumber)
Sinar matahari yang memasuki gua melalui celah-celah membuat Son Doong begitu fotogenic (sumber)
Sinar matahari yang memasuki gua melalui celah-celah membuat Son Doong begitu fotogenic (sumber instagram @where_is_mat)

Cara mencapai gua ini tentu kalian harus terlebih dahulu tiba di Ho Chi Minh City atau Hanoi, baru kemudian menuju ke taman nasional Phong Nha-Ke Bàng, dengan bus yang berangkat setiap harinya menuju Phong Nha. Atau alternatif lainnya yakni dengan menggunakan kereta yang berangkat setiap hari dari dan ke kota Dong Hoi.

Barulah kemudian perjalanan dapat dilanjutkan menuju Phong Nha. Sebaiknya kalian menggunakan jasa tour agar lebih aman dalam mengeksplorasi gua ini, cukup mahal memang namun kalian akan mendapatkan penjelajahan yang teak ternilai dan tak terlupakan seumur hidup.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
1 Response
%d bloggers like this: